Articles
14 Documents
Search results for
, issue
"Vol 29, No 1 (2024)"
:
14 Documents
clear
DETERMINAN FOREIGN DIRECT INVESTMENT DI NEGARA D-8 DENGAN PENDEKATAN MODEL ARDL
Siregar, Suci Wulandari;
Endraswati, Hikmah
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 29, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Gunadarma
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35760/eb.2024.v29i1.8585
Penelitian ini menganalisis factor penentu Foreign Direct Investment (FDI) di negara-negara anggota D-8 dengan menggunakan Model Autoregressive Distributed Lag (ARDL) selama periode 1990-2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara pertumbuhan ekonomi, suku bunga, dan ekspor terhadap FDI di negara D-8. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pertumbuhan ekonomi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap FDI pada negara D-8. Namun, suku bunga memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap FDI di negara-negara D-8. Ini menunjukkan bahwa ketika suku bunga naik, minat investor untuk berinvestasi di negara D-8 juga meningkat. Selain itu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekspor berpengaruh positif signifikan terhadap FDI di negara-negara D-8. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan ekspor dapat menarik lebih banyak investasi langsung asing ke negara-negara D-8. Hasil penelitian ini memiliki implikasi kebijakan yang penting bagi negara-negara D-8 dalam meningkatkan FDI. Diperlukan kebijakan yang mendukung suku bunga yang menarik bagi investor asing serta pendorong untuk meningkatkan ekspor guna menarik investasi langsung asing. Fokus juga perlu diberikan pada upaya meningkatkan daya tarik investasi, meningkatkan iklim investasi, dan membangun infrastruktur yang kuat guna meningkatkan FDI di negara-negara D-8.
PENGARUH HUTANG, ARUS KAS OPERASI, DAN MODAL KERJA TERHADAP LABA BERSIH PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR FARMASI
Risnawati, Nadia;
Istia, Cicilia Erly
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 29, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Gunadarma
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35760/eb.2024.v29i1.9072
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh antara utang, arus kas operasional, dan modal kerja pada laba bersih perusahaan subsektor farmasi selama periode lima tahun dari 2018 hingga 2022. Regresi linier berganda digunakan sebagai teknik analisis. Penelitian ini menggunakan strategi purposive sampling untuk menentukan sampel 11 perusahaan. Sampel termasuk 6 dari bisnis tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun modal kerja dan arus kas operasional tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap laba bersih, utang parsial memiliki efek menguntungkan yang cukup besar. Terdapat hubungan erat antara laba bersih dengan tingkat utang, arus kas operasional, dan modal kerja. Laba bersih dipengaruhi oleh utang yang paling menonjol.
COMPETITIVE ADVANTAGE ANALYSIS: A VALUE CHAIN MODEL IN THE JEMBER CARNIVAL INDUSTRY
Subagio, N. Ari;
Sukarno, Hari;
Khusna, Khanifatul;
Muhsyi, Abdul;
Priyono, Agus
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 29, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Gunadarma
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35760/eb.2024.v29i1.9389
The subsector of performing arts studied in this research is in carnival performance art. The pandemic era has made the performance of all business entities decline, including in the creative industry of the performing arts subsector (Carnival). The research method used is qualitative research, namely by describing and exploring the application of value chains and culture in the creative industry of the carnival performing arts subsector in the Jember region. The data were collected through interviews, observations, and document analysis. The study concludes with the identification of the value chain sustainability model event in Jember, comprising five key elements. These elements include creation, production, dissemination, exhibition, and consumption, indicating the presence of a comprehensive value chain within the Jember Regency carnival event. Jember Carnival's one-of-a-kind creative vision woven through the entire elements, from creation to consumption, gives it a major differentiation advantage compared to standardized carnival offerings. The uniqueness provides lasting value and competitive edge. A potential chain that can be used as a source of competitive advantage for the sustainability of the Jember carnival event is to have a different creation from other carnivals.
PENGARUH KETERBUKAAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP KUALITAS LINGKUNGAN STUDI NEGARA G20
Putra, Aji Binawan;
Purwaningsih, Febi Wulandari;
Hikam, Ahmad Nailul;
Wau, Taosige
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 29, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Gunadarma
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35760/eb.2024.v29i1.8654
Hubungan antara keterbukaan dan pertumbuhan ekonomi serta kualitas lingkungan telah menjadi persoalan pelik sejak lama. Apakah keterbukaan dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh terhadap kualitas lingkungan. Penelitian ini betujuan untuk mengukur dan menjelaskan hubungan variabel independen keterbukaan ekonomi yang diproksikan Free Trade (TRADE) dan Foreign Direct Invesment (FDI) dan pertumbuhan ekonomi yang diproksikan Gros Domestic Product per Capita (GDPC) dan pertumbuhan penduduk (POPULASI) terhadap kualitas lingkungan yang diproksikan dengan Per Capita Carbon Dioxide (CO2C) Emission. Populasi yang dimasukkan dalam penelitian ini ialah negara G20. Sampel yang dipakai yaitu negara G20 sebanyak 9 negara yaitu Amerika Serikat, Australia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Republik Korea, dan Prancis. Metode untuk mengalisis data di penelitian ini ialah regresi data panel dan diolah dengan pendekatan Fixed Effect Model (FEM) serta menggunakan bantuan aplikasi Econometric Views 10 (Eviews 10). Hasil penelitian menunjukkan FDI tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas lingkungan, sedangkan TRADE, GDPC, dan POPULASI berpengaruh signifikan terhadap kualitas lingkungan.
PENGARUH SALES PROMOTION DAN HEDONIC SHOPPING MOTIVATION TERHADAP IMPULSIVE BUYING
Fauzan, Muhammad Rizki;
Widarmanti, Tri
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 29, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Gunadarma
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35760/eb.2024.v29i1.8469
Penjualan online menjadi alternatif mudah, tetapi juga memicu impulsive buying. Hedonic shopping motivation serta sales promotion berperan penting dalam mempengaruhi impulsive buying tanpa mempertimbangkan utilitas jangka panjang. Adapun tujuannya yakni untuk memahami pengaruh yang ada di hedonic shopping motivation serta sales promotion, serta bagaimana sales promotion mempengaruhi hedonic shopping motivation di antara pelanggan H&M yang berbelanja secara online. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan analisis struktural equation model (SEM) dan partial least square (PLS). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh 100 responden yang valid. Hasil analisis menunjukkan bahwa hedonic shopping motivation memiliki pengaruh signifikan positif terhadap impulsive buying. Sales promotion juga memiliki pengaruh signifikan positif terhadap impulsive buying. Selanjutnya, sales promotion memiliki pengaruh signifikan positif terhadap hedonic shopping motivation. Bagi perusahaan, hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan perusahaan untuk menjaga dan mengembangkan penjualan perusahaan untuk menarik dan memotivasi konsumen untuk membeli produk dari perusahaan.
PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN, KEMUDAHAN DAN FAKTOR KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN UANG ELEKTRONIK PADA GENERASI Z
Handayani, Yulia;
Hidayah, Nurul;
Kurnia, Dandy;
Siringoringo, Hotniar
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 29, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Gunadarma
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35760/eb.2024.v29i1.8525
Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor persepsi kemanfaatan, kemudahaan dan faktor keamanan terhadap keputusan menggunakan uang elektronik pada generasi Z. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik non-probability sampling dan metode purposive sampling dimana sampel adalah sebagian dari Generasi Z yang berumur 17 sampai 26 tahun yang memakai uang elektronik minimal 1 kali. Analisa data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan perhitungan data dapat disimpulkan bahwa persepsi kemanfaatan tidak ada pengaruh bagi keputusan menggunakan uang elektronik, kemudahan dan keamanan ada pengaruh bagi keputusan menggunakan uang elektronik. Sedangkan secara bersama-sama faktor persepsi kemanfaatan, kemudahan dan keamanan memengaruhi keputusan menggunakan uang elektronik.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA
Handrijaningsih, Lies;
Permanasari, Astried;
Nurrahman, Ichsan
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 29, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Gunadarma
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35760/eb.2024.v29i1.9106
Pada era globalisasi saat ini, hampir di seluruh negara mengalami perubahan di berbagai bidang kehidupan masyarakat dari yang bersifat konvensional menjadi serba digital dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan internet. Layanan keuangan digital merupakan bukti kemajuan teknologi yang saat ini banyak dimanfaatkan oleh mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji financial literacy, financial technology serta income dan juga untuk menentukan faktor atau aspek yang paling memengaruhi perilaku finansial atau perilaku keuangan mahasiswa Universitas Gunadarma. Sampel penelitian ini terdiri dari 125 responden. Teknik dalam pengambilan sampel yang diterapkan pada penelitian ini adalah metode random sampling sederhana. Jenis data pada penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner yang ditunjukan untuk mahasiswa Universitas Gunadarma. Pengujian yang dilakukan mencakup uji validitas dan reliabilitas, pengujian asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji-t secara parsial, uji-f secara simultan, serta pengujian koefisien determinasi (R2). Hasil akhir pengujian menunjukan financial literacy serta income memengaruhi perilaku keuangan mahasiswa Universitas Gunadarma, sedangkan financial technology tidak memengaruhi perilaku keuangan mahasiswa Universitas Gunadarma. Variabel financial literacy, financial technology dan juga income secara simultan memengaruhi perilaku keuangan mahasiswa Universitas Gunadarma. Variabel dominan yang memengaruhi perilaku keuangan mahasiswa Universitas Gunadarma yaitu income.
DETERMINAN NIAT MENGGUNAKAN DOMPET ELEKTRONIK (STUDI PADA USIA DEWASA PENGGUNA DOMPET ELEKTRONIK DI INDONESIA)
Ardhiansyah, Hilman;
Haryanti, Dwi Asih;
Rohani, Alia
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 29, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Gunadarma
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35760/eb.2024.v29i1.9928
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis persepsi manfaat (perceived usefulness), persepsi kemudahan (perceived ease of use), persepsi risiko (perceived risk), dan kepercayaan (trust) terhadap niat menggunakan (intention to use) dompet elektronik. Sampel yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling, diperoleh data 245 responden yang menggunakan dompet elektronik dan berusia minimal 17 tahun. Tahapan uji yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi manfaat (perceived usefulness) dan kepercayaan (trust) berpengaruh terhadap niat menggunakan (intention to use), persepsi kemudahan (perceived ease to use) dan persepsi risiko (perceived risk) tidak berpengaruh terhadap niat menggunakan (intention to use) dompet elektronik.
COMPANY VALUE IN KOMPAS 100 INDEX PERIOD 2017-2021: THE ROLE OF GOOD CORPORATE GOVERNANCE, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, AND FINANCIAL PERFORMANCE
Nursanti, Tinjung Desy;
Ningsih, Fitria
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 29, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Gunadarma
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35760/eb.2024.v29i1.9508
The objective of this study is to investigate the impact of Good Corporate Governance (GCG), Corporate Social Responsibility (CSR), Enterprise Risk Management (ERM), and Financial Performance on Company Value. The samples included in this study comprised of companies that were listed in the KOMPAS100 index for the period spanning from 2017 to 2021. The sampling methodology employed in this study was the use of simple random sampling, resulting in a sample size of 40 companies. The employed analytical framework is multiple linear regression analysis, enabled by the application of SPSS software. The findings of this study indicate that the variables of GCG (Good Corporate Governance), CSR (Corporate Social Responsibility), ERM (Enterprise Risk Management), and Financial Performance collectively exert a substantial and favorable impact on the value of a company. To a certain extent, the variables of GCG (Good Corporate Governance) and Financial Performance exhibit a notable and favorable influence on the valuation of a company. Conversely, the factors of CSR (Corporate Social Responsibility) and ERM (Enterprise Risk Management) do not show a statistically significant impact on the magnitude of Company Value. Thus, investors may take into account the inclusion of data pertaining to a company's Good Corporate Governance (GCG) policies and Financial Performance when making investment choices. Company management must acknowledge the significance of implementing efficacious corporate governance processes and augmenting financial performance as strategic measures to enhance the value of the organization.
PENCATATAN TRANSAKSI KEUANGAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN MODEL AGILE SCRUM DEVELOPMENT
Wahyuningroem, Rini
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 29, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Gunadarma
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35760/eb.2024.v29i1.10376
Sistem pencatatan keuangan merupakan salah satu solusi yang memungkinkan pengguna untuk mencatat dan melacak transaksi keuangan dengan akurat. Implementasi Agile Development Method (Model Scrum) dapat menjadi pendekatan yang secara aktif melibatkan pengguna dalam proses pengembangan sistem yang optimal dan sesuai kebutuhan. Tahapan dalam pembuatan sistem menggunakan metode scrum dimulai dari data masukan berupa data transaksi keuangan pengguna, perancangan model scrum, pembentukan model scrum seperti product backlog, sprint planning, sprint backlog, dan sprint review dan terakhir dilakukan uji coba menggunakan metode Blackbox Testing. Sistem pelaporan transaksi keuangan ini juga dilengkapi fitur tips dalam melakukan melakukan pengelolaan transaksi keuangan meliputi: menentukan anggaran dan skala prioritas keuangan, membatasi resiko huutang, membuat laporan arus kas (cash flow) secara berkala, melakukan monitoring dalam transaksi keuangan secara berkala dan pemanfaatan teknologi dalam membuat pembukuan keuangan. Hasil pengujian menunjukkan pencatatan dan pengelolaan transaksi keuangan ini dapat berfungsi dengan baik dan sesuai dengan harapan pengguna. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu pengguna dalam mencatat, melacak serta melakukan pengelolaan transaksi keuangan sehingga pengguna sistem dapat meningkatkan kehidupan di masa depan yang lebih baik dengan melakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan yang didasari atas pemahaman pengguna dalam melakukan pengelolaan keuangan yang baik.