cover
Contact Name
Darnoto
Contact Email
darnoto@unisnu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
tarbawi@unisnu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. jepara,
Jawa tengah
INDONESIA
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 20883102     EISSN : 2548415X     DOI : -
Core Subject : Education,
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam p-ISSN: 2088-3102; e-ISSN: 2548-415X is an journal published by the Faculty of Tarbiyah and Education Science Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. The journal focuses its scope on the issues of Islamic education. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals in the field of Islamic education to publish their researches in our Journal.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 20, No 2 (2023)" : 10 Documents clear
Pendidikan Karakter Perspektif Ibn Miskawaih Alfina Damatussolah, Dhea
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 20, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v20i2.2244

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang pendidikan karakter menurut Ibn Miskawaih. Terdapat berbagai macam pengertian pendidikan karakter menurut berbagai ahli. Ibn Miskawaih memberikan pengertian sendiri dari pendidikan karakter. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kepustakaan atau literatur. Subyek dalam penelitian ini adalah Ibn Miskawaih. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kajian pustaka literasi. Penelitian ini dilakukan dalam jangka waktu satu minggu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menurut Ibn Miskawaih pendidikan karakter menjadi landasan utama dalam berperilaku manusia dengan nilai-nilai kemanusiaan. Nilai-nilai kemanusiaan yang hanief (suci) sebagaimana sifat bijaksana, berani, adil dan sebagainya
GUS DUR, PENDIDIKAN ISLAM DAN LINGKUNGAN: IMPLEMENTASI NILAI-NILAI EKOLOGIS DALAM PENDIDIKAN Syifa'udin, Ma'ruf; Mazaya, Nur Widad; Santoso, Nika Luky
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 20, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v20i2.5192

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk menganalisis Pendidikan islam dan lingkungan: Implementasi nilai-nilai ekologis dalam pendidikan menurut Gus Dur. Penelitian ini akan mengacu pada metode penelitian kepustakaan (Library Research) yang melibatkan pengumpulan data dari berbagai sumber literatur. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa agama dan pendidikan memiliki peran penting dalam menginspirasi keyakinan dan pemahaman seseorang terhadap ekologi. Melalui pendidikan, individu dapat mengubah pandangan mereka, meningkatkan pemahaman ekologi, dan mengadopsi gaya hidup yang ramah lingkungan. Melalui pendekatan pendidikan ini, proses internalisasi dan transfer nilai dapat dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan, sehingga tujuan yang ditetapkan dapat tercapai dengan efektif.
STRETEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI DEKADENSI MORAL SISWA DI SMAN 1 DEMPET Safitri, Dewi; Partono, Partono
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 20, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v20i2.4729

Abstract

This study aims to determine: 1) Forms and factors that cause student moral decadence at SMAN 1 Dempet. 2) PAI teacher's strategy in overcoming the moral decadence of students at SMAN 1 Dempet. 3) Supporting and inhibiting factors for PAI teachers in overcoming moral decadence at SMAN 1 Dempet. This research includes field research using a qualitative approach. The data collection techniques were obtained from nonparticipant observation, interviews, and documentation. While the analysis of this research data includes data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study indicate that 1) The forms of student moral decadence that occur at SMAN 1 Dempet are truancy, cheating, dating, coming late to school, not attending midday prayers in congregation, cell phone abuse, smoking, drinking and playing playing cards accompanied by gambling. While the factors that cause student moral decadence are caused by several factors, including factors from themselves, family factors, school environment factors, community factors and technological factors. 2) The PAI teacher's strategy in overcoming student moral decadence is carried out by working with school stakeholders, giving advice, home visits, imposing sanctions and taking preventive measures. 3) Supporting factors for PAI teachers in overcoming student moral decadence, namely the existence of adequate facilities and infrastructure, then extracurriculars related to religion and good cooperation between fellow teachers. While the inhibiting factors are the lack of supervision and guidance from parents, the factor during the pandemic and the lack of understanding of Islam in students.
DINAMIKA BUDAYA DALAM KONTEKS ADU DOMBA PESPEKTIF SOSIOLOGI PENDIDIKAN ISLAM Kamil, Kamil
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 20, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v20i2.6043

Abstract

Penelitian ini menjelajahi dinamika budaya dalam konteks adu hewan domba dari perspektif sosiologi pendidikan Islam. Fokusnya adalah pada eksplorasi nilai-nilai, moralitas, dan dampak pendidikan dari aktivitas budaya ini. Adu hewan domba, sebagai bagian dari warisan budaya, mencerminkan identitas, sejarah, dan nilai-nilai yang diperjuangkan dalam masyarakat. Dalam konteks pendidikan Islam, pemahaman terhadap adu hewan domba menjadi titik awal untuk mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dengan praktik budaya lokal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berbasis literatur untuk menganalisis interaksi adu hewan domba dengan struktur sosial, nilai-nilai keislaman, dan proses pendidikan dalam masyarakat. Hasilnya mengidentifikasi kompleksitas adu hewan domba sebagai fenomena budaya yang tidak hanya mencakup pertarungan fisik, tetapi juga melibatkan nilai-nilai sosial, etika, dan dampaknya terhadap perubahan budaya dalam masyarakat. Pendekatan sosiologi pendidikan Islam dalam konteks adu domba memungkinkan penggalian nilai-nilai budaya lokal, integrasi nilai-nilai agama dalam praktik budaya, serta pemahaman terhadap dampak sosial dan pendidikan dari fenomena budaya ini.
STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PENERAPAN KEBIJAKAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DI MADRASAH Amarullah, Risal Qori; Fadillah, Raden Muhamad Yasin; Qomaruzzaman, Bambang
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 20, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v20i2.6125

Abstract

Penelitian ini membahas peran penting Pendidikan Islam dala membentuk karakter, kepribadian, dan pengetahuan dalam masyarakat, dengan fokus pada implementasi kebijakan 8 Standar Nasional Pendidikan di madrasah. Penerapan kebijakan ini dihadapkan pada sejumlah tantangan, seperti keterbatasan sumber daya, kesesuaian kurikulum dengan nilai-nilai keagamaan, pengembangan tenaga pendidik, evaluasi mutu pendidikan yang kompleks, dan adaptasi kebijakan nasional dengan kebutuhan lokal madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi solusi konkret untuk meningkatkan mutu pendidikan Islam di madrasah dengan mengatasi tantangan tersebut. Dalam pemahaman terhadap kendala dan peluang dalam penerapan SNP di madrasah, penelitian ini menyoroti strategi yang bisa diterapkan. Strategi tersebut termasuk kolaborasi dan kemitraan, pengembangan sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi, penggalangan dukungan masyarakat, dan pengelolaan sumber daya dengan efisien. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan library research. Data diperoleh dari sumber-sumber seperti buku, jurnal, dan artikel, kemudian dianalisis menggunakan analisis isi. Penerapan SNP di madrasah membutuhkan upaya kolaboratif dari berbagai pihak, dengan integrasi nilai-nilai keagamaan menjadi kunci dalam memastikan keberhasilan implementasi. Temuan penelitian ini memberikan pemahaman tentang bagaimana madrasah dapat mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang untuk meningkatkan mutu pendidikan Islam melalui kebijakan nasional.
Model pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di sekolah menengah kejuruan Fathurrahman, Fathurrahman
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 20, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v20i2.5687

Abstract

Model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)  di SMK Hisba Buana Semarang merupakan model pembelajaran yang berdasarkan pada pemahaman karakteristik dan komponen pendekatan kontekstual yang diharapkan dapat mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan ketrampilan baru ketika siswa belajar di kelas. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan, tentang konsep, pelaksanaan, faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat, dan bagaimana cara-cara yang ditempuh dalam pelaksanaan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PAI di SMK Hisba Buana Semarang. Jenis penelitian lapangan ini bersifat kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi; data yang telah didapat kemudian dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep model pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar dimana guru menghadirkan situasi dunia nyata ke dalam kelas. 2) Pelaksanaan model pembelajaran kontekstual dilakukan dengan beberapa komponen CTL, yaitu: kontruktivisme, inquiry, dan questioning. 3) Faktor-faktor yang menjadi pendukung dalam model pembelajaran kontekstual meliputi pengelolaan kelas yang baik, materi pelajaran berpeluang bagi siswa untuk menganalisisnya lebih jauh; sedang faktor yang menjadi penghambat yaitu: kekurangsiapan guru, terbatasnya sarana dan prasarana sekolah. 4) Cara yang ditempuh untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PAI di SMK Hisba Buana Semarang adalah guru lebih mendalami pentingnya penggunaan model pembelajaran ini.
KEUTAMAAN KALIMAH LAA ILAHA ILLA ALLAH KITAB TANQIHUL QOUL KARYA SYAIKH NAWAWI AL-BANTANI PERSPEKTIF STUDI AGAMA ISLAM ZHOAFIR, MUHAMMAD; MARZUKI, ISMAIL; ZHAFRAN, LA ODE
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 20, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v20i2.5043

Abstract

Ulama ushul Fiqih mendefenisikan bahwa hadist adalah segala sesuatu yang telah disandarkan kepada nabi berupa perkataan, perbuatan, ataupun sikap diam (taqrirnya). Diantara kitab syekh Nawawi al-Bantani adalah Kitab Tanqihul Qoul al-Hatsits bi Syarhi Lubab al-Hadist. Ini merupakan kitab yang ditulisnya melalui syarh kitab Jalaluddin al-Suyuti yaitu kitab Lubab Al-Hadist. Beliau mengkaji lagi kitab tersebut karena dalam kitab Lubab Al-Hadits tersebut banyak ditemukan pengurangan atau penyimpangan (tahrif). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunkan teknik baca-tulis. Teknis Analisa data penelitian berupa reduksi data, display data, serta conclusion. Penelitian kali ini berfungsi sebagai penguat dan mempertegas penelitian terdahulu dengan mengambil tujuan penelitian berupa: pembahasan mengenai Fadhilah laa Ilaha Illallah pada Kitab Tanqihul Qoul karya syekh Nawawi al-Bantani perspektif studi agama islam. Dalam lima hadits pada bab keutamaan kalimat laa ilaha illaalah terdapat keutamaan-keutamaan diantaranya adalah kaliamat laa ilaha illahallah sebagai benteng dari siksa Allah, serta wajah kita bersinar seperti bulan di akhirat nanti.
Dinamika sistem pendidikan seni ukir Jepara Al Mufti, Alex Yusron; Rohman, Fathur; Munir, Ahmad Ali
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 20, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v20i2.6202

Abstract

Sejak kemunculannya, seni ukir Jepara mengalami pasang surut. Selain karena faktor ekonomi, hal ini juga dipengaruhi oleh minat generasi muda terhadap seni ukir. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dinamika proses pewarisan seni ukir Jepara melalui pendidikan. Ada dua hal yang menjadi fokus kajian tulisan ini, yaitu sejarah dan perkembangan ukir Jepara dan dinamika pendidikan seni ukir Jepara. Hasil kajian menunjukkan bahwa seni ukir Jepara diajarkan melalui tiga jenis pendidikan, yaitu formal melalui sekolah kejuruan dan non kejuruan, non formal melalui brak dan sanggar, dan informal melalui pendidikan keluarga. Ketiga jenis pendidikan tersebut pada kenyataannya juga mengalami pasang surut. Namun, hingga saat ini yang masih eksis bertahan hanyalah pendidikan ukir dengan pola pendidikan informal dan non formal. Adapun pendidikan formal melalui sekolah kejuruan harus gulung tikar karena berbenturan dengan regulasi. Sementara pendidikan formal melalui sekolah non kejuruan dianggap kurang efektif karena hanya sebagai pelajaran tambahan.
PEMIKIRAN AL-GHAZALI TENTANG TUJUAN PENDIDIKAN DAN RELEVANSINYA DEWASA INI Kurniati, Artika
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 20, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v20i2.3943

Abstract

Tujuan pendidikan merupakan komponen penting dalam dunia pendidikan yang harus dicapai dalam pembelajaran agar dapat mengembangkan kompetensi dan keterampilan yang dimiliki. Tujuan ini juga harus ditetapkan agar hasil dari pendidikan dapat tercapai secara maksimal. Hal ini juga menjadi pembahasan para ulama tidak terkecuali oleh Al-Ghazali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan pendidikan menurut Al-Ghazali dan relevansi dari pendidikan nya pada dewasa ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode data kualitatif dengan pendekatan metode studi tokoh agar dapat mengupas pemikiran dari tokoh Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan pendidikan menurut Al-Ghazali dipengaruhi oleh ilmu tasawuf yang dikuasanya. Ilmu tasawuf merupakan ilmu yang memandang bahwa kehidupan dunia bukanlah kehidupan yang harus didewakan dan dibanggakan karena kehidupan dunia tidak bersifat abadi dan hanyalah kehidupan sementara untuk insan Allah Swt. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bagaimana pembentukan insan yang bisa menyeimbangkan kehidupan dari dua sisi yaitu : kehidupan dunia dan kehidupan akhirat. Oleh karena itu, tujuan dari pendidikan Al-Ghazali perlu diterapkan pengaplikasiannya pada pendidikan dewasa ini.Kata kunci : Tujuan pendidikan, Al-ghazali, Relevansinya dewasa ini
LITERASI DIGITAL GURU PAI DI SMAN 3 SIAK HULU kristi, elizabeth; Risnawati, Risnawati; Kurniawati, Yenni
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 20, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v20i2.2960

Abstract

ABSTRAK.Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru PAI terhadap literasi digital pada pembelajaran PAI di SMAN 3 Siak Hulu. Kajian ini dilakukan dengan pendekatan. penelitian kualitatif. yang dilakukan dengan jalan langsung.turun ke lapangan untuk. memahami sejumlah individu pada kemampuan menggunaankan literasi digital. Guru PAI pada era ini tidak lagi menjadi guru yang sekedar memberikan ceramah kepada siswa, namun guru PAI juga dituntut kreatif dan inovatif dalam menggunakan literasi digital pada proses pembelajaran. Guru PAI di SMAN 3 Siak hulu ini sudah mengerti akan penggunaan dan pentingnya digital literasi pada proses pembelajaran PAI dilandasi dari pelatihan pengunaan disaat pandemi dan siswa generasi sekarang sudah mengerti penggunaan teknologi. Guru PAI SMAN 3 Siak Hulu dihadapkan dengan tantangan dalam penggunaan digital literasi ini. Dengan adanya kemampuan digital literasi pada guru PAI SMAN 3 Siak hulu, diharapkan proses belajar mengajar akan lebih inovatif juga kreatif dan siswa akan dapat lebih memahami materi yang diajarkan serta dapat menerapkan di kehidupan mereka sehari-hari. Kata Kunci: Kompetensi, Literasi Digital, Teknologi  ABSTRACT.This paper aims to determine the competence of PAI teachers towards digital literacy in PAI learning at SMAN 3 Siak Hulu. This study was conducted with a qualitative research approach which was carried out by going directly to the field to understand a number of individuals on the ability to use digital literacy. PAI teachers in this era are no longer teachers who just give lectures to students, but PAI teachers are also required to be creative and innovative in using digital literacy in the learning process. The PAI teacher at SMAN 3 Siak upstream already understands the use and importance of digital literacy in the PAI learning process based on training in use during a pandemic and the current generation of students understand the use of technology. PAI teachers at SMAN 3 Siak Hulu are faced with challenges in using digital literacy. With the digital literacy capabilities of PAI teachers at SMAN 3 Siak upstream, it is hoped that the teaching and learning process will be more innovative and creative and students can better understand the material being taught and can apply it in their daily lives. Keyword: Competence, Digital Literacy, Technology

Page 1 of 1 | Total Record : 10