cover
Contact Name
Ardi Widhia Sabekti, S.Pd., M.Pd.
Contact Email
sabekti.ardi@umrah.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalzarah@umrah.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota tanjung pinang,
Kepulauan riau
INDONESIA
Jurnal Zarah
ISSN : 23547162     EISSN : 25492217     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Zarah menerbitkan artikel hasil penelitian, pengembangan, dan kajian literatur tentang berbagai topik dalam bidang Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 1 (2021): Jurnal Zarah" : 9 Documents clear
SINTESIS SENYAWA 1,5-BIS(3’-ETOKSI-4’-HIDROKSIFENIL)-1,4-PENTADIEN-3-ON (EHP) DENGAN BAHAN BAKU ETIL VANILIN MUTU TEKNIK Mulatsari, Esti; Mumpuni, Esti; Purwanggana, Agus; Rasdianti, Putri
Jurnal Zarah Vol 9 No 1 (2021): Jurnal Zarah
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31629/zarah.v9i1.2184

Abstract

Selama ini, sintesis senyawa 1.5-bis (3'-etoksi-4'-hidroksifenil)-1,4-pentadien-3-on (EHP) menggunakan etil vanillin kualitas pro analisis sebagai bahan baku. Dalam penelitian ini, dilakukan sintesis EHP dengan etil vanilin kualitas teknis sebagai bahan baku. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh rendemen yang tinggi dengan karakteristik EHP yang sama dengan hasil sintesis menggunakan etil vanillin pro analisis akan tetapi biaya produksi lebih rendah. EHP merupakan senyawa analog kurkumin dengan mengubah gugus metoksi menjadi etoksi dan diketon menjadi monoketon. Metode sintesis menggunakan reaksi kondensasi aldol dengan variasi waktu kondensasi. Karakterisasi dan identifikasi senyawa hasil sintesis dilakukan menggunakan metode spektrofotometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendemen optimum yang diperoleh adalah 73,23% dalam waktu kondensasi 7 hari. Proses karakterisasi dan identifikasi menunjukkan bahwa senyawa yang disintesis berwarna hijau kecoklatan dan memiliki aroma aromatik, titik leleh 105,2-109,8 °C, Faktor retardasi (Rf) 0,68 dengan uji Kromatografi Lapis Tipis, serapan maksimum 310 dan 278,50 nm dengan uji kromatografi UV-Vis, vibrasi pada bilangan gelombang 3354,38 cm-1; 2979,82 dan 2931,60 cm-1; 1576.99 cm-1; 1672,51 cm-1; 838,59 dan 631,78 cm-1 dengan uji spektrofotometri Inframerah dan persentase area kemurnian dengan uji densitometri 76,69% dan persentase rendemen 51,16 %. Hasil ini menunjukkan karakteristik dan rendemen yang sama dibandingkan dengan EHP yang disintesis menggunakan etil vanilin kualitas pro analisis sebagai bahan baku dengan persentase rendemen yang lebih rendah.
PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI BERBANTUAN POWERPOINT PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT Herman, Heri; Nurhadi, Mukhamad; Gunawan, Rahmat
Jurnal Zarah Vol 9 No 1 (2021): Jurnal Zarah
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31629/zarah.v9i1.2323

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran kimia berbasis multipel representasi berbantuan powerpoint pada pokok bahasan larutan elektrolit dan non elektrolit yang valid, efektif, dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch yang terdiri atas analysis, design, development, implementation, evaluation. Sampel penelitian ini adalah 30 siswa kelas X IPA SMAN 12 Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes dengan instrumen penelitian berupa lembar validasi, soal pretest dan posttest, dan angket respon siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa modul dan animasi sangat valid dengan nilai validasi dari ahli materi sebesar 94,60%, ahli media sebesar 90,91%, dan ahli IT sebesar 86,84%. Kepraktisan berdasarkan hasil analisis angket respon siswa sebesar 88,01% dengan kriteria sangat praktis. Keefektifan berdasarkan hasil analisis pretest dan posttest siswa dengan nilai N-gain sebesar 0,78 dengan kriteria sangat efektif. Dengan demikian, modul dan powerpoint pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar siswa kelas X IPA dan guru mata pelajaran kimia.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MELALUI KEGIATAN FUN CHEMISTRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DI SMK Fatnah, Nurwanti; Azizah, Dewiantika; Cahyani, Mutiara Dwi
Jurnal Zarah Vol 9 No 1 (2021): Jurnal Zarah
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31629/zarah.v9i1.2461

Abstract

Model pembelajaran berbasis proyek yang menjadikan peserta didik sebagai pusat pembelajaran sangat diperlukan dalam pembelajaran kimia, sehingga peserta didik menjadi lebih aktif dan berdampak pada peningkatan keterampilan proses sains. Model Pembelajaran berbasis proyek melalui kegiatan fun chemistry diharapkan dapat membuat pembelajaran kimia menjadi lebih menyenangkan, kemudian peserta didik menjadi lebih aktif, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar dan keterampilan proses sains. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMK Analis Kimia YPPT Majalengka 2017/2018. Langkah-langkah yang dilaksanakan dalam model PjBL meliputi penentuan pertanyaan, perancangan proyek, penyusunan jadwal, monitor setiap kemajuan proyek, presentasi hasil dan penilaian serta evaluasi. Penguasaan konsep materi yang menghasilkan prestasi peserta didik diukur melalui teknik One Group Pretest and Postest Design, kemudian tingkat efektivitas pembelajaran diamati pada tiap tahap pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek sesuai dengan sintaksnya dan aspek kinerja digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik sebesar 40,7% dan meningkatkan kinerja peserta didik pada setiap tahapan proses sains yang dilakukan.
STUDI KUALITATIF PERKULIAHAN DARING MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL PjBL BERBASIS MOODLE PADA MASA PANDEMI COVID-19 Kisworo, Banu; Cahyani, Mutiara Dwi; Azizah, Dewiantika
Jurnal Zarah Vol 9 No 1 (2021): Jurnal Zarah
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31629/zarah.v9i1.2463

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan perkuliahan media pembelajaran kimia (MPK) berbasis moodle dengan menggunakan model PjBL di rumah selama masa wabah pandemic Covid-19 melanda di Indonesia dan respon mahasiswa terhadap pelaksanaan perkuliahanannya. Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 18 mahasiswa program studi pendidikan kimia di Universitas Muhammadiyah Cirebon. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner terbuka online dalam format google form dan diisi secara online oleh mahasiswa. Analisis data dilakukan dengan analisis isi (content analysis). Dua tema yang muncul dalam data adalah pelaksanaan dan respon perkuliahan media pembelajaran kimia berbasis moodle menggunakan model pembelajaran PjBL. Hasil penelitian ini menunjukkan Perkuliahan media pembelajaran kimia berbasis moodle dengan menggunakan model PjBL efektif untuk penguasan konsep dan mahasiswa merespon secara positif sebagai model pembelajaran di rumah. Kesimpulan dalam penelitian ini model PjBL berbasis moodle sangat sesuai diterapkan pada perkuliahan Media Pembelajaran Kimia dengan sistem online selama masa pandemic Covid-19, karena dapat menguatkan kemampuan mahasiswa dalam berpikir kritis, analitis, kreatif dan produktif.
POSISI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DALAM PENDIDIKAN SAINS Wahyudi, Andi; Dwi Ariyani, Yusinta; Rochaendi, Endi; Apriyanti
Jurnal Zarah Vol 9 No 1 (2021): Jurnal Zarah
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31629/zarah.v9i1.2552

Abstract

Keterampilan berpikir kritis dan kreatif merupakan elemen yang penting dalam dunia pendidikan, tidak terkecuali dalam pendidikan sains. Tujuan dari studi ini adalah untuk melakukan eksplorasi mengenai posisi keterampilan berpikir kritis dan kreatif dalam pendidikan sains. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah kajian literatur dari buku dan artikel yang membahas mengenai keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif dalam pendidikan sains. Literatur diperoleh dari berbagai lembaga pengindeks seperti google scholar, scopus, sage dan lembaga pengindeks lainnya. Hasil dari studi ini menemukan bahwa berpikir kritis dan kreatif sering dianggap sebagai dua keterampilan yang bertolak belakang. Berpikir kritis bersifat konvergen, sedangkan berpikir kreatif bersifat divergen. Berpikir kreatif jika ditinjau dari taksonomi Bloom dianggap sebagai keterampilan berpikir yang paling tinggi (mencipta C6), sedangkan keterampilan berpikir kritis berada pada jenjang di bawahnya (menganalisis C4 dan mengevaluasi C5). Peserta didik tidak bisa berpikir kreatif tanpa melakukan aktivitas kritis terlebih dahulu, seperti kegiatan menganalisis dan mengevaluasi. Proses sains merupakan wahana untuk mengarahkan peserta didik untuk memperoleh aspek produk dan nilai atau sikap sains. Hasil dari studi ini dapat merekonseptualisasi mengenai posisi keterampilan berpikir kritis dan kreatif dalam pendidikan sains.
MENINGKATKAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DENGAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI TERMOKIMIA DI KELAS XI IPA SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 2 TANJUNGPINANG Chaidir, Safrawita
Jurnal Zarah Vol 9 No 1 (2021): Jurnal Zarah
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31629/zarah.v9i1.2600

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran online dengan menggunakan materi termokimia di Google Classroom. Penelitian dilaksanakan di SMAN 2 Tanjungpinang selama satu semester tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 sebanyak 38 siswa, dan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan selama dua siklus. Memperoleh data penelitian berdasarkan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan Google Classroom untuk pembelajaran online dapat meningkatkan efek belajar siswa. Pada tahap pertama prestasi belajar siswa mencapai 42,1% dan tahap kedua mencapai 89,4%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa penggunaan Google Classrom dalam pembelajaran online dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
TINJAUAN BIOFABRIKASI NANOPARTIKEL PERAK DAN EMAS DENGAN MENGGUNAKAN EKTRAK TANAMAN Willian, Nancy; Pardi, Hilfi
Jurnal Zarah Vol 9 No 1 (2021): Jurnal Zarah
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31629/zarah.v9i1.2799

Abstract

Material nano diperolah dari material sintesis biologis melalui teknik berbasis green chemistry yang ramah lingkungan. Ulasan ini difokuskan pada sintesis nanopartikel logam perak dan emas pada tanaman dan karaterisasinya. Ekstrak tumbuhan yang dilakukan secara eksperimental memberikan karakterisasi yang bervariasi. Strategi ini memainkan peranan penting dalam variasi strategi bentuk, ukuran, dan morfologi dari nanopartikel logam, yang mengarah pada perbedaan aktivitas aplikasi dari nnopartikel logam tersebut. Tulisan ini terutama merangkum berbagai metode sintesis nanopartikel emas dan perak dan karakterisai dalam berbagai bagian tanaman dan juga mendokumentasikan informasi rinci tentang strategi yang terlibat dalam penggunaan ekstrak tanaman sebagai reduktor dalam sintesis nanopartikel logam dengan berbagai aplikasi.
PROFIL EFIKASI DIRI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PADA PEMBELAJARAN KESETIMBANGAN KIMIA Al Rasyid, Muhamad; Fajar Partana, Crys
Jurnal Zarah Vol 9 No 1 (2021): Jurnal Zarah
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31629/zarah.v9i1.2860

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil efikasi diri peserta didik dalam proses pembelajaran kimia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriftif statistik. Jumlah sampel dalam penelitian ini terdiri dari 47 peserta didik yang berasal dari kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 SMAN Tanjungpinang yang menjadi satu kelompok penelitian. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data menggunakan angket efikasi diri yang sudah dinyatakan valid dan reliabel digunakan setelah melalui tahapan validasi teoritis dan validasi empiris. Analisis terhadap profil efikasi diri peserta didik dilakukan dengan mengkategorikan skor jumlah peserta didik terhadap setiap butir penyataan tentang motivasi diri dan perubahan sikap diri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lebih dari 50% dari 47 peserta didik sudah memiliki efikasi diri yang baik selama mengikuti proses pembelajaran kimia. Selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan media pembelajaran berbasis android peserta didik menunjukkan efikasi diri mereka diantaranya mereka lebih aktif, disiplin dalam belajar dan mengikuti pembelajaran dengan penuh semangat. Perlunya kedepan dilakukan penelitian dengan sampel dalam skala besar dan dalam jangan waktu yang lama untuk mengetahui profil efikasi diri peserta didik selama proses pembelajaran materi kesetimbangan kimia.
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MATERI KIMIA BAHAN MAKANAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI MAHASISWA DI ERA COVID-19 DI JURUSAN KIMIA UIN WALISONGO SEMARANG Nur Latifah, Rais
Jurnal Zarah Vol 9 No 1 (2021): Jurnal Zarah
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31629/zarah.v9i1.2915

Abstract

Perubahan sistem pembelajaran masif dilakukan dalam setiap elemen jenjang pendidikan sebagai akibat merebahnya pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aplikasi penerapan model Project Based Learning mata kuliah kimia bahan makanan di Jurusan Kimia, UIN Walisongo Semarang. Hal ini sejalan dengan visi dan misi Univesitas untuk mencetak generasi kimia unggul dan berprestasi. Dalam perkuliahan ini diajarkan berbagai konsep dan materi yang berkaitan dengan bidang pangan dalam cakupan ilmu kimia. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi data informasi tentang keadaan mahasiswa dilihat dari aspek kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil prestasi belajar mahasiswa. Melalui metode pembelajaran ini mahasiswa mampu lebih kreatif dan berinovasi dalam menelaah setiap materi pembelajaran yang diberikan. Disamping itu pembelajaran berbasis proyek ini dapat memfasilitasi peserta didik untuk mempelajari konsep secara mendalam dan dapat meningkatkan hasil belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 9