cover
Contact Name
Eko Supraptono
Contact Email
eko@i-rpp.com
Phone
-
Journal Mail Official
eko@i-rpp.com
Editorial Address
Jl. Sampangan Baru IV B / 9 A, SEMARANG, Jawa Tengah
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
ISSN : 25410385     EISSN : 25410393     DOI : -
Core Subject : Education,
The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in the journal are projected to inspire circles of education in conducting innovation in the teaching and learning process.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2021): Edisi Januari - April 2021" : 15 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) L. Z., Ajisarni
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 6, No 1 (2021): Edisi Januari - April 2021
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rendahnya kemampuan guru SMP Negeri 38 Jakarta dalam pelaksanaan standar proses pembelajaran disebabkan oleh lemahnya pengelolaan, pengorganisasian, dan pengembangan institusi. Peningkatan kemampuan guru Jakarta dalam pelaksanaan standar proses pembelajaran harus dititikberatkan pada peningkatan mutu sumber daya manusia, khususnya peningkatan kemampuan guru dalam pelaksanaan standar proses pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dirancang dalam tiga siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru Jakarta sebanyak sebanyak 24 orang. Metode pengumpulan data melalui lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan, reduksi data, paparan data, dan penyimpulan. Validasi data untuk memperoleh keyakinan terhadap kebenaran data penelitian kualitatif, dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata tingkat kemampuan guru pada siklus I sebesar 65,05% yang tergolong kurang, meningkat pada siklus II menjadi 72,14% yang masih tergolong kurang, dan pada siklus III meningkat menjadi 86,70% dengan kategori baik. Pelaksanaan supervisi akademik berbasis TIK yang dilaksanakan di Jakarta mampu meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Hal ini karena proses supervisi akademik yang dilakukan disesuaikan dengan karakteristik guru dan diawali dengan proses pembinaan dan pelatihan dengan rekan sejawat.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI REAKSI REDOKS MELALUI ANIMASI INTERAKTIF Mulyaningsih, Endang
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 6, No 1 (2021): Edisi Januari - April 2021
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran merupakan istilah yang dulu dikenal dengan nama kegiatan belajar dan mengajar. Kesesuaian dan ketepatan penerapan suatu metode mengajar akan dapat mendorong keterlibatan siswa secara aktif dalam kegiatan proses belajar mengajar yang akan memberi peluang besar terhadap pencapaian tujuan pembelajaran. Dalam hal ini penerapan teknologi dalam pendidikan untuk mencapai mutu pendidikan. Menyiapkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing secara global, dan menguasai perkembangan teknologi merupakan hal yang penting untuk semua orang dan penting bagi masa depan suatu negara (Barry & Kanematsu, 2016). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran kimia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 36 siswa di kelas X-MIPA-1 SMA Negeri 86 Jakarta Selatan. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan bahwa keberhasilan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan pemanfaatan animasi-animasi  Interaktif dibuktikan dengan semakin meningkatnya persentase motivasi dari angket yang disebarkan kepada 36 responden dari setiap siklus yaitu 70,59% pada siklus I dan 81,73% pada siklus II. Demikian juga aktivitas guru dalam pembelajaran dengan menggunakan animasi-animasi Interaktif. Pada siklus I persentase keterlaksanaan indikator mencapai 63,3%, kemudian mencapai 86,67% pada siklus II.
PENERAPAN METODE INQUIRY DALAM MATERI AJAR PEWARISAN SIFAT MATA PELAJARAN IPA Sitorus, Erlina Rosmaida
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 6, No 1 (2021): Edisi Januari - April 2021
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mempelajari IPA tidak hanya cukup dengan membaca dan memahami konsep akan tetapi diperlukan pula adanya penerapan metode ilmiah untuk memecahkan permasalahan. Penggunaan metode inquiry pada pembelajaran IPA dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses mentalnya melalui kegiatan pengamatan, pengukuran, dan pengumpulan data untuk mendapatkan suatu kesimpulan. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran dengan metode inquiry, dengan tujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dan prestasi hasil belajar siswa pada kompetensi dasar pewarisan sifat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa  sebesar 17,07 yaitu dari 72,25 pada siklus I dan 89,32 siklus II dengan tingkat ketuntasan sebesar 69,44 % pada siklus I dan 94 pada siklus II. Adapun persentase kemandirian siswa meningkat sebesar 73,75% pada siklus I menjadi 84,38% pada siklus II. Oleh karena itu disimpulkan bahwa penggunaan metode inquiry efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa.
PENGEMBANGAN KEMAMPUAN TEKS RECOUNT LISAN BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ABSORB LEARNING Harlina, Erma
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 6, No 1 (2021): Edisi Januari - April 2021
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kurang pahamnya siswa dalam menentukan strategi pembelajaran menyampaikan isi teks recount sehingga sering menyulitkan siswa dalam memahaminya dan sering menjadi masalah dalam tujuan pembelajaran tersebut tidak tercapai. Strategi pembelajaran siswa akan terganggu karena kurang pemahaman materi pelajaran yang harusnya menjadi kunci sukses dalam menguasai materi secara utuh dan baik. Dengan begitu peneliti melakukan kajian agar siswa mudah memahami materi isi teks recount dengan mudah. Penggunaan metode Absorb Learning ini dapat dijadikan pilihan dalam mengajarkan keterampilan memahami teks recount lisan kepada siswa. Metode ini mempunyai kelebihan yaitu dapat mempermudah siswa dalam mengungkapkan ide-ide tentang bahan simakan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di kelas XII-IPS-4 SMA Negeri 67 Jakarta Timur. Berdasarkan data yang diperoleh, nilai akhir siklus 1 adalah 58.68, nilai akhir siklus 2 adalah 68.60, dan nilai akhir siklus 3 adalah 71.63. Untuk nilai akhir setiap siklus dihitung dengan cara menjumlahkan hasil aktivitas siswa menjawab pertanyaan dengan persentase sebesar 30% dan menceritakan kembali dengan persentase sebesar 70%.
PENERAPAN SUPERVISI KLINIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENGEMBANGKAN INSTRUMEN TES EVALUASI -, Mariyem
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 6, No 1 (2021): Edisi Januari - April 2021
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kemampuan sejumlah guru, khususnya guru kelas di SD Negeri Sukareja 04 Kecamatan Warureja diketahui dalam mengembangkan instrumen tes masih kurang. Berdasarkan hasil penilaian terhadap dua jenis instrumen tes yang disusun guru dapat diketahui bahwa rerata nilai instrumen tes jawaban singkat sebesar 62; sedangkan rata-rata nilai instrumen pilihan ganda sebesar 61. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan instrumen tes, sehingga evaluasi pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilaksanakan melalui proses pengkajian yang bersifat siklikal. Subjek penelitian ini adalah guru kelas yang memiliki pengalaman mengajar kurang dari 5 tahun sejumlah 3 orang. Sementara itu, objek penelitian tindakan ini adalah peningkatan kemampuan guru dalam mengembangkan instrumen tes. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan guru dalam mengembangkan instrumen tes dapat ditingkatkan melalui penerapan supervisi klinis. Peningkatan itu terjadi pada kemampuan mengembangkan instrumen tes jawaban singkat maupun instrumen tes pilihan ganda. 3. Dan penerapan supervisi klinis terbukti mampu meningkatkan minat guru dalam mengembangkan instrumen tes, yakni nilai minat pada siklus 179 menjadi 93.
UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI GURU DALAM KEGIATAN KKG MELALUI PENERAPAN KARTU KENDALI -, Mujiyono
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 6, No 1 (2021): Edisi Januari - April 2021
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dewi Sartika merupakan salah satu gugus di Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal. Selama ini, kegiatan KKG di Dewi Sartika sudah berjalan dengan baik. Akan tetapi tampak adanya kekurangan sehingga kemampuan guru tidak dapat meningkat secara tajam. Kekurangan tersebut menurut pengamatan karena kehadiran guru yang kurang maksimal. Kehadiran guru yang kurang maksimal tersebut dapat dilihat dari beberapa pertemuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan  kehadiran dan partisipasi  guru  dalam kegiatan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan. Banyaknya siklus dalam penelitian tindakan ini adalah sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu planning, acting, observing, reflecting. Berdasarkan hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan kartu kendali mampu meningkatkan kehadiran dan partisipasi guru dalam kegiatan di Gugus Dewi Sartika. Dibuktikan pada siklus II, diperoleh rata-rata peningkatan kehadiran guru sebesar 91,7%, lebih tinggi 1,7 dari 90% yang diharapkan. Jadi, penggunaan kartu kendali yang dilakukan cukup memberikan pengaruh pada peningkatan kehadiran dan partisipasi guru dalam kegiatan.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN MELALUI PEMBACAAN DONGENG Ratnaningrum, Sri
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 6, No 1 (2021): Edisi Januari - April 2021
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Prestasi belajar mengajar siswa sekolah dasar rata – rata kurang memuaskan. Hal ini disebabkan kurangnya minat membaca dan menulis dan motivasi belajar terhadap pelajaran Bahasa Indonesia yang merupakan kelompok ilmu sosial, sehingga perlu ditunjang adanya motivasi dan minat baca yang tinggi dari para siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia ini. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat membaca dan menulis permulaan siswa melalui dongeng.. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari siklus – siklus. Tiap – tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahannya yang dicapai, seperti yang telah dibuat dalam faktor – faktor yang diselidiki. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan, hasil pembelajaran penguasaan materi Bahasa Indonesia sesudah diadakan perbaikan siklus I adalah siswa yang menguasai materi adalah 17 (60,71 %). Setelah diadakan perbaikan siklus II penguasaan materi Bahasa Indonesia maka siswa yang menguasai materi 19 (67,86 %) dan setelah diadakan perbaikan siklus III penguasaan materi Bahasa Indonesia maka siswa yang menguasai materi adalah 26 (92,86 %) dan siswa yang menguasai materi kurang adalah 2 (7,14%) dari 28 siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui dongeng dapat meningkatkan minat dan hasil belajar membaca dan menulis permulaan pada siswa.
PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN KARTU SUKU KATA SISWA USIA 5-6 TAHUN -, Resmiwati
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 6, No 1 (2021): Edisi Januari - April 2021
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan membaca yang siswa peroleh pada usia dini dikenal dengan pengembangan membaca permulaan. Kondisi kemampuan membaca permulaan di TK Sawunggalih dipengaruhi oleh berbagai faktor yang membuat kemampuan membaca permulaan masih rendah dan perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan kemampuan membaca permulaan siswa usia 5-6 tahun melalui permainan kartu suku kata dan perubahan positif perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran tersebut. Pengambilan data dengan instrumen yang terdiri atas lembar observasi, lembar studi trustworthiness dan dokumentasi foto kegiatan serta lembar pengamatan catatan sebagai pendukung. Analisis data dilakukan secara kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian pra siklus dan siklus I menunjukkan peningkatan kemampuan membaca permulaan, yakni 44,64%. Hal ini sudah memenuhi target penilaian yang ditentukan karena sudah melampaui kriteria minimal peningkatan kemampuan membaca permulaan, yakni 20%. Sehingga penelitian dihentikan pada siklus 1. Inovasi model pembelajaran dalam penelitian ini adalah penggunaan permainan suku kata dengan mengajarkan konsep membaca konkret terlebih dahulu untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai dasar pengembangan kegiatan pembelajaran membaca permulaan dan dapat dijadikan referensi bagi penelitian lain.
PENINGKATAN KUALITAS PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI KEGIATAN BIMBINGAN SEMINAR BERKELANJUTAN Miad, Marjuki
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 6, No 1 (2021): Edisi Januari - April 2021
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru memiliki peran sebagai desainer (perencana), implementor (pelaksana), dan evaluator (penilai) kegiatan pembelajaran. Sebagai desainer (perencana), guru berkewajiban menyusun silabus dan RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP melalui bimbingan secara berkelanjutan dan mengadakan seminar hasil RPP. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang berlokasi di SMA Negeri 108 Pesanggrahan, Jakarta Selatan dengan subyek penelitian berjumlah 34 orang guru. Penelitian ini menggunakan instrumen yang meliputi panduan wawancara, lembar observasi, dan catatan hasil diskusi. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP. Pada siklus I nilai rata-rata komponen RPP 69%,pada siklus II mengalami peningkatan sejumlah 14% sehingga nilai rata-rata menjadi 83%. Bimbingan secara berkelanjutan dan mengadakan seminar hasil dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP. Berdasarkan hasil pengamatan pada saat wawancara dan bimbingan pengembangan/penyusunan RPP, guru menunjukkan keseriusan dalam memahami dan menyusun RPP.
UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI MENGHITUNG OPERASI PERKALIAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE -, Nafisah
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 6, No 1 (2021): Edisi Januari - April 2021
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran merupakan hal utama yang didambakan dalam melaksanakan pendidikan di Madrasah. Langkah guru dalam menetapkan model pembelajaran yang tepat untuk menyampaikan materi pelajaran di kelas merupakan salah satu penentu keberhasilan, sehingga peningkatan hasil belajar peserta didik dapat tercapai. Hal tersebut perlu ditingkatkan melalui implementasi Model Pembelajaran take and give. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas III.1 MIN I Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 26 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh data Pada siklus 1 untuk nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh  sudah mencapai indikator yang ditetapkan, tetapi untuk persentase ketuntasan masih di bawah indikator yang ditetapkan. Pada siklus 2 rata-rata kelasnya mencapai 90,77. Peserta didik yang tuntas sebanyak 23 orang (88%) dan yang tidak tuntas sebanyak 3 orang (12%) dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60. Pada siklus 2 hasil belajar yang diperoleh sudah mencapai indikator yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi model pembelajaran take and give dapat meningkatkan hasil  belajar  peserta didik . Hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan model pembelajaran take and give pada materi operasi hitung perkalian untuk meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik.

Page 1 of 2 | Total Record : 15