cover
Contact Name
Risfaisal ris
Contact Email
risfaisal@unismuh.ac.id
Phone
+6282337038444
Journal Mail Official
risfaisal@unismuh.ac.id
Editorial Address
Btn Pelita Asri, Blok V.1, Kabupaten Gowa
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Equilibrium: Jurnal Pendidikan
ISSN : 23392401     EISSN : 24770221     DOI : 10.26618/equilibrium
Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan mahasiswa dari seluruh dunia . Sedangkan ruang publikasi keseimbangan jurnal adalah pada bidang pendidikan, sosial, budaya; isu-isu terkini yang bersifat kontekstual sebagai ilmu murni dan terapan; hasil penelitian (kualitatif, etnografi, fenomenologi, studi kasus), penilaian dan pengembangan tesis/tesis/disertasi/hasil penelitian yang belum pernah dipublikasikan di media lain. Jurnal Ekuilibrium Pendidikan telah bekerjasama dengan ASOSIASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI) . Jurnal ekuilibrium diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Muhammadiyah Makassar, terbit secara berkala tiga kali dalam setahun : januari, mei, september.
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2022): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN" : 16 Documents clear
Sistem Penyelesaian Kasus Pada Masyarakat Adat Kajang Ammatoa Kabupaten Bulukumba Risfaisal Risfaisal; Nurinayati Saiful; Hania Hania; Khairun Nisa
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 10, No 2 (2022): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (570.848 KB) | DOI: 10.26618/equilibrium.v10i2.7659

Abstract

Sistem Penyelesaian Kasus merupakan cara untuk menyelesaikan perkara yang terjadi pada suatu daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk penyelesaian kasus masyarakat adat Kajang Ammatoa dan peranan Ammatoa selaku Ketua Adat dalam menyelesaikan kasus yang terjadi di dalam kawasan adat Kajang Ammatoa. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan metode penelitian Study Kasus dan menggunakan 8 informan. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Bentuk Penyelesaian Kasus Masyarakat Adat Kajang Ammatoa di Kabupaten Bulukumba mempunyai tiga sanksi yaitu Pokok Babbala (pelanggaran berat), Tangnga Babbala (pelanggaran sedang) dan Cappa Babbala (pelanggaran ringan) (2). Peranan Ammatoa Sebagai Pemimpin Adat Dalam Menyelesaikan Kasus Masyarakat Adat Kajang Ammatoa di Kabupaten Bulukumba yaitu Ammatoa selaku Ketua Adat akan bertindak tegas bagi pelaku pelanggaran dan tidak ada pilih kasih walaupun keluarganya yang melakukan pelanggaran akan tetap diberi sanksi.
Gender and Local Organisations toward Sustainable Rural Development Riri Amandaria
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 10, No 2 (2022): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (531.514 KB) | DOI: 10.26618/equilibrium.v10i2.7464

Abstract

Local organization and gender participation are two elements that have the significant role for the rural development plan. The objectives of the study are to describe the function and role of the local organizations as a media for participation, job allocation of men and women performed in rural development plan. A case study method was used with the key informants from the local organization committees, target group, and development facilitators. The data collected are the type and form women and men contribution, roles and functions of the local organizations in the rural development plan process, and the activity proposed by men and women. The study indicated that the involvement of men and women in the development plan process encourages community participation in rural development and generating a better development plan. Women have the significant role in the identification of problems and planning, primarily related to social and economic aspect affecting household activities, while men profoundly concern to public infrastructure affecting to economic activities. The involvement of men and women should be a necessity for every rural development because the proposed action planned is based on the local community needs. 
Analisis Makna Upacara Tolak Balak di Desa Talang Tengah II Kecamatan Pematang Tiga Kabupaten Bengkulu Tengah Zulyan Zulyan; Muslih Hasibuan
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 10, No 2 (2022): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.432 KB) | DOI: 10.26618/equilibrium.v10i2.7493

Abstract

Tradition is a habit of a group of people that is passed down from generation to generation, in which it contains the value of trust from the community itself. Each region has have different traditions, this shows that the Indonesian people are rich in culture, so the problem to be studied in this study is the analysis of the meaning of the rejection ceremony in Talang Tengah II village, Pematang Tiga District, Central Bengkulu Regency. In this study, a qualitative research method was used to describe the data regarding the ritual of the rejection ceremony in Talang Tengah II Village. To obtain correct information and data, the data collection technique in this study was carried out through interviews and direct observation of this ritual process. The validity of the data is checked, then the presentation and analysis of the data is carried out and then conclusions are drawn. The results of this study show that (1) The ritual of rejecting balance in Talang Tenga II Village has positive values, namely the value of trust, the value of togetherness and care for the environment. (2) The process of the rejection ceremony ritual is carried out at the village elder's house and led by a village elder who is trusted by the community, while the ritual equipment is prepared by the village maidens and the results of this ritual are distributed to the local community to be sprinkled on vehicles, plants and farm animals. (3) The form of preservation of the ritual of rejecting balance in Talang Tengah II village is carried out every year at the end of the year so that this tradition is maintained to this day.
Hubungan Pengetahuan Kognitif Siswa Tentang Ekologi Terhadap Ecological Footprint Mahrawi Mahrawi; Usman Usman; Nonik Yuliana
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 10, No 2 (2022): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.494 KB) | DOI: 10.26618/equilibrium.v10i2.6633

Abstract

Abstract. This study aims to determine the relationship of students' cognitive knowledge about ecology to the Ecological Footprint. The research method used is descriptive research method, with a correlational research design. Test for normality, homogeneity and linearity before testing the hypothesis, by testing the hypothesis using the correlation coefficient, the coefficient of determination, and linear regression. The prerequisite test shows that the data are normal and homogeneous. Hypothesis testing using linear regression and simple correlation, with linear regression results obtained = 0.313-0.002, and correlation obtained a significance value of R (p-value) of 0.000, then reject Ho, so it has a significant correlation coefficient, with the value of r showing the number - 0.697. The coefficient of determination obtained is 0.486, which means that students' knowledge of ecological concepts contributes 48% to the Ecological Footprint. The results of this study conclude that there is a strong and negative relationship between students' cognitive knowledge about ecology and the Ecological Footprint.  Keywords : Ecological Footprint, Ecological material, Cognitive Knowledge  Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan kognitif siswa tentang ekologi terhadap Ecological Footprint. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian deskriptif, dengan desain penelitian korelasional. Dilakukan uji normalitas, homogenitas dan linieritas terlebih dahulu sebelum pengujian hipotesis, dengan uji hipotesis menggunakan koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan regresi linier. Uji prasyarat menunjukkan bahwa data normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier dan korelasi sederhana, dengan hasil regresi linier diperoleh = 0,313-0,002, dan korelasi diperoleh nilai signifikansi R (p-value) sebesar 0,000, maka tolak Ho, sehingga memiliki koefisien korelasi yang signifikan, dengan nilai r menunjukkan angka -0,697. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,486 yang berarti bahwa pengetahuan konsep ekologi siswa memberikan kontribusi sebesar 48% terhadap Jejak Ekologis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan bernilai negatif antara pengetahuan kognitif siswa tentang ekologi terhadap Ecological Footprint. Kata Kunci : Jejak Ekologi, Materi Ekologi, Pengetahuan Kognitif
Strategy of Lecturer to Implement the Drawing Media in the Indonesian Society Studies Muhammad Masdar; Harifuddin Harifuddin; Muhammad Nawir
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 10, No 2 (2022): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (823.688 KB) | DOI: 10.26618/equilibrium.v10i2.7692

Abstract

Artikel ini menyajikan relevansi peran komponen utama pengajaran di kelas, yaitu guru, media pengajaran, dan partisipasi kelas. Tujuan pengajaran adalah untuk menciptakan kondisi yang merangsang keterlibatan siswa di dalam kelas. Untuk mencapai hal tersebut, di sinilah perlunya penggunaan media ajar sebagai properti yang dapat menarik minat siswa untuk berpartisipasi di dalam kelas. Pada saat yang sama, guru harus memiliki keterampilan dalam menggunakan media pengajaran. Untuk itu dilakukan penelitian dengan cara survey dengan pendekatan ex-post facto pada mahasiswa PKn semester 5 FKIP UPRI Makassar pada mata kuliah Sosiologi Pendidikan. Jumlah mahasiswa semester 5 berjumlah 30 orang ditetapkan sebagai responden dengan teknik Total Sampling. Kepada responden disebarkan angket tentang aktivitas guru, fungsi media, dan tingkat keterlibatan mereka di dalam kelas. Hasil kuesioner dianalisis menggunakan tabulasi frekuensi. Berdasarkan hal tersebut diperoleh hasil sebagai berikut: (1) guru memiliki peran vital dalam menciptakan kondisi yang dapat memotivasi siswa untuk terlibat dalam pembelajaran. (2) jenis media pembelajaran memiliki daya tarik motivasional siswa. (3) tingkat partisipasi kelas muncul dari perpaduan kualitas guru dan penggunaan media pembelajaran. Kesimpulan yang diperoleh adalah kualitas guru menentukan pemilihan dan penggunaan media ajar yang dapat meningkatkan partisipasi siswa di kelas.
Pendidikan Seks Sejak Dini Menurut Abdullāh Naşih ‘Ulwan (Analisis Psikologis dan Sosiologis) Mokhamad Miptakhul Ulum
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 10, No 2 (2022): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (790.466 KB) | DOI: 10.26618/equilibrium.v10i2.7481

Abstract

Masalah seksual yang terjadi pada remaja dapat menjerumuskan masa depannya ke arus yang sesat. Penyebabnya adalah keterbatasan pengetahuan mereka tentang seks. Para pendidik menghimbau agar siswa di sekolah sedini mungkin diberikan pengenalan tentang pentingnya pendidikan seksual. Pendidikan seks merupakan salah satu bidang studi penting dimana sebagai salah satu cara untuk membentuk kepribadian seseorang agar tidak terjerumus ke hal negatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pustaka dengan analisis deskriptif dan isi terhadap pemikiran Abdullāh Naşih ‘Ulwan, dalam kitab Tarbiyat Al-Aulād Fī Al-Islām tentang Pendidikan seks sejak dini. Penulis menganalisis dari segi psikologis dan sosiologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan seks menurut Abdullāh Nāşih ‘Ulwan adalah upaya pengajaran, penyadaran dan penerangan tentang masalah-masalah seksual kepada anak sejak ia mengenal masalah-masalah yang berkenaan dengan naluri seks dan perkawinan. Ketika anak tumbuh dewasa dan dapat memahami urusan-urusan kehidupan sosial, ia telah mengetahui apa saja yang diharamkan dan dihalalkan. Interaksi sosial yang berkaitan dengan Pendidikan seks dalam lingkup keluarga diantaranya dengan mengajarkan etika meminta izin, terutama ketika hendak memasuki kamar kedua orangtuanya, etika melihat aurat baik itu bagi mahram maupun bukan mahram. Adapun dalam hubungan sosial kemasyarakatan, anak mampu mengetahui kepedulian sosial yang berada dalam jalur nilai-nilai keislaman.
Penyesuaian Kurikulum Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Ferry Doringin
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 10, No 2 (2022): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.211 KB) | DOI: 10.26618/equilibrium.v10i2.7495

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model penyesuaian kurikulum yang perlu dilakukan sekolah pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di tahun ajaran baru. Model penyesuaian kurikulum menjadi relevan untuk dibuat ketika sekolah-sekolah harus melaksanakan hybrid learning karena pemerintah mendorong pembukaan sekolah disertai sejumlah pembatasan, termasuk pembatasan hari tatap muka dan jumlah siswa yang harus dilakukan karena situasi Pandemic Covid-19. Menggunakan pendekatan qualitative case study, peneliti menggali model penyesuaian kurikulum yang dilakukan di SD Santo Yakobus Jakarta. Peneliti menggali data melalui wawancara 10 orang guru, observasi kegiatan pelatihan dan demo kelas, serta dokumen terutama tentang pedoman pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Hasil penelitian menunjukkan enam langkah beserta kegiatan yang perlu dilakukan sekolah dalam menyesuaikan kurikulum, yakni analisis profil siswa, penyederhanaan materi, pembuatan modul, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pelatihan aplikasi serta evaluasi dan perbaikan terus menerus.
Asosiasi Karakteristik Pasien Dengan Pola Komunikasi Dokter-Pasien Dalam Pemberian Pelayanan Kesehatan Muhammad Alhada Fuadilah Habib; Marina Ramadhani; Adelina Fitri
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 10, No 2 (2022): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (792.098 KB) | DOI: 10.26618/equilibrium.v10i2.7161

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pola komunikasi (verbal dan non-verbal) antara dokter dengan pasien dalam pemberian pelayanan kesehatan. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji asosiasi antara karakteristik pasien dengan pola komunikasi dokter-pasien. Penelitian ini penting dilakukan karena permasalahan interaksi antara dokter dengan pasien masih sering ditemukan dalam realitas yang terdapat di masyarakat. Permasalahan-permasalahan tersebut terutama berkaitan dengan pola komunikasi antara dokter dengan pasien dalam pemberian pelayanan kesehatan.Penelitian ini menganalisis 100 orang pasien yang menjalani rawat inap di salah satu rumah sakit di Kota Surabaya. Pengambilan sambel dilakukan dengan teknik quota random sampling berdasarkan jenis kamar rawat inap, dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara terstruktur dengan menggunakan angket. Adapun analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif untuk mengetahui pola komunikasi yang secara umum terjadi di lokasi penelitian. Selanjutnya teknik analisis inferensial dilakukan dengan melakukan uji tabulasi silang, uji t-test dan uji binary logistic regression untuk mengetahui asosiasi antara karakteristik pasien dengan pola komunikasi dokter-pasien. Adapun untuk memperdalam temuan data, penelitian ini menambahkan data hasil indepthinterview kepada 8 orang informan yang terdiri dari dokter dan pasien rawat inap di lokasi penelitian. Pola komunikasi yang secara umum terjadi di lokasi penelitian menunjukkan hasil yang relatif seimbang antara pola komunikasi yang berpusat pada pasien dengan pola komunikasi yang berpusat pada dokter. Adapun pasien yang mengalami pola komunikasi berpusat pada dokter, jika dipahami dengan menggunakan sudut pandang teori relasi kekuasaan dari Michel Foucault, merupakan pasien yang mengalami upaya dominasi kekuasaan oleh dokter dalam sebuah relasi kekuasaan. Selanjutnya karakteristik pasien yang terbukti berasosiasi dengan pola komunikasi dokter-pasien adalah; lokasi tempat tinggal, agama/aliran kepercayaan, tingkat pendidikan, penghasilan, kepemilikan keluarga/relasi orang berpengaruh, status penggunaan asuransi kesehatan BPJS, dan jenis kamar rawat inap.
Developing Supplementary Sociolinguistic Material in Youtube Channel to Stimulate the Students’ Critical Thinking in Hybrid Class Caltira Rosiana; Anita Budi Rahayu
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 10, No 2 (2022): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (810.799 KB) | DOI: 10.26618/equilibrium.v10i2.7361

Abstract

The objective of this particular research and development is to produce the supplementary sociolinguistic materials to encourage the students’ critical thinking in hybrid class. Based on the preliminary study conducted by the researcher, it was discovered that most of the learner lacked motivation to understand the core book of sociolinguistic. Then, the lecturer should be creative in hybrid class. Because of this situation, the researcher design the hybrid learning process toward YouTube channel to solve the students’ problems. The researcher use Research and Development with some steps conducting need assessment, material development, validation product, implementation of product, and final product. The product designed with Productive Reading Technique which has the similarity activities with standard KKNI curriculum. The researchers are going to collect the relevant information with guided questionnaire for the students, the lecturer’ interviews, and the checklist form and the suggestion from the expert validations. The data result is described the strongest and the weakness of Sociolinguistic material development. The implication of this product was divided into three points namely, the students could achieve the reading skill with average 81%, the students’ motivation average 91% and around 83% of the student could give the responses base on the critical thinking.  
Kesiapan Sekolah Dasar Dalam Menerapkan Kurikulum Prototipe Untuk Menciptakan Generasi Yang Kreatif dan Inovatif Primanita Sholihah Rosmana; Sofyan Iskandar; Nur Annisa; Arini Nurfadilah; Cantika Maharani
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 10, No 2 (2022): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (669.308 KB) | DOI: 10.26618/equilibrium.v10i2.7262

Abstract

To determine the readiness of principals and teachers for the prototype curriculum, to find out the responses of principals and teachers to the prototype curriculum. This study adheres to the data source which was carried out by purposive sampling. In this study, the research procedure carried out was divided into three stages, namely the pre-field stage, the working stage, and the data analysis stage. Based on the results of the survey, the principals and teachers from several schools we surveyed, said that if the official prototype curriculum was used as the newest curriculum, they were ready because in the Education unit there must be periodic changes and revisions to the curriculum according to technological developments and the needs of developmental conditions and conditions. the progress of education today and also because the curriculum is a component of the guideline of educational goals that must be owned by every educational unit because education must continue to develop at all times so that there are the latest innovations in learning.

Page 1 of 2 | Total Record : 16


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 13 No. 3 (2025): EQUILIBRIUM: JURNAL PENDIDIKAN Vol 13, No 2 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol. 13 No. 2 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol. 13 No. 1 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 13, No 1 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 12, No 3 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol. 12 No. 3 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol. 12 No. 2 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 12, No 2 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 12, No 1 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol. 12 No. 1 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 11, No 3 (2023): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 11, No 2 (2023): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 11, No 1 (2023): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 10, No 3 (2022): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 10, No 2 (2022): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 10, No 1 (2022): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 9, No 3 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 9, No 2 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 9, No 1 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 8, No 2 (2020): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 8, No 1 (2020): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 7, No 2 (2019): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 7, No 1 (2019): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 6, No 2 (2018): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 6, No 1 (2018): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 5, No 2 (2017): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 5, No 1 (2017): KEARIFAN LOKAL Vol 5, No 1 (2017): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 4, No 2 (2016): PENDIDIKAN Vol 4, No 2 (2016): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 4, No 1 (2016): PENYIMPANGAN SOSIAL Vol 4, No 1 (2016): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 2, No 1 (2016): EQUILIBRIUM Vol 3, No 2 (2015): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 3, No 1 (2015): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN More Issue