cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
ISSN : -     EISSN : 2502471X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January 2016.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 6: Juni 2017" : 20 Documents clear
PEMBELAJARAN READING-CONCEPT-MAP THINK PAIR SHARE (REMAP TPS) DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF Miswandi Tendrita; Susriyati Mahanal; Siti Zubaidah
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 2, No 6: Juni 2017
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.946 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v2i6.9332

Abstract

The aims of this study are to explore the effect of Reading-Concept Map- Think Pair Share (Remap-TPS) towards cognitive learning outcomes on highschool students. The participant for the study consisted of 54 students from the Senior High School 1, Batu City. This research used Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design.  Cognitive learning outcome obtained from the essay test. The test results were then analyzed with Anacova. The results of this experiment showed that Remap-TPS can enhance cognitive learning outcomes.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Reading-Concept Map-Think Pair Share (Remap-TPS) terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Batu dengan jumlah partistipan sebanyak 54 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah nonequivalent pretest-posttest control group design. Data hasil belajar kognitif diperoleh dari hasil tes essay, dan hasilnya dianalisis dengan teknik Anacova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Remap-TPS berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa.
IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH SISWA SMA PADA MATERI SUHU DAN KALOR Ety Rimadani; Parno Parno; Markus Diantoro
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 2, No 6: Juni 2017
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.29 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v2i6.9440

Abstract

Scientific reasoning skills help students to explain concepts and argumentations, which is it’s beneficial for student. This article aims to identification pattern of scientific reasoning student that used to solving problems in heat and temperature material. Type of research is descriptive quantitative with 97 students. Instrument is used 4 item essay test of scientific reasoning with reliability 0.726. the scientific reasoning analyze with the rubric that level and category from pattern of correlational reasoning, proportional reasoning, and probabilistic reasoning. Results of research shows that scientific of reasoning skills in correlational reasoning 44.3% students into category of NR (no relationship). Then, in proportional reasoning 24.7% students into category of AD (Additive). In the last, in probabilistic reasoning 62.8% students into category of AP (Approximate). So, the conclusion of the research is students still in low level of category of scientific reasoning skills.Kemampuan penalaran ilmiah membantu siswa untuk menjelaskan suatu konsep dan berargumentasi, yang mana hal tersebut mendatangkan beberapa keuntungan bagi siswa. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola penalaran ilmiah siswa yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan pada materi suhu dan kalor. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dengan subjek sebanyak 97 siswa. Instrumen yang digunakan berupa 4 butir soal uraian penalaran ilmiah dengan reliabilitas 0.726. Analisis penalaran ilmiah sesuai dengan rubrik level dan kategori dari pola correlational reasoning, proportional reasoning, dan probabilistic reasoning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran siswa pada correlational reasoning paling banyak berkategori NR (No Relationship) sebesar 44,3%. Pada proportional reasoning paling banyak siswa berkategori AD (Additive) sebesar 24,7% dan pada probabilistic reasoning siswa paling banyak berkategori AP (Approximate) sebesar 62,8%. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa kemampuan penalaran ilmiah siswa masih tergolong rendah karena masih berada pada level-level terendah dalam kategori di tiap-tiap pola penalaran ilmiah yang digunakan pada butir soal.
WORK VALUE DALAM SERAT WEDHATAMA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP BIMBINGAN KARIER BERBASIS BUDAYA JAWA Nanda Istiqomah; Muslihati Muslihati; Adi Atmoko
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 2, No 6: Juni 2017
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.245 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v2i6.9367

Abstract

This research aims to analyse and describe the work values of Serat Wedhatama. It used qualitative approach by hermeneutic design. The prime sourch of this study was Serat Wedhatama. The serat was interpreted and validated by interviewing cultural expert from Keraton Surakarta (Solo). Then it was analyze in accordance with the focus of the research. The result of the research stated that the work value in Serat Wedhatama consist of: religious, being cautious in acting and speaking, modesty, applying the good advice, forgiving, have responsibility, obeying the rule, having mercies to all people, sharpening and empowering of mind, choosing the work, wirya (power), arta (wealth), and winasis (knowledge). The research as inspiration in delivering material and method of the guidance. The inspirative method of the guidance in Serat Wedhatama is developed work value in Serat Wedhatama is through giving advice in literary form and kidung. The work values which were found in Serat Wedhatama and also their implications can be used to build the counseless character to have positive work ethic based on the culture integrated in the career guidance.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan nilai-nilai kerja (work value) dalam Serat Wedhatama. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dengan desain hermeneutik. Sumber primer penelitian ini yaitu Serat Wedhatama. Serat tersebut diinterpretasi lalu divalidasi melalui wawancara dengan ahli budaya dari Kraton Surakarta (Solo). Selanjutnya melakukan analisis untuk dikategorisasikan sesuai dengan fokus penelitian. Hasil penelitian menyebutkan bahwa work value dalam Serat Wedhatama, meliputi religius, berhati-hati dalam bertindak dan bertutur kata, rendah hati, menerapkan nasihat baik, memafkan sesama, memiliki tanggungjawab, patuh pada aturan negara, memiliki cinta kasih terhadap sesama, mengasah dan memberdayakan akal budi, pilihan pekerjaan, wirya (kekuasaan), arta (harta), dan winasis (pengetahuan). Implikasi penelitian ini terhadap bimbingan karier yaitu dapat dijadikan inspirasi dalam pemberian materi dan metode bimbingan. Inspirasi metode bimbingan dalam mengembangkan work value dalam Serat Wedhatama yaitu nasihat. Nasihat dalam Serat Wedhatama tertuang dalam bentuk karya sastra dan kidung. Work Value yang telah ditemukan dalam Serat Wedhatama beserta implikasinya tersebut dapat digunakan sebagai pembentukan karakter konseli untuk memiliki budaya kerja positif berbasis budaya yang terintegrasi dalam layanan bimbingan karier.
BAHAN AJAR TEMATIK MATERI PUISI KELAS V SD DENGAN PEMANFAATAN PETA PIKIRAN DAN LINGKUNGAN SEKITAR Roni Wibowo; Utami Widiati; Anang Santoso
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 2, No 6: Juni 2017
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.554 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v2i6.9324

Abstract

The purpose of this research is to develop thematic teaching suplementary materials for year V focusing on poetry. These materials were used with mind mapping and also the environment as learning resources. The materials were validated in terms of content, language, and layout later, the materials were tried out to 6 elementary students in small-scale validation and to 40 students in the large-scale validation. The trial results demonstrate the feasibility of teaching materials have a high level. The average validity got 90.025, the attractiveness 91.80, the effectiveness 92.75 and the practicality 92.18. So it is recomended be implemented as a supporting source in the learning activities, especially in studying poetry.Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar tematik bersifat suplemen untuk kelas V fokus kajiannya materi puisi. Bahan ajar memanfaatkan peta pikiran serta lingkungan sekitar sebagai sumber pembelajaran. Bahan ajar divalidasikan pada aspek isi, bahasa, dan desain, selanjutnya diujicobakan kepada 6 siswa pada uji kelompok kecil dan 40 siswa pada uji kelompok besar. Hasil uji coba menunjukkan tingkat kelayakan bahan ajar sangat tinggi. Rata-rata kevalidan sebesar 90,025, kemenarikan 91,80, keefektifan 92,75, dan kepraktisan 92,18. Dengan demikian,  disarankan agar bahan ajar ini diimplementasikan sebagai sumber pendukung pembelajaran tematik, khususnya materi puisi.
PERBEDAAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS BUDAYA LOKAL DI MADURA Adi Gunawan; Hariyono Hariyono; Ari Sapto
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 2, No 6: Juni 2017
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.082 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v2i6.9564

Abstract

This study was aimed to identify the significant differences of social studies learning result between a group of students who used local genius based contextual approach and a group of students who used conventional learning approach. The design of this study was quasi experiment with non equivalent pretest-posttest only control group design. The population of this study was students of all grade eight which consists of 97 students. Purposive sampling technique was used to get the samples for this study. The experimental group was class VIII C and the control group was class VIII D. The researcher got the data of the students learning result by administering test which consisted of 20 questions of multiple choices. Independent sample t-test was used to analyze the data. From the result of this study, the researcher concluded that there was significant differences of students learning result between students who used local genius based contextual approach and students who used conventional learning approach. It can be seen from the result of t-test which used independent sample t-test.T-value was higher than T-table, (2.811>1.679).Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial antara kelompok siswa yang melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis budaya lokal dan siswa yang melaksanakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan non equivalent pretest-posttest only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah 97 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VIII-C sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII-D sebagai kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar IPS dengan menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 20 soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan independent sampel t-tes (uji-t). Hasil penelitian menyimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial antara kelompok yang melaksanakan dengan pendekatan kontekstual berbasis budaya lokal dan kelompok yang melaksanakan pembelajaran konvensional. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan analisis independent sample t-test dengan t hitung lebih besar daripada t-tabel (2,811>1,679).
PENGEMBANGAN LKS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM CREATING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP Muliana Sari; Susiswo Susiswo; Toto Nusantara
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 2, No 6: Juni 2017
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.594 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v2i6.9340

Abstract

The aim of this research is developing student activity sheets (LKS) with model problem creating to improve students’ ability to think critically. This research is a developmental research with Plomp’s development model. This development model consists of three stages that are (1) preliminary research; (2) prototype phase; (3) assessment phase. The test subjects involved 27 students of class VIII of SMPN 1 Gambut. Based on the results of research from the design of LKS consists of cover, time allocation, learning objectives, content of LKS and assessment. Activities in the LKS consists of five stages of model problem creating that are learning objectives, problem context, create the problem, anticipate students’ solutions and reflect. The contents of the LKS consists questions that guide students to find mathematical concepts or principles, issues that need to be spent students and guide students to critical thinking that are basic clarification, basic for decision, inference and advanced clarification. The validations results from three validators showed that the LKS satisfied valid criteria. As a result on field testing in SMPN 1 Gambut students’ responses were positive. In addition, this learning instrument can increase students’ ability to think critically by 74%.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS dengan model problem creating yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini termasuk pengembangan dengan model pengembangan Plomp, yaitu (1) preliminary research (penelitian awal); (2) prototyping phase (fase pengembangan); (3) assessment phase (fase penilaian). Subjek uji coba melibatkan 27 siswa kelas VIII SMPN 1 Gambut. Desain LKS terdiri atas cover, alokasi waktu, tujuan pembelajaran, isi LKS, dan penilaian. Kegiatan dalam LKS terdiri atas lima tahapan model problem creating, yaitu menyampaikan tujuan pembelajaran, konteks masalah, menciptakan masalah, antisipasi jawaban, dan refleksi. Isi LKS terdiri dari pertanyaan-pertanyaan yang menuntun siswa menemukan konsep atau prinsip matematika, masalah yang perlu diselesaikan siswa, dan memandu siswa untuk berpikir kritis antara lain memberikan penjelasan dasar, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan dan memberikan penjelasan lanjut. Hasil validasi LKS dari tiga validator menunjukkan bahwa LKS memenuhi kriteria valid. Berdasarkan uji coba lapangan di SMPN 1 Gambut respon siswa terhadap LKS positif. Selain itu, peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 74%.
DEVELOPING ENGLISH COURSE BOOK FOR SECOND GRADE KINDERGARTENERS Lely Silia Wardhani; Mohammad Adnan Latief; Yazid Basthomi
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 2, No 6: Juni 2017
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (714.629 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v2i6.9483

Abstract

This study is aimed to develop English course-book for second grade of kindergarten. The method used in this study is Research and Development (R&D). The steps of this study consist of needs analysis, material development, expert validation, first revision, try out, second revision, and final product. The result of this study indicates that the developed product is applicable for young learners. Additionally, the product is attractive and fun to be used.Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku pelajaran Bahasa Inggris bagi siswa tingkat dua Taman Kanak-kanak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini melingkupi analisis kebutuhan, pengembangan materi, validasi ahli, revisi pertama, uji coba, revisi kedua, dan hasil produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang telah dikembangkan mudah digunakan oleh pembelajar usia dini. Sebagai tambahan, produk ini juga menarik dan menyenangkan.
PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DI SEKOLAH DASAR Yonarlianto Tembang; Sulton Sulton; Suharjo Suharjo
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 2, No 6: Juni 2017
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.228 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v2i6.9402

Abstract

This study aims to determine the improvement of motivation and student learning outcomes during the implementation of learning using learning model think pair share assisted images media. The subject were students of the fourth grade at Sd Inpers Mangga Dua Merauke. The analysis technique used descriptive analysis. Data collections teqniques used: observation, questionnaires, and tests. The result of this study showed that the implementation of learning model think pair share and images media was effective to improve motivation and learning outcomes. The implementation of learning model think pair share and images media can improve average score of learning motivation from 74.91% in cycles 1 into 87.27% in cycles 2. The improvement of student learning outcome was 68,81% in cycle 1 and 86.36% in cycles. The results indicate that implementation learning model of think pair share and images media can improve motivation and learning outcomes.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran think pair share berbantuan media gambar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Mangga Dua Merauke. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan motivasi belajar siswa rata-rata 74,91% pada siklus I menjadi 87,27% pada siklus 2. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa meningkat pada siklus I sebesar 68,81% pada siklus II mencapai 86,36%. Dengan demikian, hasil ini menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran think pair share berbantuan media gambar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
PENGEMBANGAN EDUTAINMENT MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PROGRAM LINIER SISWA SMK Bayu Ariawan; Gatot Muhsetyo; Abd. Qohar
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 2, No 6: Juni 2017
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.436 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v2i6.9347

Abstract

The purpose of this study is to develop a multimedia-based edutainment to increase interest and learning outcomes student in vocational school in linear program material. This type of research is development research with ADIE model. The purpose of research is to produce multimedia products are valid, practical and effective. The research was conducted from 21th of November 2016 until 3th of December 2016 and held at SMK-PP N Kupang. Trialling performed twice. The first trial conducted to seek advice and input from students as users of the product while the second trial was conducted to see the practicality and effectiveness of the product. The results show that the development of products developed are valid (average score validation of all the validator is 4.18), practical (average score of questionnaire responses for all students is 2.81), and effective (average questionnaire student's interests is 8,9 and there is an increase compared with the end of the test to the early test).Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan multimedia berbasis edutainment yang dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa SMK pada materi program linier. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Tujuan penelitian yaitu menghasilkan produk multimedia yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian dilakukan mulai 21 November—3 Desember 2016 yang bertempat di SMK-PP N Kupang. Pelaksanaan ujicoba dilakukan sebanyak dua kali. Uji coba pertama dilakukan untuk meminta saran dan masukan dari siswa selaku pengguna produk, sedangkan uji coba kedua dilakukan untuk melihat kepraktisan dan keefektifan produk. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan valid (rata-rata skor validasi dari semua validator yaitu 4,18, praktis (rata-rata skor angket respon untuk seluruh siswa yaitu 2.81), dan efektif (rata-rata angket minat siswa yaitu 8,9 dan terjadi kenaikan tes akhir dibandingkan dengan tes awal).
STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGELOLA KONFLIK MENYIKAPI DAMPAK NEGATIF PENERAPAN FULL DAY SCHOOL Abai Manupak Tambunan; M. Huda A.Y; I Nyoman Sudana Degeng
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 2, No 6: Juni 2017
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.963 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v2i6.9486

Abstract

This study tried to describe the principal in managing conflict of the application negative impact of the implementation of the Full Day School this research was conducted using qualitative approach with a phenomenological method. These results indicate that the principal can perform a variety of strategies to fix conflict so as not to interfere with the performance of teachers, child's comfort, and confidence of parents.Penelitian ini mencoba mendeskripsikan tentang kepala sekolah dalam melakukan strategi pegelolaan konflik menyikapi dampak negatif dari penerapan Full Day School. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah dapat melakukan berbagai strategi guna menyelesaikan konflik sehingga tidak menggangu kinerja guru, kenyamanan anak, dan kepercayaan orangtua.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 8: AUGUST 2025 VOL 10, NO 7: JULY 2025 Vol 10, No 4: APRIL 2025 Vol 10, No 3: MARCH 2025 Vol 10, No 2: FEBRUARY 2025 Vol 10, No 1: JANUARY 2025 Vol 9, No 12: DECEMBER 2024 Vol 9, No 11: NOVEMBER 2024 Vol 9, No 10: OCTOBER 2024 Vol 9, No 9: SEPTEMBER 2024 Vol 9, No 8: AUGUST 2024 Vol 9, No 7: JULY 2024 Vol 9, No 6: JUNE 2024 Vol 9, No 5: MAY 2024 Vol 9, No 4: APRIL 2024 Vol 9, No 3: MARCH 2024 Vol 9, No 2: FEBRUARY 2024 Vol 9, No 1: JANUARY 2024 Vol 8, No 10: OCTOBER 2023 Vol 8, No 9: SEPTEMBER 2023 Vol 8, No 8: AUGUST 2023 Vol 8, No 7: JULY 2023 Vol 8, No 6: JUNE 2023 Vol 8, No 5: MAY 2023 Vol 8, No 4: APRIL 2023 Vol 8, No 3: MARCH 2023 Vol 8, No 2: FEBRUARY 2023 Vol 8, No 1: JANUARI 2023 Vol 7, No 12: DECEMBER 2022 Vol 7, No 11: NOVEMBER 2022 Vol 7, No 10: OKTOBER 2022 Vol 7, No 9: SEPTEMBER 2022 Vol 7, No 8: AGUSTUS 2022 Vol 7, No 7: JULI 2022 Vol 7, No 6: JUNI 2022 Vol 7, No 5: MAY 2022 Vol 7, No 4: APRIL 2022 Vol 7, No 3: MARET 2022 Vol 7, No 2: FEBRUARI 2022 Vol 7, No 1: JANUARI 2022 Vol 6, No 12: DESEMBER 2021 Vol 6, No 11: NOVEMBER 2021 Vol 6, No 10: OKTOBER 2021 Vol 6, No 9: SEPTEMBER 2021 Vol 6, No 8: AGUSTUS 2021 Vol 6, No 7: JULI 2021 Vol 6, No 6: JUNI 2021 Vol 6, No 5: MEI 2021 Vol 6, No 4: APRIL 2021 Vol 6, No 3: MARET 2021 Vol 6, No 2: FEBRUARI 2021 Vol 6, No 1: JANUARI 2021 Vol 5, No 12: DESEMBER 2020 Vol 5, No 11: NOVEMBER 2020 Vol 5, No 10: OKTOBER 2020 Vol 5, No 9: SEPTEMBER 2020 Vol 5, No 8: AGUSTUS 2020 Vol 5, No 7: JULI 2020 Vol 5, No 6: JUNI 2020 Vol 5, No 5: MEI 2020 Vol 5, No 4: APRIL 2020 Vol 5, No 3: MARET 2020 Vol 5, No 2: FEBRUARI 2020 Vol 5, No 1: JANUARI 2020 Vol 4, No 12: DESEMBER 2019 Vol 4, No 11: NOVEMBER 2019 Vol 4, No 10: Oktober 2019 Vol 4, No 9: SEPTEMBER 2019 Vol 4, No 8: AGUSTUS 2019 Vol 4, No 7: JULI 2019 Vol 4, No 6: JUNI 2019 Vol 4, No 5: MEI 2019 Vol 4, No 4: APRIL 2019 Vol 4, No 3: MARET 2019 Vol 4, No 2: FEBRUARI 2019 Vol 4, No 2: FEBRUARI 2019 Vol 4, No 1: JANUARI 2019 Vol 3, No 12: DESEMBER 2018 Vol 3, No 12: DESEMBER 2018 Vol 3, No 11: NOVEMBER 2018 Vol 3, No 10: OKTOBER 2018 Vol 3, No 10: OKTOBER 2018 Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018 Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018 Vol 3, No 8: AGUSTUS 2018 Vol 3, No 8: AGUSTUS 2018 Vol 3, No 7: JULI 2018 Vol 3, No 6: JUNI 2018 Vol 3, No 5: MEI 2018 Vol 3, No 4: APRIL 2018 Vol 3, No 3: MARET 2018 Vol 3, No 2: FEBRUARI 2018 Vol 3, No 1: JANUARI 2018 Vol 3, No 1: JANUARI 2018 Vol 2, No 12: Desember 2017 Vol 2, No 11: November 2017 Vol 2, No 10: Oktober 2017 Vol 2, No 9: September 2017 Vol 2, No 8: AGUSTUS 2017 Vol 2, No 7: JULI 2017 Vol 2, No 6: Juni 2017 Vol 2, No 5: Mei 2017 Vol 2, No 4: April, 2017 Vol.2, No.3, Maret 2017 Vol.2, No.2, Februari 2017 Vol.2, No.1, Januari 2017 Vol.1, No.12, Desember 2016 Vol.1, No.11, Nopember 2016 Vol.1, No.10, Oktober 2016 Vol.1, No.9, September 2016 Vol.1, No.8, Agustus 2016 Vol.1, No.7, Juli 2016 Vol.1, No.6, Juni 2016 Vol.1, No.5, Mei 2016 Vol.1, No.4, April 2016 Vol.1, No.3, Maret 2016 Vol.1, No.2, Februari 2016 Vol.1, No.1, Januari 2016 More Issue