cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Published by Universitas Brawijaya
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya merupakan jurnal keilmuan dibidang komputer yang memuat tulisan ilmiah hasil dari penelitian mahasiswa-mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal ini diharapkan dapat mengembangkan penelitian dan memberikan kontribusi yang berarti untuk meningkatkan sumber daya penelitian dalam Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1 (2024): Januari 2024" : 12 Documents clear
Pengembangan Sistem Informasi Repositori Internal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Safin Pati Wicaksono, Anang Tri; Brata, Adam Hendra; Fanani, Lutfi
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 8 No 1 (2024): Januari 2024
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem repositori internal merupakan sistem pengarsipan dan pengelolaan data perguruan tinggi. Data yang diarsipkan oleh sistem berguna untuk meningkatkan kualitas guru khususnya instruktur. Parameter yang diterapkan yaitu berupa tiga dharma besar perguruan tinggi: pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Universitas Safin Pati merupakan universitas yang baru berdiri dengan berbagai fakultas antara lain Fakultas Keguruan dan Fakultas Ilmu Pendidikan, dengan jurusan yang diutamakan adalah Pendidikan Jasmani. Agar dapat bersaing dengan perguruan tinggi lain, upaya dari dalam harus terus dilakukan agar dapat meningkatkan mutu. Saat ini proses pengarsipan dan pengelolaan data dilakukan secara manual, misalnya dengan memperbarui lembar tugas menggunakan aplikasi Ms Word. Kemudian dikirimkan ke kepala prodi. Apabila terjadi pembaharuan, lembar tugas yang sama dan telah diperhabarui akan dikirimkan kembali. Jenis proses berulang seperti ini rentan terhadap kehilangan data dan duplikasi data. Menyebabkan kepala prodi harus bekerja dua kali untuk melakukan penyesuaian. Untuk itu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan USP berupaya untuk mengembangkan sistem repositori internal. Sistem ini berbasis web, menggunakan kerangka Laravel, dan memiliki empat tingkat akses: dosen, kaprodi, dekan, dan super admin. Pengujian unit dilakukan menggunakan teknik white box testing untuk tiga fungsi. Uji validasi dilakukan dengan metode black box testing dan diuji validasi terhadap 34 kasus uji dan hasilnya 100%. Hal ini membuktikan bahwa sistem telah memenuhi fungsionalitas yang diharapkan.
Pengembangan Sistem Informasi Point of Sale (POS) berbasis Web menggunakan Pendekatan Metode Waterfall (Studi Kasus: Restoran Altari) Juventauricula, Primula; Hanggara, Buce Trias; Pramono, Djoko
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 8 No 1 (2024): Januari 2024
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem informasi Point of Sale (POS) merupakan suatu sistem informasi yang menjadi salah satu komponen penting dalam pengelolaan suatu bisnis yang dibangun untuk melakukan pencatatan transaksi dan pengumpulan data bisnis menjadi lebih efisien dan efektif. Restoran Altari memerlukan sistem informasi POS yang dibangun agar dapat membuat operasional transaksi menjadi efektif, efisien dan akurat. Sistem informasi POS yang dibangun juga membantu pihak Restoran Altari untuk melakukan analisis penjualan menjadi lebih mudah dengan adanya rekapan laporan yang telah dikemas sesuai kebutuhan. Sistem informasi ini dibangun menggunakan metode Waterfall yang meliputi beberapa tahap yaitu identifikasi masalah, perancangan aplikasi, implementasi dan pengujian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam tahap identifikasi masalah adalah metode observasi dan wawancara untuk menganalisa kebutuhan dari sistem informasi POS yang akan dibangun. Perancangan sistem informasi POS menggunakan Unified Modelling Languange (UML) untuk menunjukkan representasi dari proses aktivitas yang terjadi pada sistem informasi POS. Perancangan yang dilakukan meliputi pembuatan use case diagram, activity diagram, class diagram, perancangan interface, dan perancangan database. Tahap implementasi yang dilakukan ialah melakukan penulisan kode menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Laravel. Pengujian sistem informasi dilakukan menggunakan metode Black-Box Testing dan Usability Testing dengan tujuan memastikan bahwa sistem yang telah dibuat sudah memiliki kualitas yang baik dan telah memenuhi kebutuhan.
Perancangan User Experience Sistem Pengolahan Data Koperasi Simpan Pinjam pada Perusahaan TKBM Surabaya menggunakan Metode User-Centered Design Salam, Mahrus Shafa; Kharisma, Agi Putra; Ananta, Mahardeka Tri
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 8 No 1 (2024): Januari 2024
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada saat ini koperasi simpan pinjam menyediakan pelayanan simpan pinjam yang bertujuan untuk dapat mensejahterakan anggotanya. Tetapi beberapa anggota pada perusahaan tersebut mendapatkan sebuah permasalahan yang dimana penghambat proses simpan pinjam yang ada pada koperasi perusahaan ini. Hal ini dapat membuat beberapa anggota perusahaan tidak puas pada pelayanan koperasi simpan pinjam. Perancangan user experience ini dibuat agar dapat mengembangkan sebuah aplikasi yang diperoleh melalui hasil penilaian user experience pada tingkat keberhasilan serta kepuasan dari calon pengguna. User Centered Design (UCD) merupakan sebuah metode yang dirancang untuk menganalis kelompok pengguna yang lebih spesifik dan lebih mendalam. Hasil evaluasi perancangan menggunakan usability testing mendapatkan nilai sebesar 91,67% efektivitas, 84,32% efisiensi untuk dekstop dan 99,16% efektivitas, 98,59% efisiensi untuk mobile. Hasil evaluasi perancangan menggunakan System Usability Scale (SUS) mendapatkan nilai 83,3 dimana mendapatkan presentase 100% ketegori acceptable (dapat diterima) pada perancangan desktop dan mendapatkan nilai 87,83 dimana mendapatkan presentase 100% kategori acceptable (dapat diterima) pada perancangan mobile. Hasil evaluasi perancangan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) mendapatkan nilai dengan kategori excellent pada attractiveness, perspicuity, effeciency, dependability, stimulation, dan mendapatkan nilai dengan kategori good pada novelty pada sebuah perancangan desktop serta mendapatkan nilai excellent pada attractiveness, perspicuity, effeciency, dependability, stimulation, dan novelty pada sebuah perancangan mobile. Dapat disimpulkan bahwa perancangan user experience ini mendapatkan nilai yang memuaskan bagi calon pengguna aplikasi koperasi simpan pinjam.
Pengembangan Sistem Pengelolaan Barang Toko Kelontong berbasis Website (Studi Kasus: Toko Kelontong Alisa) Dwihar, Muhammad Naufal Habibie; Santoso, Nurudin; Santoso, Edy
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 8 No 1 (2024): Januari 2024
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam menjalankan operasional Toko Kelontong Alisa, masih terdapat berbagai kendala saat menggunakan metode konvensional, seperti pencatatan restock barang, pencarian informasi supplier, dan pencatatan transaksi yang kurang sistematis. Guna mengatasi masalah tersebut penelitian ini mengembangkan sistem pengelolaan barang toko kelontong Alisa berbasis website. Langkah penelitian yang akan dilakukan meliputi tahap wawancara, studi literatur, analisa kebutuhan, perancangan dan implementasi, pengujian perangkat lunak, kesimpulan dan saran. Ada lima tahap dalam proses perancangan, yaitu Perancangan Sequence Diagram, Class Diagram, Komponen, Basis Data, dan Antarmuka. Pemodelan class diagram menggunakan pendekatan object oriented dengan konsep MVC pada CodeIgniter. Perancangan bentuk basis data dilakukan dengan menggunakan ERD (Entity Relationship Diagram). Bahasa pemrograman yang digunakan pada penelitian ini adalah PHP beserta javascript, HTML dan CSS dengan penggunaan CodeIgniter sebagai web framework dalam proses pengembangan sistem. Sedangkan untuk database, digunakan MySQL dengan susunan basis data yang telah dirancang pada tahap perancangan. Untuk kebutuhan fungsional dilakukan pengujian unit dan pengujian validasi. Sedangkan untuk kebutuhan non-fungsional dilakukan compability testing. Terdapat 43 kasus uji yang digunakan untuk pengujian validasi yang berasal dari 43 kebutuhan fungsional. Hasilnya menunjukkan bahwa 100% dari 43 kasus uji tersebut “100% valid”.
Analisis Kualitas Website XYZ.com menggunakan Model ISO/IEC 25010 Product Quality Kevin Abdillah, Mohammad; Suprapto, Suprapto; Reza Perdanakusuma, Andi
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 8 No 1 (2024): Januari 2024
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Evaluasi kualitas website menjadi hal yang sangat penting. Kualitas sebuah website tidak hanya mempengaruhi pengalaman pengguna, tetapi juga berdampak pada reputasi dan keberhasilan entitas yang bersangkutan. Oleh karena itu, penting untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas website dan bagaimana untuk meningkatkannya. XYZ.com adalah website yang menyediakan layanan pembelian tiket dari berbagai event seperti musik, kesenian, olahraga, dan sebagainya. Berdasarkan penelitian yang sudah ada yang dilakukan pada studi kasus website XYZ.com diketahui bahwa terdapat potensi masalah yang dapat dijadikan peluang penelitian untuk memberikan solusi pada permasalahan yang sudah teridentifikasi. Sebagai contoh dalam penelitian sebelumnya dijelaskan rangking dari website XYZ.com berada di bawah pesaingnya, muncul bug yang menyebabkan website terkena hack, website tidak bisa dibuka saat hari penjualan tiket, masalah pembayaran error dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk menilai performa website menggunakan standar ISO/IEC 25010 untuk menyelesaikan masalah pada studi kasus XYZ.com. Menurut Pressman dan Olsina untuk mengetahui kualitas website menggunakan ISO/IEC 25010 digunakan karakteristik functional suitability, performance efficiency, portability, security, usability, reliability, dan maintainability. Hasil menunjukkan bahwa untuk karakteristik performance efficiency memiliki rata-rata response time 0,53 detik, untuk reliability memiliki skor 100%, untuk security terdapat 1 ancaman tingkat tinggi, dan portability menunjukkan bahwa website XYZ.com dapat diakses oleh semua browser yang diujikan tanpa ada masalah. Berdasarkan hasil menunjukkan bahwa XYZ.com belum layak pada karakteristik Security karena, terdapat ancaman cross site scripting yang memiliki level ancaman 3 yang merupakan level ancaman tertinggi sehingga tidak dapat dikatakan aman. Pada karakteristik Performance Efficiency, Reliability, dan Portability website XYZ.com sudah dapat dikatakan layak atau lolos uji. Terdapat rekomendasi perbaikan untuk memperbaiki masalah Security pada website XYZ.com yaitu menggunakan CSP (Content-Security-Policy) untuk mencegah serangan Cross Site Scripting, mengaktifkan X-Frame-Options untuk mencegah serangan UI Redressing dan X-Content-Type-Options untuk mencegah serangan Content-Type-Sniffing.
Sistem Pendeteksian Node Baru Otomatis pada WSN Topologi Mesh berbasis ESP-NOW Utama, Arlingga; Budi, Agung Setia
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 8 No 1 (2024): Januari 2024
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Wireless Sensor Network merupakan teknologi untuk melakukan pengumpulan data secara otomatis. Dalam konteks WSN, topologi mesh telah digunakan untuk menghubungkan node secara langsung, memungkinkan komunikasi efisien antar perangkat. Namun, penambahan node baru dalam topologi mesh seringkali memerlukan konfigurasi manual. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini memanfaatkan modul ESP8266 yang memiliki kemampuan mikrokontrol dan WiFi terintegrasi. ESP8266 digunakan sebagai perangkat pendukung untuk mengintegrasikan konektivitas nirkabel dan komunikasi antar node dalam jaringan. Penelitian ini menggunakan protokol komunikasi ESP-NOW, yang memungkinkan deteksi otomatis kehadiran node baru dalam jaringan dengan topologi mesh. Tujuan pengujian yang dilakukan penelitian ini adalah node dapat saling berkomunikasi dan terhubung dengan node lain sesuai dengan konsep topologi mesh. Hasil dari penelitian ini adalah node dapat mendeteksi kehadiran node baru melalui pesan broadcast yang diterima, lalu mengirim pesan balasan ke node baru sehingga node dapat saling terhubung dalam jaringan. Penelitian ini juga mempertimbangkan faktor-faktor seperti jarak antara node, arsitektur jaringan, dan jumlah node dalam jaringan.
Evaluasi dan Perbaikan User Experience Website Penyewaan Alat Pesta Berkah Bersama menggunakan Metode Human-Centered Design Ardhani, Maharani Fawwaz; Kharisma, Agi Putra; Ananta, Mahardeka Tri
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 8 No 1 (2024): Januari 2024
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berkah Bersama adalah usaha yang menawarkan jasa di bidang peralatan dan perlengkapan acara. Melihat perkembangan teknologi yang semakin pesat, Berkah Bersama menyediakan website yang dapat diakses melalui https://penyewaanalatpesta.com/ sebagai wadah pemasaran dan pemesanan. Namun, penggunaan website tersebut masih belum optimal. Pemesanan masih dialihkan ke WhatsApp dan tidak ada informasi terkait jadwal yang tersedia sehingga jadwal yang ditentukan oleh pelanggan sering berselisih dengan jadwal lain. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis berencana untuk merancang dan memperbaiki user experience website Berkah Bersama menggunakan metode Human- Centered Design (HCD). Evaluasi pada desain lama dan desain perbaikan dilakukan menggunakan metode Usability Testing dan Single Ease Question (SEQ). Hasil tahapan evaluasi tersebut menghasilkan peningkatan nilai completion rate yang sebelumnya bernilai 69% menjadi 96%, peningkatan nilai time-based efficiency yang sebelumnya bernilai 0,04 goals/second menjadi 0,08 goals/second, dan peningkatan nilai rata-rata kepuasan yang sebelumnya bernilai 5,01 menjadi 6,53.
Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Website SMK Negeri 5 Malang menggunakan Pendekatan Human Centered Design (HCD) Destiara, Firda; Az-Zahra, Hanifah Muslimah; Syawli, Almira
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 8 No 1 (2024): Januari 2024
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SMK Negeri 5 Malang merupakan sekolah menengah kejuruan di Kota Malang yang berfokus pada bidang seni dan teknologi. Berdasarkan wawancara, terdapat beberapa permasalahan seperti pada antarmuka pengguna, konten informasi pada website, serta permasalahan pada menu navigasi sehingga pengguna merasa kebingungan dan tidak nyaman ketika mengakses website tersebut. Selain itu, website SMK Negeri 5 Malang belum pernah dilakukan evaluasi sehingga permasalahan tersebut belum terselesaikan. Pada penelitian ini dilakukan evaluasi usability dan perancangan ulang antarmuka pengguna website SMK Negeri 5 Malang menggunakan pendekatan Human Centered Design (HCD). Evaluasi usability melibatkan 10 responden yang terdiri dari calon siswa, siswa, dan guru SMK Negeri 5 Malang. Pada evaluasi awal, berdasarkan hasil wawancara dan observasi didapatkan 12 permasalahan usability. Hasil evaluasi usability yang didapatkan terdapat peningkatan pada aspek efektivitas, pada responden siswa dan guru dari 77,5% menjadi 98,2% dan pada responden calon siswa dapat mempertahankan hasil yaitu 100% pada pengujian awal dan akhir. Aspek efisiensi juga mengalami peningkatan pada nilai efisiensi relatif keseluruhan dari 85,3% meningkat menjadi 92,04%. Selain itu aspek kepuasan pengguna juga mengalami peningkatan berdasarkan skor rata-rata kuesioner SUS dari 57 meningkat menjadi 82.
Sinkronisasi Waktu pada WSN Topologi Bintang berbasis ESP-Now menggunakan LTS Taufiqurrachman, Taufiqurrachman; Budi, Agung Setia
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 8 No 1 (2024): Januari 2024
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ESP-Now merupakan protocol komunikasi berbasis Wi-Fi rendah daya yang biasanya digunakan dalam WSN yang mana membuat transmisi data cepat antara node slave dan master. Akan tetapi, Hasil sinkronisasi waktu yang akan dikirim memiliki delay. Dengan adanya ESP-Now Time Synchronization, jaringan mencapai akurasi dan efisiensi yang lebih tinggi dalam pengumpulan dan transmisi data. Penelitian ini bertujuan untuk memastikan bahwa waktu yang akan dikirim tidak menerima delay. Dalam hal ini, ESP-Now LTS sebagai komponen utama yang memungkinkan master device untuk mengirimkan hasil sinkronisasi ke slave device. Hasil pengujian menunjukkan keberhasilan Time Synchronization LTS. Master device, dan Slave device yang digunakan di dalam penelitian ini berhasil terhubung satu sama lain tanpa kegagalan. Tingkat akurasi waktu yang telah disinkronisasikan setelah dikirim adalah 100%.
Perancangan dan Implementasi Sistem Pemantauan Kotak Benih terhadap Ruangan menggunakan Protokol ESP-NOW Anjasmoro, Reza; Ichsan, Mochammad Hannats Hanafi; Syauqy, Dahnial
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 8 No 1 (2024): Januari 2024
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penurunan mutu benih akibat faktor internal maupun eksternal, seringkali menyebabkan ketidaksesuaian dengan dokumen benih yang menyertainya. Pada proses sertifikasi benih, proses dilakukan mulai dari tingkat lapang, kemudian pengujian laboratorium, hingga memperoleh sertifikat benih dan mendapatkan label benih sesuai dengan kelas benihnya. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membuat alat pemantauan kotak benih terhadap ruangan. Fitur yang digunakan dalam pemantuan kotak benih terhadap ruangan adalah ESP­NOW dan ThingSpeak. ESP­NOW digunakan sebagai protokol pengiriman data antar mikrokontroler yang diterapkan pada kotak benih dan ruangan. Pada sistem ini, ThingSpeak digunakan sebagai media pemantuan yang menampilkan informasi atau status keberaadan kotak benih terhadap ruangan. Dalam penelitian ini dibuat sebuah purwarupa yang terdapat lima buah alat, dua buah alat sebagai purwarupa kotak benih, kemudian tiga buah alat sebagai ruangan. Pengujian yang dilakukan yaitu berdasarkan waktu dan jarak antar client dan server dengan menggunakan protokol ESP­NOW sebagai pengiriman data antar mikrokontroler. Pada penggunaan protokol ESP­NOW untuk koneksi antara Client dan Server didapatkan dengan jarak 50 meter, jika melebihi jarak tersebut mikrokontroler tidak akan terkoneksi. Pada pengukuran waktu komputasi pada jarak dilakukan dengan jarak 5 meter, 10 meter, 20 meter, 30 meter, dan 40 meter. Pada jarak 5 meter didapatkan delay rata­rata sebesar 105.6 ms, pada jarak 10 meter didapatkan delay rata­rata sebesar 106.4 ms, pada jarak 20 meter didapatkan delay rata­rata sebesar 116 ms, pada jarak 30 meter didapatkan delay rata­rata sebesar 111.5 ms, sedangkan pada jarak 40 meter didapatakan delay rata­rata sebesar 109.8 ms. Menurut standar delay TIPHON pengujian waktu komputasi tergolong ”Sangat Baik” karena mendapatkan nilai rata­rata dibawah 150 ms. Penerapan pada protokol ESP­NOW digunakan sebagai sistem komunikasi data antara client dengan server yang didefinisikan sebagai kotak benih dan ruangan.

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 13 (2025): Publikasi Khusus Tahun 2025 Vol 9 No 11 (2025): November 2025 Vol 9 No 10 (2025): Oktober 2025 Vol 9 No 9 (2025): September 2025 Vol 9 No 8 (2025): Agustus 2025 Vol 9 No 7 (2025): Juli 2025 Vol 9 No 6 (2025): Juni 2025 Vol 9 No 5 (2025): Mei 2025 Vol 9 No 4 (2025): April 2025 Vol 9 No 3 (2025): Maret 2025 Vol 9 No 2 (2025): Februari 2025 Vol 9 No 1 (2025): Januari 2025 Vol 8 No 13 (2024): Publikasi Khusus Tahun 2024 Vol 8 No 10 (2024): Oktober 2024 Vol 8 No 9 (2024): September 2024 Vol 8 No 8 (2024): Agustus 2024 Vol 8 No 7 (2024): Juli 2024 Vol 8 No 6 (2024): Juni 2024 Vol 8 No 5 (2024): Mei 2024 Vol 8 No 4 (2024): April 2024 Vol 8 No 3 (2024): Maret 2024 Vol 8 No 2 (2024): Februari 2024 Vol 8 No 1 (2024): Januari 2024 Vol 7 No 13 (2023): Publikasi Khusus Tahun 2023 Vol 7 No 9 (2023): September 2023 Vol 7 No 8 (2023): Agustus 2023 Vol 7 No 7 (2023): Juli 2023 Vol 7 No 6 (2023): Juni 2023 Vol 7 No 5 (2023): Mei 2023 Vol 7 No 4 (2023): April 2023 Vol 7 No 3 (2023): Maret 2023 Vol 7 No 2 (2023): Februari 2023 Vol 7 No 1 (2023): Januari 2023 Vol 7 No 14 (2023): Antrian Publikasi Vol 6 No 13 (2022): Publikasi Khusus Tahun 2022 Vol 6 No 12 (2022): Desember 2022 Vol 6 No 11 (2022): November 2022 Vol 6 No 10 (2022): Oktober 2022 Vol 6 No 9 (2022): September 2022 Vol 6 No 8 (2022): Agustus 2022 Vol 6 No 7 (2022): Juli 2022 Vol 6 No 6 (2022): Juni 2022 Vol 6 No 5 (2022): Mei 2022 Vol 6 No 4 (2022): April 2022 Vol 6 No 3 (2022): Mei 2022 Vol 6 No 2 (2022): Februari 2022 Vol 6 No 1 (2022): Januari 2022 Vol 5 No 13 (2021): Publikasi Khusus Tahun 2021 Vol 5 No 12 (2021): Desember 2021 Vol 5 No 11 (2021): November 2021 Vol 5 No 10 (2021): Oktober 2021 Vol 5 No 9 (2021): September 2021 Vol 5 No 8 (2021): Agustus 2021 Vol 5 No 7 (2021): Juli 2021 Vol 5 No 6 (2021): Juni 2021 Vol 5 No 5 (2021): Mei 2021 Vol 5 No 4 (2021): April 2021 Vol 5 No 3 (2021): Maret 2021 Vol 5 No 2 (2021): Februari 2021 Vol 5 No 1 (2021): Januari 2021 Vol 5 No 13 (2021) Vol 4 No 13 (2020): Publikasi Khusus Tahun 2020 Vol 4 No 12 (2020): Desember 2020 Vol 4 No 11 (2020): November 2020 Vol 4 No 10 (2020): Oktober 2020 Vol 4 No 9 (2020): September 2020 Vol 4 No 8 (2020): Agustus 2020 Vol 4 No 7 (2020): Juli 2020 Vol 4 No 6 (2020): Juni 2020 Vol 4 No 5 (2020): Mei 2020 Vol 4 No 4 (2020): April 2020 Vol 4 No 3 (2020): Maret 2020 Vol 4 No 2 (2020): Februari 2020 Vol 4 No 1 (2020): Januari 2020 Vol 3 No 12 (2019): Desember 2019 Vol 3 No 11 (2019): November 2019 Vol 3 No 10 (2019): Oktober 2019 Vol 3 No 9 (2019): September 2019 Vol 3 No 8 (2019): Agustus 2019 Vol 3 No 7 (2019): Juli 2019 Vol 3 No 6 (2019): Juni 2019 Vol 3 No 5 (2019): Mei 2019 Vol 3 No 4 (2019): April 2019 Vol 3 No 3 (2019): Maret 2019 Vol 3 No 2 (2019): Februari 2019 Vol 3 No 1 (2019): Januari 2019 Vol 2 No 12 (2018): Desember 2018 Vol 2 No 11 (2018): November 2018 Vol 2 No 10 (2018): Oktober 2018 Vol 2 No 9 (2018): September 2018 Vol 2 No 8 (2018): Agustus 2018 Vol 2 No 7 (2018): Juli 2018 Vol 2 No 6 (2018): Juni 2018 Vol 2 No 5 (2018): Mei 2018 Vol 2 No 4 (2018): April 2018 Vol 2 No 3 (2018): Maret 2018 Vol 2 No 2 (2018): Februari 2018 Vol 2 No 1 (2018): Januari 2018 Vol 2 No 8 (2018) Vol 2 No 6 (2018) Vol 1 No 12 (2017): Desember 2017 Vol 1 No 11 (2017): November 2017 Vol 1 No 10 (2017): Oktober 2017 Vol 1 No 9 (2017): September 2017 Vol 1 No 8 (2017): Agustus 2017 Vol 1 No 7 (2017): Juli 2017 Vol 1 No 6 (2017): Juni 2017 Vol 1 No 5 (2017): Mei 2017 Vol 1 No 4 (2017): April 2017 Vol 1 No 3 (2017): Maret 2017 Vol 1 No 2 (2017): Februari 2017 Vol 1 No 1 (2017): Januari 2017 More Issue