cover
Contact Name
Tonni Limbong
Contact Email
tonni.budidarma@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
berman_hutahaean@ust.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra
ISSN : 26848600     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Terbit dua kali setiap Tahunnya yaitu Periode I Juni dan Periode II Desember . Pendidikan Bahasa Indonesia & Sastra berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi kajian di bidang Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Metode Pembelajaran, serta penelitian-penelitian lain yang terkait dengan bidang-bidang tersebut.
Arjuna Subject : -
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 Desember 2023" : 19 Documents clear
DOMINASI PENGUASA PENANGANAN COVID-19 DALAM KUMPULAN CERPEN WABAH: KAJIAN HEGEMONI GRAMSCI Suwandi, Suwandi; Affandy, Ali Nuke
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 6 No 2 Desember 2023
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v6i2.2790

Abstract

ABSTRAK Dikuasai dan menguasai selalu terjadi dalam interaksi kehidupan. Yang terpenting hal itu merupakan kesepakatan dan bukan dominasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dominasi penguasa penanganan Covid-19 dalam kumpulan cerpen yang berjudul Wabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra hegemoni Gramsci. Bentuk dominasi dari segi; kebudayaan, kepemimpinan, ideologi, kepercayaan popular, common sense, kaum intelektual, dan negara. Penelitian ini termasuk jenis kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dengan teknik dokumentasi. Sumber data penelitian yakni 16 cerpen yang ada didalam kumpulan cerpen berjudul Wabah. Data yang diambil berupa kalimat, kata, dan frasa. Teknik analisis data dilakukan dengan cara membaca secara berulang kali 16 judul cerpen dengan dialektika dan metode lanjut libat catat. Kemudian melakukan penafsiran dan menyimpulkan. Peneliti menemukan bentuk dominasi penguasa penanganan Covid-19 yang meliputi; kuasa menangani wabah, kuasa Covid-19, kuasa di dunia industri, kebutuhan ekonomi keluarga, penyelewengan bantuan, melanggengkan kepercayaan tradisional, aturan negara, keterbatasan gerak belajar, kuasa orang elit intelektual, dan seksualitas.
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERORIENTASI HOTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI Hasibuan, Asnita; Gultom, Candra Ronitua; Simanungkalit, Widia
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 6 No 2 Desember 2023
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v6i2.3024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII-2 dengan menerapkan model Discovery Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Kegiatan yang dilakukan dalam tahap pelaksanaan terdiri dari lima tahapan sesuai dengan model Discovery Learning, yaitu 1) pemberian rangsangan, 2) pertanyaan/identifikasi masalah, 3) pengumpulan data, 4) pengolahan data, 5) pemeriksaan data serta 6) penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Budi Murni 4 Medan yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan test menulis persuasi setelah menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Data proses dianalisis secara deskriptif kualitatif dan data hasil dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model Discovery Learning yang berorientasi HOTS meningkatkan kemampuan siswa menulis teks persuasi. Pada pra siklus diperoleh bahwa nilai rata-rata 50,07, dan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 8%. Pada siklus I mengalami peningkatan setelah menggunakan model Discovery Learning dengan nilai rata-rata 67,77 dan tingkat ketuntasan secara klaiskal sebesar 38% belum mencapai ketuntasan dalam pembelajaran menulis teks persuasi. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 79,50 dan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 85% sudah mencapai ketuntasan dalam pembelajaran menulis teks persuasi. Sehingga kemampuan menulis teks persuasi menunjukan hasil yang signifikan. Pada siklus I sebesar 38% atau sebanyak 10 siswa, meningkat pada siklus II 85% sebanyak 22 siswa telah berhasil mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditentukan sebelumnya yaitu 75. Model pembelajaran Discovery Learning yang berorientasi HOTS dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis persuasi
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN CERPEN PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA KATOLIK ASSISI MEDAN Marbun, Vivi; Gultom, Candra Ronitua; Tamba, Losten
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 6 No 2 Desember 2023
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v6i2.3065

Abstract

Pengaruh Pendekatan Multimodal Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Teks Ulasan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Panjaitan, Teresia Agustina; Siagian, Beslina Afriani; Saragih, Elza Leyli Lisnora
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 6 No 2 Desember 2023
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v6i2.3076

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan multimodal terhadap kemampuan mengidentifikasi teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian One-Group Pretest Post-test Design. Sampel penelitian ini yaitu berjumlah 30 siswa dengan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian Pretest dan Post-test dengan menggunakan pendekatan multimodal, diperoleh nilai rata-rata Pretest yaitu 60,53 dan Post-test yaitu 77,83. Dari hasil pengujian hipotesis dilakukan uji “t” pada taraf signifikan 0,05 yaitu 1,861 Ttabel. Hasil perhitungan yang dilakukan dapat diketahui bahwa Thitung<Ttabel = -9,6573<1,861. Dengan demikian apabila Ho ditolak, maka Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada pengaruh pendekatan multimodal terhadap kemampuan mengidentifikasi teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan.
KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN MENULIS DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Sundoro, Bekty Tandaningtyas
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 6 No 2 Desember 2023
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v6i2.3108

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai penerapan model pembelajaran untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran menulis di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi. Sumber data penelitian ini yaitu informan, hasil observasi, dan peristiwa. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SMK di kelas Administrasi Perkantoran. Observasi dilakukan dengan pengamatan secara langsung proses pembelajaran di kelas, dan peristiwa yang menjadi data adalah kondisi antara penggunaan model dan tanpa penggunaan model pembelajaran. Penelitian ini membandingkan sebuah proses pembelajaran menulis antara menggunakan model dan tidak menggunakan model. Model yang diterapkan berupa problem based learning. Siswa diberikan masalah berupa bacaan atau teks untuk merangsang ide dan gagasan yang dimunculkan oleh siswa. Masalah yang dibagikan memiliki topik atau tema yang berkaitan dengan siswa dan jurusannya. Hasil penelitian menunjukan penerapan model PBL dapat memberikan kualitas proses yang lebih baik dalam proses pembelajaran menulis. Kualitas proses meningkat dari segi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran menulis.
HUBUNGAN KOMUNIKASI GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 091488 BAHSAMPURAN Simbolon, Christin Dwi Octavianty; Sihombing, Lisbet Novianti; Sijabat, Desi
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 6 No 2 Desember 2023
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v6i2.3112

Abstract

Motivasi belajar adalah sebuah daya penggerak atau pendorong yang berasal dari dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjadi penjamin kelangsungan dalam kegiatan belajar, memberikan arah dalam proses pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Komunikasi merupakan proses dalam penyampaian pesan dari pemberi pesan dengan harapan bisa memberikan pemahaman terutama pada peserta didik yang bertujuan untuk mengubah sikap dan tingkah laku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan komunikasi guru dengan motivasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 091488 Bahsampuran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitaif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah korelasi. Peneliti menetapkan jumlah populasi sebanyak 30 siswa, dan sampel yang sama banyaknya dengan jumlah populasi yaitu 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, rumus normalitas, homogenitas, regresi linier sederhana, koefisien korelasi dan hasil uji-F. Berdasarkan analisis tersebut, disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan mengenai komunikasi guru dengan motivasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 091488 Bahsampuran, karena nilai Fhitung (26,345) > Ftabel (4,20) hal ini menunjukan bahwa komunikasi guru berhubungan dengan motivasi belajar siswa, dan nilai Sig 0.00 < 0.05 hal ini menunjukan bahwa komunikasi guru berhubungan dengan motivasi belajar siswa. Dari hasil uji F di atas dapat dilihat bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema 3 Makanan Sehat Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Di UPTD SDN 122332 Pematang Siantar Lumbantoruan, Wersing; Sirait, Jumaria; Sihombing, Partohap Saut Raja
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 6 No 2 Desember 2023
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v6i2.3115

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada tema 3 makanan sehat subtema 2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh di UPTD SDN 122332 Pematang Siantar. Ada 2 hipotesis dalam penelitian ini yaitu: (ha) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada tema 3 makanan sehat subtema 2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh di UPTD SDN 122332 Pematang Siantar dan (Ho) tidak terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada tema 3 makanan sehat subtema 2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh di UPTD SDN 122332 Pematang Siantar. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan jenis penelitian pre-experimental design dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttes Design. Sampel penelitian ini yaitu berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan uji coba instrument. Hasil uji N-Gain dari analisis data yang dilakukan maka diperoleh hasil uji N-Gain dari hasil tes yang diberikan kepada siswa maka di peroleh,N-Gain 66.7448% Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Penjelasan ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model NHT terhadap hasil belajar siswa kelas V pada subtema 2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh di UPTD SD Negeri 122332 Pematang Siantar.
Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 2 Kelas IV Di UPTD SD Negeri 124394 Pematang Siantar Sinaga, Sartika; Lumbantobing, Minar T; Sitio , Hetdy
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 6 No 2 Desember 2023
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v6i2.3177

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada subtema 2 SD Negeri 124394 pematang siantar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Pre Experimental Design dengan jenis desain one group pretest and posttest design. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 124394 Pematang Siantar sebanyak 28 siswa. Pada pengambilan sampel peneliti menggunakan sampel jenuh, pada penelitian ini peneliti mengambil satu kelas yaitu kelas IV, jadi total sampel pada penelitian ini adalah 28 siswa. Data diperoleh dari instrument tes terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 124394 dengan menggunakan model contextual teaching and learning. Instrument tesdapat diukur dengan menggunakan indicator hasil belajar. Setelah itu dilakukan perhitungan uji-t menggunakan SPSS. Maka dapat diperoleh kesimpilan dari perhitungan tersebut bahwa hasil yang diperoleh dari uji-t pada posttest menggunakan One-sample test diperoleh bahwa thitung = 9.257 > ttabel =2,048 dan sig. (2-tailed) = 0,000 <0,05. Dari hasil tersebut terlihat Ha diterima dan Ho ditolak itu artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV subtema 2 SD Negeri 124394 Pematang Siantar. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa model contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa. Kata kunci: Contextual Teaching And Learning, Hasil Belajar
PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI (SELF- CONFIDENCE) TERHADAP PEMENTASAN DRAMA OLEH MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Sianipar, Vina Merina; Sitorus, Pontas J.; Hutabarat, Sonya
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 6 No 2 Desember 2023
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v6i2.3193

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri (self-confidence) terhadap pementasan drama oleh mahasiswa program studi pendidiksn bahasa dan sastra Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan semester genap tahun ajaran 2022/2023. Metode Penelitian ini adalah metode deskriptif korelasi. Sampel penelitian ini yaitu berjumlah 30 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Data diolah menggunakan teknik uji korelasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh kemampuan terhadap pementasan drama mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia terdapat korelasi yang signifikan antara pengaruh kepercayaan diri (Self Confidence) terhadap pementasan drama. Ternyata ada pengaruh yang positif dan sangat signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,816. Oleh karena itu diharapkan kepada guru maupun dosen untuk menjadikan tingkat kepercayaan diri sebagai sumber motivasi pembelajaran yang dapat membantu meningkatakan pemahaman siswa terhadap kemampuan pementasan drama.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 2 SUBTEMA 3 KELAS V SD NEGERI 091488 BAHSAMPURAN Ambarita, Elisbethy; Purba, Nancy Angelia; Pasaribu, Sunggul
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 6 No 2 Desember 2023
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v6i2.3199

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa pada tema 2 subtema 3 kelas V SD Negeri 091488 Bahsampuran. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental dengan desain penelitian One Group Design Pretest-Posttest. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 091488 Bahsampuran yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji analisis data diperoleh bahwa thitung sebesar 14,394 dan ttabel = 2,048 sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel maka terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa pada tema 2 subtema 3 kelas V SD Negeri 091488 Bahsampuran. Artinya, Ha = diterima dan H0 = ditolak.

Page 1 of 2 | Total Record : 19