cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL TADRIS STAIN PAMEKASAN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 156 Documents
FUTUROLOGI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA Atmari, Atmari
JURNAL TADRIS STAIN PAMEKASAN Vol 6, No 2 (2011)
Publisher : STAIN Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Tulisan ini berupaya mendeskripsikan dialektika kebuda­yaan Is­lam dalam aspek pendidikan Islam dengan kondisi sosial yang berkembang di beberapa negara. Dan kemudian menca­rikan konsep masa depan dengan pendidikan Islam di Indonesia melalui sebuah kerangka rekayasa sosial-budaya pendidikan. Sebuah formu­lasi yang tidak hanya berlandaskan pada satu atau dua pan­dangan saja, melainkan berawal dari kesejarahan sosial-budaya pen­di­dikan Islam, kemudian menganalisa kebudayaan Indonesia, se­hing­ga terda­pat integrasi holistic-multidimensional dari pandangan banyak tokoh.
PERAN FILSAFAT ISLAM DALAM DINAMIKA PENDIDIKAN MODERN DI INDONESIA Mahatma, Masmuni
JURNAL TADRIS STAIN PAMEKASAN Vol 6, No 2 (2011)
Publisher : STAIN Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Salah satu kelemahan mendasar dari perguruan tinggi Islam adalah problem dikotomik ilmu-ilmu agama dan umum. Di ranah lain, juga masih lebih terbebani dengan misi keaga­maan yang bersifat memi­hak, subjektif dan romantis, sehingga kadar kritisisme tidak begitu tampak. Dari kondisi tersebut, mesti ada landasan paradigmatik sebagai pijakan filosofis dalam mengembangkan pendidikan tinggi Islam. Karena itu, keberadaan filsafat Islam di perguruan tinggi Islam menjadi sangat penting untuk direak­tualisasikan untuk menumbuhkan telaah kritis terhadap teori dan konsep ilmu pengetahuan yang dipandang menyimpang dari pan­dangan Islam. Di luar itu, bisa juga menawarkan konsep alternatif dalam perspektif Islam dan bagaimana kaum muslimin menyikapi pengetahuan modern se­cara lebih kritis dan konstruktif.
TAZKIYAH AL-NAFS: Konsep Pendidikan Sufistik dalam Upaya Membangun Akhlak Taufik, H.
JURNAL TADRIS STAIN PAMEKASAN Vol 6, No 2 (2011)
Publisher : STAIN Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Orientasi pendidikan lebih mencerdaskan otak, akibatnya pen­didikan hati dan kecerdasan hati kurang diperhatikan bahkan hilang sama sekali. Akibat dari ini pula lahirlah anak didik yang cerdas dalam berfikir tetapi kurang berakhlak dalam bersikap. Maka dari itu, sangat penting melakukan upaya penyucian diri anak yang salah satunya dengan tazkiyah al-nafs. Penyucian ini dapat dilakukan dengan menahan diri (mujâhadah) dan melatih (riyâdlah), yakni berusaha melatih diri melakukan amal per­buatan yang bersumberkan akhlak karimah sehingga menjadi kebiasaan  bahkan menjadi suatu yang menyenangkan. Sedangkan untuk mencapai tingkat kesempurnaan jiwa, maka perlu ditempuh cara takhallî, tahallî dan tajallî.
SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DAN BUDAYA KORUPSI (Sebuah Alternatif Preventif) Ismail, Ismail
JURNAL TADRIS STAIN PAMEKASAN Vol 6, No 2 (2011)
Publisher : STAIN Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Korupsi di Indonesia dari hari ke hari semakin meng­gurita dan kompleks. Perilaku korupsi sudah menjadi bagian dari perilaku kehidupan banyak orang. Dampak korupsi dapat meru­gi­kan diri sendiri maupun orang lain. Merugikan diri sendiri karena korupsi pada hakikatnya tidak hanya merusak kehidupan indi­vidu itu sendiri, juga tidak akan men­jamin kebaha­giaan dunia dan akhirat. Merugikan orang lain, karena korupsi merupakan tindakan yang merampas hak orang lain dan boleh jadi dapat merusak lingkungan fisik dan sosial. Menyadari akan dampak negatif yang ditimbul­kan oleh tindakan korupsi, maka perlu dilakukan pena­nganan secara siste­matis dan terus me­nerus. Sistem pendidikan Islam yang komprehensif, integratif, dan sistematis dalam pembinaan mentalitas dan moralitas manu­sia, merupakan salah satu alternatif strategis  yang penting dilaku­kan untuk mencegah merebaknya bu­daya korupsi.
PENDIDIKAN ISLAM DAN PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA Harun AR., Mariatul Qibtiyah
JURNAL TADRIS STAIN PAMEKASAN Vol 6, No 2 (2011)
Publisher : STAIN Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Memasuki abad ke-21, masyarakat dunia, khususnya bangsa Indo­nesia menghadapi tiga tantangan utama, yaitu kepen­du­dukan, ling­kungan, dan pembangunan. Da­lam menjawab tantangan ini, sumber daya ma­nusia berkualitas menjadi sangat penting. Karena itu, saat ini terjadi pergeseran paradigmatis, dari pembangunan yang ber­orientasi keunggulan komperatif yang lebih mengandalkan kekayaan sumber daya alam, ke arah yang lebih menekankan keunggulan kom­petitif. Jalan yang paling efektif untuk mengembangkan potensi atau sumber daya manusia yang ber­kua­litas adalah melalui pendidikan Islam yang berkualitas. Pendidikan Islam dalam hal ini dapat dilihat sebagai upaya pembentukan manusia-manusia yang ideal bagi kehidupannya.
KONSEP KELUARGA DALAM PENDIDIKAN ISLAM Rozi, Mohammad Fahrur
JURNAL TADRIS STAIN PAMEKASAN Vol 6, No 2 (2011)
Publisher : STAIN Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Keluarga merupakan satuan sosial terkecil yang diikat oleh perkawinan. Melalui keluarga dilahirkan anak ketu­runan. Anak merupa­kan amanat Allah SWT. kepada orang tua. Oleh karena itu, orang tua bertang­gung jawab atas pendidikan anaknya dan mengisi kefitrahan itu dengan keimanan dan keikhlasan, sehingga memiliki akhlak yang mulia dan menjadi anak yang shalih dan shalihah. Keluarga merupakan lem­baga pertama dan utama dalam mendidik akidah anak. Melalui keluarga anak mulai mengenal dasar-dasar keislaman. Dan dengan bekal pendi­dikan dalam keluarga, anak akan mengembangkan pendidikannya me­lalui lembaga-lembaga formal. Dengan demikian, pendidikan dalam ke­luarga menjadi peletak dasar bagi pendidikian berikutnya.
KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF IBN MISKAWAIH SaÂ’diyah, Halimatus
JURNAL TADRIS STAIN PAMEKASAN Vol 6, No 2 (2011)
Publisher : STAIN Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Tulisan ini mengkaji pemikiran Ibn Miskawaih tentang pendidikan akhlak. Dalam pandangannya, keutamaan akhlak ber­ada dalam posisi tengah di antara dua ekstrim. Posisi tengah yang dimaksud adalah al-‘iffah, al-syajâah, dan al-hikmah. Adapun perpa­duan dari ketiganya disebut al-‘adâlah (keadilan atau keseim­bangan). Pribadi yang diidealkan oleh Ibn Miska­waih ialah pribadi yang mampu memposisikan dirinya secara propor­sional dan profesional dalam rangka keseimbangan dan senantiasa menempat­kan posisi tengah antara ekstrimitas kehidupan. Selain itu juga harus memiliki kepekaan intelektual (intelectual ability) dan ke­pe­dulian emo­si­onal (emotional majority) terhadap kehidupan dirinya, masya­rakat dan ling­kungan sekitarnya. Untuk mencapai tujuan tersebut maka ada dua pende­katan yang harus dilakukan dalam mendidik akhlak, yaitu melalui pembi­asaan dan pelatihan, serta peneladanan dan peniruan.
MENGEMBANGKAN MUTU MADRASAH MENUJU MADRASAH BERTARAF INTERNASIONAL Siswanto, Siswanto
JURNAL TADRIS STAIN PAMEKASAN Vol 6, No 2 (2011)
Publisher : STAIN Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Ada dua tantangan yang dihadapi madrasah baik bersifat internal maupun eksternal. Dari segi internal, menyangkut rendahnya mutu pendi­di­kan dan mutu pendidik, belum memenuhi standar isi dan standar kompe­tensi lulusan minimal, pengelolaan yang belum profesional, dan sebagainya. Secara eksternal, menyangkut persepsi masyarakat dan pemerintah yang cenderung diskriminatif, bahkan ada yang menganggap sebagai pendidikan “kelas dua” setelah seko­lah. Untuk itu, madrasah harus melakukan reaktu­a­li­sasi guna meningkatkan kuantitas dan kualitas  lulusan, mencapai dan/­atau se­cara bertahap mampu melampaui delapan standar nasional pen­di­dikan, dan mengembangkan program unggulan untuk mening­katkan citra madrasah di kalangan masyarakat maupun pemerintah. Salah satu langkah yang diambil adalah mendorong pendirian madrasah bertaraf internasional.
PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM (SEBUAH PILIHAN PEMBELAJARAN AKTIF BAGI MAHASISWA STAIN PAMEKASAN) Mukhid, Abd.
JURNAL TADRIS STAIN PAMEKASAN Vol 6, No 2 (2011)
Publisher : STAIN Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Pembelajaran konstruktivistik meskipun datangnya dari Negara non muslim, tetapi patut dipertimbangkan untuk diapli­kasi­kan dalam dunia pendidikan. Per­tim­ba­ngannya adalah bahwa pembelajaran konstruktivitik ber­pusat kepada pebelajar (learners). Pertimbangan lain diantaranya ada­lah pebelajar menjadi aktif dalam pembelajaran. Pebelajar dapat mem­bangun pemahaman mereka sendiri melalui kerja kolaborasi dan terhindar dari persaingan individual. Pebelajar bisa mengek­spre­sikan ide, gaga­san, penge­tahuan, pemahaman, dan berpikir kritis mereka le­wat dis­kusi, presentasi, sharing informasi, berdebat, dan lain-lain me­lalui ta­hap-tahap engage, explore, explain, extend/elaborate, dan evaluate.
ENHANCEMENT OF ISLAMIC HIGHER EDUCATION MANAGEMENT IN INDONESIA (A Brief Comparation with Melbourne University Management in Australia) Idri, Idri
JURNAL TADRIS STAIN PAMEKASAN Vol 6, No 1 (2011)
Publisher : STAIN Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: Islamic Higher Education is demanded to answer the challenge of  the era by preparing competent, professional, and Islamic graduates. This goal can be achieved through strengthening the management by studying from other universities that have been established and advanced as Melbourne University, the university which belongs to the top 10 colleges top in the world knowing for teaching excellence and research. Islamic Higher Education also need to do some strategic steps to improve the quality of its graduates through the opening excellent programs that have relevance to the needs market labor,  ensuring the availability of funds and building and strengthening cooperation with relevant parties.

Page 1 of 16 | Total Record : 156