cover
Contact Name
Eko Supraptono
Contact Email
eko@i-rpp.com
Phone
-
Journal Mail Official
eko@i-rpp.com
Editorial Address
Jl. Sampangan Baru IV B / 9 A, SEMARANG, Jawa Tengah
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
ISSN : 25410385     EISSN : 25410393     DOI : -
Core Subject : Education,
The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in the journal are projected to inspire circles of education in conducting innovation in the teaching and learning process.
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021" : 13 Documents clear
DIKSI DAN CITRAAN PADA NOVEL ARAH LANGKAH SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS Mulanto, Ade; Purwanto, Burhan Eko; Sari, Vita Ika
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 6, No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan pentingnya pemahaman kata-kata dalam membaca suatu novel. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) diksi pada novel Arah Langkah karya Fiersa Besari. (2) Citraan pada Novel Arah Langkah karya Fiersa besari. (3) Mendeskripsikan Implikasi penggunaan diksi dan citraan pada novel Arah Langkah karya Fiersa Besari terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Sumber data yang digunakan adalah buku Arah Langkah karya Fiersa Besari terbitan Media kita tahun 2018. Wujud data yang digunakan adalah penggalan novel yang termuat dalam buku Arah Langkah karya Fiersa Besari yang mengandung diksi dan citraan. Pengumpulan data menggunakan teknik baca, simak, dan catat. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Pada tahap penyajian digunakan metode formal. Hasil penelitian yang ditemukan pada novel Arah Langah karya Fiersa Besari , yaitu Diksi yang paling banyak digunakan yaitu kata dengan realitas alam, sedangkan citraan yang paling banyak ditemukan yaitu citraan penglihatan. Tema yang terkandung dalam diksi dan citraan dalam novel dominan pada persahabatan, cinta dan petualangan Implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA, yaitu hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif unuk bahan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA, karena di dalamnya terdapat nilai moral, religius, dan banyak menampilkan budaya Indonesia dari berbagai ras dan suku.
ANALISIS KESALAHAN BAHASA INDONESIA PADA RUANG PUBLIK DAN IMPLIKASI TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS Ayu, Adetya Nurlita; Mulyati, Sri; Nirmala, Afsun Aulia
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 6, No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti bentuk-bentuk kesalahan bahasa Indonesia terutama kesalahan ejaan dan kata baku pada ruang publik di Universitas Pancasakti Tegal dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber data yang berasal dari tulisan dalam papan pengumuman, spanduk serta brosur yang berada di kawasan gedung rektorat Universitas Pancasakti Tegal. Wujud data penelitian ini yaitu tulisan kesalahan ejaan dan kata baku. Teknik penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal. Metode analisis yang digunakan yaitu metode padan. Hasil penelitian menujukan bahwa terdapat kesalahan ejaan dan kata baku. Kesalahan ejaan dan kata baku meliputi (1) kesalahan penggunaan huruf miring, (2) kesalahan tanda baca, (3) kesalahan penggunaan singkatan, (4) kesalahan penggunaan huruf kapital, (5) kesalahan penulisan, dan (6) penggunaan kata baku. Hasil penelitian ini diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI semester genap dengan kurikulum 2013 pada KD 3.15 Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah.
PENGGUNAAN BAHASA ALAY DI KALANGAN REMAJA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Yanti, Aulia Puji; Triana, Leli; Nirmala, Afsun Aulia
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 6, No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa alay yang digunakan remaja Desa Mejabung Panggung di Facebook dan Memaparkan implikasi hasil penelitian ini terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang ditemukan dalam penelitian ini diidentifikasikan dengan cara meneliti kembali data yang sudah diperoleh. Teknik yang digunakan yaitu teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode padan. Penelitian ini Memaparkan implikasi hasil penelitian ini terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Hasil penelitian penggunaan bahasa alay pada remaja Mejabung Kota Tegal di Facebook ditemukan 1. Dua puluh empat data yang sudah dipersentasekan, penggunaan huruf kapital 20%, pengurangan dan penambahan huruf 25%, penggunaan angka 8%, penggunaan bahasa daerah 17%, penggunaan bahasa asing 17%, dan mengganti huruf 13%. Semua data sudah dianalisis sesuai dengan prosedur penelitian yang ditentukan. 2. Hasil penelitian diimplikasikan terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP kelas VIII semester 1(satu) menggunakan kurikulum 2013, KD 3.4 Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar, KD 4.4 Menyajikan gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis. Berdasarkan simpulan di atas, maka disarankan penelitian ini dapat bermanfaat bagi siswa untuk belajar tentang surat pribadi dan surat dinas.
PERCAKAPAN PEMBAWA ACARA ROSI SPESIAL DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA JENJANG SMA Pratiwi, Rizky Nurulita; Purwanto, Burhan Eko; Khotimah, Khusnul
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 6, No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Implikatur digunakan untuk menjelaskan apa yang mungkin diartikan, disarankan, atau dimaksudkan berbeda dengan apa yang dikatakan. Implikatur percakapan diartikan sebagai maksud atau makna yang terkandung dalam suatu ujaran yang tidak dinyatakan secara langsung. Penelitian ini mengkaji tentang implikatur percakapan pada tuturan pembawa acara Rosi Spesial di Kompas TV dan percakapan pada tuturan pembawa acara Rosi Spesial di Kompas TV dan  implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini adalah  mendeskripsikan jenis, fungsi dan tujuan implikatur percakapan yang digunakan pembawa acara   Rosi Spesial di Kompas TV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah percakapan pada acara Talk show Rosi  Spesial di Kompas TV. Teknik  penyediaan  data  penelitian  ini  adalah teknik simak, rekam, dan catat. Analisis data menggunakan metode padan pragmatis dengan teknik pilah unsur penentu. Penyajian hasil analisis data  penelitian ini menggunakan penyajian hasil analisis data secara informal. Terdapat tiga jenis  implikatur percakapan yang didapat dalam penelitian ini yaitu Implikatur Percakapan Umum, Implikatur Percakapan Khusus dan Praanggapan. Jenis implikatur yang paling banyak ditemui  yaitu Implikatur Percakapan khusus terdapat 27 data dari 60 data. Hasil penelitian dapat   diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas X (Sepuluh) semester genap pada materi debat pada saat pendahuluan dan kegiatan inti pembelajaran, karena dalam debat  peserta didik dapat mengekspresikan dan menyimpulkan sesuatu sesuai apa yang dirasakan dan didapatkan. Saran yang dapat diberikan terkait  penelitian ini diharapkan dapat membantu pembaca  dalam memahami  kajian ilmu  bahasa, karena  dapat  dijadikan  pembelajaran nilai- nilai positif dalam tindak tutur, serta dapat dijadikan referensi untuk penelitian selanjutnya yang lebih baik.
EUFEMISME PADA BERITA SURAT KABAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Priani, Suci Nia; Purwanto, Burhan Eko; Riyanto, Agus
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 6, No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk ungkapan dan skala pengukuran kesantunan berbahasa dalam berita surat kabar Tribunjateng.com edaran bulan Februari-Maret 2020 dan mendeskripsikan implikasi penggunaan eufemisme terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah wacana atau teks berita surat kabar Tribunjateng.com edaran bulan Februari-Maret 2020. Wujud data dalam penelitian ini adalah data tertulis berupa penggalan pada teks berita surat kabar Tribunjateng.com edaran bulan Februari-Maret 2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik baca dan teknik catat. Analisis data yang dilakukan yaitu metode padan dengan teknik lanjutannya menggunakan teknik pilah unsur penentu. Hasil penelitian menunjukan bahwa ditemukan bentuk ungkapan eufemisme yaitu (1) penggunaan singkatan yang berupa inisialen, akronim, dan bentuk yang dibakukan, (2) penggunaan serapan, (3) penggunaan istilah asing, (4) penggunaan metafora, dan (5) penggunaan perifrasis. Dari ke lima ungkapan tersebut kemudian diukur menggunakan skala kesantunan berbahasa yang berupa skala kerugian-keuntungan (cost-benefit-scale) dan skala ketaklangsungan (indirectness scale). Hasil penelitian ini diimplikasikan dalam pelajaran bahasa Indonesia di SMP kelas VIII pada KD (4.1) Menyimpulkan isi dari berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar.
MENIGKATKAN PROFESIONALISME GURU SMPN 1 ANGGABERI DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI PEMBELAJARAN MELALUI SUVERVISI KLINIS -, Ratnawati
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 6, No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru sudah seharusnya selalu meningkatkan kemampuannya dalam kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran, hal itu supaya pembelajaran yang dicapai akan berjalan secara optimal. Namun, hasil pengamatan di SMP Negeri 1 Anggaberi menunjukkan terdapat berbagai masalah yang dialami guru yaitu (1) dalam  menyusun administrasi pembelajaran banyak dilakukan copy paste (2) tidak dimanfaatkannya internet sebagai sumber referensi dalam menyusun administrasi pembelajaran, dan (3) guru tidak paham mengenai apa yang mereka tulis berkait administrasi pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dilakukan kegiatan supervisi klinis berkaitan dengan administrasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan sikap profesionalisme guru menyusun administrasi guru melalui kegiatan supervisi klinis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan observasi. Wawancara dalam hal ini digunakan untuk memperoleh data mengenai administrasi guru dalam menyusun RPP, sedangkan observasi digunakan untuk memperoleh kompetensi dan pemahaman guru berkaitan dengan penyusunan RPP. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kompetensi profesionalisme guru dalam menyusun RPP tatap muka terbatas sebesar 26% setelah peneliti melaksanakan tindakan supervisi klinis.
UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH MELALUI PEMBIMBINGAN BERKELANJUTAN Sulistiyono, Joko
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 6, No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga administrasi terutama dalam pengelolaan administrasi sekolah. Tenaga administrasi sekolah berfungsi sebagai pengelola administrasi sekolah yang berkaitan dengan pengelolaan administrasi kepegawaian, keuangan, sarana dan prasarana, hubungan masyarakat, persuratan/ pengarsipan, kesiswaan, kurikulum dan layanan khusus. Adapun subyek penelitian adalah tenaga administrasi sekolah SMP Negeri 2 Punggelan, sedang obyeknya adalah administrasi sekolah yang berkaitan dengan pengelolaan administrasi kepegawaian, keuangan, sarana dan prasarana, hubungan masyarakat, persuratan dan pengarsipan, kesiswaan, kurikulum dan layanan khusus.. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan. Dalam penelitian tindakan sekolah ini menggunakan dua teknik analisis data dengan memperhatikan jenis data yang dikumpulkan, yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian pada kondisi awal tingkat kompetensi tenaga administrasi sekolah rata – rata 57,61% (Katagori Sangat Kurang), kompetensi tenaga administrasi sekolah dalam pengelolaan administrasi sekolah rata rata mengalami peningkatan dari 57,61% pada kondisi awal/pra siklus menjadi 72,94% pada siklus I dan meningkat menjadi 88,83% (Katagori Baik) pada siklus II. Peningkatan rata – rata persentase kompetensi tenaga administrasi sekolah, dalam pengelolaan administrasi sekolah tidak lepas dari pembimbingan berkelanjutan dari Kepala Sekolah.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL BELAJAR PICTURE AND PICTURE PADA MATERI BHINNEKA TUNGGAL IKA Suleman, Sulastri
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 6, No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Anggaberi mengalami berbagai permasalahan seperti rendahnya hasil belajar yang belum optimal  dan tidak adanya semangat belajar dalam diri siswa, berdasarkan hasil observasi ditemukan beberapa hal mengenai pembelajaran PPKN yaitu guru mengajar menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilakukan upaya tindakan kelas supaya hasil belajar mengalami perbaikan, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture. Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembahasan materi keberagaman masyarakat Indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklusnya terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan persentase hasil belajar secara klasikal 78% dengan predikat cukup pada pertemuan pertama kegiatan siklus 1 dan mengalami peningkatan pada pertemuan kedua dengan persentase hasil belajar secara klasikal mencapai 85% dengan predikat baik, dan terjadi peningkatan kualitatif dari predikat cukup meningkat menjadi predikat baik. Pada kegiatan tindakan siklus 2 juga tampak peningkatan hasil belajar secara klasikal dari 88% dengan predikat baik menjadi 94% dengan predikat sangat baik.
UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH MELALUI PEMBIMBINGAN BERKELANJUTAN Sulistiyono, Joko
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 6, No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga administrasi terutama dalam pengelolaan administrasi sekolah. Tenaga administrasi sekolah berfungsi sebagai pengelola administrasi sekolah yang berkaitan dengan pengelolaan administrasi kepegawaian, keuangan, sarana dan prasarana, hubungan masyarakat, persuratan/ pengarsipan, kesiswaan, kurikulum dan layanan khusus. Adapun subyek penelitian adalah tenaga administrasi sekolah SMP Negeri 2 Punggelan, sedang obyeknya adalah administrasi sekolah yang berkaitan dengan pengelolaan administrasi kepegawaian, keuangan, sarana dan prasarana, hubungan masyarakat, persuratan dan pengarsipan, kesiswaan, kurikulum dan layanan khusus.. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan. Dalam penelitian tindakan sekolah ini menggunakan dua teknik analisis data dengan memperhatikan jenis data yang dikumpulkan, yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian pada kondisi awal tingkat kompetensi tenaga administrasi sekolah rata – rata 57,61% (Katagori Sangat Kurang), kompetensi tenaga administrasi sekolah dalam pengelolaan administrasi sekolah rata rata mengalami peningkatan dari 57,61% pada kondisi awal/pra siklus menjadi 72,94% pada siklus I dan meningkat menjadi 88,83% (Katagori Baik) pada siklus II. Peningkatan rata – rata persentase kompetensi tenaga administrasi sekolah, dalam pengelolaan administrasi sekolah tidak lepas dari pembimbingan berkelanjutan dari Kepala Sekolah.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI BAHASAN SENYAWA HIDROKARBON DENGAN METODE KOOPERATIF JIGSAW PADA KELAS XI IPA -, Purianti
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 6, No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran Kimia pada materi Hidrokarbon di SMA Negeri Unggul Subulussalam masih tergolong rendah, hal itu dibuktikan dengan hasil belajar yang belum mencapai kriteria kentuntasan minimal. Selain itu berdasarkan hasil observasi ditemukan berbagai masalah lain yang menyebabkan hasil belajar kurang maksimal diantaranya adanya pemikiran bahwa pembelajaran pada materi tersebut sulit dipelajari dan kurangnya variasi guru dalam menerapkan suatu metode, sehingga apa yang diajarkan kurang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilakukan upaya tindakan kelas supaya hasil belajar mengalami perbaikan, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar Bidang Studi Kimia pada Pokok Bahasan Senyawa Hidrokarbon. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode PTK (penelitian tindakan kelas) yang terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Selain itu tindakan dalam penelitian dilakukan sebanyak dua siklus.  Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I sebesar 60,00, sedangkan pada siklus II sebesar 80,17.

Page 1 of 2 | Total Record : 13