cover
Contact Name
Jurnal Tarbiyah Al-Awlad
Contact Email
tarbiyah.alawlad@uinib.ac.id
Phone
+6285274713400
Journal Mail Official
tarbiyah.alawlad@uinib.ac.id
Editorial Address
Prodi Pendidikan Guru Madarasah Ibtidauyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Jl. Prof Mahmud Yunus Lubuk Lintah, Kuranji Kota Padang Sumatera Barat
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar
ISSN : 20868065     EISSN : 2723004X     DOI : https://doi.org/10.xxx/xxxx
Core Subject : Education,
Terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember mulai tahun 2009, setiap volume ada 2 edisi. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan pemikiran orisinil dibidang pendidikan khusus pendidikan dasar atau madrasah ibtidaiyah
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 1 (2023): Vol 13 Nomor 1 (2023)" : 10 Documents clear
Efektivitas Pembelajaran Tematik dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Peserta Didik Kelas V di MIN 3 Kota Padang Muhamad Ikhlas; Remiswal Remiswal; Dwi Nur Umi Rahmawati
Tarbiyah al-Awlad Vol 13, No 1 (2023): Vol 13 Nomor 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v13i1.6398

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran tematik yang diterapkan dalam proses belajar mengajar masih terlihat pemisahan antar mata pelajaran. Proses belajar mengajar sudah menerapkan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 yang menyediakan buku tema, tetapi berdasarkan penelitian belum sepenuhnya menunjang terjadinya proses belajar mengajar yang kondusif, kreatif dan inovatif. Hal yang menyebabkan pembelajaran tematik belum mencapai tahap maksimal adalah kurangnya kepedulian pendidik terhadap kreativitas yang dimiliki peserta didik dan pembelajaran yang berpusat pada pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran tematik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V di MIN 3 Kota Padang dan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran tematik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V di MIN 3 Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment atau eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest yang dilakukan terhadap kelas eksperimen. Populasi pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas V MIN Kota Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dan sampel dari penelitian ini adalah kelas V. Instrument yang digunakan adalah berupa tes Essay sebanyak 10 soal. Teknik analisis data berupa teknik analisis kuantitatif dengan berbantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran tematik dengan langkah-langkah pelaksanaan meliputi, persiapan (Preparation), penyajian (Presentation), menghubungkan (Correlation), menyimpulkan (Generalization), dan penerapan (Application) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Kemudian hasil analisis data diberoleh rata-rata hasil belajar pretest 68,13 dan rata-rata hasil posstest 88,43. Berdasarkan hasil uji-t sehingga diperoleh nilai hitung thitung = 9.256, kemudian ttabel = 2.045 dapat dilihat pada tabel statistik pada signifikasi 0.05, karena thitung > ttabel (9.256 > 2.045), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran tematik di MIN 3 Kota Padang.
Implementasi Metode Jarimatika Guna Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Ayunis, Ayunis; Dorisno, Dorisno
Tarbiyah al-Awlad Vol 13, No 1 (2023): Vol 13 Nomor 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v13i1.6874

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 04 Baringin Kota Padang pada materi perkalian. . Sebab itu,peneliti melaksanakan metode jarimatika untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa pada materi perkalian. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada operasi perkalian sederhana. Fokus penelitian ini pada siswa kelas III SDN 04 Baringin Kecamatan Koto Tangah dengan jumlah siswa 27.  Penelitian ini menggunakan metode  penelitian tindakan kelas. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 3 kali pertemuan.Diakhir siklus diberikan soal-soal penilaian untuk mengetahui keberhasilan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan sesuai dengan jadwal yaitu Siklus I Pertemuan 1, Pertemuan 2 dan Pertemuan 3. Serta siklus II Pertemuan 1, Pertemuan 2, dan Pertemuan 3. Subjek ini adalah seluruh siswa kelas III SD SDN 04 Baringin Kecamatan Koto Tangah yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini menejelaskan bahwa prestasi matematika siswa Kelas III SDN 04 Baringin Kecamatan Koto Tangah dalam perkalian matematika mengalami peningkatan. Setelah menerapkan metode Jarimatika 70 % siswa dapat menyelesaikan operasi perkalian. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada perkalian dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode jarimatika.
Penerapan Model Cooperative Tipe Think Talk Write dalam Peningkatan Hasil Belajar Tematik di Kelas V SDN 37 Anduring Z, Dilla Ardanti; Hidayati, Hidayati; Dorisno, Dorisno
Tarbiyah al-Awlad Vol 13, No 1 (2023): Vol 13 Nomor 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v13i1.6293

Abstract

Judul skripsi ini adalah Penerapan Model Cooperative Tipe Think Talk Write dalam Peningkatan Hasil Belajar Tematik di Kelas V SDN 37 Anduring” ditulis oleh Dilla Ardanti. Z, NIM 1814070105, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan peserta didik saat bekerja sama dalam diskusi kelompok, pendidik belum banyak menggunakan variasi model pembelajaran, dan kurang minat peserta didik dalam pembelajaran tematik dilihat dari hasil belajar peserta didik yang tergolong rendah di buktikan dari 27 peserta didik 44,44% peserta didik yang tuntas nilai MID semester ganjil dan 55,56% peserta didik yang tidak tuntas. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) untuk mengetahui keefektifan penerapan model Cooperative tipe Think Talk Write dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik kelas V SDN 37 Anduring. (2) untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar tematik yang menerapkan model Cooperative tipe Think Talk Write dengan yang tidak menerapkan model Cooperative tipe Think Talk Write pada peserta didik kelas V SDN 37 Anduring. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji “t” dengan pengolahan data menggunakan SPSS Versi 28 dan Ms. Excel. Berdasarkan hasil analisis uji t yang dilakukan dengan bantuan SPSS V.28 diperoleh signifikan α (2-tailed) sebesar 0,003, thitung = 3,097 dan ttabel = 2,018 dengan dasar pengambilan keputusan apabila sig α < 0,05 yaitu 0,003 < 0,05 dan thitung > ttabel yaitu 3,097 > 2,018, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menerapkan model Cooperative Tipe Think Talk Write dengan yang tidak menerapkan model Cooperative Tipe Think Talk Write dan dapat meningkatkan hasil belajar tematik peserta didik Di Kelas V SDN 37 Anduring.
Penerapan Media Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar Dina Liana; Siska Ashari
Tarbiyah al-Awlad Vol 13, No 1 (2023): Vol 13 Nomor 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v13i1.6259

Abstract

In carrying out the learning process in grade 1 elementary school, of course, there are problems, especially in reading skills, but these problems can be solved by means of a teacher's creativity. The purpose of this study was to find out the increase in students' reading skills after applying media images for grade 1 students of elementary school 007 Kotabaru Reteh, Keritang District. The method used by researchers is a qualitative and quantitative method with the type of classroom action research carried out in 3 cycles. The results obtained were that students' reading skills increased after applying learning media with pre-cycle values of 50.5%, cycle 1 57.9%, cycle 2 75.5% and cycle 3 88.9% so it can be concluded that reading ability can increased after applying media images to grade 1 elementary school students.
Model Assure dalam Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Sekolah Dasar zakiyatunnisa al mubarokah; Putri Hardiyanti; Tomi Enramika
Tarbiyah al-Awlad Vol 13, No 1 (2023): Vol 13 Nomor 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v13i1.6257

Abstract

Model Assure merupakan salah satu model yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan tujuan agar media yang diterapkan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Karakteristik pembelajar bahasa tingkat sekolah dasar dengan rentan usia 7-13 tahun adalah memiliki kecenderungan suka bermain dan bersenang-senang dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, guru hendaknya terlebih dahulu memahami dengan baik prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Arab serta karakteristik pembelajar bahasa Arab. Artikel ini disusun untuk menjelaskan konsep model Assure, Model Assure dalam Media Pembelajaran, dan Penerapan Model Assure dalam pembengembangan media pembelajaran bahasa Arab tingkat sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka (library research) dengan berbagai sumber yaitu buku, majalah, artikel, dan jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) tahapan dalam model Assure adalah menganalisis pembelajar, menentukan standar dan tujuan, memilih teknologi, media dan materi, menggunakan teknologi, media dan materi, mengharuskan partisipasi pembelajar, dan mengevaluasi dan merevisi. (2) tahapan dalam menggunakan teknologi, media dan materi pelajaran adalah “5p”: (preview) teknologi, media dan materi; menyiapkan (prepare) teknologi, media dan materi; menyiapkan (prepare) lingkungan; menyiapkan (prepare) pembelajar, dan memberikan (provide) pengalaman belajar, (3) Penerapan model Assure dalam pengembangan media pembelajaran bahasa Arab tingkat sekolah dasar dapat dilakukan sesuai dengan tahap-tahap yang harus dilakukan.
Analisis Implementasi Pembelajaran Tematik Berorientasi Multiple Intelegences di Kelas Rendah SD/MI Rendy Nugraha Frasandy; Sonya Yuliantika
Tarbiyah al-Awlad Vol 13, No 1 (2023): Vol 13 Nomor 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v13i1.6514

Abstract

This research is motivated by the lack of understanding of educators on the intelligence of students. Referring to these problems, thematic learning based on multiple intelligences can develop various intelligences of students in learning. The role of educators is needed in implementing multiple intelligences-based thematic learning for elementary school students. Educators must realize the importance of learning by not only emphasizing one intelligence but also exploring the intelligences possessed by students. The purpose of the study was to analyze the extent to which elementary/MI low grade educators were able to apply thematic learning oriented to multiple intelligences. This research is library research, that is, using library resources to obtain research data on Research and development (R&D) development. The data sources used in this research are books, journals and internet sites related to the chosen topic. Data collection techniques in this study are descriptive and analysis. The data analysis technique in this literature research is analysis at the time of data collection, this is intended to better capture the essence or core of the focus of the research to be carried out through the sources collected and contained in the verbal linguistic formulation, this process is carried out aspect by aspect, in accordance with research map. The results of this study indicate that the application of thematic learning in elementary/MI low grades strongly supports the development of multiple intelligences (multiple intelligences) of students. This is corroborated by the data that the 9 intelligences possessed by students are applied to the theme books for grade 2 SD/MI Theme 1 “live in harmony” Subtheme 1 “live in harmony at home”.
Analisis Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik di SD/MI Zona Aprillia; Rendy Nugraha Frasandy
Tarbiyah al-Awlad Vol 13, No 1 (2023): Vol 13 Nomor 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v13i1.6599

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan dari kurikulum 2013 yang seharusnya pendidikan tematik terpadu mengutamakan keterampilan berpikir tingkat tinggi HOTS (High Order Thinking Skills) serta keterampilan 4C yang meliputi critical thinking, communication and collaboration skills, creativity and innovation skills, and contextual learning skill. Namun pada kenyataannya masih banyak terdapat kemampuan HOTS (High Order Thinking Skills) pada pembelajaran tematik di SD/MI yang masih tergolong rendah. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu permasalah tersebut dapat diatasi dengan perbaikan proses pembelajaran mengunakan penerapan model pembelajaran Discovery Learning.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan Model Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik di SD/MI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan (library research) dengan jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif, yang menggunakan Artikel jurnal sebagai objek yang utama. Sumber data yang menjadi bahan dalam penelitian ini berupa 8 (delapan) Artikel jurnal tentang penerapan model Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik di SD/MI. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Content analysis. Hasil Analisis 8 (delapan) Artikel jurnal tentang penerapan model Discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik di SD/MI ditemukan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik di SD/MI setelah diterapkannya model Discovery learning. Hal tersebut terjadi karena pada saat penerapan langkah-langkah model Discovery learning terdapat indikator-indikator kemampuan berpikir kritis yang dikemukakan oleh Ennis yaitu memberikan penjelasan sederhana terjadi pada saat kegiatan problem statement, Membangun keterampilan dasar terjadi pada saat kegiatan date collaction, memberi tindakan terjadi saat kegiatan date processing, menyimpulkan terjadi saat kegiatan verification, dan yang terakhir, memiliki keyakinan terjadi saat kegiatan generalization. Serta menjadi salah satu referensi model pembelajaran bagi guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik di SD/MI, terlebih lagi pada muatan mata pelajaran IPA dan Matematika selain itu model Discovery learning sangat dianjurkan untuk diterapkan dikelas tinggi IV (empat), karena dalam penerapan Model Discovery learning dikelas IV (empat) mendapatkan hasil yang sangat baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pelajaran tematik SD/MI.
Analisis Kesiapan Mahasiswa Angkatan 2018 Sebagai Calon Pendidik Profesional Zulvia Trinova; Dwi Nur Umi Rahmawati; Ardiana Syahputri
Tarbiyah al-Awlad Vol 13, No 1 (2023): Vol 13 Nomor 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v13i1.6687

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada saat perkuliahan micro teaching dilokal MC-1, masih terdapat mahasiswa yang belum menguasai indikator guru profesional yang terdiri dari: 1) memiliki keterampilan mengajar yang baik, 2) memiliki wawasan yang luas, 3) menguasai kurikulum, 4) menguasai media pembelajaran, 5) penguasaan teknologi, 6) menjadi teladan yang baik, 7) memiliki kepribadian yang baik. Hal yang menyebabkan mahasiswa belum menguasai indikator guru profesional adalah kurangnya penguasaan materi di ruang kelas sehingga kendala dalam penyampaian materi pembelajaran, kurangnya percaya diri, kurang tahu bagaimana mengelola kelas dengan baik, kurang kreativitas dalam menggunakan media sehingga terkesan monoton. Tujuan dilakukkan penelitian ini untuk menganalisis kesiapan mahasiswa angkatan 2018 sebagai calon pendidik profesional pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melakukan perencanaan pembelajaran mahasiswa sudah mampu menyiapkan silabus pembelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan lengkap. Namun dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan komponen keterampilan dasar mengajar yang terdiri dari keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan memberi penguatan, keterampilan bertanya, keterampilan mengelola kelas, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan, serta keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil masih belum dapat dilakukan dengan baik dikarenakan rasa tidak enak yang dimana peserta didik adalah teman sesama mahasiswa. Akan tetapi, setelah melaksanakan perkuliahan micro teaching mahasiswa sudah siap dan mampu menjadi calon guru profesional berdasarkan indikator guru profesional.
Pembelajaran Tipe Team Games Tournament: Upaya Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Hasil Belajar Peserta Didik setria milda putri; Raudhatul Jannah
Tarbiyah al-Awlad Vol 13, No 1 (2023): Vol 13 Nomor 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v13i1.6700

Abstract

Penelitian menyebutkan beberapa keterampilan memiliki peran penting dalam perkembangan dunia anak seperti keterampilan komunikasi dan berkolaborasi. Melalui komunikasi, anak dapat berbagi ide dan mengklarifikasikan pemahamannya tentang sebuah informasi yang didapat. Dewasa ini, beragam model pembelajaran yang memiliki kelebihan dan kekurangan dapat diterapkan dalam mengelola pembelajaran sesuai dengan kebutuhan, termasuk kebutuhan peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang sudah banyak dikenal adalah model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan data bersifat deskriptif. Semua data yang diperoleh dalam penelitian yaitu berupa data wawancara, data pengamatan langsung, maupun dokumen diolah secara deskripsi berupa kata-kata tertulis. Angket yang disebarkan kepada siswa setelah melaksanakan pembelajaran TGT terhadap tingkat komunikasi dan hasil pembelajaran dalam pembelajaran tematik yaitu 14 siswa menyukai pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) atau 80 % siswa memiliki termotivasi dan 4 siswa kurang menyukai pembelajaran tematik model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) atau 20 % siswa kurang termotivasi. Dengan kondisi hasil refleksi tersebut mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada pembelajaran tematik siswa kelas II ternyata dapat menjadikan pembelajaran lebih baik, kreatif, dan menyenangkan.
Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Negeri 18 Anduring Kota Padang Abdul Basit; Besral Besral; Mahmud Mahmud
Tarbiyah al-Awlad Vol 13, No 1 (2023): Vol 13 Nomor 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v13i1.6396

Abstract

The background of this research is that there are still many fifth grade students whose learning outcomes are low, especially in the learning aspect of reading comprehension. Fifth grade students still have difficulties in understanding reading texts. This study wanted to find out and analyze students' reading comprehension skills, reasons for difficulties and alternative solutions to overcome problems in reading comprehension in fifth grade students at SD Negeri 18 Anduring, Padang City. This research approach uses qualitative research subjects 8 students of class V SD. Data obtained through observation, interviews, tests, and documentation. The results of this study indicate that fifth grade students at SD Negeri 18 Anduring, Padang City have sufficient ability in literal comprehension skills and are classified as lacking in interpretive understanding, critical understanding, and creative understanding. Factors causing the difficulty of reading comprehension in fifth grade students of SD Negeri 18 Anduring, Padang City, namely interests and activities in pre-reading, reading, post-reading activities and differences in students' abilities, facilities and infrastructure and school environment and family upbringing. Solutions that can be implemented are changing students' habits to read books, providing facilities and infrastructure, and teachers can apply models, strategies and learning methods that are appropriate for students.

Page 1 of 1 | Total Record : 10