cover
Contact Name
Fajar Dwi Mukti, M.Pd
Contact Email
fajardwimukti@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalpgmistpi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jembatan Merah No 116 K, Prayan Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta.
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : 26223902     EISSN : 26850451     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Abdau ini adalah jurnal pendidikan dasar Islam yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta. Jurnal ini sebagai sarana mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran pendidikan dasar Islam/madrasah ibtidaiyah oleh para pakar pendidikan, dosen, guru, dan mahasiswa. Selain itu, jurnal ini dirancang sebagai salah satu alternatif untuk mengembangkan ide/gagasan yang progresif guna kemajuan pendidikan dasar Islam/madrasah ibtidaiyah di Indonesia.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2024): JUNI, ABDAU: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah" : 9 Documents clear
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL SEBAGAI ALAT BANTU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV Achmad Zaelani; Istiyati Mahmudah
ABDAU : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 7 No 1 (2024): JUNI, ABDAU: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Prodi PGMI STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembahasan ini membahas pengertian media pembelajaran, penggunaan media digital dalam pembelajaran matematika, manfaat media pembelajaran, dan hasil penggunaan media visual, seperti video, dalam konteks pembelajaran matematika. Media pembelajaran adalah alat atau benda yang digunakan dalam proses belajar mengajar untuk menyampaikan informasi kepada siswa dan meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penggunaan media digital dalam pembelajaran matematika melibatkan teknologi digital, seperti komputer dan aplikasi, untuk menjadikan pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Proses pembelajaran melibatkan berbagai subsistem, dan media berperan sebagai perantara antara guru dan siswa. Penggunaan media dalam pembelajaran memiliki manfaat seperti penyampaian materi yang seragam, pembelajaran yang lebih jelas dan menarik, efisiensi waktu dan energi, peningkatan hasil belajar, dan peran guru yang lebih produktif. Media visual, khususnya video, terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam matematika. Penggunaan media pembelajaran merupakan strategi penting dalam menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan berkesan dalam pendidikan.
REVIEW PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR Eri Susanto
ABDAU : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 7 No 1 (2024): JUNI, ABDAU: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Prodi PGMI STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan dan permasalahan implementasi kurikulum Merdeka belajar khususnya di Pendidikan dasar. penelitian ini memanfaatkan aplikasi Publish or Purish. Aplikasi ini mengakses database dari Google Scholar dan memungkinkan pengguna memasukkan kata kunci tertentu seperti “kurikulum Merdeka belajar” dan “pembelajaran di sekolah dasar”. Selain itu, artikel-artikel yang dikumpulkan selanjutnya disusun sesuai dengan kriteria penelitian yang telah ditetapkan. Kriteria artikel yang dapat dijadikan sumber penelitian yaitu artikel yang menampilkan secara full bagian-bagian artikel. Artikel yang hanya menampilkan abstrak biasanya diabaikan setelahnya. Sebuah artikel yang diperoleh yang memenuhi kriteria akan dianalisis. Metode penelitian yang dipilih adalah metode dokumentasi, dan analisis tinjauan pustaka meliputi empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan Kurikulum merdeka di Sekolah Dasar masih mengalami kesulitan dan hambatan yang cukup besar. Kendalanya meliputi berbagai faktor, seperti pemahaman dan kemahiran guru dalam menerapkan pendekatan pedagogi yang kreatif dan inovatif, kondisi lingkungan sekolah, kecukupan sarana dan prasarana, serta ketersediaan sumber daya manusia.    
MEMBANGUN KETERAMPILAN ABAD 21: TRANSFORMASI PEMBELAJARAN DI TINGKAT DASAR Wildan Nuril Ahmad Fauzi; Mami Hajaroh
ABDAU : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 7 No 1 (2024): JUNI, ABDAU: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Prodi PGMI STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abad ke-21 adalah abad pengetahuan, di mana teknologi berkembang dan informasi tersebar luas. Sinergi antara dunia ilmu pengetahuan dan masyarakat umum semakin cepat terjadi di abad ke-21. Pendidikan Nasional abad 21 ini bertujuan untuk mencapai cita-cita bangsa, yaitu masyarakat Indonesia yang sejahtera, bahagia, dan terhormat di dunia internasional. Metode penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah studi  Pustaka. Hasil penelitian membahas dalam membangun keterampilan abad 21, melalui; 1) Kreativitas dan Inovasi, 2) Kritis dan Berpikir Analitis, 3) Komunikasi Efektif, 4) Kolaborasi dan Kerjasama, 5) Keterampilan Teknologi, 6) Belajar Seumur Hidup, 7) Kemampuan Menyelesaikan Masalah, 8) Keterampilan Empati, 9) Kemandirian, 10) Adaptabilitas dan Ketahanan. Penting untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung pengembangan keterampilan abad 21 ini dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengaplikasikannya dalam berbagai konteks.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR Dewi gustini lubis; Yufi Latmini Lasari
ABDAU : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 7 No 1 (2024): JUNI, ABDAU: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Prodi PGMI STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Education involves a dynamic exchange between instructors, students, plus various learning resources with the aim of achieving changes in students' attitudes and thinking patterns. This research focuses on IPS in elementary schools, which is a subject that explores and analyzes Issues within society diverse aspects of life or a collective of both. Currently, that Indonesian government is implementing an independent learning curriculum in education, which guides learning with a differentiated approach, assuming that each student has learning opportunities tailored to their needs and abilities. Differentiated learning adapts learning methods to students' interests, preferences and motivation to increase the achievement of learning outcomes. This research uses the literature study method, which involves gathering information through Reviewing relevant literary theories for the research topic. Data sources consist of reference books and scientific journal articles, involving the process of collecting, reading and recording library data, as well as processing the required information. Research findings show that Applying differentiated learning in social sciences. is very suitable for increasing student potential. here proven Through the improvement of educational results when differentiated knowledge is applied to social studies subjects.
IMPLEMENTASI NILAI KETUHANAN DALAM P5 (PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA) BAGI ANAK MI IMPLEMENTATION OF DIVINE VALUES ​​IN P5 (STRENGTHENING PANCASILA STUDENT PROFILE PROJECT) FOR MI CHILDREN Auliya Syafa’atul Udzmah; Nailis Syarifah; Fu’ad Arif Noor
ABDAU : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 7 No 1 (2024): JUNI, ABDAU: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Prodi PGMI STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to determine efforts to increase students' divine values ​​by implementing divine values. The application of divine values is an awareness and is designed to prepare students in terms of knowledge and understanding, life and practice, and to help them believe in the religion that is part of them. This research uses the literature study method. The literature study method is a series of activities relating to methods of collecting library data, reading and taking notes, and managing research materials. . This writing uses an approach by utilizing facts and supporting sources, such as ebooks, articles and a number of related journals. The results of the research show that implementing divine values ​​can increase the tolerant character of students at school. It is very important to do this, because implementing divine values ​​can build character in students.Keywords: implementation, divinity, p5
PENGARUH MEDIA SOSIAL TIK TOK TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK PASCA PANDEMI DI SD NEGERI SURUH DLINGO BANTUL Nur Laila Ulinnuha; Ihda A’yunil Khotimah
ABDAU : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 7 No 1 (2024): JUNI, ABDAU: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Prodi PGMI STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi di segala bidang, terutama perkembangan media sosial yang semakin canggih. Di masa pandemi Covid-19, siswa diharuskan memegang ponsel untuk mendukung pembelajaran yang berani sehingga siswa yang awalnya menggunakan media sosial Tik tok sebagai hiburan akhirnya menjadi kecanduan. Yang mengkhawatirkan bagi masa depan pelajar khususnya di media sosial adalah banyaknya unggahan yang tidak pantas untuk ditonton dan dapat merusak semangat pelajar. Penelitian ini disebut penelitian ex post facto atau penelitian terhadap peristiwa yang sudah terjadi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara terstruktur dan. Subyek dalam penelitian ini adalah guru, orang tua dan siswa kelas IV, V, VI SD Negeri Suruh Dlingo Bantul Yogyakarta. Hasil penelitian ini adalah penggunaan media sosial Tik tok oleh siswa SD Negeri Suruh cukup tinggi. mayoritas pelajar mempunyai telepon seluler pribadi sehingga akses membuka media sosial sangat mudah. Orang tua hanya memiliki sedikit kendali atas penggunaan media sosial ini, meski ada beberapa orang tua yang masih mengontrol anaknya. Pengaruh media sosial tik tok terhadap perkembangan moral anak di SD Negeri Suruh lebih banyak memberikan pengaruh negatif seperti tidak sopan terhadap orang tua dan guru, bahasa yang digunakan siswa juga cenderung tidak sopan, berani membantah, kurang peduli terhadap orang lain. lingkungan sekitar.
EFFORTS TO IMPROVE BEGINNING READING SKILLS THROUGH SYLLABIC METHOD IN GRADE 1 STUDENTS OF MI YAA BUNAYYA Azmi, Zainul; Hairani, Debby Riana
ABDAU : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 7 No 1 (2024): JUNI, ABDAU: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Prodi PGMI STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36768/abdau.v7i1.295

Abstract

The objectives of this study were: To improve the ability to read beginning Indonesian language through syllabic method in class I MI Yaa Bunayya. This type of research is a class action research of 2 cycles. Each cycle consists of 4 stages, namely planning, action implementation, observation and reflection. The research subjects were first grade students of MI Yaa Bunayya. Data collection techniques using observation. The existence of early reading skills is indicated by an increase in the attitude of students when participating in learning in each cycle. In cycle I got a total score of 165 with a percentage of 55% including the category of poor beginning reading ability. In cycle II, it got a score of 240 with a percentage of 80% including the category of excellent beginning reading ability so that there was an increase from cycle I to cycle II
IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER SENI MUSIK ANGKLUNG TERHADAP REGULASI DIRI SISWA DI MI TAHFIDZ SERAYU Assa’diyah; Bahirotul Maghfiroh; Laili Nur Avidatuz Zakiya; Yuntari Amanda; Bagus Mahardika
ABDAU : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 7 No 1 (2024): JUNI, ABDAU: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Prodi PGMI STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ekstrakulikuler seni musik angklung merupakan kegiatan yang dilakukan di luar jam pelajaran menggunakan alat musik angklung yang terbuat dari bambu. Regulasi diri merupakan usaha individu untuk meraih tujuan yang telah direncanakan dengan melibatkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui pengaruh ekstrakulikuler angklung terhadap regulasi diri siswa (2) mengetahui faktor penghambat dan pendukung ekstrakulikuler seni musik angklung dalam menumbuhkan regulasi diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah seni musik angklung dapat meningkatkan regulasi diri siswa terutama bagi siswa yang memiliki tingkat intelegensi yang tinggi. Kondisi siswa yang lelah dan sulit berkonsentrasi siswa hanya bisa konsentrasi maksimal 15 menit setelah itu siswa susah fokus dan harus di pancing dengan motivasi dan apresiasi supaya dapat kembali fokus kepada pembimbing ekstra, dalam kegiatan ekstra angklung ini dijumpai kelemahan salah satu diantaranya yakni keterbatasan jumlah angklung dan ketersediaan fasilitas pendukung lainnya.
ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD MUHAMMADIYAH BIAK Qurrata’Ayun, Hanani; Efendi, Didik
ABDAU : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 7 No 1 (2024): JUNI, ABDAU: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Prodi PGMI STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36768/abdau.v7i1.298

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi yang diterapkan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Muhammadiyah Biak serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi oleh guru dalam proses tersebut. Berdasarkan observasi awal, ditemukan bahwa beberapa siswa menunjukkan kurangnya minat dalam mengikuti pembelajaran, yang ditandai dengan perilaku seperti seringnya meminta izin keluar kelas untuk menghindari pelajaran atau berbicara dengan teman sebangku selama proses pembelajaran berlangsung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan data yang dikumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara mendalam dengan guru wali kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa meliputi penggunaan metode pengajaran yang beragam, pemberian motivasi verbal, penghargaan (reward), serta penciptaan lingkungan belajar yang menyenangkan. Namun, terdapat beberapa kendala yang dihadapi guru, seperti kurangnya minat siswa terhadap pelajaran, pengaruh buruk dari teman, serta minimnya perhatian dan pengawasan dari orang tua. Strategi-strategi ini diharapkan dapat diterapkan secara optimal untuk meningkatkan semangat belajar siswa, sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai dengan lebih baik

Page 1 of 1 | Total Record : 9