cover
Contact Name
-
Contact Email
risa-herdiyana-bastian@unucirebon.ac.id
Phone
+6281320997599
Journal Mail Official
risa-herdiyana-bastian@unucirebon.ac.id
Editorial Address
Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon Jl. Sisingamangaraja No. 33 45111 Cirebon Telp: 0231-235900 Email: jona@unucirebon.ac.id Website: https://unucirebon.ac.id/id/
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Olahraga Nasional
ISSN : -     EISSN : 31234879     DOI : -
Core Subject : Education,
JONA - Jurnal Olahraga Nasional adalah jurnal blind review (ISSN On Process) untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas di bidang Olahraga. Semua publikasi di Jurnal Olahraga Nasional (JONA) bersifat Open Access yang memungkinkan artikel tersedia secara bebas online tanpa berlangganan apapun. JONA terbit satu tahun dua kali yaitu bulan Februari dan Agustus
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 14 Documents
MINAT SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PASCA PANDEMI COVID-19 Sudiroh; Risa Herdiyana
Jurnal Olahraga Nasional Vol. 1 No. 1 (2024): Jurnal Olahraga Nasional
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Minat merupakan kecondongan rasa senang, rasa ingin tahu serta rasa perhatian dan cenderung terlibat dalam kegiatan tertentu. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui minat siswa pasca pandemi Covid-19 terhadap pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di kelas VIII MTs Al-Ikhlas Losari Kabupaten Brebes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan jenis penelitian survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan skala minat. Sampel yang digunakan adalah total sampling yaitu keseluruhan sampel yang berjumlah 121 siswa. Berdasarkan penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa minat siswa dikategorikan sedang dengan presentase 66,942%.
Pengaruh Status Gizi Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani pada siswa sekolah Ari Gana Yulianto; Risa Herdiyana
Jurnal Olahraga Nasional Vol. 2 No. 1 (2025): Jurnal Olahraga Nasional
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian literature review ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh status gizi terhadap kebugaran jasmani siswa dengan menggunakan data sekunder berupa artikel jurnal penelitian terdahulu. Pengumpulan data dilakukan melalui metode PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analysis). Dalam prosesnya, pencarian artikel jurnal dilakukan berdasarkan beberapa kriteria metodologis, yaitu: (1) artikel yang relevan dengan topik penelitian, (2) variabel penelitian yang sesuai dengan kebutuhan kajian, (3) rentang waktu publikasi artikel antara tahun 2018-2022 atau dalam kurun waktu lima tahun terakhir, (4) hasil penelitian yang valid dan dapat diukur, serta (5) analisis data yang dilakukan secara tepat dan akurat. Sumber data utama berasal dari berbagai basis data seperti Google Scholar, ERIC Journal, dan Taylor & Francis, menggunakan kata kunci seperti “hubungan status gizi terhadap kebugaran jasmani.” Hasil analisis literature review ini menunjukkan bahwa status gizi memiliki hubungan yang erat dengan tingkat kebugaran jasmani pada siswa. Selain itu, penelitian juga mengungkap adanya hubungan signifikan antara status gizi dan kebugaran jasmani, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor relevan lainnya.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TGFU (TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN FUTSAL Ari Gana Yulianto; Ai Faridah; Dian Permana; Bela Santika; Wawan Kurniawan
Jurnal Olahraga Nasional Vol. 2 No. 2 (2025): Jurnal Olahraga Nasional
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji efektivitas model pembelajaran Teaching Games for Understanding (TGFU) dalam meningkatkan keterampilan bermain futsal siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X dan XI SMAN 1 Campaka, dengan sampel 20 siswa laki-laki yang aktif dalam ekstrakurikuler futsal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TGFU memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan bermain futsal siswa. Kelompok eksperimen yang menggunakan model TGFU menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan bermain futsal dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran teknik konvensional. Model TGFU memberikan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif, karena siswa belajar melalui permainan yang menyenangkan dan relevan. Model ini tidak hanya berfokus pada teknik, tetapi juga mengajarkan siswa untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah taktis dalam permainan, serta membuat keputusan yang tepat dalam situasi permainan. Hasil penelitian ini sejalan dengan teori Suzanne Glavin dan Kirk dalam Hopper yang menekankan pentingnya pendekatan taktis dalam pembelajaran olahraga untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengambil keputusan yang tepat dan meningkatkan penampilan mereka selama permainan. Secara keseluruhan, penerapan model Teaching Games for Understanding (TGFU) terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan bermain futsal siswa. Model ini membantu siswa memahami permainan dengan lebih baik, meningkatkan motivasi belajar mereka, dan memperkuat kemampuan mereka dalam menghadapi situasi taktis selama pertandingan.
ANALISIS KEMAMPUAN PUKULAN SERVIS PENDEK DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS PADA PB. GUNDUL JAYA KABUPATEN INDRAMAYU Wahyu Adi Nugroho; Handayani Nila
Jurnal Olahraga Nasional Vol. 1 No. 1 (2024): Jurnal Olahraga Nasional
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pukulan servis adalah sebuah momentum dimulainya pertandingan bulutangkis yang memiliki salah satu variasi servis pendek. Keberhasilan permainan sangat ditentukan seberapa baik servis dilakukan. Permasalahan yang terjadi pada atlet PB Gundul Jaya adalah para atlet tidak mengetahui teknik dasar untuk melakukan servis yang baik, sehingga kualitas servis yang dihasilkan buruk. Shuttlecock sering menyangkut di net atau melambung terlalu tinggi di atas net sehingga dapat dengan mudah dikembalikan lawan. Maka penelitian ini ditujukan untuk mengukur kemampuan atlet PB Gundul Jaya dalam melakukan servis pendek serta mencari solusi agar kemampuan tersebut meningkat. Metode penelitian yang dipakai adalah kuantitaif dengan pendekatan deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik total sampling, karena jumlah populasi kurang dari 100 orang, maka keseluruhan populasi dijadikan sampel penelitian dengan jumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan dasar servis pada permainan bulutangkis atlet PB Gundul Jaya keseluruhan berada pada kategori kompeten dan sudah paham akan dasar dasar bulutangkis, khususnya kemampuan dasar servis pendek. Pemberian materi serta pemahaman terkait teknik dasar melakukan servis pendek terbukti mampu meningkatkan kemampuan dalam melakukan servis pendek.
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA KESEHATAN (PJOK) SMA MUHAMMADIYAH SE-KABUPATEN PEKALONGAN M. Azkal Azkiya; Mega Widya Putri; Idah Tresnowani
Jurnal Olahraga Nasional Vol. 1 No. 1 (2024): Jurnal Olahraga Nasional
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan di SMA Muhammadiyah di Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum merdeka belajar dalam mata pelajaran PJOK dapat berjalan sesuai dengan program kerja yang sudah ditetapkan oleh mentri pendidikan dan permendikbud. Dalam proses pengumpulan data penelitian, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran PJOK dilaksanakan secara luring dengan menerapkan konsep kurikulum merdeka belajar. Setelah data disajikan oleh peneliti berdasarkan temuan-temuan di lapangan melalui obserasi, wawancara dan dokumentasi maka sebagai tindak lanjut dari temuan data-data penelitian yaitu menganalisis hasil data yang terkumpul menggunakan kata-kata yang terperinci.
SURVEI SARANA DAN PRASARANA DALAM MATA PELAJARAN PJOK SDN 33/IX MUARO JAMBI Ina Rusdianti; Atri Widowati; Grafitte Decheline; Yonifia Anjanika
Jurnal Olahraga Nasional Vol. 1 No. 1 (2024): Jurnal Olahraga Nasional
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang ketersediaan dan kelayakan dari sarana dan prasaranadalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di SDN 33/IX Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan survey. Data penelitianini diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian dan datayang diperoleh dari Survei Sarana dan Prasarana dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga danKesehatan di SDN 33/IX Muaro Jambi, dapat disimpulkan mengenai hasil yang diperoleh yaitu untuk ketersediaan Sarana PJOK 55% tidak tersedia dan Prasarana PJOK 90% tidak tersedia. Kemudian kelayakan sarana dan prasarana PJOK di SDN 33/IX Muaro Jambi adalah 55% sarana dalam kondisi tidak layak, dan 90% Prasarana PJOK dalam kondisi tidak layak dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga danKesehatan di SDN 33/IX Muaro Jambi.
KEMAMPUAN VO2MAX MAHASISWA PJKR UNU CIREBON Abdulah Hafid Ramadhan; Risa Herdiyana Bastian
Jurnal Olahraga Nasional Vol. 1 No. 1 (2024): Jurnal Olahraga Nasional
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan VO2Max yang dimiliki mahasiswa PJKR UNU Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan jenis penelitian ini merupakan penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PJKR UNU Cirebon sebanyak 87 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 sebanyak 20 orang. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes praktek dengan instrumen Multi Stage Fitness Test. Bedasarkan hasil analisis dan pengolahan data, mahasiswa yang berada pada kategori diatas rata-rata sebanyak 3 orang dengan nilai persentase 15%. VO2Max mahasiswa yang berada pada kategori rata-rata sebanyak 2 orang dengan nilai persentase 10%, kategori dibawah rata-rata sebanyak 9 orang dengan persentase 45%, dan kategori kurang sebanyak 6 orang dengan persentase 30%. Dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan VO2Max mahasiswa PJKR UNU Cirebon semester 1 berada pada kategori dibawah rata-rata.
PERBANDINGAN PENDEKATAN STEAM DAN PENDEKATAN KONVENSIONAL TERHADAP PEMBELAJARAN GERAK DASAR MANIPULATIF DI SEKOLAH DASAR Reza Khairudin
Jurnal Olahraga Nasional Vol. 2 No. 1 (2025): Jurnal Olahraga Nasional
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) dan pendekatan konvensional dalam pembelajaran gerak dasar manipulatif pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol non-equivalen. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas IV A dan kelas IV B dengan total populasi 60 siswa dengan cara pengambilan sampel adalah Purposive-sampling. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan gerak dasar pre-test dan post-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendekatan STEAM secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan gerak dasar manipulatif dengan skor rata-rata sebesar 39.93 dibandingkan pendekatan konvensional dengan skor rata-rata sebesar 24.93. Hal ini sejalan dengan hipotesis bahwa terdapat perbedan rata-rata hasil pembelajaran dengan dua pendekatan tersebut. Kesimpulannya pendekatan STEAM lebih efektif untuk meningkatkan pembelajaran gerak dasar manipulatif dibanding pendekatan konvensional Kata Kunci: pendekatan STEAM, pendekatan konvensional, gerak dasar manipulatif, sekolah dasar, pendidikan jasmani
Mikrobiota Pada Atlet Berdasarkan Kapasitas Aerobik Maksimal Reqgi First Trasia; Zenia Maulivia Fadila
Jurnal Olahraga Nasional Vol. 2 No. 1 (2025): Jurnal Olahraga Nasional
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peran utama kolonisasi mikroorganisme pada olahragawan dijalankan oleh mikrobiota saluran pencernaan. komposisi mikrobiota juga dapat dipengaruhi oleh aktivitas fisik atau diet . Namun, masih sedikit artikel di Indonesia yang meninjau microbiota pada atlet. Oleh karena itu, tinjauan ini bertujuan untuk mengulas korelasi antara komposisi mikrobiota aktivitas fisik pada atlet, yang dapat meningkatkan kinerja olahraga mereka. Penelitian ini menggunakan metode narrative literature review dengan menyusun sebuah tinjauan atau rangkuman dari hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya yaitu dari literasi atau jurnal yang mendukung dengan topik mengenai microbiota pada atlet berdasarkan kapasitas aerobic maksimal. Bakteri probiotik adalah strain bakteri hidup yang bila diberikan dalam jumlah tepat, akan bermanfaat bagi organisme inang . Sebagian besar data literatur menunjukkan sejumlah besar bakteri Clostridiales, seperti Bacteroides, Lactobacillus, Bifidobacterium, atau Veillonella. Namun, masih belum ada jawaban yang jelas spesies mana yang dominan mengkolonisasi saluran cerna atlet. Diversifikasi mikrobiota usus juga berubah tergantung pola makan yang dikonsumsi. Pola makan tinggi serat meningkatkan jumlah bakteri dari genera Lactobacillus dan Bifido bacterium, namun protein masih menjadi bahan pembangun massa otot yang paling penting
IMPLEMENTASI GAME BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA TERHADAP OLAHRAGA Afiah Ulya
Jurnal Olahraga Nasional Vol. 2 No. 1 (2025): Jurnal Olahraga Nasional
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi Game-Based Learning dalam menaikkan minat siswa terhadap olahraga, khususnya pada materi variasi dan kombinasi motilitas dasar lokomotor melalui permainan estafet yang meliputi jalan cepat, lari zig zag, dan lompat rintangan. Pendekatan deskriptif kualitatif dipergunakan dalam penelitian ini, dengan populasi penelitian terdiri atas semua peserta didik di jenjang kelas 4B SDN 083 Babakan Surabaya. Proses pengumpulan data dilaksanakan dengan melakukan pengamatan secara eksklusif terhadap aktivitas pada lokasi penelitian serta lbr penilaian minat belajar peserta didik yg diisi melalui Google Form.

Page 1 of 2 | Total Record : 14