cover
Contact Name
Yuli Ani Setyo Dewi
Contact Email
selingjurnalpgra@gmail.com
Phone
+6281296125801
Journal Mail Official
selingjurnalpgra@gmail.com
Editorial Address
Jl. Hayamwuruk 31 Watesumpak Trowulan Mojokerto Tel / Fax. (0321) 3914242 Mojokerto,
Location
Kab. mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
Seling: Journal of PGRA Study Program
ISSN : 2528083X     EISSN : ISSN2540     DOI : https://doi.org/10.29062/seling.v5i2
Core Subject : Education, Social,
SELING: JOURNAL OF PGRA STUDY PROGRAM accepts manuscripts related to all aspects of Elementary Education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 2 (2024): Juli 2024" : 11 Documents clear
KREASI KAPAS TEMPEL UNTUK MENGEMBANGKAN ART SKILL SISWA KELOMPOK A DI TK MODERN BUNDA SAYANG NGAWI Puspahati, Norma Ken; Wahidah, Anita Solihatul; Elentika, Pramudya
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol. 10 No. 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu dari aspek utama yang harus dikembangkan dari keterampilan anak adalah kemampuan seni (Art Skill). Seni juga mempunyai pengaruh sangat penting guna menstimulasi otak anak dalam perkembangannya. Latar belakang masalah di TK Modern Bunda Sayang adalah kemampuan seni anak masih rendah, didalam menggunakan jari-jari tangan ada beberapa anak yang masih kurang terampil khususnya dalam kegiatan mewarnai, menggunting dan menempel. Hal tersebut disebabkan minimnya pemberian stimulus dalam meningkatkan kemampuan seni pada anak. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan seni anak adalah dengan kegiatan kreasi kapas tempel (kolase). Oleh karena itu, peneliti memilih menggunakan kegiatan kolase dengan bahan kapas. Fokus rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan seni siswa TK Modern Bunda Sayang dan bagaimana mengembangkan kemampuan seni siswa melalui kreasi kapas tempel (kolase). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dimana subyeknya adalah Siswa Kelompok A TK Modern Bunda Sayang, yang berjumlah 17 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pengembangan yang cukup signifikan. Karena hasil dari penelitian target ketuntasan minimal kelas yaitu sebesar 82,35% telah tercapai. Dengan hasil tersebut, kemampuan seni anak yang berada pada keadaan Berkembang Sangat Baik (BSB) sudah semakin banyak. Oleh karena itu, penelitian ini telah berhasil memberikan jawaban dari fokus masalah yaitu kegiatan kreasi kapas tempel (kolase) dapat mengembangkan kemampuan seni siswa TK Modern Bunda Sayang.
Kelas Ramah Anak di Pendidikan Anak Usia Dini Asri, Lailatul Nur; Malaikosa, Yes Matheos Lasarus; Jannah, Miftakhul
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol. 10 No. 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekolah merupakan rumah kedua bagi anak. Sangatlah penting mewujudkan sekolah sebagai lingkungan ramah anak. Kelas ramah anak ialah perwujudan sekolah ramah anak di mana sebagian besar interaksi guru dan anak terjadi di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kajian kepustakaan (literature review). Penelitian ini mengkaji tentang kelas ramah anak pada pendidikan anak usia dini. Untuk bahan kajian, peneliti memilih Peraturan Menteri tentang sekolah ramah anak dan artikel-artikel dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir dengan kata kunci: sekolah ramah anak; lingkungan ramah anak; kelas; TK; dan PAUD. Data-data yang didapatkan dianalisis sesuai topik yang ditentukan dalam penelitian. Setelah itu hasil analisis disajikan dalam tulisan yang terorganisir. Enam komponen penting dalam kelas ramah anak adalah kebijakan sekolah ramah anak, pelaksanaan kurikulum, pendidik dan tenaga kependidikan terlatih hak-hak anak, sarana dan prasarana yang aman dan raah anak, keterlibatan anak, serta partisipasi orang tua dan masyarakat. Kelas ramah anak dapat menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan peserta didik.
LITERASI SAINS MELALUI PENDEKATAN EKSPLORASI LINGKUNGAN DI RA SYAFA'ATUL ULUM Sermila, Sermila; Binsa, Ucik Hidayah; Setyowati, Eny
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol. 10 No. 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Literasi sains pada anak usia dini merupakan fondasi penting untuk pengembangan pemahaman mereka tentang dunia sekitar. Eksplorasi lingkungan memberikan pengalaman langsung yang mendalam, memungkinkan anak-anak untuk membangun pengetahuan mereka tentang alam dan proses ilmiah secara alami. Dalam penelitian ini, Peneliti mengeksplorasi bagaimana interaksi anak-anak usia dini dengan lingkungan mereka memengaruhi literasi sains mereka. Peneliti menggunakan metode observasi dan wawancara untuk memahami bagaimana anak-anak berinteraksi dengan objek dan fenomena alam, serta bagaimana pengalaman tersebut memengaruhi pemahaman mereka tentang konsep ilmiah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksplorasi lingkungan secara aktif mendorong perkembangan literasi sains pada anak usia dini, dengan pengalaman langsung yang memperkuat pemahaman mereka tentang konsep-konsep ilmiah. Implikasi praktis dari penelitian ini mendukung penggunaan pendekatan berbasis lingkungan dalam pendidikan anak usia dini untuk meningkatkan literasi sains mereka.
Efektivitas APE Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Introvert Churiyah, Churiyah; Pamuji, Pamuji
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol. 10 No. 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan berbahasa merupakan aspek penting dalam perkembangan anak yang berperan signifikan dalam proses belajar, komunikasi, dan sosialisasi mereka.Anak-anak dengan kemampuan berbahasa yang baik cenderung lebih mudah memahami pelajaran dan berinteraksi dengan teman sebaya.Namun, kemampuan berbahasa ini bisa sangat bervariasi antar individu, terutama antara anak-anak dengan kepribadian yang berbeda, seperti anak-anak introvert yang cenderung lebih pendiam dan mungkin menghadapi tantangan lebih besar dalam berkomunikasi. Alat Permainan Edukatif (APE) telah lama digunakan sebagai metode untuk merangsang perkembangan kognitif dan bahasa pada anak-anak. Alat Peraga Edukasi ini dibuat untuk menstimulasi anak-anak agar pembelajran jadi menarik melalui belajar sambil bermain, yang membantu anak-anak belajar dengan cara yang menyenangkan dan tidak menekan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengevaluasi efektivitas APE dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak introvert.Metodologi penelitian ini melibatkan pengamatan langsung dan pengukuran kemampuan berbahasa anak-anak introvert sebelum dan sesudah penggunaan APE dalam lingkungan pendidikan. Dari penelitian yang dilakukan dapat menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga ini mampu sangat baik dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak-anak introvert, terutama dalam hal ekspresi verbal dan pemahaman kosakata.Dengan demikian, penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa APE efektif dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak-anak introvert. Hasilnya peneliti mengharapkan mampu menambah pengalaman dan ilmu yang bermanfaat bagi guru, ayah bunda , dan peneliti dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih inklusif dan efektif, serta mendorong pengembangan APE yang lebih tepat sasaran untuk memenuhi kebutuhan spesifik anak-anak introvert. Dalam penelitian ini menggunaka Deskriptif kualitatif.
MENUMBUHKAN PERCAYA DIRI ANAK USIA DINI (USIA 4-6 TAHUN) MELALUI EKSTRAKURIKULER TAPAK SUCI DI TK AISYIYAH 2 NGAWI Jumiarsih, Endang
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol. 10 No. 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Percaya diri merupakan salah satu sifat yang dimiliki oleh seseorang yaitu rasa percaya dan yakin terhadap kemampuan di dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana menumbuhkan percaya diri anak usia dini (usia 4-6 tahun) melalui ekstrakurikuler tapak suci di TK Aisyiyah 2 Ngawi, percaya diri yang dimaksud adalah percaya diri untuk tampil didepan umum. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian di TK Aisyiyah 2 Ngawi, Strategi yang digunakan pelatih ekstrakurikuler tapak suci dalam membantu menumbuhkan percaya diri anak usia dini yaitu dengan pemberian materi baik spiritual dan jasmani. Rangkaian kegiatan tapak suci terbagi menjadi tiga yaitu pembukaan, pemberian materi dan penutup. Materi ini, mengharuskan siswa berani maju dihadapan pelatih dan siswa yang lain. Hal ini dapat menumbuhkan keberanian anak . Melalui rasa percaya diri siswa dapat pentas dihadapan orang banyak seperti pada acara Gebyar Aisyiyah Smart dalam memperigati isro’ mi’roj di Alun-alun Merdeka Ngawi
MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA MELALUI PERMAINAN PAPAN PINTAR ANAK USIA 5-6 TAHUN Khairunnisa, Khairunnisa; Fitri, Emilia; Sit, Masganti; Araminta, Nabilah
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol. 10 No. 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kecerdasan logika matematika merupakan kemampuan anak dalam mengolah angka dan kemahiran dalam menggunakan logika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun melalui aktivitas berhitung dengan menggunakan media papan pintar. Media ini diharapkan dapat membantu anak-anak dalam memahami konsep-konsep dasar matematika dengan cara yang lebih menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan guru dan orang tua untuk mendapatkan informasi mengenai perkembangan anak. Observasi dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung untuk melihat secara langsung bagaimana anak-anak berinteraksi dengan papan pintar. Dokumentasi digunakan untuk mencatat dan mendokumentasikan setiap perkembangan dan perubahan yang terjadi selama penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan papan pintar sebagai media pembelajaran dapat mengoptimalkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun. Anak-anak menjadi lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar matematika. Penggunaan papan pintar juga membantu anak-anak untuk memahami konsep matematika dengan lebih baik sesuai dengan tingkat perkembangan mereka. Anak-anak yang terlibat dalam penelitian ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berhitung mereka setelah bermain dan belajar dengan papan pintar.
ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA LOOSE PARTS PADA PEMBELAJARAN KELOMPOK B DI RA ANANDA Irsalina, Nabila; Azminah, Suhartini Nurul
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol. 10 No. 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya pembelajaran TK yang berbasis lembar kerja, dimana pembelajaran TK seharusnya dilakukan melalui kegiatan bermain dengan berbagai media seperti media loose parts. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media Loose Parts pada pembelajaran kelompok B RA ANANDA, faktor pendukung dan penghambat serta respon anak dalam pembelajaran dengan media loose part. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian wali kelas B1 dan seluruh siswa B1 berjumlah 14 anak. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi serta analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media Loose Parts dilakukan pada tema-tema tertentu, presentase media Loose Parts yang tersedia sekitar 50% dari jumlah keseluruhan siswa, faktor pendukungnya yaitu antusiasme yang tinggi, tersedianya alat atau media Loose Parts yang edukatif, dan lingkungan yang nyaman. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu tidak semua guru dapat mengkreasikan media loose part, perbedaan persepsi orangtua, ada beberapa media Loose Partsyang tidak awet, serta jumlah perbandingan media loose parts dengan jumlah siswa yang kurang memadai. Respon positif anak sangat antusias dan bersemangat, percaya diri dan pantang menyerah, terjadi peningkatan kreativitas, perkembangan bahasa, dan tolong menolong, sedangkan respon negatifnya adalah beberapa anak merasa capek, menyendiri, dan ramai dengan teman.
Higher Order Thinking Skill Melalui Model Pembelajaran STEAM Di Pendidikan Dasar Gusmaniarti, Gusmaniarti; Ishmatunnaila, Ishmatunnaila; Suweleh, Wardah
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol. 10 No. 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kondisi pembelajaran di sekolah dasar saat ini sebagian besar masih monoton. Kondisi ini disebabkan karena pembelajaran secara tradisional dilakukan dengan cara yang dipimpin oleh guru (teacher-centered learning). Tujuan penelitian ini untuk memberikan pemaparan tentang konsep pembelajaran STEAM pada proses berfikir tingkat tingga ( HOTS) para siswa di lembaga sekolah dasar. Metode penelitan yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif mulai dari proses observasi langsung dan melakukan kajian studi pustaka. STEAM dan HOTS Keduanya mendorong siswa untuk berbuat lebih banyak dan sama-sama memiliki konsep kebutuhan sumber daya manusia yang sama di era digital dan revolusi industri 4.0 dan 5.0. Keterampilan berpikir tingkat tinggi diperoleh dari pengalaman siswa mengikuti pembelajaran, sehingga siswa dapat membangun pengetahuan tentang dirinya sendiri, sehingga sadar akan pembelajaran tersebut. Jenis pembelajaran ini menghasilkan siswa yang mampu mengembangkan dan memperoleh keterampilan berpikir dengan kritis dan menyelesaikan masalah sederhana.
IMPLEMENTASI PANDANGAN ABDULLAH NASHIH ULWAN PADA PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI DI RA DARUSSALAM PENATAAN WINONGAN KABUPATEN PASURUAN Ismawati, Putri; Islamiyah, Nurul
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol. 10 No. 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abdullah Nashih Ulwan, seorang cendekiawan Islam, menyarankan beberapa metode yang bisa diterapkan orang tua dalam mendidik anaknya, yaitu: mendidik dengan keteladanan, adat kebiasaan, nasihat, pengawasan, dan hukuman. Namun, ia menganggap kelembutan dan kasih sayang lebih utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pandangan Abdullah Nashih Ulwan pada perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini di RA Darussalam Penataan Winongan Pasuruan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang dilakukan di RA Darussalam Penataan Winongan. Sumber data primer dalam penleitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru sejumlah 3 orang, dan peserta didik RA Darussalam Penataan sejumlah 30 anak. Sedangkan Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mellaui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian data dianalisis menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digunakan pendekatan pembelajaran keteladanan, kebiasaan, nasihat, perhatian/pengawasan, dan hukuman. Evaluasi yang digunakan adalah tes sumatif dan formatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi pandangan Abdullah Nashih Ulwan pada perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini di RA Darussalam Desa Penataan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan tergolong baik.
PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN BAGI ANAK USIA DINI MELALUI GAME EDUKASI DIGITAL Fitri, Ruqqoyyah; Maromi, Choirul
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol. 10 No. 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan salah satu metode yang efektif adalah mengimplementasikan pendidikan pada tingkat dasar, seperti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PAUD penting karena anak usia dini (0-6 tahun) berada dalam masa perkembangan pesat, memerlukan stimulasi dan instruksi tepat. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi efektivitas game edukasi digital “Sea Animal Games” dalam meningkatkan minat, motivasi, dan pemahaman matematika pada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah campuran (mix method) dengan desain explanatory sequential. Partisipan penelitian adalah 40 anak usia dini dari TK Islam Al-Ikhsan. Instrumen penelitian meliputi kuesioner, tes pemahaman, wawancara, observasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam minat dan motivasi belajar matematika, dengan skor kuesioner meningkat dari 3.2 menjadi 4.5, dan pemahaman matematika dasar dari 65 menjadi 85. Wawancara dan observasi juga menunjukkan peningkatan antusiasme, keterlibatan, dan kerjasama anak-anak. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi game edukasi digital dalam pembelajaran matematika efektif dan sesuai dengan karakteristik belajar anak usia dini. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan metode pembelajaran inovatif yang menggabungkan aspek kognitif, emosional, dan sosial, memberikan solusi praktis bagi pendidik dalam menciptakan pembelajaran matematika yang menyenangkan dan efektif.

Page 1 of 2 | Total Record : 11