cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Journal EVALUASI
ISSN : 25803387     EISSN : 26152886     DOI : -
Core Subject : Education,
EVALUASI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dengan (P-ISSN 2580-3387 dan E-ISSN 2615-2886) adalah jurnal ilmiah yang berkala dan diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah STAI Ma`had Aly Al-Hikam Malang. Jurnal ini dikhususkan untuk mengkaji ilmu Manajemen Pendidikan Islam. Pengelola sangat mengapresiasi atas kontribusi dalam bentuk artikel dari kalangan akademisi, dosen dan peneliti dalam disiplin ilmu manajemen pendidikan Islam untuk dipublikasikan dan disebarluaskan melalui mekanisme seleksi naskah, telaah dan penyuntingan. seluruh artikel yang dipublikasikan merupakan pandangan dan gagasan yang bersifat individu dari penulis tidak mewakili jurnal ini ataupun lembaga afiliasi penulis.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret" : 9 Documents clear
PENGEMBANGAN KEBIJAKAN DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH DALAM MENJAWAB ISU LITERASI MEMBACA 'Aabidah Ummu 'Aziizah; Suwadi Suwadi
Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/evaluasi.v5i1.605

Abstract

Pemerintahan melalui SISDIKNAS nomer 20 tahun 2003 pasal 4 ayat 5 menegaskan urgensi pembentukan masyarakat literat bagi Indonesia. Berdasarkan hal tersebut dibentuklah sistem Gerakan Literasi Sekolah (GLS) bagi tiap satuan pendidikan, salah satunya ialah madrasah. Madrasah dengan karakteristiknya berupa Pendidikan Agama Islam PAI berupaya merealisasikan ide gagasan GLS dalam ekosistem sekolah secara umum dan pembelajaran PAI secara khusus. Didukung dengan kebijakan dan kepemimpinan transformatif di madrasah, GLS dikemas melalui tahapan-tahapan khusus. Metode penelitian kali ini menggunakan penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif-analitis, analisis data kali ini melalui tahap reduksi data yakni pemilihan, pemusatan pembahasan, pengabstraksian dari keseluruhan grand data menuju pada beberapa data terpilih yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimimpinan transformatif di madrasah dalam menerapkan GLS memberikan kebijakan kurikulum integratif, dimana pengembangan mutu pendidikan digerakkan secara simultan melalui elemen guru, staf sekolah, peserta didik, materi ajar sekaligus metode pengajaran, lingkungan sekolah dan masyarakat eksternal. Dengan demikian, GLS tidak hanya berpusat pada peserta didik namun warga sekolah secara luas dengan tetap memperhatikan prinsip dan tahapan penerapan GLS sebagaimana yang ditetapkan Kemdikbud dalam buku panduan GLS.
MASKULINITAS DAN FEMINITAS KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM: KAJIAN DEFERENSIASI OTAK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PERSPEKTIF NEUROSAINS Aisyatur Rosyidah; Suyadi Suyadi
Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/evaluasi.v5i1.545

Abstract

Sikap komunikatif terhadap anggota dianggap sebagai peluang yang besar bagi perempuan dalam mengisi sector publik. Namun ternyata, kelebihan sikap tersebut tidak menjamin bahwa perempuan dapat mengimbangi presentase keterlibatannya secara signifikan menyamai laki-laki. Berdasarkan data dari Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan tahun 2019/2020 bahwa jumlah kepala sekolah perempuan di tingkat sekolah menengah Indonesia berjumlah 9.516 dan kepala sekolah laki-laki berjumlah 26.167. Selanjutnya, perempuan sudah lebih dulu tertampar paradigma bahwa memimpin berarti membawa sesuatu yang berat dan penuh risiko yang bertolak dengan sifat dasar feminim. Namun seiring berjalannya waktu, perempuan mulai menunjukkan eksistensinya dengan keluar dari ranah domestik.  Ketercapaian para pemimpin perempuan membuat gaya baru dalam memimpin yang tidak hanya mengandalkan otokratis dari maskulinitas laki-laki. Perbedaan gaya memimpin antara laki-laki dengan gaya maskulinnya dan perempuan dengan feminimnya memberikan kesan yang berbeda bagi tiap anggota. Gaya kepemimpinan yang maskulin cenderung berorientasi pada ketercapaian tugas dan gaya kepemimpinan yang feminim cenderung mengutamakan hubungan kinerja dengan anggotanya. Perbedaan dari sifat dasar maskulin pada laki-laki dan femimim pada perempuan tidak hanya disebabkan oleh konstruk budaya setempat, teapi berdasarkan struktur fisiologis otak laki-laki dan perempuan. Untuk itu, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kejelasan tentang perbedaan struktur otak manusia yang menyebabkan lahirnya tipologi dalam gaya pemimpin maskulin dan feminim untuk selanjutnya diharapkan dapat memberikan implikasi besar pada dunia pendidikan, khususnya pendidikan Islam.
MANAJEMEN SARANA PRASARANA MUTU PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 REJANG LEBONG Murniyanto Murniyanto; Siswanto Siswanto
Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/evaluasi.v5i1.616

Abstract

Good management of infrastructure is expected to create favorable conditions for teachers and students to be in school. the management of infrastructure in SMK 1 Curup is already maximal. Strengths: Facilitate the teacher in delivering learning material, facilitate students in understanding the material, facilitate in obtaining educational information, increase students 'interest in reading, develop students' talents, facilitate the implementation of practicum, develop psychomotor training participants in well-available family classes, first-class housing that is always conducive and comfortable, building maintenance one year ago can minimize maintenance costs. Weaknesses: Maintenance of media is less effective, instructions for the use of media are often not requested by students, infrastructure is poorly controlled. Authors' expectations, For the use and maintenance of educational facilities and infrastructure, all school members need to pay attention to the rules and instructions that have been listed for the smooth creation of the learning process and have a sense of responsibility, need infrastructure that can be well maintained and minimize damage.
SEJARAH PERKEMBANGAN MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM Zaedun Na'im
Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/evaluasi.v5i1.569

Abstract

The existence of Islamic education institutions in Indonesia is a reflection of the development of Islamic education, this is because through educational institutions how the implementation of Islamic education is designed and developed, but what is still a problem is from the aspect of management or management. This is due to the fact that many institutional management do not apply good management. Therefore this paper seeks to dig deeper into how the history of the management of Islamic educational institutions is, so that later it can become a foothold or reference in managing institutions in accordance with the characteristics of these institutions. In this study or discussion the writer uses qualitative research with a library research approach and this research is descriptive in nature. The author will collect data in the form of references from books, journals or other sources and the next stage is an in-depth analysis to be able to produce a final conclusion. The result of the review of this article is that the history and dynamics related to the management of Islamic education institutions in this country are very diverse and of course what is of concern is what concrete steps for educational institutions from the management aspect are still not good to become better, and in this case it is our job. together to provide input and moral support to stakeholders to continue to improve the management system of the educational institutions they manage
Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia Lembaga Pendidikan Isalm Berbasis Sustainable Development Goals Di Yayasan Pendidikan Anak Saleh Kota Malang Anwar Sa'dullah; Triyo Supriyatno
Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/evaluasi.v5i1.634

Abstract

The dynamics of the development of educational institutions in Indonesia cannot be stopped, let alone limit the rapid development of institutions. Not a few institutions have closed down due to the lack of interest in the community to send their children to school. The problem basically concerns the quality of the institution, especially human resources who play a role as the subject or manager of the institution. For quality institutions, it is certain that they will not be displaced by global developments and the demands of the community for quality education. The research method of this article is qualitative research with a descriptive analysis approach. This type of research is a case study with a multi-case design considering the choice of two research institutions even though one shelter, namely early childhood education and primary school Anak Saleh Malang City. The results showed that early childhood education has four strategies in improving the quality of human resources, including: training, professional development, career development, and performance appraisal. One of the four strategies has the theme of developing human resources through workshops on the responsibilities of employees in schools and families. Meanwhile, the Saleh Children Primary School has three strategies for developing human resources, namely: monitoring, evaluation and follow-up. Among the three strategies, one of the activity designs is the awarding of employees through employee and teacher months including the involvement of parents in follow-up programs. Keywords: Quality, Human Resources, SDGs, Saleh Children
IMPLEMENTASI STRATEGI MARKETING MIX DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK DI TK AL HUDA KOTA MALANG Azizah Nurul Fadlilah; Saidah Masfiah
Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/evaluasi.v5i1.575

Abstract

This research aims to explain the implementation of marketing mix strategy in an effort to increase the number of students in Al Huda Kindergarten malang. This type of research belongs to qualitative research. Data is collected using observation, interview, and documentation techniques. The data analysis step consists of data presentation, data reduction, and then drawing conclusions. The results showed that Al Huda Kindergarten successfully used a marketing mix strategy in an effort to increase the number of students. In this effort, the marketing mix strategy used in the form of 7P method, which consists of: product, price, place, promotion, people, physical evidence, and process. The products offered by Al Huda Kindergarten are Islamic religious-based schools and care about the environment with a superior program of junk blessings. The cost stipulated adjusts the economic level of the surrounding residents. The location of the school is strategic. Promotional activities are conducted with print media, online, and into the field. Quality human resources and continuous efforts to develop. The physical evidence of Al Huda Kindergarten has good infrastructure and is constantly updated. While the learning process is carried out using a group learning model based on the angles of the activity.
EVALUASI PEMBELAJARAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN BISNIS ONLINE KELAS XII SMK SUNAN DRAJAT LAMONGAN Miftachul Ulum; Abdul Mun’im; Erly Juliyani; Pusvyta Sari
Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/evaluasi.v5i1.487

Abstract

At the end of each semester in an education unit, a learning evaluation is always carried out. One form of learning evaluation in schools is to carry out final semester exams. This study aims to determine the quality of online business lesson items for class XII SMK Sunan Drajat Lamongan in the odd semester 2017/2018 academic year in terms of validity, reliability, difficulty level and difference tests. This quantitative research is based on data from 21 student answer sheets from 25 multiple choice questions. The use of SPSS and Anates V4 software was used to measure the level of validity, reliability, difficulty level and item difference. The results showed that the validity value obtained was 15 items (60%) were declared invalid and 10 items (40%) were declared valid. Reliability of the items with a Cronbach Alpha value of 0.640> 0.6, which means that the instrument of the 25 items was declared reliable. The level of difficulty of the tested items obtained 5 items in the very easy category, 10 items in the easy category and 10 items in the moderate category. Of the 25 items, 8 items (32%) are good, 7 (28%) are sufficient and 10 (40%) are bad
PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM TRANSFORMASI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI DI INDONESIA yeyen afista; Umi Sumbulah; Rifqi Hawari
Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/evaluasi.v5i1.602

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan pendidikan multikultural dalam proses tranformasi lembaga pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah studi literatur melalui pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) landasan pembangunan pendidikan multikultural terdiri atas landasan agama, historis, psikologis, sosiokultural dan geografis; (2) strategi pengembangan pendidikan multikultural pada lembaga pendidikan Islam dapat ditempuh melalui dua pendekatan, yaitu kuantitatif dan kualitatif. Strategi pengembangan kuantitatif dengan program sosialisasi dan internalisasi melalui kegiatan keilmuan, program inovasi pendidikan multikultural, dan membangun budaya yang mengakomodir semangat dan nilai multikultural di lingkungan lembaga Islam. Sedangkan strategi pengembangan kualitatif adalah program studi intensif Al-Quran dan Sunnah Rosul, program revisi kurikulum, program diklat tenaga pendidik, dan program kearifan lokal.
Tata Kelola Pembiayaan Pendidikan di Pesantren Modern Anisa Wahyuni; M Ihsan Alhusaeni Hijaz; Irawan Irawan
Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/evaluasi.v5i1.544

Abstract

Tujuan penulisan kajian ini yaitu untuk mengungkap tata kelola pembiayaan di pondok pesantren modern berdasarkan filsafat empiris David Hume dan filsafat positif Auguste Comte. Lokasi kajian yaitu Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami Leuwiliang Bogor. Metode kajian adalah filsafat empiris. Maksud dari kajian ini menggunakan filsafat empiris yaitu kajian ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis sebagai sumber dari pengetahuannya yaitu melalui pengamatan/observasi. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa tata kelola pembiayaan pendidikan di Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami telah sesuai dengan standar lembaga pendidikan, semua bentuk pengecekan dan pelaporan sudah menggunakan kwitansi sebagai bukti yang valid. Monitoring dan evaluasi pengelolaan anggaran dilaksanakan oleh sekretaris yayasan dan disetujui oleh pimpinan yayasan. Faktor pendukung pembiayaan di Pesantren ini yaitu banyaknya donatur yang secara sukarela menghibahkan sebagian hartanya seperti mobil, gedung dan lain sebagainya sedangkan faktor penghambatnya yaitu banyaknya santri yang kehilangan kwitansi pembayaran spp. Pengelolaan pembiayaan di lembaga pendidikan islam merupakan salah satu hal yang penting, salah satu manfaatnya yaitu meningkatnya efektivitas serta efisiensi pengelolaan keuangan. Jika pengelolaan pembiayaannya tidak dikelola dengan baik maka akan menimbulkan permasalahan yang substansial.

Page 1 of 1 | Total Record : 9