Journal of English Language Teaching
Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or education, research, and professionalism in Indonesia. The journal provides research and paper to increase awareness, consideration and analysis of issues in Teaching English as Foreign Language, and also promotes the interchange of ideas, and comparative studies in this field.
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 2, No 1 (2013): Serie E"
:
10 Documents
clear
USING THE SUPPOSEMANIA CARDS GAME IN THE PRE-WRITING STAGE IN TEACHING WRITING A NARRATIVE TEXT TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Salma Fitri Dewi;
Muhd Al- Hafizh
Journal of English Language Teaching Vol 2, No 1 (2013): Serie E
Publisher : Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (414.936 KB)
|
DOI: 10.24036/jelt.v2i1.2623
AbstrakSiswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) kesulitan dalam membuat sebuah narrative text. Hal ini disebabkan karena siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) kesulitan mencari ide yang akan dikembangkan menjadi sebuah narrative text. Maka dari itu makalah ini mengusulkan menggunakan supposemania cards game sebagai sebuah aktivitas yang membantu siswa mengumpulkan ide-ide. Permainan ini akan membantu siswa dalam tahap pre-writing yang merupakan tahap yang sangat penting dalam proses menulis. Keuntungan dari permainan ini adalah meningkatkan kemampuan penalaran dan imaginasi siswa dari masalah yang nantinya akan dihadirkan. Dan karena permainan ini dilakukan secara kelompok maka hal ini dapat mengajarkan siswa berbagai jenis keterampilan sosial seperti kerjasama, berkepemimpinan, saling penghormati dan menghargai, dan bersikap adil.Key Words: narrative text, pre-writing stage, teaching writing, supposemania, game
DEVELOPING PATTERN BOOK AS YOUNG LEARNERS’ READING MATERIAL
Wina Trisna;
An Fauzia Rozani Syafe'i
Journal of English Language Teaching Vol 2, No 1 (2013): Serie E
Publisher : Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (825.902 KB)
|
DOI: 10.24036/jelt.v2i1.2628
AbstrakDalam pengajaran reading, ada beberapa material yang bisa digunakan dalam mengajarkan keterampilan ini kepada young learners. Salah satunya yaitu dengan menggunakan pattern book. Penggunaan pattern book dalam belajar reading sangatlah memudahkan young learners untuk memahami suatu bacaan karena adanya gambar yang memudahkan siswa dalam mengilustrasikan sebuah cerita. Selain itu, pattern book juga memberikan pengulangan frasa di dalam kalimat pada cerita yang di hadirkan buku ini sehingga young learners mudah memahami isi cerita dengan baik. Biasanya kebanyakan guru belum menggunakan bahan ajar reading yang menarik minat baca dan memudahkan young learners untuk memahami isi bacaan. Oleh karena itu, pattern book ini dapat digunakan sebagai salah satu materi ajar yang menarik bagi young learners karena adanya gambar dan pengulangan frasa tersebut. Pattern book ini dapat di buat sendiri oleh guru dan isi cerita pun bisa disesuaikan dengan budaya daerah, norma, serta perkembangan kognitif peserta didik yang diajar oleh masing-masing guru. Cara pembuatan materi ajar ini pun tidaklah begitu sulit. Oleh karena itu, makalah ini membahas tentang cara pembuatan pattern book sebagai materi ajar reading untuk young learners. Sebagai dampak dari pembuatan makalah ini, guru EFL untuk young learners dapat membuat pattern book sebagai bahan ajar reading dengan sendirinya. Sehingga guru-guru EFL dapat menjadi guru yang lebih berkompetensi dan kreatif dalam membuat materi ajar.Kata Kunci: young learner, teaching reading to young learners, materials development, pattern book, cognitive development of young learners.
THE ANALYSIS OF SITUATION AND STUDENTS’ NEEDS ON LISTENING MATERIALS FOR SENIOR HIGH SHOOL GRADE XI : A SURVEY STUDY AT SENIOR HIGH SCHOOL 10 PADANG
Siska Melia;
Refnaldi Refnaldi;
Havid Ardi
Journal of English Language Teaching Vol 2, No 1 (2013): Serie E
Publisher : Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (424.653 KB)
|
DOI: 10.24036/jelt.v2i1.2624
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk melihat situasi pengajaran listening skill pada mata pelajaran listening untuk mendapatkan informasi mengenai masalah-masalah yang dihadapi siswa kelas XI SMA N 10 Padang yang berkaitan dengan materi listening skill dan untuk melihat kebutuhan mereka terhadap materi listening skill dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Metode penelitian deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini yang melibatkan seluruh siswa kelas XI SMA N 10 Padang, serta guru Bahasa Inggris kelas XI di SMA N 10 Padang. Angket digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui kebutuhan dan masalah yang dihadapi siswa, sementara untuk mengetahui situasi pengajaran listening dilakukan melalui interview. Berdasarkan hasil penelitian analisa situasi, ditemukan bahwa materi listening skill yang tersedia untuk mendukung kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris masih minim meskipun terdapat fasilitas yang memadai di SMA N 10. Kemudian, untuk penelitian analisa kebutuhan ditemukan bahwa masih banyak siswa yang mendapat kesulitan dalam menguasai listening skill pada mata pelajaran Bahasa Inggris baik dilihat dari segi input, topic, language dan juga task.Key Words: students‟ needs analysis, situation analysis, listening material
JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ LEARNING STRATEGIES AND THEIR ACHIEVEMENT IN SPEAKING: A CASE STUDY AT SMP NEGERI 3 PADANG PANJANG
Yanita Rahmadeni;
Zul Amri;
Aryuliva Adnan
Journal of English Language Teaching Vol 2, No 1 (2013): Serie E
Publisher : Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (653.738 KB)
|
DOI: 10.24036/jelt.v2i1.2629
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk melihat tipe strategi belajar yang paling banyak digunakan oleh siswa. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat bagaimana kemampuan bahasa Inggris siswa melalui strategi belajar yang mereka terapkan dalam belajar. Metode penelitian deskriptif digunakan dalam penelitian ini yang melibatkan 50 siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Padang Panjang sebagai sumber data penelitian. Angket digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan informasi mengenai strategi belajar siswa. Data dari angket dianalisa untuk mengetahui strategi yang paling banyak digunakan siswa. Kemudian data tersebut dibandingkan dengan nilai siswa untuk melihat kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Inggris melalui strategi yang digunakan. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa sebagian besar siswa memilih metacognitive strategi sebagai strategi yang mereka gunakan dalam belajar. Selain itu, dari analisa nilai siswa, sebagian besar siswa yang mendapatkan nilai tertinggi dalam berbicara bahasa Inggris menggunakan metacognitive strategi dalam belajar. Melalui metacognitive strategi, siswa dimudahkan untuk mengevaluasi kemampuan mereka sehingga mereka dapat mengetahui apa yang harus mereka tingkatkan dan bagaimana mereka meningkatkan belajar mereka.Key Words: learning strategies, learning strategies for speaking, learning achievement
USING TURN TAKING STRATEGY TO UPGRADE STUDENTS’ TOLERANCE IN SPEAKING
Suciani Oktisa;
Havid Ardi
Journal of English Language Teaching Vol 2, No 1 (2013): Serie E
Publisher : Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (353.733 KB)
|
DOI: 10.24036/jelt.v2i1.2625
AbstractIn the acceleration class, which students have higher intellegence than common students, some of them tend to dominate talk when they are asked to deliver their opinion about a problem given. Because of that, the writer want to improve English use spread evently and give the same opportunity to all students by using turn taking strategy. This strategy is done in group based on the topic given by teacher.Keywords: Speaking, Turn Taking, Teaching Tolerance
USING THE COPS STRATEGY IN TEACHING WRITING A NARRATIVE TEXT TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Yefi Patria Telaumbanua;
Muhd Al- Hafizh
Journal of English Language Teaching Vol 2, No 1 (2013): Serie E
Publisher : Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (313.724 KB)
|
DOI: 10.24036/jelt.v2i1.2630
AbstrakKeterampilan menulis dirasakan sulit bagi sebagian siswa dikarenakan menulis menuntut siswa untuk mengeluarkan ide-ide terkait dengan topik yang akan mereka kembangkan. Selain itu, siswa dituntut untuk mengikuti aturan penulisan yang benar secara gramatikal dalam menuangkan ide-ide mereka ke dalam bahasa Inggris. Dan sebagai konsekuensinya siswa pun tidak termotivasi dalam menulis. Walaupun sebagian dari siswa mampu menulis, namun mereka kurang percaya diri terhadap tulisan mereka sendiri. Untuk itu ada satu strategi dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis dan membuat siswa lebih termotivasi serta lebih percaya diri terhadap tulisan sendiri, yaitu melalui COPS Strategy. COPS Strategy adalah prosedur pengajaran yang dirancang untuk mengajarkan siswa dalam aturan penulis yang benar yaitu fokus terhadap komponen mekanik yaitu C (Capitalization), O (Organization), P (Punctuation), and S (Spelling). COPS ini merupakan proses editing dan evaluating terhadap tulisan siswa. Strategi ini diharapkan dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa terhadap tulisannya khususnya siswa Sekolah Menengah Pertama. Dengan begitu siswa pun akan lebih menyenangi keterampilan menulis serta lebih termotivasi.Kata kunci: keterampilan menulis, COPS strategy, siswa Sekolah Menengah Pertama
TEACHING SPEAKING THROUGH “THE TRUE OR FALSE GAME” FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Susi Ramadani;
Saunir Saun
Journal of English Language Teaching Vol 2, No 1 (2013): Serie E
Publisher : Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (418.68 KB)
|
DOI: 10.24036/jelt.v2i1.2626
AbstrakPengajaran berbicara bertujuan untuk melatih siswa agar mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan lancar dan benar. Namun kenyataan dilapangan masih banyak siswa mengalami kesulitan berbicara dalam Bahasa Inggris. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti: kurangnya kosakata yang dimiliki siswa, siswa takut salah dalam berbicara, dan siswa lebih cenderung menggunakan bahasa ibu. Oleh karena itu, makalah ini membahas salah satu teknik yang dapat digunakan dalam mengajar keterampilan berbicara melalui permainan True or False. Pada makalah ini penulis mengambil topik mendeskripsikan orang. Dalam permainan ini siswa disuruh menulis sebuah paragraf deskriptif pendek dan menulis tiga buah pernyataan tentang paragraf tersebut. Pernyataan tersebut terdiri dari dua buah pernyataan yang benar dan satu yang salah. Kemudian, mereka disuruh menandai pernyataan yang salah dengan tanda silang. Masing-masing siswa disuruh untuk menampilkan teks di depan kelas dan pernyataan secara bergiliran. Diakhir giliran tiap siswa, anggota kelompok yang lain ditanya pernyataan mana yang menurut mereka salah. Dengan demikian, True or False game diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih baik dalam pengajaran berbicara teks descriptive bagi siswa di SMP.Key words: teaching speaking, true or false game, junior high school students
USING “WHAT IS THE QUESTION GAME” IN TEACHING SPEAKING TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Yong Fikri;
Sunaryo Sunaryo
Journal of English Language Teaching Vol 2, No 1 (2013): Serie E
Publisher : Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (414.824 KB)
|
DOI: 10.24036/jelt.v2i1.2631
AbstractThis article explains about how to apply “what is the question game” in teaching speaking to junior high school students. To do this game, students are divided into four groups and each of group has same amount of students. There are three steps that should be done by the teacher when he/ she applies this game. The first is preparation in which the teacher prepares topic that suitable with this game, lesson plan, material for teaching and media. The second is activity I, in this step the teacher explains expression that are used in introduction. Then, the teacher explains question form of expression of introduction. The third is activity II, the teacher invite students to play “what is the question game” and among this game the teacher sing song together with students. After completing the game, the teacher concludes the lesson at the day and closes the class.Key words: Game, Technique, Junior High School
STUDENTS’ PERCEPTION ON THE USE OF ENGLISH IN BILINGUAL CLASS AT SMP N 1 2X11 ENAM LINGKUNG
Mulia Tina;
Muhammad Zaim;
An Fauzia Rozani Syafei
Journal of English Language Teaching Vol 2, No 1 (2013): Serie E
Publisher : Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (648.082 KB)
|
DOI: 10.24036/jelt.v2i1.2622
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang penggunaan bahasa Inggris dikelas bilingual dan mengetahui penyebab bagus dan buruk persepsi siswa tersebut. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas bilingual tahun ajaran 2012/2013 di SMP N 1 2X11 Enam Lingkung. Sampel berjumlah sebanyak 74 siswa diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 43 siswa memiliki persepsi buruk (poor), 30 siswa memiliki persepsi bagus (good) dan 1 siswa memiliki persepsi sangat bagus (very good). Diperoleh skor rata-rata yaitu 2.63. Skor ini menunjukkan bahwa persepsi siswa bagus (good). 6 siswa yang memiliki persepsi bagus dan buruk di interview untuk mengetahui alasan kenapa mereka memiliki persepsi yang seperti itu. Hasil interview menunjukkan bahwa siswa yang memiliki persepsi bagus menyenangi pembelajaran yang menggunakan bahasa Inggris di kelas bilingual. Jadi, dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang penggunaan bahasa Inggris di kelas bilingual bagus.Key Words: Students’ perception, Bilingual class
USING THE ASIA PARLIAMENTARY DEBATE IN WRITING A HORTATORY EXPOSITION TEXT OF GRADE XI STUDENTS AT DINIYYAH PUTERI PADANG PANJANG
Wilda Hidayati;
Saunir Saun;
Fitrawati Fitrawati
Journal of English Language Teaching Vol 2, No 1 (2013): Serie E
Publisher : Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (504.666 KB)
|
DOI: 10.24036/jelt.v2i1.2627
AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah penggunaan Asia Parliamentary Debate secara signifikan mempengaruhi kemampuan menulis teks Hortatory exposition siswa kelas XI Diniyyah Puteri Padang Panjang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan IPS 2 Diniyyah Puteri Padang Panjang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data adalah tes menulis teks hortatory exposition yang diambil langsung dari siswa pada sebelum dan sesudah penggunaan strategi.. Temuan dari penelitian ini yaitu t hitung > t table, 1,60>1,31 yang berarti penggunaan Asia Parliamentary Debate mempengaruhi kemampuan menulis text hortatory exposition siswa secara signifikan.Key words: Asia Prliamentary Debate, writing, hortatory exposition text.