cover
Contact Name
Nur Wahidin Ashari
Contact Email
nurwahidin_pmath@uncp.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
nurwahidin_pmath@uncp.ac.id
Editorial Address
Jalan Latammacelling No. 9 B Kota Palopo
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika
ISSN : 26158132     EISSN : 26157667     DOI : 10.30605/proximal
Core Subject : Education,
Proximal publishes research results, literature studies, and scientific papers on mathematics and mathematics education. Published scientific studies include Mathematics Teaching, Development of Mathematics Education, Mathematical Sciences, Applied Mathematics, Actuarial Mathematics, and related fields.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 4 (2025): Volume 8 Nomor 4 Tahun 2025" : 14 Documents clear
Analisis Pemodelan Matematika dalam Menentukan Strategi Optimasi Laba pada UMKM Keripik Tahu Yuka Muhammad Irvan Ardianto; Nita Amalia; Madiyatu Zulfa; Yesi Franita
Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 8 No. 4 (2025): Volume 8 Nomor 4 Tahun 2025
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/proximal.v8i4.6407

Abstract

Setiap pelaku usaha, termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), tentunya ingin memperoleh keuntungan maksimal. Namun, seringkali produksi dilakukan tanpa pertimbangan proporsional terhadap permintaan pasar, yang dapat menyebabkan kelebihan produksi dan kegagalan mencapai laba optimal. Penelitian ini berfokus pada UMKM Keripik Tahu Yuka di Kota Magelang, yang memproduksi berbagai olahan kedelai seperti tahu pong, keripik tahu, pilus tahu, dan rolade tahu. Tujuan penelitian adalah untuk menentukan jumlah produksi optimal dari masing-masing produk guna memaksimalkan laba melalui penerapan model matematika berupa pemrograman linier. Data primer dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur dengan pengelola UMKM, yang mencakup data bahan baku, biaya produksi, harga jual, dan permintaan pasar. Model pemrograman linier yang disusun diselesaikan menggunakan perangkat lunak POM-QM for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mencapai laba maksimum sebesar Rp 2.604.114,00 dalam satu hari, UMKM Keripik Tahu Yuka disarankan untuk memproduksi 291 pak tahu pong, 150 pak keripik tahu, 250 pak rolade tahu, dan 20 pak pilus tahu.
Profil Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru pada Pembelajaran Matematika Djam'an, Nurwati; Fajar Arwadi; Adsyira Almukitra
Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 8 No. 4 (2025): Volume 8 Nomor 4 Tahun 2025
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/proximal.v8i4.6707

Abstract

This study aims to examine the profile of teachers’ Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) in mathematics instruction. The type of research employed is qualitative with a descriptive approach. The research subjects consisted of two Grade VIII mathematics teachers at UPT SMPN 2 Takalar. The instruments used for data collection included a self-assessment questionnaire, observation sheets, field notes, and interview guidelines. The data analysis techniques consisted of: (1) data organization, (2) data presentation, and (3) conclusion drawing. Data validity was ensured through source and technique triangulation. The results of the study indicate that the mathematics teachers’ TPACK is at a very good level, particularly in the areas of developing teaching modules, assessment, classroom management, selecting appropriate technology or instructional media, mastering subject matter, and integrating technological, pedagogical, and content aspects. However, in terms of implementation, several areas need improvement. These include deficiencies in the components of the teaching modules, teaching practices that are not fully aligned with the prepared modules, and instructional methods and strategies that have not been fully optimized to support the effectiveness of learning and students' understanding of statistical content. The process of guiding discussions and question-and-answer sessions needs to be further optimized to encourage more active student participation and promote independent understanding. While the teachers have demonstrated the ability to use technological, pedagogical, and content knowledge separately, there is still a need to enhance the integration of all three components simultaneously in the learning process.
Pengaruh Penerapan Model PjBL dengan Pendekatan STEM Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di SMP Djam'an, Nurwati; Nur Amaliah; Fajar Arwadi
Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 8 No. 4 (2025): Volume 8 Nomor 4 Tahun 2025
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/proximal.v8i4.6716

Abstract

This study aims to examine the effectiveness of implementing the Project-Based Learning (PjBL) model with a STEM approach in enhancing students' mathematical creative thinking skills on the topic of curved-surface solids. The method used is a pre-experimental design with a one-group pretest-posttest design, involving 33 students from Class IX.7 at SMP Negeri 1 Pinrang. Data were collected through creative thinking ability tests, student response questionnaires, and observation sheets of the learning implementation. The results showed a significant improvement in students’ mathematical creative thinking abilities after the application of the PjBL-STEM model, with the average score increasing from 40.58 to 83.23 and an average N-Gain score of 0.71. A total of 60.61% of students reached the "very creative" category, while 39.39% were in the "creative" category. The paired sample t-test revealed a significant difference between pretest and posttest scores (p < 0.05). Thus, the integration of the PjBL model with the STEM approach proved to be effective in improving students’ mathematical creativity through contextual, collaborative, and meaningful project-based learning.
An Analytical Solution of the Generalized Heat Equation Using the Offset Fractional Fourier Transform Nasrullah Bachtiar; Busrah, St. Nurhilmah; Fitriyani Syamsuddin; Wahyuni Ekasasmita
Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 8 No. 4 (2025): Volume 8 Nomor 4 Tahun 2025
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/proximal.v8i4.6872

Abstract

In the present work, the main objective is to explore the solution of generalized heat using the offset fractional Fourier transform. The offset fractional Fourier transform is introduced, related theorems and essential properties are collected. Some examples are presented to illustrate the effectiveness and efficiency of the proposed method.
Optimasi Biaya Distribusi Brownies Amanda Samarinda dengan Metode North West Corner dan Stepping Stone Fendiyanto, Petrus; Kurniawan, Kurniawan
Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 8 No. 4 (2025): Volume 8 Nomor 4 Tahun 2025
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/proximal.v8i4.6994

Abstract

Efficient product distribution is one of the keys to the success of business operations, especially for culinary businesses with a wide sales network such as Brownies Amanda in Samarinda City. With two main outlets, which function as distribution centers, product delivery to several sales points in strategic locations requires optimal logistics cost planning. This study aims to determine a distribution scheme that minimizes the total shipping cost from two outlets located on Jalan Ahmad Yani and Jalan Bung Tomo to four sales points, namely on Jalan Wahid Hasyim, Jalan Slamet Riyadi, Jalan Bhayangkara, and Jalan Ampera (Palaran). The method used in this study is the classic approach in operations research, namely the North West Corner method to obtain an initial solution, which is then refined using the Stepping Stone method to achieve an optimal solution. Based on calculations and analysis, it was found that the optimal solution resulted in a total distribution cost of Rp 111.000, - with a shipping allocation that meets all demand and does not exceed the capacity of each outlet.
Penggunaan Partitioning Around Medoids (PAM) dalam Klasterisasi Tingkat Kesejahteraan Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan Thaha, Irwan; Ja'faruddin, Ja'faruddin; Ningsih, Rika Rahayu
Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 8 No. 4 (2025): Volume 8 Nomor 4 Tahun 2025
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/proximal.v8i4.7083

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif untuk mengelompokkan Tingkat Kesejahteraan Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan menggunakan metode PAM. Algoritma PAM yang biasa dikenal dengan K-Medoids adalah algoritma yang mengimplementasikan objek yaitu medoid sebagai pusat di setiap klaster. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah Umur Harapan Hidup (X1), Angka Melek Huruf  (X2), Persentase Pengeluaran Per Kapita Untuk Makanan (X3), Persentase Penduduk Miskin (X4), Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (X5), dan Gini Rasio (X6) di Sulawesi Selatan Tahun 2023 yang didapat dari  website Badan Pusat Statistik. Data dianalisis dengan mencoba beberapa jumlah klaster k=2,3,4 dan 5 dan dievaluasi menggunakan metode Silhouette Coefficient untuk menentukan jumlah klaster yang paling optimal. Hasil penelitian menunjukkan penerapan algoritma PAM menghasilkan nilai Sillhouette Coefficient sebesar 0,31 dengan jumlah k sebanyak 2 klaster. Klaster 1 terdiri 8 kabupaten/kota yaitu Kep. Selayar, Jeneponto, Pangkajene dan Kepulauan, Enrekang, Luwu, Tana Toraja, Luwu Utara, dan Toraja Utara dengan karakteristik  (X1), (X2), dan  (X5) bernilai rendah, sedangkan (X3), (X4), dan (X6) bernilai tinggi. Klaster 2 terdiri dari 16 kabupaten/kota yaitu Bulukumba, Bantaeng, Takalar, Gowa, Sinjai, Maros, Barru, Bone, Soppeng, Wajo, Sidenreng Rappang, Pinrang, Luwu Timur, Kota Makassar, Kota Palopo, dan Kota Pare-Pare dengan karakteristik (X1), (X2), dan  (X5) yang Tinggi, sedangkan (X3), (X4), dan (X6) bernilai rendah.
Systematic Literature Review: Tren Penelitian Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Rahmawati, Laila; Purnomo, Eko Andy; Mawarsari, Venissa Dian
Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 8 No. 4 (2025): Volume 8 Nomor 4 Tahun 2025
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/proximal.v8i4.7041

Abstract

Problem-solving ability is an essential competency in mathematics learning because it forms the foundation for developing critical, logical, and innovative thinking skills. Therefore, research on its development is of great importance. This study aims to systematically describe research trends in the application of the Problem-Based Learning (PBL) model to improve students’ mathematical problem-solving skills. The approach used is a Systematic Literature Review (SLR) following the Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA) guidelines. A total of 25 articles that met the inclusion and exclusion criteria were analyzed based on publication year, educational level, research subjects, and research methods. The findings show that publications from 2021 to 2025 fluctuate, with 2 (8%), 7 (28%), 5 (20%), 8 (32%), and 3 (12%) articles, respectively. Based on the educational level, 9 (36%) studies were conducted at the elementary level, 10 (40%) at the junior high school level, 5 (20%) at the senior high school/vocational level, and 1 (4%) at the university level. Regarding research subjects, 24 (96%) articles involved students and 1 (4%) involved university students. In terms of methodology, quantitative research was more dominant than qualitative, with 17 (68%) using quantitative approaches and 8 (32%) using qualitative ones. Overall, the SLR results indicate that studies on the implementation of the PBL model in mathematical problem-solving are predominantly quantitative, mostly conducted at the elementary and junior high school levels, and exhibit fluctuating publication trends from 2021 to 2025. Future research is recommended to expand educational levels, diversify research subjects, and combine various methodological approaches for more comprehensive findings.
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin dengan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Ayu Aqilah, Putri; Ihsan, Hisyam; Asyari, Syahrullah
Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 8 No. 4 (2025): Volume 8 Nomor 4 Tahun 2025
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/proximal.v8i4.7092

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe round robin dengan pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika siswa. Urgensi penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar matematika siswa Indonesia yang ditunjukkan oleh studi internasional seperti PISA dan TIMSS, serta masih dominannya pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dan kesulitan memahami konsep matematika secara mendalam. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMAN 2 Bulukumba. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling menggunakan aplikasi spinner untuk mengundi kelas dari sembilan kelas yang ada, dan hasil undian menetapkan Kelas X-6 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata posttest sebesar 84,81 (kategori tinggi) dan gain ternormalisasi sebesar 0,7 (kategori tinggi). Sementara itu, ketuntasan klasikal mencapai 96,29%, melebihi target kriteria ketuntasan minimal sebesar 75%. Uji hipotesis menggunakan one sample t-test dan proportion test mengonfirmasi bahwa hasil belajar mengalami peningkatan signifikan (Sig. < 0,05). Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe round robin dengan pendekatan matematika realistik terbukti berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa. Oleh karena itu, disarankan agar guru menerapkan model ini sebagai alternatif strategi pembelajaran matematika yang kontekstual, dan penelitian lanjutan dapat mengembangkan media atau modul berbasis model tersebut untuk materi lain.
Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Pembelajaran Geometri Yulia, Putri; Lova, Freti Fidria
Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 8 No. 4 (2025): Volume 8 Nomor 4 Tahun 2025
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/proximal.v8i4.7093

Abstract

Geometri merupakan elemen krusial dalam program matematika di beragam tingkat pendidikan, mulai dari sekolah dasar sampai menengah. Berbagai studi mengindikasikan bahwa banyak murid masih menghadapi tantangan dalam membangun pemahaman serta mengaitkan konsep-konsep geometris. Salah satu pendekatan yang sering diteliti untuk mengurangi masalah ini adalah penerapan alat peraga sebagai media nyata dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis meta-analitik mengenai dampak pemakaian alat peraga terhadap pemahaman konsep geometri di berbagai tingkat pendidikan di Indonesia Metode penelitian yang digunakan adalah meta-analisis kuantitatif, dengan meninjau 20 artikel diterbitkan antara tahun 2015–2024 yang memenuhi kriteria inklusi: (1) menggunakan desain eksperimen atau quasi-eksperimen, (2) memuat data statistik yang relevan, dan (3) fokus pada variabel pemahaman konsep geometri. Data dianalisis menggunakan ukuran efek Cohen’s d dan random effect model untuk mengakomodasi heterogenitas antar-studi. Hasil analisis mengungkapkan mengenai penerapan alat peraga memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pemahaman konsep geometri dengan nilai rata-rata ukuran efek (effect size) sebesar 0,82, yang tergolong dalam kategori tinggi. Temuan ini mengindikasikan bahwa alat peraga efektif dalam membantu siswa mentransformasikan konsep abstrak menjadi representasi konkret, sehingga memperkuat proses berpikir visual-spasial dan konstruksi makna geometri. Penelitian ini memberikan bukti empiris yang kuat bahwa alat peraga bukan sekadar media bantu, tetapi merupakan bagian integral dari pembelajaran geometri yang bermakna dan berorientasi pada pemahaman konsep. Melalui penggunaan alat peraga yang terencana, berkelanjutan, dan kreatif, proses pembelajaran matematika dapat bertransformasi dari aktivitas abstrak menjadi pengalaman belajar yang konkret, menarik, dan membangun kemampuan berpikir spasial secara mendalam.
Penelitian Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Diskursus Multy Reprecentary (DMR) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Ampek Angkek Dwi Putri, Nila; Isnaniah, Isnaniah; Arifmiboy, Arifmiboy; Rusdi, Rusdi
Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 8 No. 4 (2025): Volume 8 Nomor 4 Tahun 2025
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/proximal.v8i4.7114

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Negeri 3 Ampek Angkek yang disebabkan oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Diskursus Multy Reprecentary (DMR) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan The Static Group Comparison Design. Sampel penelitian terdiri atas siswa kelas VII. 3 sebagai kelas eksperimen dan VII. 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes uraian kemampuan komunikasi matematis yang telah divalidasi. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan perangkat lunak Minitab pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model DMR dan pembelajaran konvensional (t-hitung = 5,14 > t-tabel = 1,67 : p < 0,05). Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe DMR berpengaruh signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Model ini direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk mengkomunikasikan ide-ide matematis secara lebih jelas dan terstruktur.

Page 1 of 2 | Total Record : 14