cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
upt-penerbitan@unej.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Edukasi Universitas Jember
Published by Universitas Jember
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 188 Documents
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SUGESTIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI SISWA KELAS V SDN ARJASA 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Subandi, Ahmad Utman; Satrijono, Hari; Suhartiningsih, S
Jurnal Edukasi Universitas Jember Vol 1, No 1: Maret 2014
Publisher : Jurnal Edukasi Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.074 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kemampuan menulis karangan narasi sugestif dengan menggunakan media gambar seri. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Arjasa 02 Jember pada siswa kelas V semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan atau observasi, teknik wawancara, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan persentase hasil belajar siswa yang tergolong tuntas tahap prasiklus sebesar 14%, siklus I sebesar 59%, dan siklus II sebesar 76%. Dengan demikian hasil belajar siswa kelas V SDN Arjasa 02 Jember dalam menulis karangan narasi sugestif antara prasiklus, siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Kata Kunci : karangan narasi sugestif, media gambar seri, dan hasil belajar menulis karangan narasi sugestif.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA (SISWA KELAS VIII SEMESTER GASAL SMPN 1 SUMBERMALANG KABUPATEN SITUBONDO TAHUN AJARAN 2012/2013) Utomo, Tomi; Wahyuni, Dwi; Hariyadi, Slamet
Jurnal Edukasi Universitas Jember Vol 1, No 1: Maret 2014
Publisher : Jurnal Edukasi Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.051 KB)

Abstract

Abstrak Model pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) merupakan kegiatan pembelajaran yang menuntut aktivitas mental siswa untuk memahami suatu konsep pembelajaran melalui situasi dan masalah yang disajikan  pada awal pembelajaran dengan tujuan untuk melatih siswa menyelesaikan masalah dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah. Model pembelajaran ini dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mempelajari biologi, sehingga siswa dapat memperoleh manfaat yang maksimal baik dari proses maupun hasil belajarnya. Metode penelitian pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning.). pemahaman konsep siswa dianalisis menggunakan ANAKOVA. Kemampuan berpikir kreatif dalam hal ini meliputi kefasihan, keluwesan, dan keaslian jawaban siswa dalam menjawab LKS. Perbedaan pemahaman konsep siswa dari hasil uji LSD menunjukkan beda rerata nilai kelas eksperimen terhadap kelas kontrol bernilai positif 15,997, dengan taraf signifikasi sebesar 0,000 (P = < 0,05). Hasil análisis kemampuan berpikir kreatif siswa menunjukkan bahwa pada kelas ekperimen  tidak terdapat 0 (0%) siswa yang masuk dalam kriteria tidak kreatif (TK), sedangkan pada kelas kontrol terdapat 2  (5,4%) siswa. Pada kriteria kurang kreatif (KK)  terdapat 7 (18%) siswa  pada kelas ekperimen yang masuk didalamnya, sedangkan pada kelas kontrol terdapat 16 (43,2%) siswa. Pada kriteria berikutnya, yaitu kriteria cukup kreatif  (CK) terdapat 20 (53,7%) siswa pada kelas eksperimen yang masuk didalamnya, sedangkan pada kelas kontrol 14  (37,8%) siswa. Pada kriteria Kreatif  (K), terdapat 10 (27%) siswa pada kelas ekperimen yang masuk didalamnya, sedangkan pada kelas kontrol 5 (13,5,2%) siswa. Kriteria yang terakhir adalah kriteria sangat kreatif (SK), pada kriteria ini baik kelas ekperimen ataupun kelas kontrol tidak ada siswa yang masuk didalamnya. Kata Kunci : Pemahaman konsep siswa, Kemampun berpikir kreatif siswa, Model pembelajaran berbasis masalah.
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI MATA PELAJARAN PKN MATERI POKOK DEMOKRASI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI SD NEGERI KADEMANGAN 1 BONDOWOSO Rachmawati, Suhairiah; Muchtar, Imam; Shaleh, Umar H.M.
Jurnal Edukasi Universitas Jember Vol 1, No 1: Maret 2014
Publisher : Jurnal Edukasi Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.007 KB)

Abstract

Abstrak Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan mata pelajaran yang bertujuan untuk membentuk warga negara yang baik. Akan tetapi, para siswa beranggapan bahwa PKn merupakan mata pelajaran yang sulit dan kurang menarik. Pembelajaran PKn biasanya terpusat pada guru sehingga siswa merasa bosan dan menyebabkan aktivitas belajar siswa rendah. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa pun belum optimal. Demikian juga yang terjadi pada siswa kelas VI SD Negeri Kademangan 1 Bondowoso. Oleh karena itu dilakukan penelitian tindakan kelas di sekolah tersebut dengan siswa kelas VI sebagai subjek penelitiannya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, tes, dan dokumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI dalam pembelajaran PKn materi pokok Demokrasi melalui model pembelajaran scramble. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI mengalami peningkatan melalui penerapan model pembelajaran scramble. Kata Kunci : aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, model pembelajaran scramble, Pendidikan Kewarganegaraan.
PENGGUNAAN COMPACT DISC (CD) PEMBELAJARAN BENTUK FILM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI A JURUSAN IPS SMA NURIS JEMBER PADA MATA PELAJARAN EKONOMI STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI KONDISI KETENAGAKERJAAN, KOMP Darmawan, Priya; Kantun, Sri; Ani, Hety Mustika
Jurnal Edukasi Universitas Jember Vol 1, No 1: Maret 2014
Publisher : Jurnal Edukasi Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.922 KB)

Abstract

Abstrak Motivasi dan hasil belajar siswa dikelas XI-A SMA Nuris Jember masih rendah, selain itu nilai rata-rata ulangan harian masih di bawah SKM. Hal tersebut dikarenakan penggunaan media pembelajaran masih konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Dalam rangka memperbaiki proses pembelajaran yang telah berlangsung selama ini, diperlukan media pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi sekaligus hasil belajar siswa adalah media pembelajaran CD bentuk film. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan,  observasi, dan refleksi. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive. Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan metode populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran CD bentuk film dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI A SMA Nuris Jember pada mata pelajaran ekonomi standar kompetensi memahami kondisi ketenagakerjaan  kompetensi dasar mengklasifikasi ketenagakerjaan tahun ajaran 2012/2013. Peningkatan pada siklus I yaitu 73 dengan ketuntasan kiasikal sebesar 70% dan meningkat lagi pada siklus II yaitu 80,12 dengan ketuntasan klasikal sebesar 87,5% dengan kata lain ketuntasan siswa telah tuntas.. Kata Kunci : Motivasi siswa, hasil belajar siswa, media pembelajaran CD bentuk film
IDENTIFIKASI TINGKAT KONSISTENSI IMPLEMENTASI SYNTAX PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAHASISWA PPL BOLOGI DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI KABUPATEN JEMBER Susanti, Widya Resti; Subchan, Wachju; Wahyuni, Dwi
Jurnal Edukasi Universitas Jember Vol 1, No 1: Maret 2014
Publisher : Jurnal Edukasi Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.111 KB)

Abstract

Abstrak FKIP sebagai pencetak tenaga kependidikan harus mampu membekali dan melatih calon tenaga pendidik menjadi seorang pendidik professional baik dari segi teori maupun praktek. Salah satu pelatihan itu melalui Program Pengalaman Lapangan (PPL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar konsistensi implementasi syntax pembelajaran kooperatif mahasiswa PPL biologi dan adakah hubungannya dengan hasil belajar siswa SMPN Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survei dan untuk penggalian data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwasanya tipe pembelajaran kooperatif yang digunakan responden adalah STAD (Student Teams Achievement Division) sebanyak 35,7%, TGT (Teams Games Tournament) 28,6% dan NHT (Number Head Together) 35,7%. Untuk memaksimalkan hasil belajar, dilakukan beberapa penggabungan tipe pembelajaran kooperatif tersebut dengan teknik pembelajaran lain, diantaranya NHT dengan picture and picture, NHT dengan role playing, TGT dengan role playing dan STAD dengan example non example. Mahasiswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TGT 100% memiliki tingkat konsistensi implementasi syntax tinggi. Tetapi, mahasiswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT, 80% tingkat konsistensi implementasi syntax tinggi dan 20% sisanya memiliki tingkat konsistensi implementasi syntax sedang. Hasil analisis menunjukkan terdapat korelasi yang tidak signifikan (r =0,058; p=0,844) antara konsistensi implementasi syntax pembelajaran kooperatif pada mahasiswa PPL biologi terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : syntax, pembelajaran kooperatif, mahasiswa PPL, hasil belajar.
PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI POKOK BAHASAN KONDUKTOR DAN ISOLATOR SDN SEMBORO PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Mayangsari, Dewi; Nuriman, N; Agustiningsih, A
Jurnal Edukasi Universitas Jember Vol 1, No 1: Maret 2014
Publisher : Jurnal Edukasi Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.158 KB)

Abstract

Abstrak Metode eksperimen adalah salah satu metode yang dapat digunakan oleh guru sebagai dasar dalam melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui metode eksperimen. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan meliputi empat tahap yaitu: kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN Seboro Probolinggo tahun pelajaran 2012/2013. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode eksperimen mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil observasi menunjukkan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 65,53% (kategori aktif), meningkat pada siklus II sebesar 80,6% (kategori sangat aktif), sehingga meningkat sebesar 15,07%. Persentase hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode eksperimen pada pokok bahasan konduktor dan isolator juga mengalami peningkatan. Pada siklus I mencapai 55% dan pada siklus II mencapai 85%, sehingga meningkat sebesar 30%. Kata Kunci : metode eksperimen, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa.
PENERAPAN METODE INQUIRY DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN AKIBAT PERILAKU MANUSIA TERHADAP LINGKUNGAN DI KELAS IV SDN 1 BAYEMAN ARJASA SITUBONDO TAHUN 2012/2013 Sukriyanto, S; Yuliati, Nanik; Saleh, Umar H.M.
Jurnal Edukasi Universitas Jember Vol 1, No 1: Maret 2014
Publisher : Jurnal Edukasi Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.137 KB)

Abstract

Abstrak Kurang optimalnya pembelajaran IPS di SD disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah penggunaan metode yang kurang tepat dalam menumbuhkan aktivitas belajar dan meningkatkan prestasi belajar siswa, Salah satu upaya untuk mengatasinya dengan menggunakan metode Inquiry. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model skema penelitian Hopkins, menggunakan prosedur kerja yang dipandang sebagai suatu siklus dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa, persentase aktivitas siswa siklus I sebesar 69,78% pada siklus II sebesar 81,32%, sedangkan presentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 51,72%, dan siklus II sebesar 82,76%. Kata Kunci : inquiry, PTK, hasil belajar
PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR PERKALIAN BILANGAN SATU-LIMA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE PERMAINAN PILIH JAWABAN BERNUANSA GASING KELAS II SD NEGERI SLATENG 03 TAHUN 2011-2012 Mardiana, Lilik; Hobri, H; Suharto, S
Jurnal Edukasi Universitas Jember Vol 1, No 1: Maret 2014
Publisher : Jurnal Edukasi Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.638 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar perkalian bilangan 1-5 melalui pembelajaran kooperatif dengan permainan pilih jawaban bernuansa Gasing. Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Slateng 03 Ledokombo Jember tahun 2011-2012. Metode pengambilan data yang digunakan yaitu obsevasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif reflektif. Persentase aktivitas belajar  pada  siklus I adalah 59,88% (kategori sedang), dan meningkat pada siklus ke II yaitu 79,32%. Persentase hasil belajar matematika siswa  melaui pembelajaran kooperatif dengan permainan pilih jawaban bernuansa Gasing ada perkalian bilangan 1-5 mengalami peningkatan. Pada siklus I persentasenya 70,37%, dan pada siklus ke II 88,89%, jadi meningkat 18,52%. Kata Kunci : pembelajaran kooperatif dengan permainan pilih jawaban bernuansa Gasing, PTK, Aktifitas, Hasil Belajar.
ANALISIS TINGKAT KESUKARAN DAN DAYA BEDA PADA SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL BENTUK PILIHAN GANDA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 5 JEMBER TAHUN AJARAN 2012-2013 Rahayu, Tika Dwi; Purnomo, Bambang Hari; Sukidin, S
Jurnal Edukasi Universitas Jember Vol 1, No 1: Maret 2014
Publisher : Jurnal Edukasi Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.756 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif yang bertujuan untuk mengetahui besar kecilnya tingkat kesukaran dan daya beda pada soal ujian tengah semester bentuk pilihan ganda mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 5 Jember semester ganjil tahun ajaran 2012-2013. Objek yang diteliti adalah 40 butir soal pilihan ganda buatan guru ekonomi kelas X. Penelitian ini dilaksanakan dengan menganalisis tingkat kesukaran dan daya beda butir soal buatan guru selanjutnya diintrepretasikan ke dalam kriteria yang telah ditetapkan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif yaitu mengintrepretasikan data hasil perhitungan tingkat kesukaran dan daya beda soal pilihan ganda buatan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesukaran soal pilihan ganda buatan guru belum proporsional, sebanyak 22 soal buatan guru yang tidak sesuai antara ranah kognitif yang ditetapkan oleh guru dengan ranah kognitif yang sebenarnya menurut taksonomi Bloom. Daya beda soal pilihan ganda buatan guru tersebut masih rendah. Sebanyak 19 soal buatan guru belum mampu membedakan kemampuan antara siswa pandai dengan siswa kurang pandai. Kata Kunci : Tingkat Kesukaran Soal, Daya Beda Soal.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV BIDANG STUDI IPS PADA POKOK BAHASAN JENIS DAN PERSEBARAN SDA SERTA PEMANFAATANNYA DI SDN TEMPURSARI 01 TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Marinta, Fungki Dwi; Khutobah, K; Marjono, M
Jurnal Edukasi Universitas Jember Vol 1, No 1: Maret 2014
Publisher : Jurnal Edukasi Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.942 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model pembelajaran PAIKEM untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menargetkan penelitian pada siswa kelas IV SDN Tempursari 01 tahun pelajaran 2012/2013. Analisis data diperoleh dari observasi, tes dan wawancara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dari Hopkins, diperoleh setiap siklus mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa, siklus I sebesar 73,53% dan siklus II sebesar 91,18%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PAIKEM dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV bidang studi IPS pada pokok bahasan jenis dan persebaran SDA serta pemanfaatannya di SDN Tempursari 01 tahun pelajaran 2012/2013. Kata Kunci : Model Pembelajaran PAIKEM, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa..

Page 1 of 19 | Total Record : 188