Triadik
TRIADIK is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by FKIP University of Bengkulu. It is providing a platform for the researchers, academicians, professionals, practitioners, and students to impart and share knowledge in the form of high quality empirical and theoretical research papers, case studies, literature reviews, and book reviews on education.
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 22 No. 1: April 2023"
:
10 Documents
clear
Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menerapkan Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas XI Tata Busana SMK Negeri 5 Kota Bengkulu
Latif, Muhammad Fahmi;
Susanta, Agus
TRIADIK Vol. 22 No. 1: April 2023
Publisher : UNIB Press
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33369/triadik.v22i1.30125
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika serta aktivitas siswa kelas XI Tata Busana SMKN 5 Kota Bengkulu pada materi Matriks tahun pelajaran 2022/2023, melalui penerapan Model Pembelajaran PBL. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Tata Busana SMKN 5 Kota Bengkulu berjumlah 16 orang. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbaikan proses pembelajaran dan peningkatan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus II meningkat dibandingkan skor siklus I. Ketuntasan hasil belajar dari 16 siswa yang mampu mencapai nilai KKM ada 15 orang dan jika dipersentasekan adalah 93,75% dengan nilai rata-rata 83,93. Skor aktivitas belajar siswa meningkat dari Siklus I ke Siklus II masing-masing sebesar 11,25 dan 14,75 dengan kriteria cukup aktif dan aktif. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat hasil belajar matematika dan keaktifan siswa kelas XI Tata Busana SMKN 5 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023 khususnya pada materi matriks.
Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Sari, Rezki Ainun;
Rahimah, Dewi;
Rahmah, Hidayati
TRIADIK Vol. 22 No. 1: April 2023
Publisher : UNIB Press
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33369/triadik.v22i1.33517
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP dengan penerapan model pembelajaran project based learning . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII.F SMPN 5 kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 33 orang. Instrumen dalam penelitian adalah tes hasil belajar dan lembar pengamatan (observasi). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu 1) Perencanaan, 2) Pelaksanan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase katuntasan hasil belajar peserta didik di tiap siklus mengalami peningkatan yaitu pra siklus sebesar 33,3%, siklus I sebesar 45,5%, siklus II sebesar 66,7%, dan siklus III sebesar 81,8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 7 SMP.
Penggunaan Mozaik dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak di TK Pertiwi 1 Kota Bengkulu
Sari, Liza Permata;
Puspitasari, Eka;
Suryadi, Didik
TRIADIK Vol. 22 No. 1: April 2023
Publisher : UNIB Press
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33369/triadik.v22i1.33539
Abstrak Perkembangan motorik halus menjadi salah satu aspek penting yang perlu dikembangkan pada anak usia dini karena perkembangan motorik halus sangat dibutuhkan oleh anak agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Ada 4 alasan pentingnya pengembangan motorik halus pada anak yaitu sosial, akademis, pekerjaan dan psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motoric halus anak usia dini melalui mozaik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang dilakukan di TK Pertiwi 1 Kota Bengkulu. Populasi penelitian ini adalah 15 anak dengan sampel penelitian yaitu anak kelas B1. Instrumen pengumpulan data pada yang digunakan oleh peneliti adalah lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah kegiatan mozaik diberikan terjadi peningkatan pada kemampuan motorik halus anak Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi setiap pertemuan yang menunjukkan adanya peningkatan pada sertiap siklus dalam pengembangan motorik halus melalui mozaik. Pada siklus I pertemuan 1 didapatkan hasil 20% Pertemuan 2 siklus I memperoleh hasil 33% dan pada pertemuan 3 mendapatkan hasil 40%. Pada siklus II pertemuan 1 diperoleh hasil 60%. Siklus II pertemuan 1 didapatkan hasil 73% dan pertemuan 3 mendapatkan hasil 87%. Berdasarkan data diaras dapat disimpulkan bahwa melalui mozaik dapat meningkatkan motorik halus anak.
Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X MIPA E SMA Negeri 2 Kota Bengkulu
Ferdianti, Dini;
Asiah, Nur;
Arono, Arono
TRIADIK Vol. 22 No. 1: April 2023
Publisher : UNIB Press
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33369/triadik.v22i1.33547
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar bahasa Indonesia siswa dengan menerapkan metode pembelajaran demonstrasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA E SMA Negeri 2 Kota Bengkulu dengan jumlah 36 orang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dari empat tahap, yaitu (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara dengan lembar observasi keaktifan siswa dan lembar respons siswa. Data penelitian diolah dengan teknik kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan metode kualitatif dan teknik analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penerapan metode demonstrasi yang memeprhatikan beberapa aspek pendukung (1) pemilihan bahan ajar dengan mempertimbangkan minat belajar siswa; dan (2) penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada setiap siklusnya, (1) prasiklus nilai 1,7 dalam kategori cukup aktif; (2) siklus I nilai 3,13 dalam kategori aktif; dan (3) siklus II nilai 3, 62 dalam kategori sangat aktif.
Implementasi PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik dalam Mengidentifikasi Unsur Teks Drama Kelas VIII A SMPN 11 Kota Bengkulu
Mayangsari , Indah;
Hafrisnaliza, Hafrisnaliza;
Utomo, Padi
TRIADIK Vol. 22 No. 1: April 2023
Publisher : UNIB Press
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33369/triadik.v22i1.33548
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peseerta didik dalam mengidentifikasi teks drama dengan menerapkan metode problem based learning (PBL). Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas VIII A SMPN 11 Kota Bengkulu yang berjumlah 32 peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) evaluasi, (4) refleksi. Pelaksanaan pembelajaran mengidentifikasi teks drama menggunakan model Problem Based Learning (PBL) mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 66,7 dengan persentase ketuntasan 46,8% meningkat dengan nilai rata-rata 80,1 dengan persentase 75% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa implementasi PBL dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi unsur drama di kelas VIII A SMPN 11 Kota Bengkulu.
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Virtual Lab untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI MIPA 5 SMAN 5 Kota Bengkulu
Adriansyah, Renaldi;
Amir, Hermansyah;
Karlisa, Ice Dwi
TRIADIK Vol. 22 No. 1: April 2023
Publisher : UNIB Press
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33369/triadik.v22i1.33549
Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar kimia peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 5 kota Bengkulu pada materi larutan penyangga. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan etnosains dan bantuan multimedia virtual lab. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 5 SMAN 5 Kota Bengkulu yang berjumlah 37 peserta didik yang terdiri atas 29 perempuan dan 8 laki - laki. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, penyebaran angket, dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisa kuantitatif sederhana yaitu analisis hasil belajar peserta didik, analisis angket minat belajar peserta didik, dan analisis hasil observasi aktivitas guru dan peserta didik. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa rata - rata persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 75% meningkat menjadi 89% pada siklus II. Sedangkan persentase minat belajar peserta didik pada siklus I sebesar 73% meningkat menjadi 86% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan multimedia virtual lab dapat meningkatkan hasil belajar dan minat belajar kimia peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 5 Kota Bengkulu pada materi larutan penyangga.
Implementing Mistake Buster Technique to Improve the Students` Grammar Mastery
Nurbaiti, Nurbaiti;
Maghdalena, Jeane;
Sofyan, Dedi
TRIADIK Vol. 22 No. 1: April 2023
Publisher : UNIB Press
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33369/triadik.v22i1.33550
Abstract This research aimed to investigate the effectiveness of the Mistake Buster technique in improving the students` grammar mastery at seven grade students of junior high school number 11 of Bengkulu City. Collaborative classroom action research was carried out and it had two cycles designed with four steps; Planning, implementing, observing, and reflecting on the action. The subjects of this research consisted of 32 students. The instruments were a test, observation checklist, and field note. The result showed that there was an improvement in students` grammar mastery by applying the Mistake Buster technique in the grammar teaching. It seemed that the Mistake Buster technique is quite effective to help the students` grammar mastery, to encourage students` motivation, and to build an active learning atmosphere in the EFL teaching and learning process. Moreover, the result provides teachers with more insight and reference regarding to the technique in teaching English grammar and applying it to their teaching process.
Improving Students’ Learning Outcomes in Learning English by Using Interactive Multimedia
Putri , Anisa Hersa;
Frimasary, Amelia Eka;
Yunita, Wisma
TRIADIK Vol. 22 No. 1: April 2023
Publisher : UNIB Press
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33369/triadik.v22i1.33565
Abstract Technology can change the paradigm of teacher-centered to be student-centered. One of the advantages of the technology is in utilizing multimedia. Multimedia is one type of media that can be used as the solution to improve the student motivation and participation in learning process. This classroom action research aims to improve English learning outcomes of students in SMA Negeri 2 Kota Bengkulu by using interactive multimedia. The research sample is students of class X IPS A consisting of 36 students. Samples were taken by purposive. The stages of the research consisted of Planning, Implementation, Observation and Reflection. The result showed that before being treated, there was 41.6 % students who had grades above the minimum criteria. Then, students’ learning outcomes increased to 58.3 % in the first cycle, and 83.3 % in the second cycle. It can be concluded that interactive multimedia can improve learning outcome of the students.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Roll Depan melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Peserta Didik Kelas VII G di SMP Negeri 10 Kota Bengkulu
Elvina, Elvina;
Asdiono, Asdiono;
Pujianto, Dian
TRIADIK Vol. 22 No. 1: April 2023
Publisher : UNIB Press
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33369/triadik.v22i1.33566
Abstrak Penelitian bertujuan untuk mengetahui cara penerapan model PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII G SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU. Penelitian ini berlangsung selama 3 bulan dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan hingga pembuatan laporan hasil. Adapun jenis penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu 27 siswa kelas VII G SMPN 10 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023 pada pembelajaran materi senam lantai roll depan. Data hasil penelitian diperoleh melalui tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada tahap proses pembeajaran yaitu pra siklus 52% siklus 1 mencapai 70% ketuntasan belajar . Lalu pada siklus 2 diperoleh 81% ketuntasan belajar. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar setelah dilakukan penerapan model PBLpengaruh penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil peningkatan pembelajaran senam lantai roll depan, pada pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMP Negeri 10 Kota Bengkulu.
Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS pada Siswa Kelas IV SD Negeri 52 Kota Bengkulu
Novrizal, Fajri;
Nurmali, Nurmali;
Resnani, Resnani
TRIADIK Vol. 22 No. 1: April 2023
Publisher : UNIB Press
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33369/triadik.v22i1.33567
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPAS melalui penerapan Model Problem Based Learning , siswa kelas IV SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK atau classroom action research merupakan penelitian yang bersifat aplikasi (terapan), terbatas, segera, dan hasilnya untuk memperbaiki dan menyempurnakan program pembelajaran yang sedang berjalan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 52 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2022/2023, sebanyak 26 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada prasiklus ketuntasan hasil belajar hanya mencapai 38,46% dikategorikan sangat rendah. Sedangkan pada siklus I ketuntasan hasil belajar mencapai 65,39% dikategorikan meningkat. Sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar mencapai 84,62% dikategorikan sangat bagus. Dengan demikian, penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pembelajaran IPAS kelas IV SDN 52 Kota Bengkulu.