Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan mahasiswa dari seluruh dunia . Sedangkan ruang publikasi keseimbangan jurnal adalah pada bidang pendidikan, sosial, budaya; isu-isu terkini yang bersifat kontekstual sebagai ilmu murni dan terapan; hasil penelitian (kualitatif, etnografi, fenomenologi, studi kasus), penilaian dan pengembangan tesis/tesis/disertasi/hasil penelitian yang belum pernah dipublikasikan di media lain. Jurnal Ekuilibrium Pendidikan telah bekerjasama dengan ASOSIASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI) . Jurnal ekuilibrium diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Muhammadiyah Makassar, terbit secara berkala tiga kali dalam setahun : januari, mei, september.
Articles
15 Documents
Search results for
, issue
"Vol 9, No 3 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN"
:
15 Documents
clear
Studi Deskriptif Pendampingan Hukum LK3 (Lembaga Konsultasi dan Kesejahateran Keluarga) Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis
Juwandi Juwandi;
Daria Daria;
Ade Idra Suhara
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 3 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (462.61 KB)
|
DOI: 10.26618/equilibrium.v9i3.5963
LK3 adalah organisasi yang memberikan pelayanan konsultasi, konseling, pemberian/penyebarluasan informasi, penjangkauan, advokasi, dan pemberdayaan bagi keluarga secara profesional, termasuk merujuk sasaran ke lembaga pelayanan lain yang mampu memecahkan masalahnya secara lebih intensif. LK3 ini ditujukan kepada keluarga yang membutuhkan bantuan penanganan masalah psikologis, sosial (psikososial), maupun individu, kelompok, institusi yang karena kepeduliannya mengatasi masalah keluarga. Adapun tujuan dalam penelitian ini agar LK3 yang berada di kabupaten bengkalis memliki fungsi pelayanan masayarakat salah satunya dengan adanya tim ahli yang membantu tugas-tugas layanan LK3. Salah satunya adalah tim ahli Hukum yang mana dapat melakukan tugasnya dalam bentuk mendampingi klien terhadap permasalahannya dengan memberikan solusi hukum pada khususnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif statistik deskriptif. Artinya peneliti melakukan analisis data berdasarkan tabel melalui teknik pengumpulan data yaitu salah satunya dokumentasi. Hasil penelitian ini berupa pendampingan hukum di LK3 Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis dari tahun 2018-2020 mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu tahun 2018 sebanyak 5 kasus, tahun 2019 sebanyak 7 kasus dan tahun 2020 sebanyak 23 kasus.
Teachers and Students Appraisal of Secondary School as Custodian of Moral Values
Bello Bolanle Muhinat
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 3 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (558.1 KB)
|
DOI: 10.26618/equilibrium.v9i3.5445
Abstract. This study examines how secondary school plays its role as a custodian of moral values in society. What it takes to teach moral values in the school. What are the facilities, subjects, punishments, as well as teaching methods adopted by the school? All these are what the study set out to examine. This was verified using 15 purposively sampled secondary schools in the Sokoto metropolis. The study adopted a descriptive survey design. A questionnaire with psychometrics properties of 0.72 and 0.81 for validity and reliability respectively, was used to elicit the needed data from the respondents which constituted both teachers and students of the selected schools. The findings reveal the current state secondary school Sokoto state lacks in its role to serve as a custodian of moral values, from its facilities, subjects, enforcing conformity, and teaching strategies. In conclusion, for secondary school to perform its role as custodian of moral values, it was recommended among others that there should be the provision of more facilities conducive to teaching and learning in the schools to enable the secondary school plays its role as a custodian of moral values in the society.
Analisis Kemanfaatan Budaya Berbahasa Inggris Pada Sektor Pariwisata Berkelanjutan dI Era Industri 4.0
Yayu Anggraini H. Katili;
Ansar Sahabi;
I Kadek Satria Arsana;
Sulasmi Sulasmi
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 3 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (607.678 KB)
|
DOI: 10.26618/equilibrium.v9i3.6073
Abstract. English has an important role in the sustainable tourism sector through communication media with the aim of promoting abroad, service, good communication between foreign tourists and tourism actors, and the surrounding community which ultimately relates to the development of local tourism progress in the sustainable tourism sector in the industrial era. 4.0. Tourist actors must master English, especially the surrounding community, namely simple conversation, mastery of language and basic conversation. This study aims to examine the Benefits of English-Speaking Culture in the Sustainable Tourism Sector in the Industrial Era 4.0 in Gorontalo Province. The analytical method used is descriptive qualitative analysis. This paper shows that English-speaking culture in the sustainable tourism sector in the industrial era 4.0 in Gorotalo Province is needed with the aim of increasing foreign tourist visitors, facilitating communication using English and also as a promotional event abroad about local tourist destinations in the Province. Gorontalo. English has an important role in the tourism sector as a basis for people around tourist destinations and those who work in the tourism industry to be able to communicate well using English.Abstrak. Bahasa Inggris memiliki peran penting dalam sektor pariwisata berkelanjutan melalui media komunikasi dengan tujuan sebagai promosi ke luar negeri, pelayanan, komunikasi yang baik wisatawan asing dengan pelaku wisata, dan masyarakat sekitar yang pada akhirnya berhubungan dengan pengembangan kemajuan wisata lokal pada sektor pariwisata berkelanjutan di era industri 4.0. Pelaku wisata harus mengusai Bahasa Inggris terutama masyarakat sekitar yakni percakapan sederhana, penguasaan bahasa dan percakapan dasar. Penelitian ini bertujuan mengkaji Kemanfaatan Budaya Berbahasa Inggris Pada Sektor Pariwisata Berkelanjutan di Era Industri 4.0 di Provinsi Gorontalo. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Tulisan ini menunjukkan bahwa budaya berbahasa Inggris pada sektor pariwisata berkelanjutan di era industri 4.0 di Provinsi Gorotalo sangat diperlukan dengan tujuan untuk meningkatkan pengunjung wisatawan asing, memperlancar komunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris dan juga sebagai ajang promosi ke luar negeri tentang destinasi wisata lokal yang ada di Provinsi Gorontalo. Bahasa Inggris memiliki peranan penting dalam sektor pariwisata sebagai dasar bagi masyarakat sekitar destinasi wisata dan yang bekerja di industri pariwisata agar mampu berkomunikasi dengan baik menggunakan Bahasa Inggris.
Pengembangan Media Pembelajaran Daring Audio Visual Melalui Youtube Prosedur Keperawatan Maternitas Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jayakarta
Murtiningsih Murtiningsih;
Hanif Abdul Latif
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 3 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (556.301 KB)
|
DOI: 10.26618/equilibrium.v9i3.5863
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran inovatif mata kuliah 1000 persalinan. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan, pengembangan media pembelajaran audio visual berani melalui YouTube. Sampel peneltian 30 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jayakarta. Pengumpulan data menggunakan format checklist, prosedur, dan evaluasi media pembelajaran. Analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitianini telah berisi video pembelajaran prosedur-prosedur persalinan. Hasil evaluasi siswa menunjukkan 96,7% menyetujui video pembelajaran membantu memahami materi perkuliahan dan membuat mahasiswa lebih aktif mengikuti kegiatan pembelajaran. 93.3% mendukung lebih bersemangat mengikuti kegiatan pembelajaran, 96.7% mendukung Video membantu mahasiswa mampu melakukan redemonstrasi sesuai video contoh. Seluruh mahasiswa (100%) menyetujui Video membantu mempraktekkan prosedur yang dilakukan secara mandiri. mahasiswa (96.7%) menyetujui video yang percaya diri saat ujian praktek karena kesempatan untuk dapat latihan mandiri. sebagian besar mahasiswa (63,3%) tidak merasa terbebani dengan penugasan membuat video redemonstasi prosedur kolaborasi maternitas dan 63.Kesimpulan dari penelitian ini bahwa telah tersusunnya video demonstarsi prosedur perawatan membantu mahasiswa untuk mendemonstarsikan kembali prosedur yang telah diajarkan. Rekomendasi penelitian ini adalah melanjutkan tahapan selanjutnya untuk pembuatan Modul Prosedur 1000 Maternitas.
Pengembangan Kecerdasan Emosional Melalui Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik di Sekolah Dasar
Putri Surya Damayanti;
Angga Putra;
Ija Srirahmawati
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 3 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (487.58 KB)
|
DOI: 10.26618/equilibrium.v9i3.5992
Abstrak . Pelaksanaan pendidikan selama ini hanya berfokus pada aspek koginitif peserta didik, sedangkan kecerdasan emosional peserta didik tidak berkembang dengan baik yang berimplikasi terhadap degradasi moral peserta didik. Kecerdasan emosional yaitu kemampuan peserta didik dalam mengelola emosi yang dimiliki sehingga mengarahkan peserta didik dan berprilaku dengan tepat sesuai dengan kondisi yang dialami. Terdapat beberapa ASPEK Kecerdasan emosional diantaranya mengenali Emosi Diri, menglola Emosi, memotivasi Diri Sendiri, Mengenal Emosi Orang Lain (empati) Dan membina Hubungan. Kecerdasan emosional penting untuk di pupuk dan dikembangkan pada peserta didik di sekolah dasar karena pada usia sekolah dasar emosi anak mudah dibentuk. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik adalah dengan menerapkan pendidkan karakter. Dengan pendid i kan karakter peserta didik di sekolah dasar akan cerdas emosi, terbentuk karakter serta hasil belajarakan semakin meningkat. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Pendidikan Karakter
Dampak Covid-19 Terhadap Karakter Remaja : Studi Kasus Remaja Usia 12-15 Tahun
Budhi Arti Laras Sukmawati;
Atiqa Sabardila
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 3 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (493.939 KB)
|
DOI: 10.26618/equilibrium.v9i3.5522
Karakter remaja serta proses pendampingan yang dilakukan orang tua dalam penerapan jarak jauh perbedaan antara orang tua serta latar belakang yang berbeda. Pendampingan yang dilakukan orang tua selama di rumah dapat dibedakan (1) orang tua ketika di rumah sangat memperhatikan anak dari ucapan dan tingkahlaku anak, (2) orang tua ketika di rumah membatasi perilaku melihat anak, serta (3) orang tua terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga tidak dapat memberikan pendampingan.
Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Sekolah di SMA Mujahidin Pontianak
Merja Erlanda;
Sulistyarini Sulistyarini;
Syamsuri Syamsuri
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 3 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (486.608 KB)
|
DOI: 10.26618/equilibrium.v9i3.5920
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter keagamaan melalui budaya sekolah di SMA Mujahidin Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PPKn, guru PAI, dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter keagamaan melalui sekolah di SMA Mujahidin Pontianak melalui kegiatan rutin, keteladanan, kegiatan spontan dan pengkondisian. Kegiatan rutinnya adalah sholat berjamaah, membaca surah pendek Al-Qur'an dan berdoa sebelum dan sebelum pembelajaran, infaq setiap hari jum'at, dan piket kelas Kegiatan keteladanan dari cara berpakaian yang rapi dan sopan serta disiplin dari kepala sekolah, guru,tenaga administrasi dan tenaga kependidikan lainnya. Kegiatan spontan pemberian santunan jika ada warga yang sukhaekha. Pengkondisian berupa penyediaan fasilitas seperti mushola, tempat wudhu yang terpisah antara putra dan putri, tempat penyimpanan Al-Qur'an, slogan/poster yang berkarakter, penyediaan tempat sampah dan lingkungan sekolah yang bersih dan rapi.
Efektifitas BLT Covid-19 di Desa Moyo Kecamatan Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa (Studi Konstruksi Sosial Kemiskinan)
Imam Yuliadi;
Sumitro Sumitro
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 3 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (619.731 KB)
|
DOI: 10.26618/equilibrium.v9i3.5980
Kondisi Pandemi yang berkepanjangan tentu menyulitkan masyarakat miskin dalam mencari nafkah, dan BLT Covid 19 merupakan salah satu usaha untuk membantu meringankan beban masyarakat miskin. Kemiskinan yang dimaksud oleh pemerintah adalah kemiskinan secara ekonomi, sedangkan dilapangan seringkali ditemukan kemiskinan secara sosiologis. Untuk itu perlu dilakukan pemilahan untuk memperjelas mana masyarakat miskin yang perlu ditangani secara ekonomi dan mana masyarakat miskin yang perlu ditangani secara sosiologis. Dalam kajian sosiologi dapat dilakukan analisa bagaimana suatu fenomena sosial terkonstruksi, sehingga dapat dijabarkan faktor-faktor apa saja yang membentuk/mempengaruhi sebuah fenomena. Dari faktor-faktor yang dijabarkan bisa diambil tindakan untuk mencegah terbentuknya fenomena-fenomena sosial semacam tindakan-tindakan oportunis yang lahir dari mentalitas miskin. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Menjelaskan bentuk kemiskinan yang ada di Desa Moyo, (2) Menjelaskan dampak program BLT Covid 19 terhadap terkonstruksinya mentalitas miskin.Jenis Penelitian dalam penelitian ini adalah Deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap masyarakat penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Covid 19 di Desa Moyo Kecamatan Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa dan pemerintah Desa Moyo dimana Dana BLT ini diambil dari APBDes Desa Moyo. Lokasi penelitian akan berada di Desa Moyo kecamatan Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa Propinsi Nusa Tenggara Barat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dengan interactive model.Dari penelitian ini bisa didapatkan beberapa hal yaitu; (1) bentuk kemiskinan yang ada di Desa Moyo, (2) dampak program BLT Covid 19 terhadap terkonstruksinya mentalitas miskin. Bentuk kemiskinan yang ada di Desa Moyo adalah kemiskinan struktural dan kemiskinan subjektif. Dimana keduanya merupakan dampak dari Pandemi Covid 19. Dimana kemiskinan struktural merupakan dampak praktis dari kondisi pandemi, sedangkan kemiskinan subjektif merupakan dampak lanjutan dari berlangsung lamanya pandemi selama 2 tahun terakhir. Program BLT Covid 19 juga berkontribusi terhadap terkonstruksinya mentalitas miskin dalam masyarakat. Mentalitas miskin erat kaitannya dengan kemiskinan subjektif dimana mentalitas miskin merupakan kompenen inti dari konstruksi kemiskinan subjektif.
Analisis Penggunaan TIK Dengan Aplikasi Dalam Pembelajaran Daring di SD N 17 Kayuagung
Muhammad Dhori;
Muqowim Muqowim;
Tiara Nurhayati
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 3 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (160.256 KB)
|
DOI: 10.26618/equilibrium.v9i3.5564
Sebuah b- strate .Penulisan ini dibuat untuk menganalisis pemanfaatan TIK melalui aplikasi dalam pembelajaran online di sekolah dasar pada masa pandemi Covid-19. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian kepustakaan deskriptif. Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat besar bagi dunia pendidikan, khususnya di Indonesia. Dimana proses belajar mengajar yang sebelumnya dilakukan di lingkungan sekolah kini menjadi proses pembelajaran online yang dilakukan di rumah. Penggunaan TIK berpengaruh signifikan terhadap proses pembelajaran di masa pandemi saat ini. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat seperti guru dapat menghubungi siswa menggunakan internet melalui aplikasi seperti whatsapp group, google class, zoom, dll. Kemudian Kemendikbud telah memfasilitasi pembelajaran online secara gratis dengan pembagian kuota gratis untuk penyampaian materi pembelajaran tingkat SD dengan menggunakan aplikasi guna membantu proses pembelajaran online seperti aplikasi Google Classroom dan aplikasi Zoom cocok untuk kalangan atas. penggunaan kelas, sedangkan aplikasi grup WhatsApp cocok digunakan di kelas rendah. Saat proses pembelajaran online berlangsung, siswa tetap akan diawasi oleh orang tua/wali dan guru agar proses pembelajaran berjalan dengan baik. sedangkan aplikasi grup whatsapp cocok digunakan di kelas bawah. Saat proses pembelajaran online berlangsung, siswa tetap akan diawasi oleh orang tua/wali dan guru agar proses pembelajaran berjalan dengan baik. sedangkan aplikasi grup whatsapp cocok digunakan di kelas bawah. Saat proses pembelajaran online berlangsung, siswa tetap akan diawasi oleh orang tua/wali dan guru agar proses pembelajaran berjalan dengan baik.Abstrak. Penulisan ini dibuat untuk menganalisis penggunaan TIK melalui aplikasi dalam pembelajaran daring di sekolah dasar pada masa pandemi Covid-19. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif bersifat library researt. Pandemi Covid-19 amat sangat berpengaruh untuk bidang pendidikan khususnya di Indonesia. Dimana proses belajar mengajar yang tadinya dilaksanakan dalam lingkungan sekolah sekarang proses belajar daring yang dilaksanakan dirumah sendiri. Penggunaan TIK berpengaruh signifikan pada proses pembelajaran di masa pandemi saat ini. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang telah berkembang pesat seperti guru dapat menghubungi peserta didik menggunakan internet dengan melalui sebuah aplikasi seperti whatsapp group, google class, zoom, dll. Kemudian kemendikbud telah memfasilitasi belajar daring secara gratis dengan pembagian kuota gratis untuk menyampaikan materi belajar tingkat sekolah dasar dengan menggunakan aplikasi agar dapat membantu proses pembelajaran daring seperti aplikasi google classroom dan aplikasi zoom cocok digunakan kelas tinggi sedangkan aplikasi whatshapp group cocok digunakan pada kelas rendah. Pada saat proses pembelajaran daring berlangsung peserta didik akan tetap di awasi oleh orang tua/wali dan guru supaya proses pembelajaran berjalan dengan baik.
Pengembangan Potensi Wisata Igir Wringin Desa Panusupan Sebagai Produk Wisata Berbasis Perdesaan
Kanita Khoirun Nisa;
Michael Jeffri Sinabutar;
Muhammad Alhada Fuadilah Habib
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 3 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (654.501 KB)
|
DOI: 10.26618/equilibrium.v9i3.5911
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pengembangan potensi wisata Igir Wringin di Desa Panusupan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana awal dari potensi wisata oleh komunitas para pemuda, kemudian dikembangkan menjadi DTW (Daya Tarik Wisata) yang selanjutnya menjadi pariwisata perdesaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa pengembangan desa wisata dengan memaksimalkan potensi seni dan budaya.