cover
Contact Name
RISQO M. WAHID
Contact Email
jnmpsdm@jis-institute.org
Phone
-
Journal Mail Official
jnmpsdm@jis-institute.org
Editorial Address
Jl. Brigjend Hasan Kasim No. 22 Palembang, Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran dan SDM
ISSN : -     EISSN : 27457257     DOI : 10.47747
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM (JNMPSDM) is an Indonesian peer-reviewed journal. JNMPSDM covers topics in the areas of human resource management, marketing, organisational behaviour, pricing, digital marketing, social marketing, consumer behaviour, and other related subjects. JNMPSDM is open to various methodological approaches, including conceptual work, quantitative, qualitative, and mixed-methods. JNMPSDM is published four times a year (March, June, September, and December). e-ISSN: 2745-7257. The Digital Object Identifier (DOI) is assigned to each published article and the journal is indexed by Crossref, Neliti.Com, Dimensions and Google Scholar.
Articles 140 Documents
Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Sepeda Motor NMAX pada PT Yamaha A. Rivai Palembang Aditia, Abdul Rahman Raka; Wadud, Muhammad; DP, M. Kurniawan
Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran dan SDM Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran dan SDM
Publisher : Training & Research Institute - Jeramba Ilmu Sukses

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47747/jnmpsdm.v1i01.4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen sepeda motor NMAX pada PT Yamaha A. Rivai Palembang. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling dengan responden akhir berjumlah 50. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan wawancara dan dianalisis menggunakan regresi linier sederhana pada SPSS V22. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki thitung>ttabel (15.209>2.01) dan taraf signifikansi (0,000<0,05). Ini dapat disimpulkan bahwa kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji koefisien korelasi (R) adalah sebesar 0,910 yang berarti hubungan antara kualitas produk dengan kepuasan konsumen adalah sangat kuat (91%). Koefisiendeterminasi (R2) sebesar 0,828 yang berarti besarnya kontribusi kualitas produk bisa menjelaskan kepuasan konsumen sebesar 82,8% sisanya sebesar 17,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitin ini.
Pengaruh Motivasi terhadap Kinerja Karyawan PT Brawijaya Utama Palembang Septiadi, Muhammad Dede; Marnisah, Luis; Handayani, Susi
Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran dan SDM Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran dan SDM
Publisher : Training & Research Institute - Jeramba Ilmu Sukses

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47747/jnmpsdm.v1i01.5

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menginvestigasi pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan di PT Brawijaya Utama Palembang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang berisi bertanyaan sebanyak 24. Metode analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil analisis regresi menjelaskan bahwa persamaan motivasi terhadap kinerja karyawan yaitu Y = 3,326 + 0,653X. Hal ini menyatakanbahwa jika nilai motivasi adalah nol maka nilai kinerja karyawan adalah sebesar 3,326. Setiap kenaikan nilai motivasi sebesar 1, maka akan menaikkan kinerja karyawan sebesar 0,653. Berdasarkan uji t, nilai t hitung adalah 9,164 dan nilai t tabel adalah 1,667. Nilai hitung lebih besar dari nilai t tabel yaitu 9,164 > (1,667) dengan nilai sig 0,000 (dibawah 0,05). Ini mengindetifikasikan bahwa variabel motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Nilai koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,549, artinya besarnya sumbangan pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan PT. Brawijaya Utama Palembang adalah 54,9%, sedangkan sisanya 45,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak teliti dalam penelitian ini.
Pengaruh Harga dan Inovasi Layanan Aplikasi terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Taksi Express: Survei pada Pengunduh Aplikasi Express Taxis Batu, Reminta Lumban; Suryani, Nine Inten; Septia, Nita; Sekaryahya, Priska Febiola
Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran dan SDM Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran dan SDM
Publisher : Training & Research Institute - Jeramba Ilmu Sukses

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47747/jnmpsdm.v1i01.6

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh harga dan inovasi layanan aplikasi terhadap keputusan penggunaan jasa Taksi Express. Penelitian ini mengumpulkan data primer berupa kuesioner dari 176 responden dan data sekunder berupa pengunduh aplikasi Express Taxis pada Playstore sejumlah 500 pengunduh sebagai sampel penelitian. Teknik sampling penelitian ini adalah teknik non-probability sampling dengan teknik sampling purposive menggunakan rumus Isaac dan Michael. Penelitian ini melakukan verifikasi model penelitian dengan Partial Least Square (PLS). Dari hasil analisis menunjukkan bahwa harga dan inovasi layanan aplikasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan penggunaan jasa. Hasil penelitian ini memperkaya literatur tentang layanan taksi online. Selain itu, hasil penelitian ini juga bermanfaat bagi para manajer jasa taksi online untuk mempertimbangkan harga dan inovasi layanan untuk dapat menarik minat pelanggan.
Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan SDM terhadap Prestasi Kerja pada PT Tanjung Enim Lestari Pulp and Paper Unit Chemical Plant Pratama, M. Rizky Pippo
Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran dan SDM Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran dan SDM
Publisher : Training & Research Institute - Jeramba Ilmu Sukses

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47747/jnmpsdm.v1i01.7

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia terhadap prestasi kerja pada PT Tanjung Enim Lestari Unit Chemical Plant. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini melibatkan sebanyak 33 karyawan pada PT Tanjung Enim Lestari Unit Chemical Plant. Sumber data diperoleh melalui data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi dan penyebaran kuesioner kepada seluruh anggota responden. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan ketentuan jika thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan SPSS V.19 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pelatihan dan pengembaran SDM terhadap prestasi kerja secara parsial. Uji F menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pelatihan dan pengembangan sdm terhadap prestasi. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukan Adjusted R Square 0,578. Hal ini menjelaskan bahwa 57,8% variasi variabel prestasi kerja dapat dijelaskan oleh variabel pelatihan dan pengembangan sdm, sisanya 42,2% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian.
Pengaruh Motivasi terhadap Semangat Kerja Pegawai pada Kantor Balai Diklat Keuangan Palembang Sari, Yetty Komala
Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran dan SDM Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran dan SDM
Publisher : Training & Research Institute - Jeramba Ilmu Sukses

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47747/jnmpsdm.v1i01.8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh motivasi terhadap semangat kerja pegawai pada kantor Balai Diklat Keuangan Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jumlah sampel sebanyak 52 orang responden, sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Pada penelitian ini variabel bebasnya yaitu motivasi dan variabel terikatnya semangat kerja. Hasil penelitian ini diketahui dari hasil uji koefisien korelasi di peroleh nilai sebesar 0,736 atau 73,6% yang berarti hubungan motivasi dengan semangat kerja yaitu kuat, selanjutnya dilakukan uji koefisien determinasi diketahui bahwa motivasi berpengaruh terhadap semangat kerja pegawai pada kantor Balai Diklat Keuangan Palembang sebesar 54,2% dan sisanya di pengaruhi oleh variabel lain.
Pengaruh Motivasi terhadap Produktivitas Karyawan PT Telkom Indonesia, Tbk Cabang Palembang Liana, Wendy
Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran dan SDM Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran dan SDM
Publisher : Training & Research Institute - Jeramba Ilmu Sukses

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47747/jnmpsdm.v1i01.25

Abstract

Tanpa motivasi seseorang tidak dapat melaksanakan tugasnya sesuai standar atau bahkan melampaui standar karena apa yang menjadi motif dan motivasinya dalam bekerja tidak dipenuhi. Untuk dapat menumbuhkan motivasi ini merupakan tugas penting bagi manajemen agar karyawan memiliki kemampuan tinggi dalam melaksanakan yang terbaik dari kemampuan mereka. Oleh karena itu seorang pemimpin harus bisa menjalankan perannya untuk membangkitkan semangat kepada para karyawannya. Motivasi kerja yang diberikan ini tentunya akan berpengaruh pada peningkatan produktivitas karyawan. Motivasi berkaitan erat dengan produktivitas kerja, karena semakin tinggi tingkat motivasi maka seseorang akan bersemangat melakukan pekerjaan sehingga penyelesaian pekerjaan menjadi lebih cepat dengan kualitas yang mengikuti standar yang ditetapkan. Suatu perusahaan dalam melaksanakan kegiatan, baik perusahaan yang bergerak di bidang industri perdagangan maupun jasa akan berusaha untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, suatu hal yang penting yaitu bahwa keberhasilan berbagai aktivitas di dalam perusahaan dalam mencapai tujuan bukan hanya tergantung pada keunggulan teknologi, dana operasi yang tersedia, sarana ataupun prasarana yang di miliki melainkan juga tergantung pada aspek sumber daya manusia Faktor sumber daya manusia ini merupakan elemen yang harus diperhatikan oleh perusahaan terutama bila mengingat bahwa era perdagangan bebas segera dimulai di saat iklim kompetisi yang dihadapi akan sangat berbeda. Hal ini memaksa setiap perusahaan untuk dapat bekerja lebih efesien, efektif dan produktif.
Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi, dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan Sari, Abu; Zamzam, Fakhry; Syamsudin, Harun
Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran dan SDM Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran dan SDM
Publisher : Training & Research Institute - Jeramba Ilmu Sukses

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47747/jnmpsdm.v1i2.91

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kepemimpinan, kompensasi, motivasi, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, kompensasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan. Dengan menggunakan teknik sensus, sampel penelitian yang digunakan adalah sebanyak 55 orang. Peneltian ini menggunakan metode analisis regresi berganda dan diolah dengan SPSS versi 22. Hasil pengujian membuktikan bahwa: (1) Secara parsial kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan kompensasi dan motivasi berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja karyawan; (2) Secara simultan didapatkan hasil bahwa kepemimpinan, kompensasi dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. This study discusses leadership, compensation, motivation, with the aim of knowing the effect of leadership, compensation and motivation on employee performance. By using the census technique, the research sample used was 55 people. This research uses multiple regression analysis method and is processed with SPSS version 22. The test results prove that: (1) Partially leadership has a significant effect on employee performance, while compensation and motivation have no significant effect on employee performance; (2) Simultaneously, the results show that leadership, compensation and motivation have a positive and significant effect on employee performance.
Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Grab di Kota Palembang Afrilliana, Nadia
Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran dan SDM Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran dan SDM
Publisher : Training & Research Institute - Jeramba Ilmu Sukses

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47747/jnmpsdm.v1i2.119

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui rumusan masalah adakah pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Grab di Kota Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Asosiatif yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Grab di Kota Palembang. Variabel yang digunakan adalah Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 68 responden, dengan teknik pengambilan sampel Purvosive Sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, dengan menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda yang didapat Y =. 3,725+ 0,130 X1 + 0,255 X2 + 0,082 X3 + 0,273 X4 - 0,088 X5+e Secara simultan (Uji F) ada pengaruh yang signifikan tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy terhadap kepuasan pelanggan Grab di Kota Palembang. Secara parsial (Uji t) variabel tangible thitung (2,609) ≥ ttabel (1,666), variabel reliability thitung (3,454) ≥ ttabel (1,666), variabel responsiveness thitung (1,176) ≤ ttabel (1,666), variabel assurance nilai thitung (3,235) ≥ ttabel (1,666), dan variabel empathy thitung (-0.985) ≤ ttabel (1,666), Koefisien Determinasi R2 sebesar 0,663 angka tersebut menggambarkan bahwa kepuasan pelanggan dapat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan sebesar 66,3% sedangkan sisanya 0,337 atau 33,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. The purpose of this study was to determine the problem formulation whether the effect of service quality on Grab customer satisfaction in Palembang City. This type of research is associative research, which is to determine the effect of service quality on Grab customer satisfaction in Palembang City. The variables used are Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance and Empathy. The sample in this study were 68 respondents, with purposive sampling technique as a sample. The data used in this study are primary data, using a questionnaire method. The analysis technique used is multiple linear regression obtained Y =. 3,725+ 0.130 X1 + 0.255 X2 + 0.082 X3 + 0.273 X4 - 0.088 X5 + e Simultaneously (F test) there is a significant effect of tangible, reliability, responsiveness, assurance and empathy on Grab customer satisfaction in Palembang City. Partially (t test) tangible variable t count (2.609) ≥ttable (1.666), variable reliability tcount (3.454) ≥ttable (1.666), variable responsiveness tcount (1.176) ≤ttable (1.666), assurance variable tcount (3,235) ≥ t table (1.666), and the empathy variable tcount (-0.985) ≤ttable (1.666), the coefficient of determination R2 of 0.663 this figure illustrates that customer satisfaction can be influenced by service quality by 66.3% while the remaining 0.337 or 33.7% is explained by other variables not included in this study.
Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pemilihan Penggunaan KWH Meter Listrik Pascabayar dan Prabayar pada PT PLN (Persero) Ranting Pancur Batu Tambunan, Toman Sony
Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran dan SDM Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran dan SDM
Publisher : Training & Research Institute - Jeramba Ilmu Sukses

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47747/jnmpsdm.v1i2.124

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pemilihan penggunaan KWh meter Listrik Pascabayar dan Prabayar Pada PT. PLN (Persero) Ranting Pancur Batu, Kota Medan. Populasi dalam penelitian yaitu konsumen PT. PLN (Persero) Ranting Pancur Batu, Kota Medan yang berjumlah 1.595 konsumen. Teknik sampling menggunakan rumus Slovin, dimana sampel diperoleh sebanyak 94 konsumen. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, dimana data primer diperoleh dari observasi, wawancara dan kuesioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari studi dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan analisis deskriptif serta analisis regresi linier sederhana dengan pengujian hipotesis secara uji-t dan koefisien determinasi. Hasil analisis regresi sederhana, yaitu Y = 18,684+ (X) 0,668+ e yang menunjukkan perilaku konsumen mempengaruhi hubungan positif terhadap keputusan pemilihan penggunaan KWh meter Listrik Pascabayar dan Prabayar pada PT. PLN Rayon Selatan Medan. Sedangkan hasil uji-t atau uji parsial menunjukkan bahwa perilaku konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pemilihan Penggunaan KWh meter Listrik Pascabayar dan Prabayar pada PT. PLN (Persero) Ranting Pancur Batu, Kota Medan. Hal ini dilihat dari nilai thitung 9,187> ttabel 1,9860. Hasil nilai regresi korelasi sebesar 0,692, artinya secara bersama-sama perilaku konsumen memiliki kontribusi pada taraf yang erat dan positif terhadap keputusan pemilihan penggunaan KWh meter Listrik Pascabayar dan Prabayar PT. PLN (Persero) Ranting Pancur Batu, Kota Medan. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0.437 (43,7%), sehingga dapat dikatakan bahwa 43,7% variasi variabel bebas perilaku konsumen dapat menjelaskan variabel keputusan pemilihan sedangkan sisanya sebesar 57,3% dijelaskan oleh variabel lain di luar model. This study aims to determine the effect of consumer behavior on the decision to choose the use of Postpaid and Prepaid Electricity KWh meters at PT PLN (Persero) Branch of Pancur Batu, Medan City. The population total was 1,595 consumers. The sampling technique uses the Slovin formula, where the sample is obtained as many as 94 consumers. Sources of data in this study are primary data and secondary data, where primary data is obtained from observations, interviews and questionnaires, while secondary data is obtained from documentation studies. Data analysis was carried out by descriptive analysis and simple linear regression analysis with hypothesis testing using t-test and coefficient of determination. The results of simple regression analysis, namely Y = 18,684+ (X) 0.668+ e indicate that consumer behavior affects a positive relationship with the decision to choose the use of Postpaid and Prepaid Electricity KWh meters at PT PLN Rayon Selatan Medan. While the results of the t-test or partial test show that consumer behavior has a positive and significant effect on the decision to choose the use of Postpaid and Prepaid Electricity KWh meters. This can be seen from the value of tcount 9.187> t table 1.9860. The result of the correlation regression value is 0.692, which means that together consumer behavior has a close and positive contribution to the decision to choose the KWh meter for Postpaid and Prepaid Electricity PT PLN (Persero) Ranting Pancur Batu, Medan City. The coefficient of determination (R2) is 0.437 (43.7%), so it can be said that 43.7% of the variation in the independent variable of consumer behavior can explain the variable of the selection decision, while the remaining 57.3% is explained by other variables outside the model.
Pengaruh Bauran Pemasaran 4P terhadap Keputusan Pembelian Pupuk Eceran di Toko Tani Makmur Pagar Alam Sumatera Selatan Saputra, Ginta Ryan; Roswaty, Roswaty
Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran dan SDM Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran dan SDM
Publisher : Training & Research Institute - Jeramba Ilmu Sukses

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47747/jnmpsdm.v1i2.125

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh bauran pemasaran 4P terhadap keputusan pembelian pupuk eceran di toko Tani Makmur kota Pagar Alam Sumatera Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 93 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive nonprobability sampling. Variabel bebas pada penelitian ini adalah produk, harga, tempat, dan promosi, dengan keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Hasil penelitian ini menunjukkan, berdasarkan uji F, variabel produk, harga, tempat, dan promosi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan berdasarkan uji t, hanya variabel harga yang disimpulkan berpengaruh positif namun tidak signifikan, sedangkan variabel produk, tempat, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil interpretasi nilai koefisien korelasi (R Square 0,731) menunjukkan variabel produk, harga, tempat, dan promosi memiliki pengaruh yang kuat terhadap keputusan pembelian. Dan nilai koefisien determinasi (Adjusted R Square) menunjukan bahwa pengaruh produk, harga. Tempat, dan promosi terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 53,4%, sedangkan sisanya 46,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Variabel produk adalah variabel yang berpengaruh paling dominan berdasarkan dari nilai t hitung yang paling tinggi yaitu 7,913. This study aims to determine the magnitude of the influence of the 4P marketing mix on the decision to purchase retail fertilizer at the Tani Makmur shop, Pagar Alam city, South Sumatra. This research is a quantitative associative study, with a total sample of 93 respondents. The sampling technique used was purposive nonprobability sampling. The independent variables in this study are product, price, place, and promotion, with purchasing decisions as the dependent variable. The results of this study indicate, based on the F test, product variables, price, place, and promotion have a significant effect simultaneously on purchasing decisions. Meanwhile, based on the t test, only the price variable is concluded to have a positive but insignificant effect, while the product, place, and promotion variables have a positive and significant effect on purchasing decisions. The results of the interpretation of the value of the correlation coefficient (R Square 0.731) show that product, price, place, and promotion variables have a strong influence on purchasing decisions. And the coefficient of determination (Adjusted R Square) shows that the effect of product, price. Place and promotion on purchasing decisions amounted to 53.4%, while the remaining 46.6% was influenced by other factors. The product variable is the variable that has the most dominant influence based on the highest t value, namely 7.913.

Page 1 of 14 | Total Record : 140