cover
Contact Name
RIZKI ANANDA
Contact Email
edukasi2019@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
edukasi2019@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
ISSN : 26568063     EISSN : 26568071     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis kebijakan pendidikan, pengelolaan pendidikan, analisis kepemimpinan dan penelitian-penelitian lainnya di bidang praktis pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 37 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 3 (2023): June" : 37 Documents clear
Proses Perubahan Kurikulum K-13 Menjadi Kurikulum Merdeka Haris Firmansyah
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 3 (2023): June
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v5i2.4910

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perubahan kurikulum K-13 ke kurikulum merdeka dan implementasi unsur-unsur pembelajaran kurikulum merdeka. Metode penelitian ini deskriptif kualitatif. Hasil peneitian yaitu pembelajaran yang menekankan kepada peserta didik lebih dilibatkan dalam semua aktivitas pembelajaran sehingga peserta didik yang lebih unggul dalam aktivitas pembelajaran, sedangkan tenaga pendidik hanya sebagai fasilitator dan motivator. Pelaksanaan kurikulum merdeka lebih menyarankan pembelajaran berdiferensisasi, artinya pembelajaran yang di laksanakan berdasarkan minat peserta didik kemudian gaya belajar serta kesiapan belajarnya. Dalam proses pembelajaran kurikulum merdeka, tenaga pendidik membagi kelompok peserta didik dalam bentuk heterogen, contohnya seperti peserta didik yang memiliki kemampuan sedang di campur dengan peserta didik yang memiliki kemampuan tinggi. Model pembelajaran disesuaikan dengan minat dan kemampuan peserta didik. Sehingga guru sebagai fasilitator dan motivator dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar. Implementasi pembelajaran materi masih beracuan pada kurikulum 13 sedangkan tindakan menyesuaikan dengan kurkulum merdeka belajar.
Pemanfaatan Sarana Multimedia dan Media Internet sebagai Alat Pembelajaran yang Efektif Irika Widiasanti; Noval Anki Ramadhan; Muhammad Alfarizi; Aisyah Nur Fairus; Astrid Wardani Oktafiani; Dhiya Thahur
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 3 (2023): June
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v5i3.4939

Abstract

Pemanfaatan multimedia dan media internet dalam proses pembelajaran memiliki keunggulan yang signifikan. Penggunaan teknologi ini dapat meningkatkan efektivitas, daya tarik, dan interaktivitas pembelajaran. Namun, ada beberapa tantangan yang timbul, salah satunya adalah mengelola dan menyajikan materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk menyelidiki pemanfaatan multimedia dan media internet sebagai alat pembelajaran yang efektif. Metode studi literatur digunakan dalam penulisan artikel ini, yang melibatkan analisis dan penggunaan referensi dan penelitian terkait pemanfaatan teknologi multimedia dan internet dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan multimedia dan media internet dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa multimedia dan media internet dapat menjadi alat pembelajaran yang efektif. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran bisa meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, serta memfasilitasi proses pembelajaran yang lebih interaktif dan kreatif.
Pendidikan di Indonesia Berdasarkan Aliran Pendidikan (Konsep dan Praktik) Ruli Hafidah; Sunardi Sunardi
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 3 (2023): June
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v5i3.4987

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis konsep dan praktik pendidikan di Indonesia dipandang dari aliran pendidikan yang bervariatif seperti empirisme, progresivisme, pragmatisme, dan sebagainya. Tulisan ini merupakan hasil studi literatur dari berbagai referensi baik jurnal maupun buku terkait konsep dan praktik pendidikan di Indonesia dikaitkan dengan aliran pendidikan yang ada tersebut. Data-data atau informasi dari berbagai referensi tersebut dianalisis dengan content analysis. Hasil analisis dari tulisan ini adalah pendidikan di Indonesia sebagai sekelompok komponen yang membentuk suatu sistem pembentuk di dalamnya, diantaranya adalah undang-undang atau kebijakan, tujuan pendidikan, peran siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dua hal penting selain hal penting lainnya yang menjadi penekanan konsep pendidikan yang sudah diimplementasikan pemerintah Indonesia saat ini terkait dengan siswa adalah pembentukan pendidikan karakter dan merdeka belajar
Program Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Mengatasi Kecemasan Berbicara Siswa depan Kelas Lilis Lilis; Herdi Herdi
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 3 (2023): June
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v5i3.4907

Abstract

Berbicara di depan kelas adalah kemampuan penting bagi siswa, tetapi banyak yang mengalami kecemasan. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan program layanan bimbingan dan konseling (BK) dalam membantu siswa mengurangi kecemasan berbicara depan kelas. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa program layanan BK dapat membantu siswa dalam mengatasi kecemasan mereka saat berbicara depan kelas. Program layanan BK yang diberikan untuk mengatasi siswa yang mengalami kecemasan saat berbicara depan kelas adalah dengan memberikan layanan BK individual dan layanan BK kelompok. Ada tiga teknik yang bisa dipilih untuk mengatasi kecemasan berbicara siswa di depan kelas, yaitu teknik CBT, REBT dan relaksasi
Analisis Kebutuhan Pengembangan E-LKPD Berbasis ESD untuk Materi Pemanasan Global di Sekolah Dasar Devi Arinda Rakhman; Ghullam Hamdu; Muhammad Rijal Wahid Muharram
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 3 (2023): June
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v5i3.4892

Abstract

Pemanasan global merupakan suatu isu lingkungan yang harus mendapatkan perhatian lebih karena berdampak terhadap semua aspek, maka dengan demikian dalam pencegahan pemanasan global dapat diimplementasikan melalui pembelajaran dengan mengintegrasikan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) dengan berbasis ESD, karena mengintegrasikan tiga pilar, lingkungan, ekonomi dan sosial sehingga pembelajaran  yang telah didapatkan oleh siswa mampu menjadikan pengembangan yang berkelanjutan. Teknologi informasi dan komunikasi berjalan dengan cepat sehingga proses pembelajaran menghadirkan konsep elektronik. Dalam penelitian ini terdapat tujuan untuk mengetahui kebutuhan pengembangan elektronik LKPD, karena berdasarkan hasil di lapangan kurang adanya pengembangan pada materi pemanasan global. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, studi dokumentasi. Analisis ini meliputi analisis kurikulum, analisis LKPD dan analisis siswa. Penelitian ini menunjukan bahwa LKPD yang digunakan saat ini masih belum memenuhi kebutuhan dari peserta didik dan kurangnya pengembangan dari guru sehingga LKPD yang digunakan dalam pembelajaran berasal dari sumber buku tematik dan berbasis cetak, dengan demikian peneliti akan mengembangkan elektronik LKPD yang didalamnya memuat tiga pilar ESD
Keterlaksanaan dan Hambatan Evaluasi Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Menengah Pertama Lilis Lilis; Ani Musyarofah; Deby Naomi; Nursyita Salamah; Aip Badrujaman
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 3 (2023): June
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v5i3.5023

Abstract

Evaluasi program layanan bimbingan dan konseling (BK) seyogyanya selalu dilaksanakan guru BK. Evaluasi yang tepat akan membawa banyak manfaat bagi guru BK, diantaranya, mengembangkan dan memperbaiki program BK ke arah lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan evaluasi program BK di sekolah menengah pertama di Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata diatas 60% responden menjawab telah melaksanakan evaluasi pada tiap item pelaksanaan evaluasi pada program BK. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat tiga faktor penghambat yang paling besar dalam keterlaksanaan evaluasi yaitu pada beban kerja yang terlalu banyak sebanyak 26%, kurangnya anggaran dana sebanyak 23% dan takut kelemahannya diketahui sebanyak 23%.  
Pemanfaatan dan Efektivitas Platfom Digital dalam Pembelajaran English For Nurses Ni Wayan Novi Suryati; Kadek Ary Susandi; Kadek Maya Cyntia Dewi; Putu Rusanti; I Gusti Agung Galuh Wismadewi
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 3 (2023): June
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v5i3.4859

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan dan efektivitas platfom digital sebagai media pembelajaran online pada pembelajaran English for Nurses (EFN). Beberapa platfom digital yang dianalisis yaitu Whatsapp, Zoom Meeting, dan Google Classroom. Penelitian ini menggunakan desain  deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Responden penelitian sebanyak 61 mahasiswa yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling technique. Hasil data pada penelitian ini didapatkan dengan menggunakan angket dengan Google Form, interview, dan observasi serta dianalisa secara kualitatif. Didapatkan hasil bahwa mayoritas responden menyatakan penggunaan platfom digital tersebut sangat membantu dan efektif pada pembelajaran EFN yaitu sebanyak 45.90% menyatakan efektif pada penggunaan Whatsapp, 49.90% responden menyatakan efektif pada penggunaan Zoom Meeting, dan 50.80% responden menyatakan efektif pada penggunaan Google Classroom. Dapat dilihat bahwa urutan efektivitas platfom digital pada pembelajaran EFN adalah penggunaan Google Classroom, Zoom Meeting, dan Whatsapp dengan berbagai fitur-fitur pendukung masing-masing platfom digital tersebut dalam kelancaran pembelajaran EFN. Sehingga, pada hasil penelitian ini didapatkan bahwa platfom digital seperti Google Classroom, Zoom Meeting, dan Whatsapp sangat efektif dalam membantu dan menunjang proses dan kegiatan pembelajaran
Penanaman Nilai Nasionalisme dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Melalui Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter Cucu Sutrisno; Samsuri Samsuri
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 3 (2023): June
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v5i3.4981

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan konsepsi penanaman nilai nasionalisme dalam pendidikan karakter di sekolah melalui Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter. Penelitian ini menggunakan metode analisis konten yang bersifat inferensial berupa proses mendeskripsikan, mengklasifikasi, memaknai dan menyimpulkan penanaman nilai nasionalisme dalam pendidikan karakter di sekolah melalui Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Sumber data yang digunakan adalah dokumen berupa peraturaj perundang-undangan dan modul terkait Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter. Hasil penelitan ini menujukan bahwa kemunculan Gerakan PPK memiliki nuansa politik yang kental karena bermuara dari adanya Program Nawacita dan Gerakan Nasioanl Revolusi Mental. Konsepsi pendidikan karakter melalui Gerakan PPK berupaya mengoptimalisasi setiap aspek dalam pendidikan karakter di sekolah yang mengarah pada penciptaan pendidikan karakter dengan pendekatan komprehensif. Pemaknaan dan interpretasi nilai karakter nasionalsime dalam konsepsi Gerakan PPK perlu di revitalisasi agar lebih komprehensif dan sesuai dengan tantangan zaman di era kontemporer. Sehingga optimalisasi pendidikan karakter melalui Gerakan PPK masih harus lebih dioptimalkan lagi.
Interaktivitas Game Animasi Penunjang Keterampilan Berbahasa Asing Desti Nur Aini; Ayatinah Puspita Kartika Kirana
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 3 (2023): June
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v5i3.5011

Abstract

Sebagai bagian dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi game dapat dijadikan media untuk belajar bahasa asing, dalam hal ini bahasa Mandarin. Game yang berbasis interaktif dan edukatif dengan platform online salah satunya adalah aplikasi “ChineseSkill”. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan aplikasi “ChineseSkill” dan respons pebelajar Bahasa Mandarin terhadap penerapan aplikasi “ChineseSkill” sebagai penunjang keterampilan menyimak dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan hasil wawancara. Sebanyak 26 orang mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang merupakan sumber data penelitian. Observasi dan wawancara digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Data selanjutnya dianalisis dengan menggunakan tahapan dari Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi “ChineseSkill” terlaksana baik ditunjang dengan rancangan fitur yang dapat diatur sedemikian rupa, dan sesuai tahapan dalam pembelajaran. Dari segi interaktif dan edukatif “ChineseSkill” terbukti menjadi media penunjang pembelajaran. Pembelajaran bahasa Mandarin menjadi lebih efektif dan variatif. Respons positif mahasiswa terhadap aplikasi ChineseSkill ditekankan pada keunggulan media dalam pemecahan masalah pembelajaran sehari-hari. Aplikasi ini dapat mengatasi keterbatasan mahasiswa pebelajar secara ruang dan waktu
Pengembangan Media Pembelajaran Couple Card pada Mata Pelajaran OTK Sarpras Kelas XI OTKP SMKN 10 Surabaya Whenny Ismiati Azhar; Ruri Nurul Aeni Wulandari
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 3 (2023): June
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v5i3.5086

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis pengembangan media pembelajaran Couple Card pada mata pelajaran OTK Sarpras kelas XI OTKP SMKN 10 Surabaya; kelayakan media pembelajaran Couple Card pada mata pelajaran OTK Sarpras kelas XI OTKP SMKN 10 Surabaya; dan respon siswa terhadap media pembelajaran Couple Card pada mata pelajaran OTK Sarpras. Metode penelitian menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D) model 4-D. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, lembar validasi ahli media, dan angket respon siswa. Teknik analisis data meliputi analisis validasi ahli materi, analisis validasi ahli bahasa, analisis validasi ahli media, dan analisis angket respon siswa. Hasil penelitian media pembelajaran Couple Card yang dikembangkan memperoleh penilaian dari ahli materi sebesar 97,5%  interpretasi sangat layak, ahli bahasa sebesar 80% interpretasi layak, ahli media sebesar 96% interpretasi sangat layak. Sehingga rerata skor keseluruhan hasil validasi para ahli sebesar 91% interpretasi sangat layak. Hasil dari respon 20 siswa mendapatkan skor keseluruhan 98,5% interpretasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran Couple Card kevalidan sangat layak sehingga dapat digunakan pada proses pembelajaran

Page 1 of 4 | Total Record : 37


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 7, No 5 (2025): Oktober Vol 7, No 4 (2025): Agustus Vol 7, No 2 (2025): In Press Vol 7, No 1 (2025): February Vol 6, No 6 (2024): December Vol 6, No 5 (2024) Vol 6, No 4 (2024) Vol 6, No 3 (2024) Vol 6, No 2 (2024): In Press Vol 6, No 2 (2024) Vol 6, No 1 (2024) Vol 5, No 6 (2023): December Vol 5, No 6 (2023) Vol 5, No 5 (2023) Vol 5, No 5 (2023): October Vol 5, No 4 (2023): August Vol 5, No 4 (2023) Vol 5, No 3 (2023) Vol 5, No 3 (2023): June Vol 5, No 2 (2023) Vol 5, No 2 (2023): April Vol 5, No 1 (2023) Vol 5, No 1 (2023): February Vol 4, No 5 (2022): October Pages 6401-7346 Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400 Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000 Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200 Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600 Vol 4, No 6 (2022): December 2022 Vol 4, No 6 (2022) Vol 4, No 5 (2022) Vol 4, No 4 (2022) Vol 4, No 3 (2022) Vol 4, No 2 (2022) Vol 4, No 1 (2022) Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500 Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500 Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382 Vol 3, No 3 (2021): June Pages 631-1091 Vol 3, No 2 (2021): April Pages 250-630 Vol 3, No 1 (2021): February, Pages 1-260 Vol 3, No 6 (2021) Vol 3, No 5 (2021) Vol 3, No 4 (2021) Vol 3, No 3 (2021) Vol 3, No 2 (2021) Vol 3, No 1 (2021) Vol 2, No 3 (2020): December, Pages 215-250 Vol 2, No 2 (2020): August, Pages 113-214 Vol 2, No 1 (2020): April, Pages 1-112 Vol 2, No 2 (2020) Vol 2, No 1 (2020) Vol 1, No 3 (2019): December Pages 97- 137 Vol 1, No 2 (2019): August Pages 56-96 Vol 1, No 1 (2019): April, Pages 1-55 Vol 1, No 3 (2019) Vol 1, No 2 (2019) Vol 1, No 1 (2019) More Issue