cover
Contact Name
Masdar Helmi
Contact Email
rjiftu@eng.unila.ac.id
Phone
+6281394026283
Journal Mail Official
rjiftu@eng.unila.ac.id
Editorial Address
Gedung E Fakultas Teknik, Universitas Lampung. Jl. Soemantri Brojonegoro No.1, Gedung Meneng, Kota Bandar Lampung 35145, Indonesia.
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Rekayasa : Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung
Published by Universitas Lampung
ISSN : 08527733     EISSN : 27150747     DOI : https://doi.org/10.23960/rekrjits
Core Subject : Engineering,
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung (RJITS) is a peer-reviewed scientific journal that provides a national platform for the dissemination of research and development in the field of Civil Engineering and related disciplines. The journal focuses on publishing original research articles, technical papers, and case studies that contribute to the advancement of civil engineering theory, practice, and application. The scope of the journal includes, but is not limited to, the following areas: Structural Engineering Analysis, design, construction, materials, and performance of structures such as buildings, bridges, and towers. Geotechnical Engineering Soil mechanics, foundation engineering, slope stability, ground improvement, and geotechnical modeling. Transportation Engineering Planning, design, operation, and management of transportation systems including roads, railways, and traffic engineering. Hydraulic and Water Resources Engineering Hydrology, fluid mechanics, irrigation systems, drainage, flood control, and water supply systems. Construction Engineering and Management Project planning, scheduling, construction methods, cost estimation, and sustainable construction practices. Environmental Engineering Water and wastewater treatment, solid waste management, air pollution control, and environmental impact assessment. Materials in Civil Engineering Development, testing, and application of construction materials such as concrete, asphalt, steel, and composites. Urban and Regional Planning Infrastructure development, smart city planning, and sustainable urban systems. The journal welcomes contributions from academics, researchers, and professionals engaged in civil engineering and aims to foster innovation, knowledge sharing, and practical solutions in the field.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 24 No. 1 (2020)" : 6 Documents clear
Studi Numerik pada Balok Beton Bertulang dengan Perkuatan Hybrid Menggunakan GFRP (Glass Fiber Reinforced Polymer) dan Wiremesh Isneini, Mohd; Alami, Fikri; Surahman, Ridho
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 24 No. 1 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v24i1.3

Abstract

Dalam pengujian eksperimental yang telah dilakukan, balok beton bertulang yang diberi perkuatan secara hybrid menggunakan GFRP dan wiremesh dengan kombinasi GFRP+wiremesh+wiremesh+GFRP (GWWG) dapat meningkatkan kapasitas beban maksimum yang dapat ditahan hingga mencapai 135%. Selanjutnya dilakukan pengujian menggunakan software berbasis elemen hingga untuk melihat hasil berdasarkan kedua cara tersebut. Dimensi balok yang dimodelkan berukuran panjang 1,7 m, lebar 15 cm dan tinggi 15 cm. Tebal GFRP yang digunakan adalah 1,33 mm/lapis sedangkan wiremesh adalah tipe kawat jala yang dilas berbentuk segi empat dengan diameter kawat sebesar 0,55 mm dan lebar bukaan 7 mm x 7 mm. Dengan mengandalkan geometri dan pembebanan yang simetris, balok hanya dimodelkan seperempat bagiannya saja. Persentase selisih hasil antara pemodelan dan eksperimental yang ditinjau di tengah bentang pada balok normal (BN) adalah 2,94% untuk lendutan, 17,30% untuk regangan serat atas dan 3,00% untuk regangan serat samping. Pola retak yang terjadi pada balok BN dalam pemodelan dan eksperimental menghasilkan pola retak yang sama yaitu retak lentur. Persentase selisih hasil antara pemodelan dan eksperimental yang ditijau di tengah bentang pada balok GWWG adalah 30,60% untuk lendutan, 17,42% untuk regangan serat atas dan 8,26% untuk regangan serat samping. Perkuatan yang diaplikasikan pada balok mengalami debonding sebelum regangan tekan beton mencapai regangan ultimitnya. Hal ini terjadi baik dalam pemodelan maupun eksperimental.
Desain balok beton menggunakan penulangan lembaran continue fiber reinforced polymer (FRP) Alami, Fikri
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 24 No. 1 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v24i1.6

Abstract

Fiber Reinforced Polymer (FRP) sudah banyak dipergunakan untuk perkuatan konstruksi beton bertulang maupun untuk penulangan internal beton. Namun penggunaan FRP sebagai penulangan internal pada struktur beton, masih didominasi dengan penggunakan tulangan Bar (FRP Bars). Sementara penggunaan FRP tipe lembaran (FRP Sheet) masih terbatas dikarenakan kesulitan dalam pemahaman metode desain dan juga permasalahan debonding antara lembaran FRP dan beton. Tulisan ini membahas cara mendesain balok beton dengan menggunakan penulangan lembaran FRP, baik berupa lembaran FRP tipe pelat, maupun lembaran FRP yang kontinyu yang dapat dipergunakan sebagai kombinasi penulangan lentur dan geser. Hasil penelitian yang sudah diseleksi juga ditampilkan dalam tulisan ini sebagai perbandingan dengan teori yang dikembangkan.
ANALISIS PENYEBAB RETAK MELINTANG DAN RETAK RAMBUT PADA PERKERASAN KAKU STUDI KASUS JALAN TOLL BAKAUHENI – SIDOMULYO (LAMPUNG SELATAN) Rainal, Rainal; Niken, Chatarina; Karami, Muhammad
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 24 No. 1 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v24i1.7

Abstract

Pekerjaan perkerasan kaku pada proyek jalan tol trans Sumatera ruas Bakauheni- Sidomulyo, terjadi retak setelah pengecoran. Hal ini menyebabkan kerugian bagi pengguna jasa, sehingga perlu untuk menganalisis terjadinya retak tersebut. Hasil analisis ini menjadi bahan pertimbangan dalam pengecoran perkerasan kaku, sehingga retak tersebut tidak kembali terjadi. Pengamatan dalam penelitian ini dilakukan sepanjang 39,4 km dengan dua jalur - empat lajur, yang terbagi menjadi 31.520 segmen. Retak melintang dibagi dua tipe, yaitu retak pertengahan segmen dan retak saw joint. Jumlah retak melintang pertengahan segmen sebanyak 185 buah (0,58% dari total pengecoran), retak melintang saw joint 134 segmen (0,42% dari total pengecoran). Selain retak melintang terdapat juga retak rambut, yang terjadi sepanjang 125 segmen (0,40% dari total pengecoran). Retak pertengahan segmen disebabkan adanya interval pengecoran yang lebih dari 15 menit antara beton yang telah terhampar dengan beton yang belum terhampar, sehingga terjadi perbedaan kembang dan susut pada batasnya. Retak saw joint dikarenakan bergesernya tulangan dowel dari as segmen dan keterlambatan pemotongan beton yaitu lebih dari 18 jam. Untuk penyebab retak rambut dikarenakan tidak meratanya penyiraman cairan curing compound saat proses pengecoran berlangsung. Retak ini juga dapat muncul saat masa pemeliharaan beton. Pemeliharaan dilakukan dengan cara penyiraman air ke permukaan beton, selain itu retak juga dapat muncul karena pemeliharaan yang dilakukan kurang dari 7 hari.
ANALISIS KAJIAN FAKTOR-FAKTOR YANG DAPAT MENYEBABKANKETERLAMBATAN PROYEK PADA PEMBANGUNAN JALAN TOL SERANG – PANIMBANG Adhi, Santoso Waskito; Purba, Aleksander; Kustiani, Ika
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 24 No. 1 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v24i1.9

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan keterlambatan proyek pembangunan jalan tol Serang-Panimbang. Metode penelitian  menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan analisis faktor. Penelitian  dilakukan dengan wawancara/kuesioner terhadap 75 orang dari 15 instansi yang terkait dengan proyek pembangunan jalan tol Serang-Panimbang dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Analisis hasil pencapaian faktor-faktor yang dapat menyebabkan keterlambatan proyek pembangunan jalan tol Serang-Panimbang ini menggunakan metode indeks kepentingan yaitu berdasarkan nilai rata-rata (mean) dari skor jawaban responden. Hasil penelitian menunjukkan 9% kelompok faktor masuk dalam kategori cukup berpengaruh  dengan  rentang nilai mean 2,60-3,40, sebanyak 78% kelompok faktor masuk dalam kategori berpengaruh dengan  rentang nilai mean 3,51-4,20. Selanjutnya faktor yang sangat berpengaruh terhadap keterlambatan proyek sebesar 3% dengan  rentang nilai mean 4,21-5,00. Faktor yang sangat berpengaruh tersebut adalah faktor basic design dan dokumen tender investasi yang tidak akurat sehingga terjadi perubahan-perubahan dalam perencanaan dan spesifikasi, faktor pembebasan lahan yang tidak sesuai dengan jadwal pengadaan lahan yang telah ditetapkan Pemerintah (Bina Marga) serta faktor proses pengesahan dokumen detail engineering design yang berjenjang dari BPJT berlanjut ke Direktorat Jalan Bebas Hambatan dan Perkotaan Kementerian PUPR.
ANALISIS PENGARUH ANOMALI IKLIM TERHADAP CURAH HUJAN DI PROVINSI BENGKULU Ismail, Muhammad Rizky; Zakaria, Ahmad; Susilo, Gatot Eko
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 24 No. 1 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v24i1.11

Abstract

Propinsi Bengkulu adalah salah satu daerah di Indonesia yang dipengaruhi oleh anomali iklim, diantaranya adalah bencana banjir dan kekeringan. Dengan demikian, diperlukan penelitian untuk mengetahui pengaruh  anomali iklim terhadap curah hujan di Propinsi Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: daerah yang dominan terpengaruh oleh anomali iklim, perulangan anomali iklim dan kecendrungan pertum-buhan anomali iklim di Propinsi Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode fast fourier transform (FFT) dan lomb periodogram. Hasil penelitian  menunjukkan periode frekuensi dominan adalah perulangan 2,8 tahun untuk FFT, sedangkan lomb periodogram adalah 3,8 – 4,4 tahun. Hasil analisis FFT menunjukkan nilai amplitudo dari data BMKG adalah 1,2 mm2-3,4 mm2, sedangkan dari  data TRMM nilai amplitudo adalah 0,1 mm2 – 0,6 mm2. Dengan menggunakan metode lomb periodogram didapatkan nilai amplitudo 2,5 mm2 – 25 mm2 dari data BMKG dan dari data TRMM diperoleh amplitude sebesar 0,28 mm2- 0,37 mm2. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah anomali iklim yang berpengaruh menurut hasil FFT  adalah IODM  dengan perulangan 2,8 tahun, sedangkan dari lomb periodogram yang berpengaruh adalah ENSO dengan perulangan 3,8 – 4,4 tahun. Disimpulkan pula bahwa daerah dominan terpengaruh oleh anomali iklim menurut data BMKG adalah Kepahiyang, sedangkan untuk TRMM adalah daerah Fatmawati dan Pulau Baai. Untuk kecenderungan pertumbuhan pengaruh anomali iklim, bahwa setiap stasiun kecuali Fatmawati BMKG, punya kecendrungan naik.
ANALISIS FAKTOR YANG MENENTUKAN KEBERHASILAN PEMBANGUNAN JALAN TOL (STUDI KASUS LEMATANG – KOTABARU) Akbar, Aldharin Rizky; Sulistyorini, Rahayu; Afriani, Lusmeilia
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 24 No. 1 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v24i1.12

Abstract

Pembangunan jalan tol merupakan salah satu bentuk usaha pemerintah dalam memudahkan masyarakat Indonesia untuk meningkatkan mobilitas dari segi ekonomi, maupun sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menentukan keberhasilan pembangunan jalan tol trans Sumatera di Propinsi Lampung melalui aspek efisien jarak dan waktu, aspek ekonomi masyarakat, aspek pariwisata, aspek keamanan, dan aspek lingkungan. Analisis dalam penelitian ini melihat secara lengkap baik dari sisi eksternal maupun internal dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa jalan tol trans Sumatera dapat membantu masyarakat menangani masalah kemacetan, aksesibilitas, jarak tempuh lebih efisien dan dapat mengundang para investor baru untuk berinvestasi di Propinsi Lampung. Selain itu, jalan tol memiliki dampak terhadap perekonomian usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan tingkat kecelakaan pada jalan tol trans Sumatera terbilang tinggi semenjak jalan tol tersebut resmi beroperasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 6