cover
Contact Name
Maltha Kharisma
Contact Email
psrunp@gmail.com
Phone
+6282284572574
Journal Mail Official
maltha.kharisma@fbs.unp.ac.id
Editorial Address
Universitas Negeri Padang Fakultas Bahasa dan Seni Departemen Seni Rupa Jl. Prof Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar, Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Serupa : The Journal of Art Education
ISSN : -     EISSN : 23023236     DOI : https://doi.org/10.24036/stjae
Core Subject : Education, Art,
Serupa: The Journal of Art Education menyambut baik kiriman yang memberikan wawasan tentang isu-isu terkini dan utama yang berhubungan dengan studi pendidikan maupun seni rupa. Jurnal ini menyediakan tempat bagi para peneliti dan praktisi pendidikan dan seni rupa untuk berdiskusi, mengejar dan mempromosikan pengetahuan di bidang yang muncul dan berkembang dalam studi pendidikan dan seni rupa. Bahasa naskah bisa dalam bahasa Indonesia. Harus ada diskusi kritis tentang masalah dan kontribusi baru dan signifikan untuk bidang terkait. Artikel dapat berasal dari salah satu bidang berikut: Pendidikan seni rupa, Seni Rupa, Kriya, Seni Grafis, Seni Patung, Seni Lukis, Seni Ukir Kayu,.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2022)" : 10 Documents clear
Strategi guru seni rupa dalam melaksanakan pembelajaran pada masa new normal di SMPN 13 Padang putri nabila; Suib Awrus
Serupa The Journal of Art Education Vol 11, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.985 KB) | DOI: 10.24036/stjae.v11i2.116998

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi guru seni rupa dalam mencapai hasil belajar di era new normal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek  penelitian ini adalah 3 orang guru seni budaya dan 1 siswa kelas VII, VIII dan IX di SMPN 13 Padang. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pada saat pembelajaran  new normal, guru menggunakan strategi pembelajaran ekspositorik dan hueristik yang dirasa cocok untuk diterapkan di kelas dalam situasi  new normal. Kesimpulan yang peneliti tarik dari penelitian ini adalah tidak ada strategi khusus yang digunakan  guru seni rupa pada masa new normal, perbedaannya hanya pada alokasi waktu tatap muka yang  lebih singkat.
Epifit dalam Karya Seni Lukis Realis Kontemporer Alvon Paboski
Serupa The Journal of Art Education Vol 11, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (504.8 KB) | DOI: 10.24036/stjae.v11i2.117281

Abstract

Penciptaan karya akhir ini bertujuan untuk memvisualisasikan tumbuhan epifit sebagai metafor dari sikap dan  perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari, bagaimana manusia hendaknya tidak boleh hidup bergantung, mengandalkan, dan apalagi sampai merugikan pihak lain demi kebutuhan  pribadi. Ide penciptaan karya ini adalah bagaimana visualisasi tumbuhan epifit dalam penciptaan seni lukis realis kontemporer.  Metode yang diterapkan dalam karya akhir ini ada beberapa tahapan: (1) Persiapan, (2) Elaborasi, (3) Sintesis, (4) Realisasi Konsep, (5) penyelesaian. Hasil dari pembahasan yaitu tentang bagaimana cara hidup manusia agar jangan seperti parasit. Yang divisualkan dalam bentuk 10 karya: ‘’ (1) Harapan, (2) Lindungan, (3) Rezeki, (4) Genting, (5) Adaptasi, (6) Rumit, (7) Tekanan, (8) Kepekaan, (9) Mandiri, (10) Batas’’.
ANALYSIS OF STUDENT'S LEARNING INTEREST IN COOPERATIVE LEARNING MODEL IN LEARNING ART OF PAINTING AT SMA NEGERI 3 PADANG sindy claudia; Zubaidah Zubaidah
Serupa The Journal of Art Education Vol 11, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.512 KB) | DOI: 10.24036/stjae.v11i2.116809

Abstract

This study aims to analyze students' interest in learning in the cooperative learning model in painting learning at SMA Negeri 3 Padang. This study uses a descriptive qualitative research method. The subjects in this study were 30 students of class X at SMA Negeri 3 Padang. The result of this research is that students' interest in learning in the cooperative learning model of painting at SMA Negeri 3 Padang has a percentage of 72.9%, which means that it belongs to the high category and is of interest to some students. The conclusion that the researcher draws from this study is that students' interest in learning in the cooperative learning model in painting learning can be achieved in class X students' interest in learning at SMA Negeri 3 Padang.
studi tentang bentuk dan teknik anyaman lidi kelapa di kelurahan jalan baru kecamatan pariaman tengah Kurni eka Wulandari; Lisa widiarti
Serupa The Journal of Art Education Vol 11, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.182 KB) | DOI: 10.24036/stjae.v11i2.117759

Abstract

Kerajinan anyaman lidi kelapa di Kelurahan Jalan Baru Kecamatan Pariaman Tengah merupakan kerajinan tradisional yang mana keterampilannya didapat dari proses hasil sosialisasi dari generasi ke gerasi secara informal. Munculnya kerajinan anyaman lidi kelapa di Kelurahan Jalan Baru Kecamatan Pariaman Tengah berawal dari kebutuhan kehidupan sehari hari-hari. Kerajinan anyaman lidi kelapa di Kelurahan Jalan Baru Kecamatan Pariaman Tengah merupakan kerajinan yang perlu mendapatkan perhatian untuk diteliti terutama masalah: (1) Bentuk dari produk anyaman lidi kelapa (2) Teknik yang digunakan dalam pembuatan anyaman lidi kelapa. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian desriptif dengan populasi para pengrajin dan seluruh produk anyaman lidi kelapa di Kelurahan Jalan Baru Kecamatan Pariaman Tengah. Sedangkan yang menjadi sampel penelitian ini adalah hasil produk anyaman lidi kelapa yang masih ditemukan di unit kerajinan anyaman lidi kelapa milik Bapak Ilham saat penelitian berlangsung. Hasil penelitan ini ditemukan dari para pengrajin anyama lidi kelapa di Kelurahan Jalan Baru Kecamatan Pariaman Tengah, bahwa produk yang dihasilkan adalah berbentuk piring, keranjang buah dan tempat tisu. Serta teknik yang digunakan untuk anyaman lidi kelapa adalah teknik anyaman melingkar, silang tunggal, ganda dua, tiga dan kombinasi.
PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS CANVA DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA DUA DIMENSI KELAS X SMA ADABIAH PADANG Nurul Huda; Suib Awrus
Serupa The Journal of Art Education Vol 11, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (459.033 KB) | DOI: 10.24036/stjae.v11i2.117005

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran audio visual berbasis canva yang validtdan praktis sehingga memudahkan peserta didik kelas X SMA Adabiah Padang dalam memahami0imateri seni rupa dua dimensi. Jenisspenelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan00(R&D) yang berisi tentang pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis canva pada pembelajaran seni rupa dua dimensi kelas X. Subjek pada penelitian ini yaitu 115 siswa kelas X SMA Adabiah Padang, dengan 6 siswa sebagai uji coba lapangan utama, 31 siswa sebagai uji coba lapangan operasional dan 77 siswa sebagai tahapan disiminasi. Hasil dalam penelitian diperoleh bahwa media yang dikembangkan layak untuk digunakan, berdasarkan validasi oleh ahli0materi, bahasa, media dan penilaian guru bidang studi dengan persentase yang diperoleh secara berurut yaitu 94,4%, 93,75%, 95,58% dan 95%, dari uji coba yang dijalankan diperoleh hasil uji coba lapangan utama, lapangan operasional dan disiminasi secara berurut yaitu 90,83%, 86,53% dan 77,79%. Kesimpulan yang peneliti ambil dari pengujian ini adalah bahwa media audio visual berbasis canva dalam pembelajaran seni rupa dua dimensi kelas X yang dibuat layak untuk digunakan pada proses pembelajaran di SMA Adabiah Padang.
ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BATIK DI SMK NEGERI 4 PARIAMAN febri alda putri; Suib Awrus
Serupa The Journal of Art Education Vol 11, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.769 KB) | DOI: 10.24036/stjae.v11i2.116978

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran batik di SMK Negeri 4 Pariaman, analisis dilihat dari faktor internal dan eksternal yang menyebabkan rendahnya hasil belajar batik siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII jurusan Kriya Kreatif Batik dan Tekstil serta guru yang mengajar mata pelajaran batik di SMK Negeri 4 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, data dikumpulakn melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis model Miles & Huberman (1984) dan pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan proses pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi ditemukan hasil dari penelitian ini adalah terdapatnya dua faktor yang mempengaruhi hasil belajar batik siswa yaitu faktor internal dan eksternal
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU BERGAMBAR BERBASIS E-BOOK PELAJARAN SENI RUPA DUA DIMENSI DENGAN MEMODIFIKASI OBJEK Nabila Sakinah; Zubaidah Zubaidah
Serupa The Journal of Art Education Vol 11, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.292 KB) | DOI: 10.24036/stjae.v11i2.116917

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran buku bergambar berbasis e-book dengan menggunakan Issue yang praktis dan valid. Dalam pengembangan ini akan menggunakan model 4-D yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (Disseminate). Peneltian ini memiliki keterbatasan waktu karena itu penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan saja. Media pembelajaran buku bergambar berbasis e-book  ini sudah di revisi berdasarkan pendapat dari ahli validator yang terdiri atas 3 orang dosen seni rupa, 1 orang dosen bahasa, dan 1 orang guru seni budaya. Media pembelajaran buku bergambar berbasis e-book ini dikembangkan dengan menggunakan website Issue. Pengembangan yang telah di uji dengan skala skala kecil ini yang terdiri 8 orang murid kelas XI SMAN 1 Painan, Hasil dari Validasi yang di peroleh dari lembar validasi yang sudah diberikan kepada validator yaitu dengan rata-rata 85,57%  yang di nyatakan sangatnvalidmdan hasil uji praktikalitas yang di berikan kepada siswa dinyatakan sangat praktis dengan rata rata 81,27%. Berdasarkan hasil yang di peroleh dapat di simpulkan media pembelajaran buku bergambar berbasis e-book pada materi seni rupa dua dimensi dengan memodifikasi objek telah praktis dan valid.
Ayam Dalam Seni Lukis Ekspresionis Kadiaman Telaumbanua; yasrul sami
Serupa The Journal of Art Education Vol 11, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.339 KB) | DOI: 10.24036/stjae.v11i2.116887

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memvisualisasikan ayam dalam lukisan ekspresionis. Hal ini karena ayam memiliki filosofi dalam kehidupan sosial manusia dalam hal merawat, melindungi dengan cinta, mencari makan dan memberi makan untuk bertahan hidup.Metode penciptaan dalam karya akhir ini dilakukan secara bertahap, dimulai dari persiapan mengamati fenomena yang terjadi secara langsung. Selanjutnya, elaborasi tahap pendalaman, sintesis tahap ide-setting, kemudian realisasi konsep penyiapan sketsa, bahan, alat, dan proses penggarapan karya. Penyelesaian terakhir atau tahap penyelesaian pekerjaan.Sepuluh karya seni yang menggunakan teknik Ekspresionis dengan ukuran 100 x 100 cm bertemakan fenomena sosial dengan ide seekor ayam dalam lukisan ini dikembangkan dengan judul, “Untuk Masa Depan”, “Merdu”, “Harmoni ”, “Pertumbuhan”, “Keindahan”, “Kesempurnaan”, “Kekayaan Hati”, “Kejantanan”, “Mencari”, dan “Melihat ke Depan”.Kata kunci: tari, ilau, homogenisasi budaya, music, tradisional
Penggunaan Metode Demonstrasi dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Seni Rupa Materi Menggambar Model di Kelas VIII.1 SMP Negeri 40 Padang Febri Andika; Zubaidah Zubaidah
Serupa The Journal of Art Education Vol 11, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.766 KB) | DOI: 10.24036/stjae.v11i2.117155

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, permasalahan dalam penelitian adalah kurangnya minat siswa dipembelajaran seni rupa materi menggambar model di kelas VIII.1 SMP Negeri 40 padang. Tujuan dari penelitian tersebut adalah meningkatkan minat siswa dipembelajaran seni rupa pada era new normal melalui metode demonstrasi.  Dari data penelitian memperoleh dengan penerapan metode demonstrasi maka  siswa bisa menumbuhkan minat belajarnya pada pembelajaran seni rupa materi menggambar model dalam kelas VIII.1 SMP Negeri 40 Padang di tahun  2022. Pada prasiklus minat belajar siswa dengan persentase yang diperoleh  senilai 49.1%, sedangkan di siklus I senilai 81,1% dan di siklus II meningkat senilai 92.7%. Dalam prasiklus nilai rata- rata yang didapatkan senilai 56 dan di siklus I rata-rata  siswa terjadi kenaikan 80.31 dan juga mengalami peningkatan di siklus Kedua senilai 87.93. Siswa yang lulus KKM mengalami kenaikan di setiap siklusnya. Pada prasiklus siswa yang tuntas KKM berjumlah 5 siswa dengan pesentase siswa senilai 17.24%. Dalam siklus I siswa yang lulus KKM dengan jumlah 19 orang siswa dengan nilai persentase 65.52% dan di siklus II siswa yang lulus KKM jumlahnya 26 orang siswa dan pesentase 89.66%.
ayam dalam karya seni lukis kontemporer suherman suherman; abd hafiz
Serupa The Journal of Art Education Vol 11, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.95 KB) | DOI: 10.24036/stjae.v11i2.117073

Abstract

Karya ini bertujuan untuk memvisualisasikan  wujud dari perilaku Ayam sebagai gambaran kehidupan manusia ke dalam bentuk seni lukis kontemporer. Metode dan proses karya yang digunakan dalam penciptaan karya lukis ini melalui beberapa tahapan : (1) Persiapan, (2) Elaborasi, (3) Sintesis, (4) Realisasi Konsep, (5) Penyelesaian. Hasil dari pembahasan merupakan visualisasi dari pepatah dan kiasan Ayam sebagai gambaran perilaku manusia yang diwujudkan dalam 10 karya yang berjudul : ‘’ (1) Manyunjuang sangkak ayam, (2) Ayam gadih batua, (3)Talua di ujuang tanduak, (4) Ayam lago sakandang, (5)Ayam aduan, (6) Anak ayam kahilangan induak, (7) Ayam mati di lumbuang padi, (8) Ayam disamba alang, (9) Batalua di gudang padi, (10) Ayam batalua ameh’’

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 14, No 3 (2025): (In Press) Vol 14, No 2 (2025): (In Press) Vol 14, No 1 (2025) Vol 13, No 4 (2024): (In Press) Vol 13, No 3 (2024) Vol 13, No 2 (2024) Vol 13, No 1 (2024) Vol 12, No 4 (2023) Vol 12, No 3 (2023) Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023) Vol 11, No 4 (2022) Vol 11, No 3 (2022) Vol 11, No 2 (2022) Vol 11, No 1 (2022) Vol 10, No 4 (2021) Vol 10, No 3 (2021) Vol 10, No 2 (2021) Vol 10, No 1 (2021) Vol 9, No 3 (2021): Seri D Vol 9, No 4 (2020) Vol 9, No 3 (2020) Vol 9, No 2 (2020) Vol 9, No 1 (2020) Vol 8, No 3 (2020): Seri B Vol 8, No 2 (2019): Seri A Vol 8, No 2 (2019): Seri B Vol 8, No 1 (2019): Seri C Vol 8, No 1 (2019): Seri B Vol 8, No 1 (2019): Seri A Vol 7, No 4 (2019): Seri A Vol 7, No 4 (2019): Seri B Vol 7, No 3 (2019): Seri B Vol 7, No 3 (2019): Seri C Vol 7, No 3 (2019): Seri A Vol 7, No 2 (2018): Seri A Vol 7, No 2 (2018): Seri B Vol 7, No 1 (2018): Seri A Vol 7, No 1 (2018): Seri B Vol 6, No 3 (2018): Seri A Vol 6, No 2 (2018): Seri B Vol 6, No 2 (2018): Seri A Vol 6, No 2 (2018): Seri C Vol 6, No 2 (2018): Seri D Vol 6, No 2 (2018): Seri E Vol 6, No 1 (2017): Seri D Vol 6, No 1 (2017): Seri C Vol 6, No 1 (2017): Seri G Vol 6, No 1 (2017): Seri F Vol 6, No 1 (2017): Seri E Vol 6, No 1 (2017): Seri A Vol 6, No 1 (2017): Seri B Vol 5, No 2 (2017): Seri C Vol 5, No 2 (2017): Seri A Vol 5, No 2 (2017): Seri B Vol 5, No 2 (2017): Seri D Vol 5, No 1 (2016): Seri B Vol 5, No 1 (2016): Seri C Vol 5, No 1 (2016): Seri A Vol 4, No 3 (2016): Seri A Vol 4, No 2 (2016): Seri A Vol 4, No 2 (2016): Seri B Vol 4, No 1 (2015): Seri A Vol 4, No 1 (2015): Seri B Vol 3, No 3 (2015): Seri A Vol 3, No 2 (2015): Seri A Vol 3, No 2 (2015): Seri B Vol 3, No 2 (2015): Seri C Vol 3, No 1 (2014): Seri D Vol 3, No 1 (2014): Seri A Vol 3, No 1 (2014): Seri C Vol 3, No 1 (2014): Seri B Vol 3, No 1 (2014): Seri E Vol 2, No 3 (2014): Seri A Vol 2, No 2 (2014): Seri C Vol 2, No 2 (2014): Seri A Vol 2, No 2 (2014): Seri B Vol 2, No 1 (2013): Seri A Vol 2, No 1 (2013): Seri C Vol 2, No 1 (2013): Seri B Vol 1, No 3 (2013): Seri A Vol 1, No 3 (2013): Seri B Vol 1, No 2 (2013): Seri A Vol 1, No 1 (2012): Seri A Vol 1, No 1 (2012): Seri B More Issue