cover
Contact Name
Betty Masruroh
Contact Email
jpds.journal@um.ac.id
Phone
+6285733562345
Journal Mail Official
jpds.journal@um.ac.id
Editorial Address
Semarang St. No 5, Malang, Indonesia
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial
ISSN : -     EISSN : 26552469     DOI : https://doi.org/10.17977
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) is a journal focused on articles of research and community service in the field of social science (Ideology, Citizenship, Human Geography, History, Social Studies, Sociology, Politics, Education and Humaniora).
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 1, No. 1, April 2018" : 8 Documents clear
Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills Bagi Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama Siti Awaliyah
Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) Vol. 1, No. 1, April 2018
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.734 KB) | DOI: 10.17977/um032v0i0p48-55

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soal level HOTs, hasil kegiatan, dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan. Metode menggunakan pelatihan. Kegiatan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soal HOTs dilakukan dengan ceramah, kerja individu, kerja kelompok, presentasi, pembahasan, dan penguatan yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari. Hasil kegiatan menunjukkan masih rendahnya kemampuan guru dalam menulis soal HOTs, dari 84 peserta sebanyak 2 soal yang mencapai level HOTs, 2 peserta mencapai level MOTs, dan 80 lainnya masih berada pada level LOTs. Kendala yang dihadapi: (1) 1 instruktur membimbing 84 peserta sehingga tidak dapat maksimal memberikan pendampingan, (2) ruangan tidak kondusif, luas 40 M untuk 84 peserta, panas, (3) peserta tidak pernah menerapkan pembelajaran yang HOTs atau pembelajaran dengan tingkat pengetahuan metakognitif.
Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Artikel Jurnal Bagi Guru-Guru Ips Kabupaten Malang Neni Wahyuningtyas; Nurul Ratnawati
Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) Vol. 1, No. 1, April 2018
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.428 KB) | DOI: 10.17977/um032v0i0p40-47

Abstract

Sebagai guru profesional tentunya harus memiliki berbagai kemampuan, salah satunya adalah kemampuan menulis karya ilmiah. Dengan menulis karya ilmiah selain guru dapat naik pangkat, jabatan dan golongan sehingga mengalami peningkatan karier, guru juga mendapatkan penghargaan dan pengakuan. Namun sayangnya kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa banyak guru-guru yang belum menulis karya ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal maupun menjadi pemakalah pendamping di acara seminar nasional atau regional. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah in-service training program yaitu pelatihan dan pendampingan kepada guru-guru IPS MTs Kabupaten Malang. Adapun langkah-langkah kegiatan yang ditempuh adalah koordinasi, penyemaian informasi, pendampingan, dan evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan jika sebagian besar guru-guru IPS Kabupaten Malang belum paham dan menguasai teknik penulisan karya ilmiah yang sesuai dengan aturan penulisan karya ilmiah. Selain itu peserta juga menjelaskan jika kesulitan mendasar yang banyak dialami dalam menyusun artikel yaitu merasa sulit ketika mengawali membuat penelitian, karena pada dasarnya penelitian ini akan dijadaikan bahan dalan menyusun artikel. Kesulitan ini berawal dari tidak adanya ide yang akan dituangkan dalam penelitian. Ide tidak muncul karena budaya membaca dan menulis belum menjadi kebiasaan. 
Relief Candi Kidal Sebagai Inspirasi Pengembangan Motif Batik Khas Desa Kidal Untuk Pemberdayaan Masyarakat Indah Wahyu Puji Utami; Slamet Sujud Purnawan Jati; Ari Sapto; Lutfiya Ayundasari; Joko Sayono
Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) Vol. 1, No. 1, April 2018
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (551.726 KB) | DOI: 10.17977/um032v0i0p30-39

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengembangkan motif batik khas Desa Kidal untuk pemberdayaan masyarakat. Metode pengembangan yang dilakukan meliputi observasi, eksplorasi ide, perancangan dan perwujudan karya. Mitra yang terlibat dalam kegiatan ini adalah pemerintah Desa Kidal, PKK Desa Kidal, Karang Taruna Garudeya, dan Koperasi Wanita (Kopwan) Melati.. Hasil dari kegiatan ini adalah adanya lima motif batik khas Desa Kidal yaitu Garudeya, ayam, pelipit kakaktua, tumpal, dan lidah api.  Motif tersebut diaplikasikan dalam bentuk canting cap batik. Adanya motif dan canting cap batik memberdayakan 28 perempuan Desa Kidal yang merupakan bagian dari kelompok mitra sehingga mereka bisa mengembangkan produksi batik yang bernilai ekonomi. 
Pelatihan Pembuatan Produk Hukum Desa Di Pemerintahan Desa Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang Didik Sukriono; Desinta Dwi Rapita
Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) Vol. 1, No. 1, April 2018
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (483.146 KB) | DOI: 10.17977/um032v0i0p10-20

Abstract

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa mengakomodasi banyak hal yang muaranya untuk melindungi dan memberdayakan desa agar menjadi lebih kuat, maju, madiri dan demokratis. Dengan demikian, Desa diberikan kepercayaan, amanah dan tanggung jawab untuk mengelola wilayahnya. Salah satu wujud kewenangan desa untuk mengatur kepentingan masyarakatnya adalah melalui pembentukan produk hukum desa untuk mengatur penyelenggaraan pemerintahan desa, mengatur pelaksanaan pembangunan, pembinaan  masyarakat, pemberdayaan masyarakat dan pelayanan umum.Hanya sayangnya belum semua desa menyusun peraturan desa, dan jika sudah membuat peraturan desa belum semua peraturan desanya sesuai dengan kaidah legalislative drafting. Hal ini terjadi hampir diseluruh desa di wilayah Kabupaten Malang, termasuk salah satunya yang berada di wilayah Kecamatan Sumberpucung. Metode palaksanaan kegiatan pengabdian adalah dengan analisis situasi, identifikasi masalah, pelaksanaan pelatihan sebagai pemecahan masalah serta refleksi dan evaluasi. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa banyak desa yang belum mampu membuat produk hukum desa. Awalnya mereka tidak tahu konsep pembuatan produk hukum desa yang sesuai dengan legislative drafting, tapi akhirnya mereka paham dan dapat membuat produk hukum desa bagi desanya masing-masing.
Pelatihan Penyusunan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Media Mindmaple Pada Materi Relief Candi Jago Bagi Guru MGMP Sejarah SMA Se-Kabupaten Malang Ulfatun Nafi'ah; Blasius Suprapta; Daya Negri Wijaya; Deny Yudho Wahyudi
Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) Vol. 1, No. 1, April 2018
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.141 KB) | DOI: 10.17977/um032v0i0p65-72

Abstract

Pembelajaran karakter dalam pembelajaran sejarah menjadi hal yang sangat penting, kurangnya kesadaran sejarah pada peserta didik juga dipengaruhi oleh kreatifitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran berwawasan karakter. Tujuan dari pelatihan penyusunan media pembelajaran bagi guru MGMP sejarah SMA Se-Kabupaten Malang adalah untuk memberi ketrampilan kepada guru sejarah SMA agar dapat menyusun berbagai macam media pembelajaran berbasis nilai-nilai pendidikan karakter pada materi relief candi Jago. Metode yang digunakan yiatu ceramah, pendampingan dan proyek penyusunan media pembelajaran. Hasil pelatihan penyusunan media pembelajaran berbasis MindMalpe yaitu seluruh guru dapat menyusun media pembelajaran sejarah berbasis afektif. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan maka 95% mengatakan kegitan penyusunan media pembelajaran bermanfaat.
Sosialisasi 3-Ends Pada Anak Dan Remaja Sebagai Upaya Pemenuhan Hak Di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi Anggaunita Kiranantika; Rina Natalia; Mei Rita Kumala
Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) Vol. 1, No. 1, April 2018
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.674 KB) | DOI: 10.17977/um032v0i0p1-9

Abstract

Perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh pola asuh yang diberikan orangtua. Pola asuh yang diterapkan oleh setiap keluarga sangat bervariasi. Karakter anak akan ditentukan oleh lingkungan melalui pengalaman yang dibentuk dalam dunia sosialnya, sebagaimana diatur dalam UU no 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan anak dan Kebijakan 3-Ends pada 3 isu nasional yang memfokuskan penghapusan kekerasan, Traffiking, dan Rentan Ekonomi yang. Melalui fokus proiritas ini diharapkan semua kekuatan elemen, pemerhati persoalan ini bersinergi untuk mewujudkan dalam masyarakat. Sehubungan dengan itu, perlulah sekali diadakan sosialisasi 3 Ends di kalangan anak dan remaja dalam masyarakat untuk bisa memaksimalkan hak anak dan partisipasi anak dalam pembangunan yang berkelanjutan. Kegiatan ini dilakukan di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Kegiatan dilakukan dengan Action Research menggunakan Focus Group Discussion kepada anak-anak, remaja dan pendamping yang hadir. Kegiatan ini merupakan pengetahuan baru bagi masyarakat sebagai upaya pemenuhan hak anak yang masih belum dipenuhi secara maksimal. Kegiatan ini diharapkan dapat dilakukan secara terjadwal untuk dapat menanggulangi masalah kekerasan dan human trafficking yang semakin rentan terjadi pada anak dan remaja di Kabupaten Banyuwangi.
Pendidikan Dan Latihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Yang Mengintegrasikan PPK Bagi Guru PPKn MP di Kota Malang Sri Untari
Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) Vol. 1, No. 1, April 2018
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.381 KB) | DOI: 10.17977/um032v0i0p56-64

Abstract

 tujuan pendidikan dan pelatihan ini adalah: (1) Memberikan wawasan tentang Penguatan Pendidikan Karakter (2) Melatihkan penyusunan perangkat pembelajaran antara lain (a) analisis KI, KD dan indikator,RPPPPKn yang mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter. Metode yang dipergunakan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini. Metode yang digunakan adalah metode partisipatif, dengan menekankan pada keikutsertaan penuh dari peserta dalam proses pelatihan, bukan metode ceramah. Peserta didorong untuk mencari, menemukan dan memperoleh pengetahuan/ketrampilan yang dibutuhkan.Pemateri menyampaikan materinya secara singkat dan dilanjutkan dialog terkait dengan implementasi materi dalam pembelajaran di kelas riil.Hasil  pelaksanaan kegiatan (1) wawasan peserta tentang penguatan pendidikan karakter cukup baik, terjadi peningkatan dari hasil pre test yang rata-rata 68.5 meningkat menjadi 82.25 artinya ada peningkatan signifikan sebelum dan sesudah pelatihan; (2)  peserta pelatihan dapat menganalisis KI, KD dan menyusun indikator secara baik, sehingga dapat menyusun RPP mata pelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter utama dari PPK. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan direkomendasikan pada peserta untuk menjadikan RPP sebagai kontrak belajar yang dilaksanakan pada kelasnya. Bagi tim pelaksana perlu melaksanakan desiminasi pada sekolah lain.
Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dengan Program Autoplay untuk Guru-Guru SMPN 2 Balen Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro Fatiya Rosyida; Khofifatu Rohmah Adi
Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) Vol. 1, No. 1, April 2018
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.264 KB) | DOI: 10.17977/um032v0i0p21-29

Abstract

Junior high school teachers have a responsibility to improve the quality of learning. Improving the quality of learning is accompanied by the demands of the times. In the 21st century, information technology is growing rapidly. Therefore, they have to foster their knowledge. The problem in SMPN 2 Balen is most teachers have not used the learning media. Though learning media have the power in transferring information. One of the IT-based media that can be used in learning is autoplay. Learning media with autoplay will make the learning process interesting so that students can be motivated in learning. This is because the program can display text, images, sound and video. Seeing the problems described above, it is necessary to do activities that can improve the ability of teachers in developing and utilizing IT-based learning media, through training of making learning media with autoplay program. This devotion activity aims to help teachers SMPN 2 Balen in improving the quality of learning, especially related to the pedagogical competence of teachers about knowledge and skills in developing and applying media learning with Autoplay program. Training is conducted for 6 months divided into three stages: (1) planning stage, (2) stage of implementation, (3) evaluation phase. Results from activities in the form of learning media products with autoplay program.

Page 1 of 1 | Total Record : 8