cover
Contact Name
Nur Fadila Amin
Contact Email
jurnalpba2017@gmail.com
Phone
+6285396004289
Journal Mail Official
jurnalpba2017@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sultan Alauddin No.259, Gn. Sari, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90221
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
ISSN : 25798863     EISSN : 26566958     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Al-Marãji’ p-ISSN: 2579-8863 e-ISSN: 2656-6958 adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal ini dikhususkan pada kajian Pendidikan bahasa Arab baik teori maupun praktek. Jurnal Al-Marãji’ terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal dari hasil penelitian dan kajian ilmiah yang dilakukan oleh peneliti, akademisi, maupun pemerhati dalam bidang sastra dan pendidikan Bahasa Arab.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2025): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab" : 9 Documents clear
MODEL-MODEL PENGEMBANGAN MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Syam, Sri Nur Fadilah
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 9, No 1 (2025): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/almaraji.v9i1.17296

Abstract

Penelitian ini membahas model-model pengembangan media dan teknologi pembelajaran dalam pengajaran Bahasa Arab. Fokus utamanya adalah mengeksplorasi berbagai model, seperti ASSURE, ADDIE, Bergman dan Moore, serta Hannafin dan Peck, untuk memahami keefektifan masing-masing dalam menciptakan media pembelajaran yang relevan, interaktif, dan efisien. Pendekatan ini mencakup analisis kebutuhan siswa, perancangan strategi pembelajaran, implementasi teknologi, hingga evaluasi hasil pembelajaran. Studi ini menunjukkan bahwa penerapan teknologi pembelajaran dapat meningkatkan minat, motivasi, dan kompetensi siswa dalam memahami Bahasa Arab, baik dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya kesesuaian model dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode studi pustaka. Artikel ini mengkaji berbagai model pengembangan media dan teknologi pembelajaran Bahasa Arab. Kata Kunci: Model Pengembangan; Media Pembelajaran; Teknologi PembelajaranAbstractThis research discusses models of media and technology development in Arabic language teaching. Its main focus is to explore various models, such as ASSURE, ADDIE, Bergman and Moore, as well as Hannafin and Peck, to understand the effectiveness of each in creating relevant, interactive, and efficient learning media. This approach includes analyzing student needs, designing learning strategies, implementing technology, and evaluating learning outcomes. The study shows that the application of learning technology can enhance students' interest, motivation, and competence in understanding Arabic, both in cognitive, affective, and psychomotor aspects. This research also highlights the importance of aligning the model with the needs and characteristics of learners to achieve optimal learning outcomes. The method used in this article is a literature study. This article examines various models of media and technology development in Arabic language learning.Keywords: Development Models; Learning Media; Learning Technology.
Penerapan Metode Grand MBA Berbasis Abjadiyah Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Arab Binti B.husain, Nurlatifa
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 9, No 1 (2025): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/almaraji.v9i1.17701

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penerapan metode GRAND MBA berbasis abjadiyah untuk meningkatkan keterampilan membaca arab pada siswa kelas VII SMP Integral Hidayatullah Palopo, (2) Untuk mengetahui peningkatan meningkatkan keterampilan membaca arab dengan menggunakan metode GRAND MBA berbasis abjadiyah pada siswa kelas VII SMP Integral Hidayatullah Palopo. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus lima kali pertemuan dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang setiap siklusnya memiliki empat tahapan yaitu; Tahap Perencanaan, Tahap Tindakan atau Pelaksanaan, Tahap Pengamatan dan Tahap Refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tindakan, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Langkah penelitian ini yaitu peneliti memulai pembelajaran dengan memberikan salam dan mengabsen para siswa, kemudian peneliti menjelaskan materi penelitian, setelah itu peneliti menghadapi satu per satu para siswa dengan menyelesaikan materi tentang artikulasi pengucapan huruf, makhorijul huruf dan intonasi bacaan, (2) Peningkatan sikulus I dapat dilihat bahwa dari 14 siswa yang tuntas sebanyak 5 siswa dengan persentase 36%, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 9 orang siswa dengan persentase 64%. Adapun pada siklus II siswa yang telah tuntas sebanyak 12 orang siswa dengan persentase 85% sedangkan yang belum tuntas sebanyak 2 orang dengan persentase sisa 15 %. Dari siklus I ke siklus II memang masih ada 2 orang siswa yang belum tuntas akan tetapi hasil belajar dari penelitian ini dianggap dan dikatakan tuntas.
OPTIMALISASI DESAIN MEDIA DAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK Indriani, Indriani
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 9, No 1 (2025): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/almaraji.v9i1.17298

Abstract

Penelitian ini membahas optimalisasi desain media dan teknologi dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan pemahaman peserta didik. Fokus penelitian meliputi prinsip desain media yang efektif, integrasi teknologi dengan sumber belajar, serta kendala dan solusi dalam penerapannya. Menggunakan metode kajian pustaka dengan analisis deskriptif kualitatif, hasil menunjukkan bahwa prinsip kesesuaian tujuan pembelajaran, aksesibilitas, dan keterlibatan peserta didik mampu meningkatkan pemahaman secara signifikan. Kendala seperti keterbatasan infrastruktur dan minimnya pelatihan teknis dapat diatasi dengan pelatihan berkelanjutan dan pengembangan fasilitas pendidikan. Selain itu, integrasi teknologi juga mempermudah akses peserta didik terhadap berbagai sumber belajar yang relevan dan inovatif. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan platform digital interaktif dan pengembangan kurikulum berbasis teknologi sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan demikian, implementasi media dan teknologi yang dirancang secara optimal dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif, efisien, dan menyenangkan.Kata Kunci; Desain media; Teknologi pembelajaran; Bahasa Arab; Pemahaman peserta didik.This study discusses the optimization of media and technology design in Arabic language learning to enhance students' comprehension. The research focuses on effective media design principles, the integration of technology with learning resources, as well as challenges and solutions in its implementation. Using a literature review method with qualitative descriptive analysis, the results show that the principles of learning objectives alignment, accessibility, and student engagement can significantly improve comprehension. Challenges such as limited infrastructure and lack of technical training can be addressed through continuous training and the development of educational facilities. Moreover, technology integration also facilitates students' access to various relevant and innovative learning resources. This study recommends the use of interactive digital platforms and the development of technology-based curricula as strategic steps to improve the quality of learning. Thus, the optimal design and implementation of media and technology can create a more effective, efficient, and enjoyable learning experience.Keywords; Media design; Learning technology; Arabic language; Student comprehension.
Penerapan Metode CIRC Berbasis Open-Ended Dalam Pembelajaran Qira'ah Di Mts Darusa'dah Muara Enim Oktari, Safira Dwi; Wasilah, Wasilah; Muhammad, Kemas
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 9, No 1 (2025): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/almaraji.v9i1.18231

Abstract

Penelitian ini membahas tantangan dalam pembelajaran Qira'ah di MTs Darusa'dah Muara Enim yang menggunakan metode konvensional sehingga belum mencapai hasil yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperluas efektivitas penerapan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbasis pendekatan open-ended dalam pembelajaran Qira'ah. Penelitian ini menggunakan metode campuran yang mengintegrasikan data kualitatif dan kuantitatif melalui observasi, wawancara, serta tes pre-test dan post-test yang melibatkan 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan kemampuan Qira'ah siswa, dengan nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen meningkat menjadi 77,08 dari nilai pre-test sebesar 55,58. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan metode CIRC yang dikombinasikan dengan pendekatan terbuka secara efektif meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran Qira'ah. 
PENGUATAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENGHAFAL KOSA KATA BAHASA ARAB DI PTUQI CIBUNGBULANG BOGOR Abrar, Muh.
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 9, No 1 (2025): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/almaraji.v9i1.17513

Abstract

This empowerment aims to provide assistance to several children at Pondok Tahfidz Ummul Quro Al-Islami Bogor in memorizing the Arabic vocabolary about limbs through self-creativity with learning media that can be used in every learning, especially at the level of basic education and generally for various levels of education. Based on the results of the research that has been carried out, it can be concluded that the assistance of learning media skills in memorizing the Arabic vocabolary shows students' interest in memorizing the Arabic vocabolary by applying learning media skills to be more creative and fun. This learning media skill can be used as an alternative for students to develop their own creativity, so that it becomes a shortcut to make it easier to understand the material being taught and avoid boredom. This service explained about the assistance of learning media skills in memorizing the Arabic vocabolary for students at PTUQI Cibungbulang Bogor about how the process of making Arabic learning media skills aimed at making it easier to memorize vocabolary about limbs. However, this media is not limited to the memorization method only and can be continued to learn other methods of discussion. In addition, this research only includes the creation of learning media skills, even though there are still many other skills that can be taught to students to form their own creativity.
Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum Merdeka di MA Arrahmaniyah Depok Berbasis Model Congruence Rafi, Muhamad; Nisa, Sahla Adzkia; Syafi'i, Muhammad Rayhan; Maswani, Maswani
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 9, No 1 (2025): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/almaraji.v9i1.18892

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian antara perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran Bahasa Arab di kelas X MA Arrahmaniyah Depok berdasarkan model evaluasi Congruence. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitik. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan guru bidang kurikulum, guru Bahasa Arab, siswa, serta analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan adanya kesesuaian parsial antara perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dengan standar Kurikulum Merdeka, khususnya terkait tujuan pembelajaran, bahan ajar, metode inquiry learning dan project-based learning, serta penggunaan media digital. Namun demikian, ditemukan ketidaksesuaian antara tujuan yang telah ditetapkan dengan Nilai ujian akhir semester siswa kelas X, di mana 72,92% siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Faktor-faktor yang memengaruhi kondisi tersebut antara lain rendahnya motivasi dan minat siswa terhadap pelajaran Bahasa Arab, kurangnya lingkungan yang mendukung praktik berbahasa Arab, perbedaan latar belakang keilmuan siswa, serta keterbatasan akses terhadap buku ajar. Berdasarkan hasil tersebut, diperlukan upaya perbaikan melalui variasi metode pembelajaran, optimalisasi media, serta penciptaan lingkungan belajar yang lebih kondusif untuk meningkatkan kesesuaian antara tujuan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran Bahasa Arab di kelas X. This study aims to evaluate the congruence between planning, implementation, and learning outcomes of Arabic language instruction in Grade 10 at MA Arrahmaniyah Depok based on the Congruence evaluation model. This study employs a qualitative method with a descriptive-analytical approach. Data collection was conducted through interviews with curriculum teachers, Arabic language teachers, and students, as well as analysis of relevant documents. The results of the study indicate partial congruence between the planning and implementation of learning and the Merdeka Curriculum standards, particularly in terms of learning objectives, teaching materials, inquiry learning and project-based learning methods, and the use of digital media. However, there was a discrepancy between the established objectives and the end-semester exam of Grade X students, with 72.92% of students not yet achieving the Minimum Competency Criteria (KKM). Factors influencing this condition include low student motivation and interest in Arabic language lessons, a lack of an environment supporting Arabic language practice, differences in students' academic backgrounds, and limited access to textbooks. Based on these findings, improvements are needed through varied teaching methods, optimized use of media, and the creation of a more conducive learning environment to enhance alignment between objectives, implementation, and learning outcomes in Arabic language instruction for 10th-grade students. 
INTEGRASI LINGUISTIK, METODOLOGI PENGAJARAN, DAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN BAHASA ARAB: PENDEKATAN HOLISTIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BERBAHASA Runtoni, Runtoni
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 9, No 1 (2025): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/almaraji.v9i1.17560

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran integrasi linguistik, metodologi pengajaran, dan teknologi dalam meningkatkan kompetensi berbahasa Arab melalui pendekatan holistik yang dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan relevan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana kombinasi antara ketiga elemen tersebut dapat meningkatkan kemampuan berbahasa peserta didik, serta memahami bagaimana penerapannya dalam konteks pendidikan bahasa Arab. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, di mana data diperoleh melalui analisis literatur terkait penerapan linguistik, metodologi inovatif, dan teknologi dalam pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi, seperti aplikasi berbasis kecerdasan buatan, platform e-learning, dan media interaktif, dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik, sementara pendekatan pengajaran yang adaptif dan personalisasi membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran. Kesimpulannya, integrasi linguistik, metodologi, dan teknologi dalam pendidikan bahasa Arab menghasilkan pendekatan holistik yang efektif untuk meningkatkan kompetensi berbahasa, yang memerlukan dukungan pelatihan bagi pengajar serta kebijakan pendidikan yang mendorong inovasi agar peserta didik dapat beradaptasi dengan perkembangan global.
KONTEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA AKUN INSTAGRAM @ARABIYAHTALKS Falah, Mega Satria Nurul; Niswah, Awaliyah Ainun
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 9, No 1 (2025): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/almaraji.v9i1.18889

Abstract

Akun Instagram @arabiyahtalks menarik perhatian dengan bio "membantu Anda berbicara bahasa Arab dengan mudah" dan hampir 200.000 pengikut. Beberapa penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa akun ini mampu memotivasi pembelajar bahasa Arab untuk lebih aktif dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi isi unggahan pada akun @arabiyahtalks yang dianggap sebagai media pembelajaran bahasa Arab yang mudah dan menyenangkan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik analisis isi. Data penelitian berupa unggahan dari bulan Agustus 2023 hingga Agustus 2024. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Tahapan analisis meliputi identifikasi data, klasifikasi data, deskripsi data, dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten pembelajaran bahasa Arab di akun @arabiyahtalks sangat bervariasi. Variasi konten tersebut meliputi (1) ungkapan bahasa Arab, (2) muhadatsah, (3) mufradat, (4) motivasi, (5) kuis, (6) pelafalan, (7) tata bahasa, (8) uslub, (9) murodifat, dan (10) teknik penerjemahan. Postingan terbanyak berasal dari kategori ungkapan bahasa Arab, diikuti oleh muhadatsah dan mufradat. Penelitian ini juga menemukan bahwa akun ini memiliki urutan unggahan yang bergantian, sehingga terkesan variatif dan tidak monoton.
PENGEMBANGAN MAHARATUL KALAM BERBASIS DIGITAL DI MA PALAPA NUSANTARA NW LOMBOK Raudatussolihah, Baiq; Fathurrahman, Ali; Kholida, Masita Taufiqi
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 9, No 1 (2025): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/almaraji.v9i1.17388

Abstract

AbstractDeveloping maharatul kalam (the ability to speak Arabic) is very important in the digital era to form individual students who are able to communicate effectively in local and global contexts. This research aims to analyze the approaches, methods and implications of developing digital-based maharatul kalam at MA Palapa Nusantara NW Lombok. This research uses a qualitative descriptive approach with data collection techniques in the form of observation, interviews and document study. The research results show that communicative and technology-based approaches have a significant influence in improving students' speaking skills. Methods such as role play, online discussions, and the use of Arabic learning applications are effective in motivating students to be more active and confident in speaking. In addition, digital technology allows students to study independently through online platforms, such as YouTube, Zoom, and language learning applications. The implication of this research is the need to integrate technology in the Arabic language learning curriculum and strengthen students' digital literacy. With the right approach and methods, developing maharatul kalam not only improves students' speaking skills, but also forms a generation that is adaptive and competent in facing global challenges.Keywords: Development, Maharatul Kalam and Digital Based.

Page 1 of 1 | Total Record : 9