cover
Contact Name
Faisal Ashar
Contact Email
sipil@ft.unp.ac.id
Phone
+6282284597658
Journal Mail Official
sipil@ft.unp.ac.id
Editorial Address
Jln Hamka. Jurusan Teknik Sipil, Universitas Negeri Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Applied Science in Civil Engineering
ISSN : -     EISSN : 27221032     DOI : -
Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. Struktur baja, beton dan kayu 4. Manajemen Konstruksi 5. Transportasi 6. Mitigasi Bencana 7. Manajemen sumber daya air 8. Rekayasa Lingkungan 9. Hal lain yang berhubungan dengan Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil
Articles 33 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 4 (2024): Jurnal Applied Science in Civil Engineering" : 33 Documents clear
ANALISIS TINGKAT PELAYANAN JALUR PEJALAN KAKI DI JALAN GAJAH MADA KOTA PADANG Febrian, Ferdi; Utama, Rizky Indra
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 5 No 4 (2024): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v5i4.115183

Abstract

Jalan Gajah Mada merupakan salah satu jalan yang berada di Kota Padang. Letak Jalan Gajah Mada yang berada pada kawasan perkantoran dan kawasan komersial juga menjadikan karakteristik bangunan di sepanjang jalan tersebut adalah bangunan yang bersifat publik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kondisi eksisting dan tingkat pelayanan jalur pedestrian di Jalan Gajah Mada. Hasil analisis data yang didapatkan antara lain: (1) Kondisi geometrik trotoar masih banyak terdapat kekurangan seperti lampu penerangan yang mati serta kerusakan paving block pada beberapa titik, minimnya fasilitas pendukung seperti tempat sampah dan lapak teduh. (2) Segmen 1 Level Of Service (LOS) A dengan arus sebesar 1,34 orang/meter/menit, kecepatan rata-rata sebesar 66,65 meter/menit, ruang sebesar 59,31 m2/orang, dan rasio sebesar 0,02. Segmen 2 LOS A dengan arus sebesar 1,61 orang/meter/menit, kecepatan rata-rata sebesar 65,40 meter/menit, ruang sebesar 56,53 m2/orang , dan rasio sebesar 0,03. Segmen 3 LOS A dengan arus sebesar2,53 orang/meter/menit, kecepatan rata-rata sebesar 56,05 meter/menit, ruang sebesar 35,38 m2/orang, dan rasio sebesar 0,04. Segmen 4 LOS A dengan arus sebesar 1,5 orang/meter/menit, kecepatan rata-rata sebesar 65,39 meter/menit, ruang sebesar 49,09 m2/orang, dan rasio sebesar 0,03. Segmen 5 LOS A dengan arus sebesar 2,63 orang/meter/menit, kecepatan rata-rata sebesar 61,19 meter/menit, ruang sebesar 27,02 m2/orang, dan rasio sebesar 0,04. Segmen 6 LOS A dengan arus sebesar 1,15 orang/meter/menit, kecepatan rata-rata sebesar 64,33 meter/menit, ruang sebesar 70,98 m2/orang, dan rasio sebesar 0,02.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN GAMBAR TEKNIK PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GEOSPASIAL DI SMK N 2 PAYAKUMBUH Endri, Tahfidhul Irsyad; Ihsan, Muhammad; Silalahi, Juniman
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 5 No 4 (2024): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v5i4.115483

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada Elemen Gambar Teknik pada kelas X Geo di SMK N 2 Payakumbuh. Untuk mengungkap permasalahan yang terjadi pada kelas X Geo ini, maka perlu menerapkannya metode pembelajaran Tutor Sebaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Tutor Sebaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa peserta didik pada kelas X Geo 2 di SMK N 2 Payakumbuh. Jenis Penelitian ini adalah quasi experiement(experiment semu) dengan desain pretest-postest control grup design. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas X Geo di SMK N 2 Payakumbuh tahuan ajaran 2024/2025 yang terdiri dari kelas X Geo 1 dan X Geo 2. Pelaksanaan instrument uji coba yang terdiri dari 30 sampel yang berasal dari XI Geo di SMK N 2 Payakumbuh. Data penelitian ini terdiri dari tes hasil belajar (pretest, postest dan gain score berupa soal objketif sebanyak 40 soal. Data diuji menggunakan bantuan aplikasi software SPSS versi 14. Berdasarkan hasil penelitian dari perhitungan hipotesis didapatkan
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ PADA ELEMEN DESAIN PEMODELAN JALAN DAN JEMBATAN DI SMK NEGERI 1 PARIAMAN Erdiani, Indah; Patriotika, Fithriyah
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 5 No 4 (2024): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v5i4.115783

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persentase hasil belajar yang rendah pada Elemen Desain Pemodelan Jalan dan Jembatan serta kurang efektifnya model pembelajaran yang digunakan. Untuk mengatasi masalah ini, diterapkan model PBL berbantuan quizizz untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pariaman. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI DPIB 1 dan XI DPIB 2 tahun ajaran 2024/2025. Pengujian instrumen dilakukan di SMK Negeri 1 Pariaman kelas XII DPIB yang terdiri dari 21 orang. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest dengan 41 soal objektif, dan dianalisis menggunakan uji Mann Whitney U-test. Hasil menunjukkan bahwa Asymp.sig (<0,001) < (α) 0,05, sehingga disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berbantuan quizizz berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Pariaman pada Elemen Desain Pemodelan Jalan dan Jembatan.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN PERENCANAAN PEKERJAAN KONTRUKSI DAN PERUMAHAN DI SMK NEGERI 1 PARIAMAN handayani, tantri; Rizal, Fahmi
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 5 No 4 (2024): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v5i4.116583

Abstract

Permasalahan yang terdapat pada Elemen Perencanaan Pekerjaan Kontruksi dan Perumahan adalah model pembelajaran yang digunakan guru belum mampu mengatasi rendahnya hasil belajar peserta didik. Untuk itu dalam mengatasi permasalahan tersebut maka perlu diterapkan model pembelajaran yag memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk meningkatkan keaktifan dan kerja sama dalam belajar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI TKP SMK Negeri 1 Pariaman pada Elemen Perencanaan Pekerjaan Kontruksi dan Perumahan.Jenis penelitian ini adalah Pre Eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2024/2025 yang terdiri dari kelas XI TKP. Pengujian instrumen dilakukan di SMK Negeri 1 Padang, pada kelas XI TKP yang terdiri dari 26 peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar ( Pretest dan Posttest) berupa soal objektif yang terdiri dari 20 butir soal. Data yang dianalisis menggunakan uji hipotesis dengan teknik Paired SampleT-Test (Uji-T berpasangan).Berdasarkan hasil pengolahan data dari perhitungan T-test diperoleh taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada Elemen Perencanaan Pekerjaan Kontruksi dan Perumahan di SMK Negeri 1 Pariaman.
VALIDASI KURIKULUM MBKM DENGAN PENDEKATAN OUTCOME BASED EDUCATION (OBE) PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN Silvianti, Dwi; Prima, Fani Keprila
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 5 No 4 (2024): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v5i4.116683

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi validitas Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dalam kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan dengan pendekatan Outcome Based Education (OBE). Validasi CPL dilakukan untuk memastikan kesesuaiannya dengan kebutuhan dunia kerja, tuntutan industri 4.0, serta standar nasional dan internasional seperti Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI) dan akreditasi ASIIN. Instrumen penelitian menggunakan angket yang terdiri dari 6 butir pernyataan, yang disebarkan kepada dosen dan guru ahli. Hasil validasi menunjukkan bahwa CPL yang dirumuskan sangat valid, dengan nilai rata-rata validitas sebesar 0,903. CPL ini telah memenuhi standar SN-DIKTI dalam aspek sikap dan keterampilan umum (0,933), sesuai dengan standar akreditasi ASIIN (0,933), mengacu pada kemampuan industri 4.0 (0,833), merumuskan keterampilan sesuai dengan KKNI (0,917), sejalan dengan visi dan misi Program Studi (0,883), dan mencerminkan profil lulusan yang diharapkan (0,917). Berdasarkan hasil ini, kurikulum MBKM dengan pendekatan OBE di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan dapat dianggap relevan dan siap untuk diimplementasikan, namun masih membutuhkan beberapa penyesuaian dalam aspek literasi baru industri 4.0 dan visi program studi.
PERANCANGAN GEDUNG TEACHING FACTORY SEKOLAH VOKASI UNIVERSITAS NEGERI PADANG DI TAROK CITY PADANG PARIAMAN Apriyansyah, Andra; Body, Revian
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 5 No 4 (2024): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v5i4.116783

Abstract

Abstrak: Andra Apriyansyah, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengasilkan rancangan gedung teaching factory sekolah vokasi, Universitas Negeri Padang yang berlokasikan di Tarok City Kabupaten Padang Pariaman. Prosedur perancangan yang digunakan dalam perancangan ini terbagi menjadi tiga tahapan yaitu programing (pemrograman), planning (perencanaan) dan designing (desain). Dari tahapan tersebut dilakukan pendekatan analisa ruang, analisa perencanaan tapak, analisa struktur dan arsitektur, serta konsep utilitas, pada tahapan ini juga menganalisa bagaimana budaya dan adat yang berlaku di daerah sekitar. Dari pendekatan yang telah dianalisa kemudian menghasilkan rancangan bangunan berupa gambar dua dimensi yang didalamnya terdapat gambar denah, gambar potongan serta gambar tampak, dilanjutkan dengan gambar tiga dimensi yang dapat menggambarkan secara jelas bagaimana perancangan gedung tersebut, dan hasil akhir dari perancangan ini berupa video animasi.
EVALUASI PROGRAM PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DI SMK NEGERI 1 KOTO XI TARUSAN Oktavia, Resa; Prima, Fani Keprila
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 5 No 4 (2024): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v5i4.116883

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program Prakerin dengan segi CIPP (Context, Input, Process, dan Product) di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan pada bulan September-Desember 2024. Dalam pelaksanaannya penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 1 Kepala Sekolah, 1 Wakil Kurikulum, 1 Ketua Jurusan, 6 orang Guru pembimbing, 8 orang Instruktur Industri, dan 30 orang peserta didik tahun Prakerin 2022/2023. Dengan menggunakan sampel jenuh yang berarti 100% populasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembaran angket yang sudah di uji coba. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan Derajat Pencapaian (DP) menunjukkan bahwa dari empat indikator CIPP, untuk context dengan derajat pencapaian sebesar 76,68% dalam kategori cukup, input derajat pencapaian sebesar71,40% dalam kategori cukup, process dengan derajat pencapaian sebesar 64,68% dalam kategori kurang dan product dengan derajat pencapaian sebesar 70,55% dalam kategori cukup. Rata-rata sebesar 70,11% hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program Praktek kerja industri (Prakerin) di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan program keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan menunjukkan dalam kategori cukup. Rekomendasi evaluasi program prakein di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan tetap dilanjutkan dalam catatan Perlu ada revolusi perubahan pola pikir pada peserta didik, prakerin adalah suatu kegiatan untuk meningkatkan kompetensi dan mencari pengalaman sebagai persiapan memasuki dunia kerja.
PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN KOMPETENSI MAHASISWA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING YANG EFEKTIF PADA MATA KULIAH SURVEY DAN PEMETAAN (STUDI KASUS: FIELDCAMP JILID IV) ananda, asih putri; Ashar, Faisal
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 5 No 4 (2024): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v5i4.117183

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penilaian berbentuk rubrik analitik berbasis project based learning yang dimana memudahkan dosen dan asisten dosen untuk menilai mahasiswa terhadap praktek yang mereka alakukan khususnya dengan program tambahan berbentuk fieldcamp. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu; define, design, develop dan dissemination, tetapi penelitian ini hanya memakai tahap 3D yaitu define, design, develop . Teknik penambilan sampel yaitu memakai teknik totali sampling yang berarti 100% populasi digunakan sebagai sampel sebanyak 15 orang ( 7 orang dosen dan 8 orang asisten dosen). Instrument yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah lembaran angket,produk yang sudah di uji validasi. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan Excel dengan rumus Aiken’s V hasil penilaian produk pengembangan rubrik penilaian dengan rekapitulasi hasil akhirnya sebesar 0.84 termasuk dalam kategori sangat baik dan valid.
PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA (PEER TUTORING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MEKANIKA REKAYASA II Harmansyah, Harmansyah; Zola, Prima
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 5 No 4 (2024): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v5i4.117283

Abstract

Penelitian ini dasari oleh rendahnya hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Mekanika Rekayasa II dan ketidakefektifan metode pengajaran yang digunakan. Untuk mengatasi hal tersebut, diterapkan metode pembelajaran tutor sebaya (peer tutoring) guna meningkatkan capaian akademik mahasiswa. Penelitian menggunakan pendekatan eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol nonequivalent, dengan melibatkan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2023 pada semester ganjil tahun akademik 2024, sementara uji instrumen dilakukan pada 23 mahasiswa angkatan 2022. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest dengan 26 soal pilihan ganda, lalu dianalisis menggunakan uji statistik Mann-Whitney U-test. Hasil analisis menunjukkan nilai Asymp. Sig. sebesar 0,001, lebih kecil dari α 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode tutor sebaya secara signifikan mempengaruhi peningkatan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Mekanika Rekayasa II
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE TERHADAP MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI DI SMK NEGERI 1 PARIAMAN nami, yolanda putri; Arifin, Ari Syaiful Rahman
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 5 No 4 (2024): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v5i4.117383

Abstract

Kemajuan teknologi pendidikan saat ini memerlukan pengembangan strategi penelaahan agar siswa dapat belajar dengan leluasa dan memperoleh materi yang unggul. Oleh karena itu, penting dalam merencanakan dan membuat media penelaahan interaktif dengan memanfaatkan Articulate Storyline terhadap mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi yang Diambil di SMK Negeri 1 Pariaman. Hal ini menanyakan poin-poin dalam menguji validitas dan praktikalitas yang dkembangkan. Strategi perbaikan yang digunakan yaitudemonstrasi DDD-E (Decide, Design, Develop, and Evaluate) dengan pendekatan tanya jawab dan perbaikan. Media item ini telah disetujui oleh tiga orang ahli materi dan tiga orang ahli media, serta diujicobakan keterhadap 45 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Estimasi Biaya Konstruksi terhadap semester Juli-Desember 2024. Dari penilaian tersebut terlihat bahwasanya media penelaahan interaktif ini memperoleh skor validitas dari pakar materi sebesar 0,88 (kategori valid) dan dari pakar media sebesar 0,94 (kategori valid). penilaian dari siswa oleh pendidik mendapat skor 0,94, sedangkan penilaian siswa mendapat skor 0,86. Berdasarkan hal tersebut mengambil kesimpulan bahwasanya media penelaahan interaktif berbasis Articulate Storyline dan layak digunakan dalam penelaahan.

Page 1 of 4 | Total Record : 33


Filter by Year

2024 2024