cover
Contact Name
LEILI KURNIA GUSTINI, S.SOS.,M.SI
Contact Email
leili.kg@gmail.com
Phone
+628122174505
Journal Mail Official
komversal@plb.ac.id
Editorial Address
Jl. Pahlawan No. 59 Bandung 40123 Telp. (022) 2506500, Fax. (022) 2512564
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Komversal: Jurnal Komunikasi Universal
ISSN : 24778028     EISSN : 25026151     DOI : 10.38204
Core Subject : Social,
Jurnal KOMVERSAL : Jurnal Komunikasi Universal, terbit dua kali dalam setahun pada bulan Pebruari dan September. Tulisan difokuskan pada pemikiran dan penelitian kontemporer Ilmu Komunikasi dalam berbagai sudut pandang.
Articles 61 Documents
Pesan Dalam Tarian Topeng Panji Cirebon Genik Puji Yuhanda
KOMVERSAL Vol 1 No 1 (2019): Komversal : Jurnal Komunikasi Universal
Publisher : Program Studi Hubungan Masyarakat Politeknik LP3I

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/komversal.v1i1.126

Abstract

Topeng Panji Cirebon merupakan jenis topeng yang ditarikan di awal pertunjukan, namun paling sulit ditarikan. Gerak dan musiknya sangat berlawanan. Gerak yang banyak diamnya, statis dan monoton, namun musiknya yang cepat dan keras, membuat jenis topeng ini memiliki keistimewaan tersendiri. Oleh karena itu, hanya sedikit dalang topeng Cirebon yang dapat mempertunjukkan tarian ini kepada penontonnya. “Pesan Dalam Tarian Topeng Panji Cirebon”, adalah judul dari skripsi, yang dipilih atas dasar keunikan seperti yang telah disebutkan di awal. Pertunjukan tari topeng Panji Cirebon mempunyai daya tarik tersendiri, karena di dalamnya terdapat pesan-pesan moral yang disampaikan kepada umat manusia untuk direnungkan dan diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Masalah yang ingin diketahui lebih jauh dari topeng Panji Cirebon, dapat diidentifikasi dalam bentuk pertanyaan: 1) Bagaimanakah topeng Panji Cirebon dimaknai sebagai suatu pesan yang diungkapkan melalui gerak dan musik dalam konteks kehidupan masyarakat Cirebon? dan 2) Bagaimana pesan moral itu disampaikan melalui topeng Panji Cirebon?. Kedua permasalahan tersebut sama lain berkaitan sehingga dapat mengungkap pesan dalam tarian topeng Panji Cirebon. Di dalam membahas kedua permasalahan tersebut di atas sudah barang tentu memerlukan berbagai disiplin ilmu dan pendekatan teoritis. Oleh karena itu, pendekatan etnografi digunakan sebagai perangkat yang dipandang dapat mengungkapkan permasalahan di atas tadi. Pendekatan etnografi merupakan salah satu perangkat yang di dalamnya dapat mengungkapkan aspek pesan dalam tarian topeng Panji Cirebon, karena memerlukan keterampilan untuk mengkaji bahasa atau pesan sebagai budaya dari suatu masyarakat (masyarakat Cirebon). Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa pesan dalam tarian topeng Panji Cirebon, yang diungkapkan melalui gerak dan musiknya, memiliki makna-makna luhur dalam kehidupan manusia. Pesan-pesan moral di dalamnya dianjurkan agar dapat dilakukan oleh umat manusia pada kehidupan sehari-hari, sehingga kebahagiaan dan keselamatan akan datang bagi orang yang melaksanakan ajaran tersebut. Pesan-pesan dalam tarian topeng Panji Cirebon tidak lain berasal dari pedoman hidup umat Islam, yaitu Al-Qur’an dan As- Sunnah.
Pengembangan Model Komunikasi Pemasaran Koperasi Jasa Keuangan Syariah Di Jawa Barat Ilham Gemiharto
KOMVERSAL Vol 1 No 1 (2019): Komversal : Jurnal Komunikasi Universal
Publisher : Program Studi Hubungan Masyarakat Politeknik LP3I

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/komversal.v1i1.128

Abstract

Tulisan ini membahas hasil penelitian mengenai pengembangan model komunikasi pemasaran bagi koperasi sebagai upaya penguatan kelembagaan ekonomi masyarakat dengan mengambil studi kasus pengembangan model komunikasi pemasaran salah satu koperasi jasa keuangan syariah di Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Sektor pemasaran bagi lembaga koperasi yang memiliki usaha dalam bidang keuangan merupakan sektor yang vital untuk dapat terus berkembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dan teknik analisis data deskriptif. Penelitian ini mengevaluasi model komunikasi pemasaran yang selama ini dijalankan oleh koperasi sebagai suatu lembaga ekonomi masyarakat. Dengan mengambil studi kasus dari koperasi jasa keuangan syariah di Kabupaten Bogor, melalui penelitian ini dikembangkan suatu model komunikasi pemasaran yang lebih memadai bagi koperasi yang bergerak dalam bidang keuangan dan pembiayaan berbasis syariah yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Dari hasil penelitian ditemukan beberapa faktor yang menyebabkan tertinggalnya badan usaha koperasi dibandingkan badan usaha lainnya jika dilihat dari aspek komunikasi pemasarannya. Diantaranya adalah biaya operasional yang relatif tinggi sedangkan bagi hasil rendah, jenis layanan masih terbatas, produk kurang dikenal pasar, rendahnya kompetensi pengurus koperasi, belum menerapkan teknik pemasaran yang efektif, dan wilayah pemasarannya masih bersifat lokal.
Sikap Siswa Sma Di Kota Bandung Terhadap Informasi Mengenai Program Studi Di Perguruan Tinggi Negeri Indonesia Meria Octavianti
KOMVERSAL Vol 1 No 1 (2019): Komversal : Jurnal Komunikasi Universal
Publisher : Program Studi Hubungan Masyarakat Politeknik LP3I

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/komversal.v1i1.129

Abstract

Ketidakpastian akan dialami oleh setiap siswa SMA, khususnya Kelas XII yang akan segera mengakhiri masa studinya di jenjang pendidikan menengah atas. Mereka harus menatap jauh ke depan, menentukan pilihan mengenai program studi yang akan mereka pilih ketika mereka melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Di Indonesia, khususnya Kota Bandung, perguruan tinggi negeri masih menjadi pilihan favorit bagi para siswa SMA. Jumlah perguruan tinggi negeri yang tidak sebanding dengan banyaknya calon mahasiswa, menjadikan persaingan yang sangat ketat di antara sesama pendaftar. Informasi yang tepat dan lengkap diperlukan untuk penentuan sikap dalam pegambilan keputusan pemilihan program studi. Berdasarkan paparan di atas, maka penelitian ini berusaha untuk mengungkap sikap siswa SMA di Kota Bandung terhadap informasi mengenai perguruan tinggi negeri. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik survey. Kuesioner akan digunakan untuk mendapatkan data primer, dan wawancara serta kajian pustaka untuk mendapatkan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri Kelas XII di Kota Bandung, dimana Multistage Cluster Sampling digunakan untuk menentukan sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara khusus, media yang paling banyak memberikan kontribusi mengenai informasi program studi adalah website resmi perguruan tinggi tersebut. Tetapi secara umum, media interpersonal masih memberikan kontribusi yang relatif tinggi dalam pencarian informasi program studi oleh siswa SMA Kelas XII. Dengan adanya informasi yang disampaikan melalui berbagai media, baik interpersonal, massa, maupun internet, pengetahuan (kognitif) dan keyakinan (afektif) siswa SMA Kelas XII mengenai program studi yang akan mereka pilih menjadi tinggi. Kondisi tersebut cenderung mendorong mereka untuk memilih program studi yang sesuai dengan minat dan harapan mereka.
Pemaknaan Suami Tentang Buruh Migran Perempuan: Studi Kasus Di Kabupaten Indramayu Slamet Mulyana; Teddy Kurnia Wirakusumah
KOMVERSAL Vol 1 No 1 (2019): Komversal : Jurnal Komunikasi Universal
Publisher : Program Studi Hubungan Masyarakat Politeknik LP3I

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/komversal.v1i1.130

Abstract

Pengambilan keputusan migrasi adalah proses besar dalam keluarga buruh migran, khususnya suami bersama istrinya. Pilihan mengizinkan istri menjadi buruh migran di luar negeri telah membawa dampak terhadap relasi domestik yang terjadi dalam keluarga, termasuk di dalamnya relasi suami-istri, relasi suami-anak, relasi istri-anak. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pemaknaan subjektif suami tentang buruh migran perempuan, yang dilihat dari persepsi suami yang informan mengenai “istri yang menjadi buruh migran’ serta persepsi suami informan terhadap pandangan-pandangan orang lain tentang ‘istri menjadi buruh migran’. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Lokasi penelitian di Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu dengan narasumber dipilih secara purposif adalah suami yang istrinya sedang atau pernah menjadi buruh migran di luar negeri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi suami yang menjadi informan mengenai “istri yang menjadi buruh migran’ bervariasi dari mulai istri menjadi buruh migran adalah pilihan yang baik, kemudian pilihan yang biasa-biasa saja, dan pilihan yang terpaksa dilakukan. Sementara persepsi suami informan terhadap pandangan orang lain tentang ‘istri menjadi buruh migran’ juga bervariasi dari mulai pandangan orang lain tentang istri menjadi buruh migran adalah pandangan yang biasa saja, pandangan orang lain merupakan kritik sekaligus sebagai masukan yang berharga, dan pandangan yang seringkali membuat kesal.
Interaksionisme Simbolik Antara Staf Humas Pemerintah Dengan “Wartawan Tanpa Media Massa” Apriliyanti
KOMVERSAL Vol 1 No 1 (2019): Komversal : Jurnal Komunikasi Universal
Publisher : Program Studi Hubungan Masyarakat Politeknik LP3I

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/komversal.v1i1.131

Abstract

Wartawan atau insan pers yang jujur dan bersih, jumlahnya kini sangat banyak di berbagai kawasan di tanah air. Wartawan memiliki tanggung jawab moral terhadap media tempat mereka bernaung dan lebih luas lagi terhadap khalayak atau publik. Humas sebagai mitranya harus selalu siap menjawab pertanyaan dan memenuhi permintaan wartawan akan fakta-fakta penting yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat, yang pasti sangat beraneka. Dalam penelitian ini, istilah yang akan digunakan untuk menyebut “wartawan” semacam ini adalah “Wartawan Tanpa Media Massa (WTMM)”. Adanya pemberian “amplop” dan uang THR bagi “WTMM” yang meliput di kantor Pemprov Jabar merupakan tanda tanya besar yang perlu segera ditindak lanjuti. Di satu sisi, organisasi kewartawanan seperti PWI berjuang keras untuk mampu memberantas keberadaan “WTMM”.
Voice Communication Skills Hana Rengganawati
KOMVERSAL Vol 1 No 1 (2019): Komversal : Jurnal Komunikasi Universal
Publisher : Program Studi Hubungan Masyarakat Politeknik LP3I

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/komversal.v1i1.132

Abstract

Keunikan yang diberikan radio dengan memberikan ciri khasnya menjadi teman pribadi para pendengarnya. Oleh karena itu, penanganan dalam melakukan siaran harus ditangani secara profesional dengan melihat dari berbagai aspek cara penuangan acara dan penyampaian komunikasi informasinya, sehingga dapat mengikuti perkembangan kebutuhan masyarakat saat ini. Sebagai orang yang berkecimpung di dunia siaran radio, seorang penyiar dituntut untuk mempunyai keterampilan berbicara yang baik. Dan keterampilan berbicara tersebut dapat diperoleh dari voice communication skills. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan audiens mengenai voice communication skills yang dilakukan oleh penyiar Program “Break Time” di Radio Paramuda 93,7 FM Bandung, yang meliputi intonasi dan kewajaran bicara, artikulasi dan kejelasan bicara dan ekspresi vokal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dimana dalam metode ini peneliti hanya menggambarkan objek yang diteliti secara jelas berdasarkan data yang dikumpulkan dan dilakukan analisis pada data tersebut. Berdasarkan dari hasil analisis dan pembahasan, tanggapan audiens mengenai voice communication skills penyiar Program “Break Time” di Radio Paramuda 93,7 FM bisa dikatakan cukup baik. Mulai dari intonasi dan kewajaran bicara, artikulasi dan kejelasan bicara, sampai dengan ekspresi vokal.
Pengungkapan Diri Istri Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) Di Kabupaten Bandung Sitti Nurrachmah
KOMVERSAL Vol 1 No 1 (2019): Komversal : Jurnal Komunikasi Universal
Publisher : Program Studi Hubungan Masyarakat Politeknik LP3I

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/komversal.v1i1.133

Abstract

Judul Penelitian : “Hubungan Daya Tanggap Pendamping dengan pengungkapan diri istri korban kekerasan dalam rumah tangga di Kabupaten Bandung”. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pengungkapan diri dari Jourard dan daya tanggap terhadap pengungkapan diri dari Miller dan Berg. Metode yang digunakan adalah metode korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan daya tanggap pendamping dengan pengungkapan diri istri korban KDRT. Populasi penelitian ini adalah anggota komunitas Bale Istri di Sapa Institut Kabupaten Bandung. Teknik penarikan sampel menggunakan Strata proporsional random sampling, dan besar sampel 105 orang, pengujian hipotesis menggunakan uji statistik inferensial.Hasil uji hipotesis hubungan daya tanggap pendamping dengan pengungkapan diri istri korban KDRT signifikan tinggi dengan koefisien korelasi koefisien korelasi 0,696. Hasil pengujian statistik z didapat nilai z (7,097) > z (0,010). Ho ditolak. Kesimpulan penelitian ini bahwa daya tanggap pendamping Sapa Institut dengan pengungkapan diri istri korban KDRT pada Komunitas Bale Istri di Kabupaten Bandung memiliki hubungan yang signifikan tinggi. Isi dan gaya tanggapan pendamping Sapa Institut dengan pengungkapan diri istri korban KDRT pada komunitas Bale Istri di Kabupaten Bandung memiliki hubungan yang tinggi. Namun waktu tanggapan pendamping Sapa Institut dengan pengungkapan diri istri korban KDRT pada komunitas Bale Istri di Kabupaten Bandung memiliki hubungan yang sedang.
Upaya Komunikasi Pemasaran Seni Lukis Kaligrafi Di Desa Ciranjang Cianjur Lulu Ulfa Sholihannisa; Hadiansyah Ma’sum; Andri Nurmansyah
KOMVERSAL Vol 1 No 2 (2019): Komversal : Jurnal Komunikasi Universal
Publisher : Program Studi Hubungan Masyarakat Politeknik LP3I

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/komversal.v1i2.262

Abstract

Cianjur yang mempunyai beberapa pesantren Islam memberikan pengajaran dan pendidikannya melalui seni kaligrafi Islam, yaitu kaligrafi Arab yang isinya bertuliskan ayat-ayat al-Qur’an. Namun, bukan hanya santri yang bisa memperlajari dan membuat kaligrafi Arab. Di Daerah Ciranjang Kabupaten Cianjur terdapat kelompok pengrajin seni lukis kaligrafi yang sangat indah. Untuk dapat mempromosikan hasil produksi lukisan kaligrafi tersebut, diperlukan upaya-upaya dalam komunikasi pemasaran produk seni lukis kaligrafi di Desa Ciranjang Kabupaten Cianjur ini. Oleh sebab itu, peneliti melakukan penelitian di Desa Ciranjang, Kabupaten Cianjur dengan tujuan untuk mengetahui proses produksi seni lukis kaligrafi, serta untuck mengetahui upaya apa saja yang dilakukan komunikasi pemasaran seni lukis kaligrafi?. Metode yang dilakukan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, dengan tahapan penelitian observasi, wawancara, dan reduksi data. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian dijelaskan bahwa proses produksi dilakukan dengan menggunakan media triplek dan beberapa alat yang dipergunakan seperti cat, palet, dan lain sebagainya. Upaya komunikasi yang dilakukan adalah dengan menggunakan personal selling dan marketing even.
Aktivitas Media Relations Di Politeknik LP3I Bandung Genik Puji Yuhanda
KOMVERSAL Vol 1 No 2 (2019): Komversal : Jurnal Komunikasi Universal
Publisher : Program Studi Hubungan Masyarakat Politeknik LP3I

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/komversal.v1i2.264

Abstract

Media relations sebagai bagian kegiatan public relations eksternal merupakan langkah untuk membina hubungan baik antara perusahaan atau lembaga dengan publiknya. Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk pembentukan opini publik yang positif bagi lembaga. Selain itu, kegiatan ini dimaksudkan sebagai wahana promosi yang menguntungkan bagi lembaga. Hal ini pun dilakukan oleh lembaga Politeknik LP3I Bandung bekerja sama membangun hubungan yang baik dan saling menguntungkan dengan insan pers, baik media cetak maupun media elektronik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumentasi. Dalam penelitian ini mengungkap tentang aktivitas media relations dan strategi dalam menghadapi wartawan dengan tujuan menjaga relasi agar tetap terjaga baik. Dalam konsep media relations tidak dikenal atasan dan bawahan, tetapi hubungan yang terjalin antara keduanya disebut dengan kemitraan. Ada pun yang menjalin relasi dengan insan pers di Politeknik LP3I Bandung, yaitu divisi marketing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas media relations yang selama ini dilakukan berjalan cukup baik. Dari tujuh aktivitas media relations yang dilakukan, lima di antaranya dilakukan dengan baik, sedangkan sisanya belum dilaksanakan karena kesibukan internal kampus. Walaupun dua aktivitas media relations belum dilaksanakan, bukan berarti hubungan yang terjalin selama ini menjadi buruk. Hal itu bukanlah sebuah masalah berarti, tetapi pihak tidak memandang sebelah mata masalah tersebut, dan berkeinginan di masa mendatang dapat mengaplikasikan aktivitas tersebut. Sementara itu, pada strategi menghadapi wartawan yang dilakukan oleh divisi marketing dilakukan dengan sangat baik. Hal itu terlihat tidak adanya konflik antara marketing dengan wartawan, dan terjalinnya komunikasi yang baik antara marketing dengan pimpinan kampus selama menjalin relasi dengan pihak pers.
Makna Kaos Islami Distro Kalam Bandung Adi Muhammad Ramadhan
KOMVERSAL Vol 1 No 2 (2019): Komversal : Jurnal Komunikasi Universal
Publisher : Program Studi Hubungan Masyarakat Politeknik LP3I

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/komversal.v1i2.299

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang makna kaos islami distro Kalam Bandung. Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan baik melalui sebuah media ataupun secara langsung. Komunikasi dapat dilakukan melalui verbal atau nonverbal. Komunikasi nonverbal merupakan proses komunikasi atau penyampaian pesan melalui lambang, gambar dan hal lainnya. Desain dalam kaos merupakan salah satu komunikasi nonverbal, dimana ada maksud atau ada pesan yang ingin disampaikan oleh pembuat kepada pembeli atau pemakai. Terlebih lagi khususnya untuk kaos islami dimana pasti ada suatu maksud yang baik yang diharapkan atau diinginkan pembuat kaos kepada pemakainya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai Makna Kaos Islami Distro Kalam Bandung di Kalangan Pemakai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi fenomenologi. Studi Fenomenologi digunakan agar peneliti dapat menggali pengalaman para pemakai kaos dalam memaknai kaos islami distro Kalam Bandung baik dalam kehidupan sehari-hari di kehidupan pribadinya ataupun di sosialnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, studi kepustakaan, studi dokumentasi, dan wawancara mendalam.