cover
Contact Name
Qorry Meidianingsih
Contact Email
qorrymeidianingsih@unj.ac.id
Phone
+6281297142104
Journal Mail Official
jrpms@unj.ac.id
Editorial Address
Gedung Dewi Sartika Lt. 6, Kampus A Universitas Negeri Jakarta Jln. Jl. Rawamangun Muka, RT.11/RW.14, Rawamangun, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
ISSN : -     EISSN : 26214296     DOI : https://doi.org/10.21009
Core Subject : Education,
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah (JRPMS) is a journal that is published by the mathematics education study program of MIPA, Jakarta State University. The manuscript published in JRPMS was the result of research in the field of school mathematics education and contributed significantly to the dissemination of knowledge in the field of mathematics education, both theory and application.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 2 (2024): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika sekolah" : 10 Documents clear
Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa di SMP Negeri 3 Gunungputri Koeshella, Ajeng; Rahayu, Wardani; Santi, Vera Maya
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 8 No. 2 (2024): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.082.09

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP Negeri 3 Gunungputri. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi-Experimental Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik Cluster Random Sampling untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua kelas tersebut telah memenuhi syarat normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil tes kemampuan koneksi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Instrumen berbentuk soal uraian sebanyak empat butir soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai t hitung = 2,225 dan nilai t tabel = 1,993 sehingga dapat disimpulkan bahwa . Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP Negeri 3 Gunungputri. Berdasarkan perhitungan besar pengaruh diperoleh dengan persentase sebesar 69% yang termasuk kategori medium.
Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Teams Games Tournament Berbantuan Kahoot! Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Negeri 27 Jakarta Siahaan, Yushak William; Murdiyanto, Tri; Meidianingsih, Qorry
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 8 No. 2 (2024): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.082.08

Abstract

Siswa masih kurang memiliki kemampuan berpikir kritis matematis yang efektif, seperti yang terlihat ketika mereka mencoba memecahkan masalah non-rutin. Kemudian, mayoritas pembelajaran matematika yang dilakukan di sekolah cenderung berpusat pada guru atau menggunakan pembelajaran konvensional. Untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, diperlukan model pembelajaran dan media yang mendorong partisipasi aktif mereka yaitu TGT dan Kahoot!. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Kahoot! terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Metode yang digunakan adalah metode quasi-experiment dengan desain post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 27 Jakarta yang terdiri dari XI-1 hingga XI-7. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI-1 dan XI-2 di SMA Negeri 27 Jakarta. Kemampuan berpikir kritis matematis siswa diukur menggunakan instrumen penelitian berupa lima soal uraian pada materi peluang, yaitu kaidah pencacahan, yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Kesulitan materi peluang terdapat pada pembuatan model matematikanya. Hal ini disebabkan soal-soal peluang merupakan soal non-rutin yaitu memuat masalah yang membutuhkan kemampuan berpikir dan bernalar lebih tinggi, sehingga siswa harus mampu memahami isi dari permasalahan yang diselesaikan. Dengan demikian, materi peluang memerlukan perhatian lebih sebagai sarana untuk melatih dan mengasah kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Mann Whitney U dengan taraf signifikansi  didapat bahwa nilai  yaitu  sehingga keputusannya adalah menolak . Dengan demikian, rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Cooperative tipe TGT berbantuan Kahoot! lebih tinggi dari rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, model Cooperative tipe TGT berbantuan Kahoot! tepat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas XI di SMA Negeri 27 Jakarta pada materi peluang. Berdasarkan nilai Cliff’s Delta (
The Effect Of Guided Discovery Learning Model Assisted By Structured LKPD On Students' To Understand Mathematical Concepts Understanding Ability At SMA Negeri 30 Jakarta Mutiah; Salsabila, Ellis; Dhianti Haeruman, Leny
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 8 No. 2 (2024): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.082.07

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery learning dengan berbantuan LKPD terstruktur terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan Quasi-Experiment dengan post-test only control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Two Stage Sampling. Tahap pertama dilakukan dengan Purposive Sampling. Tahap kedua dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X-3 dan X-2 di SMA Negeri 30 Jakarta. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diukur menggunakan instrumen penelitian yaitu 5 soal uraian pada materi sistem persamaan linear tiga variabel yang telah valid dan reliabel. Hasil pengujian hipotesis menggunakaan uji-t dengan taraf signifikansi , didapat bahwa nilai dan sehingga , maka tolak yang berarti rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran guided discovery learning berbantuan LKPD terstruktur lebih tinggi dibanding siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Kemudian diperoleh nilai Cohen’s effect size sebesar 0,668 yang termasuk pada kategori sedang dengan presentase 73%. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran guided discovery learning berbantuan LKPD terstruktur terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA Negeri 30 Jakarta. Kata kunci: model pembelajaran guided discovery learning, LKPD terstruktur, kemampuan pemahaman konsep matematis
Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Literasi Matematika Atika Putri Restyani; Subekti, Fitrianto Eko
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 8 No. 2 (2024): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.082.06

Abstract

Literasi matematika siswa bergantung pada bagaimana mereka belajar, dengan setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda ketika untuk menyelesaikan permasalahan berdasarkan kuantitas, bentuk, dan ruang serta perubahan dan hubungan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah ada efek dari gaya belajar pada literasi matematika. Penulis menggunakan Sistematis Literature Review (SLR) untuk mengidentifikasi, menganalisis, mengevaluasi, dan meringkas semua hasil penelitian yang tersedia. Selain itu, data dari artikel dianalisis untuk mengambil kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut: (1) gaya belajar siswa memiliki dampak yang signifikan pada pendidikan matematika mereka. Oleh karena itu, dalam pemebelajaran, siswa akan menggunakan kegiatan belajar yang selaras dengan gaya belajar mereka dan mengembangkan konseptual tentang matematika. (2) literasi matematika siswa, masih ada beberapa sekolah dengan siswa yang memiliki tingkat kemahiran matematika yang cukup tinggi. Namun, ada sekolah lain yang memiliki siswa dengan keterampilan matematika kategori rendah. (3) gaya belajar siswa memiliki dampak pada keterampilan matematika. Namun, ada perbedaan dalam kemampuan literasi untuk setiap gaya belajar siswa.
Increasing the Ability to Understand Mathematical Concepts through the Team Games Tournament (TGT) Model Assisted by the PhET Application Putri, Sarah Anida; Rohimah, Siti Maryam; Nurhadi, Moh
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 8 No. 2 (2024): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.082.05

Abstract

This research aims to determine the increase in the ability to understand mathematical concepts in grade III elementary school students through the Team Games Tournament (TGT) learning model assisted by the PhET application and conventional learning models. The method used is a quasi-experimental design and a nonequivalent control group design. Participants in this research were 63 grade III elementary school students. Sampling in this study used a purposive sampling technique. Data collection techniques in this research are tests, observation, interviews, and documentation. The instrument used consists of a test of the ability to understand mathematical concepts in the form of a description and is stated to have met the requirements for content validity, construct validity, reliability, level of difficulty, and differentiation. The data analysis technique for hypothesis testing uses IBM SPSS Statistics 2.6 software, namely the normalized n-gain hypothesis test. Based on the research results, students' ability to understand mathematical concepts at SDN Pancasila Lembang experienced a significant increase after receiving learning using the Team Games Tournament (TGT) learning model assisted by the PhET application. This is proven by the results of the n-gain data test calculation, which is 0.36 in the medium category. The average posttest score obtained for the experimental class was 67.78 and the average posttest score obtained for the control class was 30.32. This means that the increase in understanding of mathematical concepts in the experimental class is higher compared to the control class. Therefore, it can be concluded that the Team Games Tournament (TGT) learning model assisted by the PhET application is recommended as an alternative learning model for improving students' ability to understand mathematical concepts in elementary school.
Pengembangan E-LKPD Berbasis Komik menggunakan Liveworksheets dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Aljabar Kelas VII SMP Karimah, Nabilah Nurul; Wijayanti, Dwi Antari; Aziz, Tian Abdul
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 8 No. 2 (2024): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.082.10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses mengembangkan E-LKPD berbasis komik menggunakan liveworksheets dengan pendekatan kontekstual pada materi aljabar kelas VII SMP yang layak digunakan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Konsep model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Subjek uji coba lapangan adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Cikarang Pusat. Kelayakan produk dinilai berdasarkan hasil penilaian oleh validasi ahli media, ahli materi dan bahasa, serta respon siswa dan guru terhadap uji coba penggunaan produk yang dikembangkan. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi dan bahasa diperoleh persentase sebesar 88% dan validasi ahli media memperoleh hasil yang sama sebesar 88%. Penilaian evaluasi uji coba dalam kelompok kecil dan uji coba kelompok besar memperoleh persentase rata-rata masing-masing sebesar 88% dan 91%. Berdasarkan penilaian tersebut diperoleh persentase rata-rata secara keseluruhan sebesar 89% yang apabila diinterpretasikan memperoleh kategori sangat layak. Sehingga dapat dikatakan media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dan dimanfaatkan untuk siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Cikarang Pusat dalam mempelajari materi aljabar.
The Exploration of Lithner’s Creative And Imitative Mathematical Reasoning Analysis Based on High School Student’s Mathematical Anxiety in Trigonometry Class Lakshita, Argha; Meiliasari; Abdul Azis, Tian
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 8 No. 2 (2024): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.082.04

Abstract

This study aims to explore the creative and imitative reasoning process of high school students based on their mathematics anxiety (MA) level. The research method used was descriptive qualitative research. The subjects selected were 6 students, with the criteria of high/medium/low MA questionnaire results. Data collection techniques were conducted by written tests, field observations, and interviews. The results of MA levels are 19.4% low level and 80.6% medium level of MA. The absence of high MA level students made the researchers investigate through the three aspects of MA, which are: Attitudinal, Cognitive, and Somatic. There were no significant differences within the other two aspects but the somatic aspect shows 36% amongst the medium level MA are having high category on this aspect: 1) Creative reasoning process is only owned by students with medium level MA; 2) Students with high level and low level MA are considered vulnerable to misconceptions, rely heavily on available information, and tend to find it difficult to make new approximation; 3) The process of Imitative reasoning is possessed in each MA category, judging from the performance of solving Algorithmic and Memorized type problems. Thus, it can be concluded that the type of reasoning of a student will differ between types of MA categories and with different processes according to their particular interest in learning.
Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Aljabar Kelas VII SMP Jakarta Selatan Pakpahan, Ruth Yolanda Sari; Sampoerno, Pinta Deniyanti; Haeruman, Leny Dhianti
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 8 No. 2 (2024): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.082.03

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan miskonsepsi yang dilakukan oleh siswa dalam pemecahan masalah matematis pada materi aljabar kelas VII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis kepada 47 siswa kelas VII SMPK-Tirtamarta BPK Penabur dan wawancara kepada delapan subjek penelitian dengan mikonsepi terbanyak dan bersedia untuk diwawancarai. Tes tertulis dan wawancara dilakukan untuk mengetahui letak miskonsepsi siswa berdasarkan jenis miskonsepsi yang dikemukakan oleh LEARN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis miskonsepsi yang dilakukan siswa, diantaranya 1) Miskonsepssi pengertian huruf; 2) Miskonepsi notasi; 3) Miskonsepsi penggeneralisasian; serta 4) Miskonsepsi pengaplikasian aturan. Miskonsepsi yang paling banyak dilakukan oleh siswa adalah miskonsepsi pengaplikasian aturan.
Kajian Etnomatematika pada Situs Purbakala Cipari Riadi, Taufik; Umbara, Uba
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 8 No. 2 (2024): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.082.02

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui unsur-unsur etnomatematika yang ada pada Situs Purbakala Cipari sehingga bisa dijadikan sebagai salah satu sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran matematika untuk menarik minat siswa dalam belajar, sehingga selain mendapatkan pembelajaran matematika juga mendapatkan wawasan mengenai budaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel yang pada penelitian ini adalah beberapa orang yang terkait dengan Situs Purbakala Cipari dan untuk objek penelitian pada penelitian ini adalah objek-objek yang ada pada Situs Purbakala Cipari yang merupakan peninggalan sejarah ataupun objek lainnya yang berkaitan dengan Situs Purbakala Cipari. Instrumen peneitian yang digunakan yait panduan observasi dan panduan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis model Miles dan Huberman. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada Situs Purbakala Cipari terdapat aktivitas fundamental matematis menurut Bishop terkecuali pada aspek bermain (playing) dan menghitung (counting). Aspek-aspek ersebut diantaranya yaitu 1) locating meliputi penentuan arah mata angin pada peti kubur batu dan penempatan batu menhir; 2) measuring meliputi pola-pola tertentu dan luas ukuran pada artefak peninggalan di situs Purbakala Cipari; 3) designing meliputi pembentukan kapak batu dan motif-motif yang ada pada artefak peninggalan; 4) explaining meliputi arti-arti dan maksud tertentu yang ada pada artefak peninggalan yang ada di Situs Purbakala Cipari.
Desain Didaktis Konsep Invers Fungsi Komposisi untuk Siswa Sekolah Menengah Atas Asti Parwati; Asmara, Adi; Ramadianti, Winda
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 8 No. 2 (2024): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.082.01

Abstract

Desain didaktis yang didasarkan pada konsep Invers Fungsi Komposisi adalah tujuan dari penelitian ini. Dengan menggunakan tiga tahap penelitian desain didaktis yaitu: Analisis Prospektif, Metapedadidaktik, dan Retrospektif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara dan tes kemampuan responden (TKR). Responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah tiga puluh siswa kelas XI dari SMAN 8 Seluma dan lima mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu yang sebelumnya telah mempelajari invers fungsi komposisi. Soal-soal yang menggunakan invers dari fungsi komposisi yang berbeda dari contoh diidentifikasi sebagai hambatan epistomologis dalam penelitian ini. Masalah lainnya adalah siswa belum menyelesaikan masalahan invers fungsi komposisi dalam bentuk diagram panah. Dengan menggunakan hasil ini sebagai dasar, maka peneliti mengembangkan Lintasan Pembelajaran Hipotetis (HLT) dan desain didaktis untuk membantu siswa mengatasi hambatan epistomologis ini. Lima situasi, pembelajaran yang berbeda dipertimbangkan untuk desain didaktis. Hasil penelitian yang melibatkan lima siswa dari kelas sebelas di SMAN 8 Seluma, menunjukkan bahwa desain didaktis tersebut berhasil mengurangi hambatan pembelajaran epistomologis.

Page 1 of 1 | Total Record : 10