cover
Contact Name
Salim
Contact Email
goldenage@uho.ac.id
Phone
+6285341614860
Journal Mail Official
goldenage@uho.ac.id
Editorial Address
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 26156768     EISSN : 26155664     DOI : http://dx.doi.org/10.36709/jrga
Core Subject : Education, Social,
Fokus dan Scope Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO memuat artikel hasil penelitian pada bidang PAUD yang meliputi kurikulum PAUD, perkembangan anak usia dini, manajemen pendidikan PAUD, bahan ajar PAUD, media pembelajaran PAUD, penilaian pembelajaran PAUD, strategi/ model/ metode/ pendekatan/ teknik pembelajaran AUD, kebijakan pendidikan PAUD, psikologi anak.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 3 (2022):" : 14 Documents clear
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MELIPAT KERTAS ORIGAMI DI TK AR RAHMAH KECAMATAN PALANGGA KABUPATEN KONAWE SELATAN Hardianti Hardianti; Ahid Hidayat; Dorce Banne Pabunga; Nurhayati Nurhayati
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol 5, No 3 (2022):
Publisher : Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jrga.v5i3.29271

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan melipat kertas origami di TK Ar-Rahmah Kecamatan Palangga Kabupaten Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan  anak didik di kelompok B TK Ar-Rahmah Kecamatan Palangga Kabupaten Konawe Selatan dengan jumlah 10 orang anak didik yang terdiri atas 6 anak perempuan dan 4 anak laki-laki. Berdasarkan Hasil analisis dari data aktivitas mengajar guru dari pelaksanaan siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan dari 71% menjadi 92,86% dan pada aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan dari 64% menjadi 86%. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan melipat kertas origami di TK Ar-Rahmah Kecamatan Palangga Kabupaten Konawe Selatan.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN MELIPAT DI TK NEGERI TUNAS HARAPAN KECAMATAN MORAMO KABUPATEN KONAWE SELATAN Windawati Windawati; Sitti Rahmaniar Abubakar; Salwiah Salwiah; Asmuddin Asmuddin
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol 5, No 3 (2022):
Publisher : Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jrga.v5i3.29255

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk megetahui kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan melipat di TK Negeri Tunas Harapan.? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik pada kelompok B2 TK Negeri Tunas Harapan Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan dengan rentang usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil analisis aktivitas mengajar guru pada siklus I dengan pesentase yang di capai sebesar 64,28%. Aktivitas belajar anak didik pada siklus I dengan pesentase yang di capai sebesar 64,28%. Dan hasil belajar anak dalam kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan melipat pada siklus I dengan pesentase yang dicapai sebesar 73,33% .Hasil analisis aktivitas mengajar guru pada siklus II mengalami peningkatan dengan pesentase yang dicapai sebesar 92,85%. Pada aktivitas hasil belajar 92,85%. Hasil belajar anak dalam kemampuan motorik halus usia 5-6 tahun melalui kegiatan melipat pada siklus II dengan pesentase yang dicapai sebesar 93,33%.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEWARNAI DI TK B MUTIARA SOWA KECAMATAN TOGO BINONGKOKABUPATEN WAKATOBI Sardianti Sardianti; Muamal Gadafi; Sri Yuliani M; Herlin Yusuf
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol 5, No 3 (2022):
Publisher : Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jrga.v5i3.29267

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan kegiatan mewarnai di TK Mutiara Sowa Kecamatan Togo Binongko Kabupaten Wakatobi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di TK Mutiara Sowa Kecamatan Togo Binongko Kabupaten Wakatobi yang berjumlah 16 anak yang terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan dengan rentang usia 5-6 tahun.Berdasarkan Hasil analisis dari data aktivitas mengajar guru dari pelaksanaan siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan dari 71% menjadi 86% dan pada aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan dari 64% menjadi 93%. Maka dapat di simpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak dapat di tingkatkan dengan kegiatan mewarnai di TK B Mutiara Sowa, Kecamatan Togo Binongko Kabupaten Wakatobi.
GAMBARAN SISTEM PEMBELAJARAN PADA MASA NEW-NORMAL COVID-19 DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL II KOTA PALOPO Nurdin Salama
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol 5, No 3 (2022):
Publisher : Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jrga.v5i3.26377

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sisitem pembelajaran pada masa new normal di TK Aisyiah Bustanul Athfal II kota. Adapun  Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.  Pemilihan informan pada penlitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Subjek penelitian berjumlah 3 informan Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, wawancara dan observasi. Wawancara yang digunakan  peneliti adalah wawancara terbuka yang merupakan jenis wawancara bersifat fleksibel. Temuan peneliti menunjukkan bahwa selama pembelajaran dimasa new normal dilakukan secara online dengan  menggunakan aplikasi Whatsapp, Adapun hal yang dilakukan oleh guru adalah  membuat RPPH, LKA dan menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan oleh anak melalui Aplikasi Whatsapp  untuk dijadikan sebagai pedoman bagi orang tua dalam mendampingi anaknya dirumah pada saat pembelajaran dan setiap kegiatan anak selama belajar dirumah didokumentasikan oleh orang tua untuk dijadikan sebagai acuan untuk menilai perkembangan anak.
KEGIATAN MEMBUAT KOLASE DARI BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELAS B DI TK UTSMAN BIN AFFAN KOTA KENDARI Halfiani Halfiani; Muh. Safiudin Saranani; Sri Yuliani M
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol 5, No 3 (2022):
Publisher : Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jrga.v5i3.29256

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan kegiatan membuat kolase dari bahan alam di kelas B TK Utsman Bin Affan Kota Kendari. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa dari 6 anak yang melakukan kegiatan membuat kolase dari bahan alam terdapat 5 anak yaitu anak “DU”, “BNO”, “FNA”, “FWT”, “SY” mendapatkan nilai berkembang sangat baik (BSB) dalam 4 indikator kinerja. Selanjutnya terdapat 1 anak yaitu anak “Z” mendapatkan nilai berkembang sesuai harapan (BSH), hal ini dikarenakan dalam mengoleskan lem belum rapi namun tanpa bimbingan, menjumput bahan masih sedikit berjatuhan, menyusun biji-bijian dengan rapi namun perlu bimbingan, serta meratakan hasil tempelan dengan rapi namun perlu bimbingan. Oleh karena itu dapat disimpulkan  bahwa kegiatan membuat kolase dari bahan alam dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR DENGAN PERMAINAN LOMPAT TALI PADA ANAK DI KELOMPOK B TK PAUD RESKI DESA SUMAMPENO BUTON UTARA Wa Feni; Sitti Rahmaniar Abubakar; Sri Yuliani M
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol 5, No 3 (2022):
Publisher : Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jrga.v5i3.29268

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar dengan permainan lompat tali pada anak di Kelompok B TK PAUD Reski Desa Sumampeno Buton Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di kelompok B TK PAUD Reski Desa Sumampeno Buton Utara yang berjumlah 15 orang anak dengan rentang usia 5-6 tahun. Berdasarkan Hasil analisis dari data aktivitas mengajar guru dari pelaksanaan siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan dari 66,66% menjadi 93,33% dan pada aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan dari 66,66% menjadi 93,33%. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik kasar dapat ditingkatkan melalui permainan lompat tali pada anak di kelompok B TK PAUD Reski Desa Sumampeno Buton Utara.
PERAN ORANGTUA DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN SEKSUAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN Hesti Wela Arika; Sigit Purnama
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol 5, No 3 (2022):
Publisher : Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jrga.v5i3.22578

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat berapa persen orangtua yang memberikan dan tidak memberikan peran dalam pendidikan seksual dan faktor penyebab orangtua tidak memebrikan pendidikan seksual kepada anak. Jenis penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitaif. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan kriteria inklusi orangtua yang memiliki anak usia 5-6 tahun. Sampel penelitian sebanyak 50 orangtua yang memiliki anak usia 5-6 tahun. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Sedangkan analisis data penelitian berupa deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa sebanyak 78 % orangtua berperan dalam memberikan pendidikan seksual kepada anak sedangkan orangtua yang tidak berperan dalam memberikan pendidikan seksual kepada anak persentase 22 %. Faktor yang menyebabkan orangtua tidak memberikan pendidikan seksual karena orangtua masih menganggap bahwa pendidikan seksual tabu untuk diberikan kepada anak, pemahaman orangtua yang kurang tentang pendidikan seksual dan menurut orangtua belum waktunya anak mengetahui tentang pendidikan seksual. Orangtua berperan aktif dalam memberikan pendidikan seksual kepada anak, dengan tujuan untuk mengurangi kekerasan seksual pada anak. Sehingga dengan memberikan pendidikan seksual kepada anak, anak mampu mengetahui tentang seks sejak dini.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI KELOMPOK B RA ASSYARIF KECAMATAN POASIA KOTA KENDARI Lilis Suryani; Ahid Hidayat; Dorce Banne Pabunga
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol 5, No 3 (2022):
Publisher : Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jrga.v5i3.29257

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dengan pendekatan keterampilan proses sains di kelompok B RA Assyarif Kecamatan Poasia Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di kelompok B RA Assyarif yang berjumlah 16 orang anak yang terdiri dari 11 anak  laki-laki dan 5 perempuan dengan rentang usia usia 5-6 tahun. Berdasarkan Hasil analisis dari data aktivitas mengajar guru dari pelaksanaan siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan dari 80% menjadi 90% dan pada aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan dari 80% menjadi 90%. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif dapat ditingkatkan dengan pendekatan keterampilan proses sains di kelompok B RA Assyarif Kecamatan Poasia Kota Kendari.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN DENGAN KEGIATAN BERMAIN KARTU ANGKA DI TK NEGERI PEMBINA TIKEP KAB. MUNA BARAT Wa Ode Rizkyanti; Arvyaty Arvyaty; Dorce Banne Pabunga; Muamal Gadafi
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol 5, No 3 (2022):
Publisher : Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jrga.v5i3.29269

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan dengan kegiatan bermain kartu angka di TK Negeri Pembina Tikep Kab.Muna Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru peneliti dan anak didik TK Negeri Pembina Tikep Kab. Muna Barat yang berjumlah 15 orang anak.. Berdasarkan Hasil analisis dari data aktivitas mengajar guru dari pelaksanaan siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan dari 78,57% menjadi 92,85% dan pada aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan dari 78,57% menjadi 92,85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal lambang bilangan anak dapat ditingkatkan dengan kegiatan bermain kartu angka di TK Negeri Pembina Tikep Kab. Muna Barat.
MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI KEGIATAN BERMAIN BENTUK GEOMTRI DI KELOMPOK B TK NEGERI 10 BUTON KECAMATAN PASARWAJO KABUPATEN BUTON Herni Herman; sitti Rahmaniar Abubakar; Afifah Nur Hidayah; Damsir Dima
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol 5, No 3 (2022):
Publisher : Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jrga.v5i3.29258

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas melalui kegiatan bermain bentuk geometri di Kelompok B TK Negeri 10 Buton Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton. Subjek dan objek dalam penelitian ini terdiri dari guru peneliti dan 15 anak di TK Negeri 10 Buton Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton. Berdasarkan Hasil analisis perolehan perentase aktivitas mengajar guru dari pelaksanaan siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan dari 64,28%  menjadi 92,85% dan pada aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan dari 57,14% menjadi 93,33% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kreativitas dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain bentuk geometri di  Kelompok B TK Negeri 10 Buton Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton.

Page 1 of 2 | Total Record : 14