cover
Contact Name
Damsir D
Contact Email
damsir_fkip@uho.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
damsir_fkip@uho.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Gema Pendidikan
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 08549044     EISSN : 2684866X     DOI : -
Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 26, No 1 (2019): Januari, Gema Pendidikan" : 11 Documents clear
STUDI PENDAHULUAN PENGEMBANGAN ALAT PIROLISIS SAMPAH PLASTIK POLIPROPILENA (PP) MENGGUNAKAN DRUM SISA PAKAI Rahmanpiu .
Gema Pendidikan Vol 26, No 1 (2019): Januari, Gema Pendidikan
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (578.537 KB) | DOI: 10.36709/gapend.v26i1.6617

Abstract

Sampah plastik PP dihasilkan dari plastik minuman dalam kemasan, jumlahnya melimpah sehingga menimbulkan pencemaran lingkungan. Salah satu metode untuk mengurangi sampah PP dalam metode termal (Pirolisis). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat pirolisis sampah plastik PP dengan bahan yang mudah diperoleh dan ramah lingkungan. Metode digunakan adalah eksperimen melalui tahapan desain, pembuatan alat pirolisis dan uji coba alat pirolisis. Hasil yang diperoleh menunjukkan dari tiga Tipe alat pirolisis yang dikembangkan Tipe 2 dengan kondisi sampel yang bersih memungkinkan utk dikembangkan lebih lanjut. Pirolisat yang dihasilkan didestilasi dan diperoleh bahan bakar cair sebesar 30-41%, bahan padat yang mudah terbakar sebanyak 30-40% dan gas yang tidak terkondensasi sekitar 20%. Gas buang yang dihasilkan selama pirolisis Tipe 3 tidak berbau dibandingkan Tipe 1 dan Tipe 2. Kata Kunci : Alat pirolisis, pirolisat, destilasi, plastik PP
UPAYA MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR PKN PADA MATERI PEMERINTAHAN KABUPATEN KOTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENDEKATAN CTL (Contextual Teaching And Learning) SISWA KELAS IV SD NEGERI 6 LAWA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Siti Asra
Gema Pendidikan Vol 26, No 1 (2019): Januari, Gema Pendidikan
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (595.116 KB) | DOI: 10.36709/gapend.v26i1.6718

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran dengan pendekatan kontekstual (CTL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi  Pemerintahan Kabupaten Kota  di kelas IV  SD Negeri 6 Lawa tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), di mana guru yang bertindak sebagai peneliti yang juga mengajar di kelas IV yang diberi tindakan dibantu oleh seorang teman sejawat yang bertindak sebagai kolaborator atau observer yang bertugas mengamati aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran dengan pendekatan kontekstual (CTL) berlangsung. Penelitian dilaksanakan di kelas IV semester 1 tahun pelajaran 2016 /-2017. Penelitian ini  meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pra siklus dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran yang belum menggunakan pendekatan kontekstual.Pada pra siklus di mana guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensonal rata-rata nilai tes adalah 63,61 dan hasil ketuntasan belajar siswa masih 51,61% dari 31 siswa yang mengikuti tes hanya 16 siswa yang tuntas. Aktivitas siswa pada pra siklus masih 40,65% dengan kategori kurang aktif. Pada siklus I, guru sudah melaksanakan pembelajaran pendekatan kontekstual (CTL) yang didapatkan hasil belajar siswa mendapatkan nilai rata-rata 68,39% dan ketuntasan belajar siswa masih 67,74% dari 31 siswa yang mengikuti tes ada 21 siswa yang tuntas belajar. Adapun aktivitas siswa pada siklus I sudah meningkat dari pra siklus yaitu 56,69 atau kategori cukup aktif. Walaupun aktivitas dan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I mulai ada peningkatan, tapi belum mencapai indikator yang diharapkan. Oleh karena itu tindakan dilanjutkan ke siklus II, di mana hasil belajar siswa rata-rata 75,10 dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 87,10 %. Begitu juga aktivitas siswa pada siklus II juga meningkat yaitu 71,53 % atau berkategori aktif. Dengan demikian pembelajaran yang berlangsung pada siklus II ini sudah dianggap berhasil karena sudah mencapai indikator. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kontekstual tipe CTL, Aktifitas belajar, Hasil belajar.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE STAD BERBASIS WORKSHEET DYNAMIC GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN GEOMETRI SISWA SMA Rahmat .; Fahinu .
Gema Pendidikan Vol 26, No 1 (2019): Januari, Gema Pendidikan
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (579.637 KB) | DOI: 10.36709/gapend.v26i1.6782

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh peningkatan kemampuan penalaran Geometri siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis worksheet dynamic geogebra, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan model konvensional di SMA Negeri 1 Sampara, Kabupaten Konawe. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perbedaan pengaruh peningkatan kemampuan penalaran Geometri siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis worksheet dynamic geogebra, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan model konvensional di SMA Negeri 1 Sampara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis worksheet dynamic geogebra terhadap peningkatan kemampuan penalaran geometri siswa lebih tinggi dibandingkan dengan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model konvensional di SMA Negeri 1 Sampara Kabupaten Konawe.Kata Kunci: Penalaran Geometri, Pembelajaran STAD, Pembelajaran STAD Berbasis Workseet Dynamic Geobegra
SOSOK DAN SEPAK TERJANG TOKOH EGENDARIS LA KOKULI MELALUI ANALISIS SIMBOLIK TERHADAP GELARNYA: KAMBERA KAKUNI Aderlaepe .
Gema Pendidikan Vol 26, No 1 (2019): Januari, Gema Pendidikan
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.941 KB) | DOI: 10.36709/gapend.v26i1.6618

Abstract

This research investigates a mysterious figure and his roles in the society of Siua Liwuno ‘nine villages’, a territorial of Munanese kingdom long ago. He was La Kokuli, lived in Watuputih villages and his social tittle was Kambera Kakuni ‘yellow butterfly’. His social tittle  is a gate to analyze who was he and what was his roles in the society since there is no written reference about him as the impact of Munanese people as an illiterate society long ago. Through semioticly analysis, he was a sufi ‘islamic metaphysicsm’ who acquainted Islam in the society of siua liwuno ‘nine villages’ Muna in the 17 century. Kambera Kakuni ‘yellow butterfly’ is a symbol of Tarekat Naksabandiah, one of  Islam metaphysic doctrin. He came from Aceh, as the pupil of Syech Abdul Rauf Singkil (Syech Tengku Syiah Kuala).
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Wam Pika
Gema Pendidikan Vol 26, No 1 (2019): Januari, Gema Pendidikan
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (587.36 KB) | DOI: 10.36709/gapend.v26i1.6719

Abstract

Pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang menggunakan kelompok-kelompok kecil dalam pembelajaran dan bertujuan di samping untuk meningkatkan prestasi belajar siswa juga menekankan aspek sosialnya. Pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai salah satu tipe yang paling sederhana. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini sangat bermanfaat dalam pemerolehan pengetahuan deklaratif dan keterampilan prosedural. Selain itu, model ini dapat menumbuhkan kemampuan berkomunikasi, kemampuan penalaran siswa., memampuan memecahkan masalah, dan sekaligus meningkatkan kemampuan sosial siswa, khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kata Kunci: Pembelajaran, Kooperatif, STAD, bahasa Indonesia
KONTRIBUSI TINGKAT PARTISIPASI SISWA PADA KEGIATAN KURIKULUM PENGEMBANGAN DIRI TERHADAP KESEGARAN JASMANI SISWA SMA NEGERI KOTA KENDARI La Ode Maklum Sabrin
Gema Pendidikan Vol 26, No 1 (2019): Januari, Gema Pendidikan
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (591.978 KB) | DOI: 10.36709/gapend.v26i1.6714

Abstract

Telah dilakukan penelitian Kontribusi Tingkat Partisipasi Siswa pada Kegiatan Kurikulum Pengembangan Diri Terhadap Kesegaran Jasmani Siswa SMA Negeri Kota Kendari. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui tingkat partisipasi siswa pada kegiatan kurikulum pengembangan diri siswa SMA Negeri Kota Kendari, (2) untuk mengetahui kesegaran jasmani siswa SMA Negeri Kota Kendari, (3) untuk mengetahui berapa besar kontribusi tingkat partisipasi siswa pada kegiatan kurikulum pengembangan diri terhadap kesegaran jasmani Siswa SMA Negeri Kota Kendari. Populasinya adalah siswa putra SMA Negeri Kota Kendari dengan sampel berjumlah 90 orang siswa teknik yang digunakan yaitu teknik area random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa: (1) tingkat partisipasi siswa pada kegiatan kurikulum pengembangan diri siswa SMA Negeri Kota Kendari dikategorikan kurang (2) kesegaran jasmani siswa SMA Negeri Kota Kendari dikategorikan sedang, (3) kontribusi tingkat partisipasi siswa pada kegiatan kurikulum pengembangan diri terhadap kesegaran jasmani siswa SMA Negeri Kota Kendari sebesar 28.0 %.
PENDIDIKAN KESEHATAN BAGI PARA PELAJAR DI KOTA KENDARI Nur Illiyyin Akib; Muh. Arba; Suryani ,; Henny Kasmawati; Yamin ,; Ruslin ,; Sunandar Ihsan
Gema Pendidikan Vol 26, No 1 (2019): Januari, Gema Pendidikan
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (601.168 KB) | DOI: 10.36709/gapend.v26i1.6720

Abstract

Telah dilaksanakan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat terintegrasi KKN-Tematik berupa pendidikan kesehatan bagi para pelajar di Kota Kendari. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang kesehatan bagi para pelajar. Kegiatan ini dilaksanakan di beberapa sekolah di Kota Kendari. Kegiatan dilaksanakan mulai Agustus hingga Oktober 2018. Pelaksanaan kegiatan terdiri atas penyuluhan keamanan pangan, obat, dan kosmetika oleh dosen terhadap pelajar SMAN 11 Kendari, SMA Muhammadiyah Kendari, SMKN 6 Kendari, dan SMK Satria Kendari; penyuluhan penggunaan obat bagi pelajar SMPN 05 Kendari; pengenalan profesi apoteker dan penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi pelajar SDN 02 Baruga dan SDN 03 Poasia; serta penyebaran informasi melalui media cetak. Penyuluhan dilakukan dengan metode ceramah, praktek, tanya jawab. Media cetak yang digunakan adalah leaflet. Kegiatan ini berhasil meningkatkan pemahaman tentang kesehatan bagi para pelajar di Kota Kendari. Kata Kunci: Pendidikan Kesehatan, Pelajar, Penyuluhan, Obat, Kota Kendari.
PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN (INDUKTIF Vs DEDUKTIF)DAN SELF-EFFICACY YANG SESUAI DENGAN PERKEMBANGAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG KONSEP DASAR MATEMATIKA DI SD SE-KOTA KENDARI SULAWESI TENGGARA Muhammad Yasin; Darnawati .; Harlin Yusuf; Iman Ashari; Muhammad Mancipto Hamid
Gema Pendidikan Vol 26, No 1 (2019): Januari, Gema Pendidikan
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (611.557 KB) | DOI: 10.36709/gapend.v26i1.6721

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengukur efektivitas penerapan strategi pembelajaran (induktif vs deduktif) dan self-efficacy siswa  tentang pengetahuan konsep dasar matematika. Dengan instrument tersebut akan diperoleh informasi makro mengenai perkembangan kemampuan siswa dalam mempelajari konsep dasar matematika di SD baik untuk kelompok siswa kelas rendah, maupun kelompok siswa kelas tinggi dengan mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang konsep dasar matematika. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh interaksi strategi pembelajaran (A) dan self-efficacy (B) terhadap pengetahuan siswa tentang konsep dasar matematika dengan nilai rerata kelas induktif sebesar 78.66 sedangkan rerata kelas deduktif sebesar 76,77 disamping itu juga terdapat pengaruh strategi pembelajaran induktif dan strategi pembelajaran deduktif terhadap perbedaan pengetahuan siswa tentang konsep dasar matematika baik  kelompok siswa yang memiliki self efficacy tinggi maupun kelompok siswa yang memiliki self efficacy rendah. Kata Kunci: Pengembangan Kemampuan Siswa, Strategi Pembelajaran, Self-Efficacy.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (Contextual Teaching and Learning/CTL) MATERI JENIS BAHAN PAKAN DAN PAKAN TERNAK DIKELAS XII SMA NEGERI 1 KONTUKOWUNA Sunarto .
Gema Pendidikan Vol 26, No 1 (2019): Januari, Gema Pendidikan
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (603.851 KB) | DOI: 10.36709/gapend.v26i1.6717

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) materi jenis perubahan sosial XII IPS 1 SMA Negeri 1 Kontukowuna, 2) Untuk meningkatkan aktivitas mengajar guru melalui penerapan model pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) materi perubahan sosial XII IPS 1 SMA Negeri 1 Kontukowuna, 3) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) materi perubahan sosial XII IPS 1 SMANegeri 1 Kontukowuna. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penerapan penelitian tindakan di dalam kelas diharapakan akan mampu mendorong guru untuk memiliki kesadaran diri melakukan refleksi dan kritik diri terhadap aktivitas pembelajaran yang diselenggarakan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang dilaksanakan pada semester ganjil  tahun pelajaran 2018/2019 di kelas  XII IPS 1 SMA Negeri 1 Kontukowuna dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa terhadap proses pembelajaran, terjardi peningkatan dari 73,68% dengan nilai rata-rata 71,58 pada siklus I dan siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 94,74% dengan nilai rata-rata 80,53. Untuk aktivitas mengajar guru pada siklus I pertemuan pertama mencapai 66,67% dan pertemuan kedua meningkat menjadi 73,33%, sedangkan pada siklus II pertemuan pertama mencapai 86,67% dan pertemuan kedua meningkat menjadi 100%. Selanjutnya untuk peningkatkan aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama mencapai 60% dan pertemuan kedua meningkat menjadi 73,33%, sedangkan pada siklus II pertemuan pertama mencapai 93,33% dan pertemuan kedua meningkat menjadi 100%. Dengan demikian, indikator kinerja yang ditetapkan dalam penelitian ini telah tercapai dengan dua siklus pembelajaran. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kontekstual tipe CTL, Aktifitas belajar, Hasil belajar.
PENGEMBANGAN NILAI MORAL ANAK MELALUI METODE BERCERITA PADA KELOMPOK B DI TK PEMBINA KOTA KENDARI Mansyur M
Gema Pendidikan Vol 26, No 1 (2019): Januari, Gema Pendidikan
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (620.151 KB) | DOI: 10.36709/gapend.v26i1.6779

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan rendahnya kemampuan nilai moral dalam bercerita yang ditandai pada saat anak melakukan aktifitas. Dari hasil belajar anak menunjukan bahwa, dari 20 orang anak hanya 40% yang memiliki nilai moral yang baik dalam bercerita dengan kriteria berkembang baik (BB). Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar dalam mengembangkan nilai moral anak belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan oleh TK Negeri Pembina Kota Kendari, yaitu 70% sesuai dengan hasil wawancara pada tanggal 10 Mei 2016.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana mengembangkan Nilai moral Anak melalui Metode bercerita pada kelompok B TK Pembina Kota Kendari. Tujuan yang di harapkan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan nilai moral anak melalui metode bercerita pada kelompok B TK Pembina Kota Kendari. Setelah dilakukan penelitian ini, diharapkan dapat memberikan manfaat: (1) bagi anak, dapat mengembangkan hasil belajar nilai moral Anak melalui Metode bercerita pada kelompok B TK Pembina Kota Kendari; (2) bagi guru dan sekolah dapat memperbaiki kinerjanya dalam pembelajaran, karena    melalui penelitian tindakan kelas guru dapat mengetahui kelemahan-kelemahan yang terjadi dalam pembelajaran dan akan berusaha memperbaikinya pada proses pembelajaran berikutnya; dan (3) bagi peneliti, dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk merumuskan kebijakan yang mengarah pada peningkatan hasil belajar anak khususnya di TK Pembina Kota Kendari. Disamping itu, dengan adanya penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru akan mengembangkan mutu pembelajaran di Taman kanak-kanak tersebut. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action research). Penelitin ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi atau pengamatan, dan (4) refleksi. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar 80%. Sedangkan aktivitas belajar anak diperoleh persentase ketercapaian sebesar 70%. Pada siklus II, persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 90%. Sedangkan persentase ketercapaian aktivitas belajar anak juga mengalami peningkatan menjadi 85%. Sehingga dapat dikatakan bahwa nilai moral Anak melalui Metode bercerita pada kelompok B TK Pembina Kota Kendari berkembang sesuai dengan harapan.  Kata Kunci : Nilai moral Anak, Konsep Pengembang moral, Metode bercerita.

Page 1 of 2 | Total Record : 11