cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.pedagogik@unmuha.ac.id
Editorial Address
Jalan Muhammadiyah No 91 Batoh Lueng Bata Banda Aceh 23245
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Unversitas Muhammadiyah Aceh
ISSN : 23377364     EISSN : 26229005     DOI : -
Core Subject : Education,
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh is an open-access based on journal that contributes to improve the scientific treasures. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan and pembelajaran for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, instruction, educational projects and innovations, learning methodologies and new technologies in education.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2, Oktober (2018)" : 10 Documents clear
PROSPEK DAN TANTANGANPERBANKAN SYARIAH DALAM PEMBIAYAAN SEKTOR PERTANIAN Junia Farma
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh Vol 5, No 2, Oktober (2018)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (96.631 KB) | DOI: 10.37598/pjpp.v5i2.585

Abstract

Salah satu masalah utama dalam pengembangan sektor pertanian adalah lemahnya dukungan modal. Dalam hal ini, pemerintah telah berusaha mengatasinya dengan meluncurkan program pembiayaan/kredit untuk sektor pertanian. Namun, banyak program pembiayaan tersebut yang masih menggunakan sistem bunga, sehinggamemiliki dampak yang buruk bagi para petani. Oleh karena itu, diperlukan skema pembiayaan alternatif. Perbankan syariah dapat memberikan model pembiayaan alternatif untuk mendukung pengembangan sektor pertanian. Berbeda dengan perbankan konvensional, perbankan syariah menggunakan prinsip bagi hasil dan terbebas dari sistem bunga. Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan model pembiayaan dalam perbankan syariah untuk sektor pertanian dan prospeknya di masa yang akan datang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbankan syariah prospektif untuk memperkuat modal sektor pertanian.Kata Kunci: Perbankan Syariah, Pembiayaan, Sektor Pertanian
Kajian Morfologi dan Review Fitokimia Tumbuhan Kersen (Muntingia calabura L) meutia zahara
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh Vol 5, No 2, Oktober (2018)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (94.483 KB) | DOI: 10.37598/pjpp.v5i2.586

Abstract

Tumbuhan kersen (Muntingia calabura L) sering dikenal dengan “seri atau cherry”. Kajian terhadap morfologi daun, bunga dan buah tumbuhan kersen dilakukan dengan tujuan untuk mengenal lebih dalam tentang karakteristik tumbuhan ini. Tumbuhan kersen ini sering digunakan sebagai pohon peneduh di pinggir jalan dikarenakan susunan daunnya yang rindang. Pemanfaatan kersen sebagai bahan obat-obatan dan pangan masih minim, hal ini disebabkan karena nilai ekonomisnya yang rendah dan juga pengetahuan tentang manfaat tumbuhan ini belum diketahui secara luas. Kajian tentang review kandungan fitokimia tumbuhan kersen ini yang berasal dari hasil penelitian para ahli terdahulu diharapkan dapat memberi informasi tentang manfaat kersen sebagai obat tradisional dan bahan pangan.Kata kunci: Muntingia calabura L., Morfologi, Fitokimia, obat herbal
APLIKASI PSIKOLOGI PENDIDIKAN PADA PENGEMBANGAN TEORI MENGAJAR Loeziana Uce
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh Vol 5, No 2, Oktober (2018)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (65.475 KB) | DOI: 10.37598/pjpp.v5i2.580

Abstract

Keterkaitan aktifitas belajar dan mengajar yang kini dikenal dengan istilah pembelajaran kenyataannya  cukup kuat.Oleh karenanya kajian ini juga akan mengupas  variabel-variabel yang terkait dengannya. Dalam pengembangan pembelajaran yang di dalamnya tercakup kegiatan mengajar dan peserta didik yang belajar, diperlukan suatu kiat psikologis untuk lebih menjurus pada efektifitas pencapaian tujuan belajar., beberapa  variable  yang  merupakan  kesatuan dalam menunjang hal tersebut diantaranya adalah usaha memotivasi, usaha memberikan informasi dan usaha memberi keteladanan bagi peserta didik, Aplikasi psikologi pendidikan dalam ilmu mengajar terlihat dalam berbagai terapan pembelajaran antara lain pada teori belajar yang dipilih, model-model pembelajaran, alokasi waktu dan sarana yang digunakan. Tentu aplikasi pada lapangan tersebut bukanlah sesuatu yang final, tetapi masih memungkinkan muncul pada sendi-sendi lain dari upaya mengajar berkesan.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANPROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI LIMAS SISWA KELAS VIII MTsN I ACEH BESAR Miftahul Jannah; Nazariah Nazariah
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh Vol 5, No 2, Oktober (2018)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (130.012 KB) | DOI: 10.37598/pjpp.v5i2.587

Abstract

Matematika merupakan suatu ilmu yang diadakan atas dasar akal yang berhubungan dengan benda-benda abstrak. Namun, banyak siswa beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan menakutkan. Dalam mempelajari matematika siswa hanya menghafal konsep dan kurang mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. selain itu pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat juga menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu usaha yang dapat dilakukan guru dalam meningkatkan hasil belajar matematika yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Model PBL ini menyebabkan peserta didik dapat terlibat aktif, merangsang kemampuan berfikir, menyusun pengetahuannya sendiri, menumbuhkembangkan keterampilan yang tinggi, memandirikan peserta didik dan meningkatkan kepercayaan dirinya.Yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa, untuk mengetahui ketuntasan belajar matematika siswa, danuntuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi limas siswa kelas VIII MTsN I Aceh Besar. Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian eksperimen dengan desain yaitu One-Grup Pretest-Postted Design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIIIMTsN I Aceh Besar yang terdiri dari 148 orang. Sedangkan yang menjadi sampel ialah siswa kelas VIII2 yangberjumlah 26 orang. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan statistik uji-t. Berdasarkan hasilpengolahan data diperoleh harga  = 6,67 sedangkan = 1,71. Jadi  Maka Ho ditolak dan terjadi penerimaan terhadap Ha yaitu hasil belajar siswakelas VIII2 MTsN I AcehBesar pada materi Limas yang diajarkan  dengan  menggunakan model pembelajaran  Problem Based Learning (PBL) mengalami peningkatan. Adapun ketuntasan belajar siswa secara klasikal dari 26 siswa yaitu sebesar 92,3%. Sedangkan respon siswa terhadap pembelajaran materi limas setelah diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)  berkategori sangat positif dengan skor rata-rata 3,01.KataKunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
MAQASHID AL-SYARI’AH DALAM PENERAPAN HUKUM CAMBUK DI ACEH Istiqamah Masyithah
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh Vol 5, No 2, Oktober (2018)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (72.488 KB) | DOI: 10.37598/pjpp.v5i2.582

Abstract

Pengesahan qanun  hukum jinayat  Nomor 6 Tahun  2014 yang mengatur  tentang  pelaku jarimah,  jarimah,  dan ‘uqubat menjadi dasar yang kuat dalam penegakannya. Tata cara pelaksanaan ‘uqubat seperti cambuk juga diatur dalam qanun tersebut.Namun,  penerapan hukum cambuk mendapat tantangan baru dengan dikeluarkan  peraturan gubenur tentang pemindahan lokasi hukum  cambuk kedalam lapas. Hal inidapat melemahkan esensi dan tujuan  dari hukuman cambuk.Oleh karena itu, tulisan ini membahas tentang maqashid syari’ah dalam penerapan hukum cambuk di Aceh, sehingga dengan mengetahui tujuan  dibalik pensyariatan suatu hukum menumbuhkan  pemahaman yang benar  dan iman yang kuat dalam menegakkan hukum Allah di bumi serambi Makkah.
UNDERSTANDING OF SPEECH ACTS USED IN “THE RON CLARK STORY” MOVIE Sarair Sarair
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh Vol 5, No 2, Oktober (2018)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.608 KB) | DOI: 10.37598/pjpp.v5i2.588

Abstract

This research aimed to analyze the students’ understanding of speech acts used in The Ron Clark Story movie. In this movie the writer found that there are many types of speech acts used that consisted of direct, indirect speech acts, literal and non literal speech act. The total of each types of speech acts found in the movie are 287 direct speech acts, 72 indirect speech acts, 343 literal speech acts and 16 non literal speech acts. The data were analyzed based on Searle theory of types of speech acts that consisted of representative, directive, commissive, expressive, and declarative. This study used quantitative research method. The sample of this research is the students of 7th semester of Muhammadiyah Aceh University. Total sample of this research is 14 students. The instrument used is paper test that contained 50 questions. The questions consisted of 8 representatives, 12 directives, 10 commissives, 11 expressives, and 9 declaratives. The result of this research showed that the level of students’ understanding was poor. The students made 65% error in classifying representative, 75% error in classifying directive, 61% error in commissive, 37% error in expressive and 85% errors in declarative.Keywords: speech acts, representative, directive, commissive, expressive and declarative.
KURIKULUM PROGRAM PENDIDIKAN GURU PRA-JABATAN: TINJAUAN TEORITIKAL Puji Ariani
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh Vol 5, No 2, Oktober (2018)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.623 KB) | DOI: 10.37598/pjpp.v5i2.583

Abstract

Aspek-aspek pengetahuan dan ketrampilan dasar bakal guru dalam kurikulum program pendidikan guru merupakan faktor penting yang mesti diperhatikan dalam pelaksanaan program pendidikan calon guru.Pengetahuan dan ketrampilan dasar yang dibekalkan kepada calon guru dan kesesuaiannya dengan keperluan pengajaran guru yang sesungguhnya dalam pengajaran di kelas, sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pengajaran guru.Secara umum, kritikan terhadap pelaksanaan program pendidikan calon guru adalah berhubungan dengan masalah terdapatnya beberapa aspek pengetahuan dan ketrampilan yang sangat diperlukan oleh guru, tetapi kurang diberikan penekanan dalam program pendidikan bakal guru.Disamping itu terdapatnya ketidaksesuaian di antara teori-teori yang dipelajari dalam program dengan pengajaran yang sesungguhnya.
PENDEKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KECEMASAN PADA PROSES PEMBELAJARAN Nazariah Nazar; Restu Andrian
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh Vol 5, No 2, Oktober (2018)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (79.875 KB) | DOI: 10.37598/pjpp.v5i2.589

Abstract

Masyarakat menuntut individu mampu bertanggung jawab terhadap segala sesuatu yang dilakukan. Kematangan sikap dan tingkah laku sangat mempengaruhi individu dalam masyarakat. Kemandirian sangat dibutuhkan saat bersikap dalam masyarakat. Kemandirian dapat digunakan individu untuk memilih jalan hidup sehingga dapat berkembang dengan lebih baik. Di sekolah siswa dituntut untuk menyesuaikan diri dengan segala sesuatu yang ada di sana termasuk, tata tertib, kedisiplinan, kemandirian, bergaul dengan guru, bergaul dengan teman dan sebagainya. Sekolah juga menuntut untuk dapat bersikap disiplin. Dimana, sikap disiplin memerlukan suatu latihan. Melalui pembelajaran yang ditawarkan di sekolah hendaknya mampu menumbuhkan sikap kemandirian siswa. Namun demikian, pada praktinya proses pembelajaran tidak selalu berjalan lancar, banyak faktor penghambar, baik internal maupun ekternal. Salah satunya adalah kecemasan yang timbul dari dalam jiwa peserta didik sendiri. Kecemasan mampu teratasi bila proses pembelajaran dapat dikemas dengan menarik. Pembelajaran bersama teman sejawat menjadi salah satu langkah agar siswa mampu percaya diri dan mampu menghilangkan kecemasan yang timbul. Melalui pembelajaran yang menyenangkan tentu mampu menjadikan peserta didik yang bernilai.Kata Kunci: Kemandirian, Kecemasan dan Pembelajaran. 
PERSIAPAN PENGAJARAN SPEAKING PADA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ACEH Ayuna Netta; Siti Safura
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh Vol 5, No 2, Oktober (2018)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (67.669 KB) | DOI: 10.37598/pjpp.v5i2.579

Abstract

Speaking merupakan kemampuan utama yang harus dikuasai oleh mahasiswa yang mempelajari bahasa Inggris, maka dari itu dibutuhkan perhatian yang khusus agar mahasiswa mampu menguasai berbicara bahasa Inggris dengan baik dan lancar. Salah satu dari beberapa aspek yang perlu diperhatikan dosen dalam pengajaran speaking adalah persiapan dosen sebelum mengajar agar proses pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam penyajian data. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana dosen-dosen bahasa Inggris Unmuha mempersiapkan pembelajaran mata kuliah Speaking di Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Aceh. Data dikumpulkan melalui wawancara kepada dosen yang mengajar mata kuliah speaking. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah pedoman wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penampilan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa dosen Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris mempersiapkan mata kuliah Speaking dengan baik dengan membuat perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan silabus yang tersedia serta memilih metode, materi, dan media yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa.Kata Kunci: Persiapan Pengajaran, Speaking
A STUDY ON THE VOCABULARY MASTERY OF ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS Cut Mawar Helmanda; Putri Dini Meutia
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh Vol 5, No 2, Oktober (2018)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.107 KB) | DOI: 10.37598/pjpp.v5i2.584

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat tingkat penguasaan kosa kata dan strategi mengingat yang digunakan oleh para mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Aceh. Sampel adalah para mahasiswa semester I yang dipilih secara acak. Tes dan angket adalah instrumen yang digunakan dalam penelitin ini. Hasil dari penelitian ini adalah kebanyakan dari mahasiswa tersebut berada pada tingkatan penguasaan kosa kata yang sedang. Lebih lanjut, dalam mengingat kosa kata tersebut, kesemua mahasiswa melakukan pengelompokan sebagai teknik mengingat kosa kata. Para mahasiswa tersebut juga terus berupaya untuk menghafal kata secara berkesinambungan, meminta bantuan dari pengajar bahasa, teman-teman dan menggunakan kamus sebagai usaha untuk meningkatkan jumlah penguasaan kata

Page 1 of 1 | Total Record : 10