cover
Contact Name
E Sutandar
Contact Email
Erwin_sutandar@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
fanypuspabella@student.untan.ac.id
Editorial Address
Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia. E-mail: jmts@teknik.untan.ac.id
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang
ISSN : -     EISSN : -     DOI : https://dx.doi.org/10.26418/jelast.v9i1.53691
Core Subject : Engineering,
Pesatnya perkembangan di dunia pendidikan mengakibatkan peningkatan kebutuhan terhadap bangunan tinggi sebagai sarana dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Bersumber pada Standar Nasional Indonesia (SNI 1726-2019) mengenai Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung, Kota Pontianak termasuk ke dalam daerah dengan gempa ringan. Setiap perancangan bangunan di Kota Pontianak saat ini harus memperhitungkan parameter gaya gempa. Sehingga dilakukan perhitungan struktur gedung 7 lantai Sekolah Santu Petrus untuk mendapatkan dimensi komponen struktur yang tahan terhadap beban gempa. Perancangan gedung ini merupakan struktur beton bertulang dengan Sistem Rangka Pemikul Momen dan dimodelkan dengan bantuan program analisis struktur. Struktur dianalisis terhadap beban yang bekerja pada gedung tersebut. Pada analisis pengaruh gempa, gedung ini termasuk kategori desain seismik KDS D, maka dalam analisisnya akan mengikuti persyaratan Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK). Hasil kontrol perilaku struktur terdapat ketidakberaturan struktur tipe 2 dan 3 serta ketidakberaturan vertikal struktur tipe 2. Dimensi struktur pelat lantai setebal 100 mm, balok induk 300/600 mm dan 450/800 mm, balok anak 300/600 mm dan 200/400 mm, serta kolom persegi 700/700 mm dan kolom bundar diameter 700 mm. Fondasi yang digunakan adalah fondasi dalam tiang pancang karena sesuai dengan kondisi tanah di Kota Pontianak.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2022): JeLAST EDISI JUNI 2022" : 10 Documents clear
PERENCANAAN TEKNIS REKLAMASI PADA PENAMBANGAN EMAS PT SATRIA PRATAMA MANDIRI KECAMATAN KAPUAS DAN KECAMATAN MUKOK KABUPATEN SANGGAU PROVINSI KALIMANTAN BARAT Andri Triono; Budhi Purwoko; Septami Setiawati
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 2 (2022): JeLAST EDISI JUNI 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i2.55557

Abstract

PT Satria Pratama Mandiri memiliki izin usaha pertambangan operasi produksi seluas 8.054 ha. Penambangan dengan sistem tambang terbuka. Oleh karena itu penelitian bertujuan untuk 1) mengidentifikasi keadaan situasi rona awal, 2) menentukan volume tailing yang dibutuhkan dan 3) mendeskripsikan proses tahapan kegiatan reklamasi. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif yang merupakan metode penelitian sistematis, terencana, dan terstruktur. Data yang diambil berupa pengamatan rona awal lokasi penelitian, dan spesifikasi alat. Data luasan area reklamasi didapatkan dari peta bukaan PT Satria Pratama Mandiri dan diolah dengan aplikasi AutoCAD 2007 dan dilakukan digitasi untuk mengetahui luas area reklamasi. Luas area reklamasi ± 2,41 Ha. Berdasarkan hasil analisis metode reklamasi yang direkomendasikan adalah metode penataan lahan dengan tailing sebanyak 67.082,50 m3 atau 83.853,12 LCM dengan kemiringan 3,8% menggunakan peralatan mekanis (2 dump truck, 1 excavator, 2 bulldozer), perawatan lahan dengan 2000 kg pupuk kompos untuk menurunkan PH dari lahan, dilanjutkan penanaman vertiver 6.025 bibit sebagai penahan laju erosi dan penyerap logam berat. Kebutuhan pupuk untuk penanaman pohon karet dengan sistem pot 27,61 kg Urea, 25,10 kg SP36, 17,57 kg KCl dan 10,04 kg. Penanaman karet sebanyak 1.004 batang, kebutuhan tenaga kerja 35 orang dan waktu yang dibutuhkan dari kegiatan penataan hingga penanaman 7 bulan.
ANALISA WAKTU DAN BIAYA KONSTRUKSI PADA PEMBANGUNAN GEDUNG ASRAMA LPMP TAHAP II PONTIANAK Leni Giarti; Safaruddin M. Nuh; M. Indrayadi
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 2 (2022): JeLAST EDISI JUNI 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i2.55814

Abstract

Analisa waktu dan biaya merupakan dua hal yang penting dalam suatu proyek konstruksi, karena dalam pelaksanaan  penawaran pekerjaan proyek konstruksi waktu dan biaya menjadi salah satu pertimbangaan bagi owner dalam  menentukan pemenang dan dalam menyusun penawaran apa yang menjadi pertimbangan kontraktor bagaimana  kontraktor dapat menawarkan harga lebih rendah dari pada harga owner (OE) dan harga perencana (EE).  Pada penelitian ini penulis akan menganalisa waktu dan biaya konstruksi pada proyek pembangunan gedung Asrama  LPMP Tahap II yang terdiri daritiga lantai yang berada di Jl. Abdul Muis, Tanjung Hulu,Pontianak, dimana analisanya hanya meninjau pada pekerjaan struktur utama gedung, analisa anggaran biaya konstruksi berdasarkan harga real cost meliputi material, upah, alat di daerah kota Pontianak dan selisih biaya yang diperoleh guna sebagai kontrol terhadap  harga penawaran. Data harga material/bahan, upah dan alat diperoleh dengan melakukan survei di sekitar kota  Pontianak dan analisa waktu dilakukan dengan program Microsoft Project. Hasil dari analisa perhitungangan  berdasarkan harga real cost sebesar Rp.5.009.300.287, dan harga pada BOQ penawaran sebesar Rp.5.906.279.715,91,- dengan demikian diperoleh selisih harga sebesar Rp.896.979.429 atau sebesar 15,2%. Hasil dari analisa waktu dengan  menggunakan Microsoft Project selama 104 hari kerja untuk menyelesaikan pembangunan struktur utama gedung  Asrama LPMP Pontianak. Katan Kunci : Biaya Konstruksi, Real Cost, RAP
ANALISIS DAN EVALUASI KINERJA BUNDARAN 1001 AI KOTA SINGKAWANG Ismi Sukmawati; S. Nurlaily Kadarini; Sumiyattinah Sumiyattinah
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 2 (2022): JeLAST EDISI JUNI 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i2.54274

Abstract

Bundaran 1001 AI Kota Singkawang melayani penting yaitu keluar masuk ke Kota Singkawang, dimana sekitarnya terdapat lembaga pendidikan, perkantoran, pusat lalu lintas, pusat perbelanjaan dan pasar. Peningkatan jumlah penduduk, volume kendaraan yang akan melintas juga akan bertambah maka diperkirakan bahwa kedepannya akan memiliki arus lalu lintas yang padat, sehingga diperlukan analisis kinerja bundaran. Jika hasil kinerja dari bundaran tersebut buruk maka perlu dilakukann evaluasi untuk bundaran tersebut. Analisis kinerja bundaran dihitung menggunakan MKJI (1997) dan VISSIM. Analisis pada kondisi eksisting menghasilkan nilai DS = 0,403 dengan tingkat pelayanan LOS B, untuk perkiraan tahun 2026 hasil DS = 0,497 dengan tingkat pelayanan LOS C, dan perkiraan tahun 2031 hasil DS = 0,759 dengan tingkat pelayanan LOS D. Berdasarkan hasil analisis, alternatif yang ada pada penelitian ini yaitu perbaikan untuk bundaran dengan mengubah parameter geomterik pada bagian jalinan. Hasil analisis MKJI 1997 perkiraan tahun 2026 hasil DS = 0,373 dengan tingkat pelayanan LOS B, dan perkiraan tahun 2031 hasil DS = 0,569 dengan tingkat pelayanan LOS C. Hasil simulasi VISSIM perkiraan tahun 2026 tundaan bundaran = 7.680 detik dengan tingkat pelayanan LOS A, dan perkiraan tahun 2031 nilai tundaan bundaran = 12.450 detik dengan tingkat pelayanan LOS B.
ANALISIS DIMENSI SALURAN PARIT TOKAYA DI JALAN PURNAMA KOTA PONTIANAK Yanshen Phangestu; Nurhayati Nurhayati; Umar A Ghani
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 2 (2022): JeLAST EDISI JUNI 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i2.60850

Abstract

Banjir yang melanda Jalan Purnama kota Pontianak merupakan banjir yang disebabkan oleh meluapnya Parit Tokaya karena tingginya curah hujan dengan durasi yang cukup lama, ketidakmampuan saluran dalam menampung air dalam jumlah banyak sehingga air meluap dan menuju ke permukiman di sekitar jalan Purnama. Peristiwa banjir ini menyebabkan kerugian harta benda serta dapat membuat aktivitas atau kegiatan perekonomian di sekitar jalan Purnama menjadi terhambat atau juga dapat menimbulkan berbagai macam jenis penyakit yang berasal dari bencana banjir. Untuk menangani permasalahan ini, maka penulis memutuskan untuk melakukan penelitian yang berjudul “Mitigasi Banjir di Jalan Purnama Kota Pontianak”. Dalam penelitian ini dilakukan kajian pustaka untuk menelaah berbagai teori dan melakukan survey awal untuk mengetahui titik-titik lokasi penelitian. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer dikumpulkan dengan cara melakukan pengukuran pasang surut, kecepatan aliran, potongan memanjang dan melintang saluran sedangkan data sekunder yang dikumpulkan berupa peta lokasi, topografi dan data curah hujan. Data yang diperoleh kemudia diolah dengan dilakukan analisa secara hidrologi dan hidrometri. Analisa hidrologi menghasilkan debit banjir maksimum pada periode ulang 2 tahun, 5 tahun dan 10 tahun yaitu sebesar 1,307 m3/det, 1,515 m3/det, dan 1,624 m3/det yang terjadi pada STA 1943, sedangkan analisa hidrolika yang dilakukan menghasilkan dimensi saluran rencana yang dibuat dengan acuan debit maksimum periode ulang 10 tahun, kecepatan aliran , dan debit aliran di Parit Tokaya.
SIMULISASI NORMALISASI SUNGAI MASUKA TERHADAP KARAKTERISTIK BANJIR DENGAN MODEL HEC-RAS Yohanes Agi; Umar Umar; Eko Yulianto
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 2 (2022): JeLAST EDISI JUNI 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i2.55637

Abstract

Sungai Masuka yang terletak di Kabupaten Sintang salah satu anak Sungai Melawi dengan luas daerah pengaliran sekitar 0,7 km2 dengan panjang sungai 1,5 km merupakan daerah yang rentan terhadap banjir. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui luas genangan kala ulang 2 tahun, 5 tahun, 10 tahun dan mengetahui penampang eksisting setelah dilakukan normalisasi sepanjang sungai dengan bantuan program HEC-RAS. Debit banjir tiap periode ulang dihitung berdasarkan data curah hujan harian maksium, untuk debit lapangan dilakukan pengukuran langsung sebagai bantuan kalibrasi data debit sungai dan pengukuran panmpang sungai. Perhitungan debit banjir menggunakan hidrograf satuan sintetis Snyder dan program HEC-RAS sebagai bantuan simulisasi sungai. Hasil penelitian menunjukan debit banjir rencana pada kala ulang 2 tahun sebesar 0,34142 m3 /detik, 5 tahun sebesar 0,57651 m3 /detik dan 10 tahun sebesar 0,758 m3 /detik. Sungai Masuka memiliki potensi banjir akibat debit banjir tahunan periode ulang 2, 5, dan 10 tahun yang menimbulkan genangan mencapai 0,2178 km2 samapai 0,3125 km2 dengan tinggi muka air 38 cm sampai 58 cm sehingga mengakibatkan genangan di bantaran Sungai Masuka. Hasil normalisasi menggunakan software HEC-RAS di dapat luas penampang seluas 58.645 m2 , ketinggian penampang 3.635 m, lebar atas penampang 19.458 m, lebar bawah penampang 12 m.
KORELASI ANTARA NILAI KUAT GESER TANAH DAN NILAI CBR PADA TANAH LEMPUNG DI DAERAH KABUPATEN MEMPAWAH Geraldo Dewantara; Elsa Tri Mukti; R M Rustamaji
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 2 (2022): JeLAST EDISI JUNI 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i2.54546

Abstract

Nilai kuat geser dan nilai CBR berpengaruh dalam perencanaan suatu konstruksi bangunan sipil terutama pada konstruksi jalan raya. Tanah lempung memiliki daya dukung tanah dan kuat geser tanah yang rendah, hal tersebut dapat menimbulkan kerusakan pada konstruksi khususnya konstruksi jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi nilai kuat geser dan nilai CBR pada tanah lempung di daerah kabupaten Mempawah. Dalam penelitian ini digunakan alat Vane Shear Test dan alat Dynamic Cone Penetrometer. Berdasarkan sistem klasifikasi AASHTO, USCS, dan USDA, semua titik uji memiliki fraksi lempung. Dalam menentukan nilai CBR menggunakan 2 metode yaitu metode menurut pedoman Kementerian Pekerjaan Umum dan Buku Perkerasan Lentur Jalan Raya oleh Silvia Sukirman. Hasil pengujian dianalisa menggunakan analisa regresi sederhana linear dan menghasilkan persamaan untuk penentuan nilai CBR menurut Kementerian Pekerjaan Umum berturut-turut CBR = 6,7663(Cu) + 0,3664, CBR = 7,5016(Cu) + 0,2823, dan CBR = 1,2531(Cu) + 1,2665 dan untuk penentuan nilai CBR menurut buku Perkerasan Lentur Jalan Raya menghasilkan persamaan CBR = 3,4784(Cu) + 1,9740, CBR = 2,3456(Cu) + 2,0730, dan CBR = -6,0645(Cu) + 3,5482. Nilai koefisien korelasi berturut-turut yaitu 0,5077, 0,2711, dan 0,0619 untuk nilai CBR menurut Kementerian Pekerjaan Umum dan 0,2500, 0,0742, dan -0,2673 untuk nilai CBR menurut buku Perkerasan Lentur Jalan Raya. Dapat disimpulkan hubungan antara nilai kuat geser dan nilai CBR pada tanah lempung lunak dan sangat lunak tidak memiliki hubungan
TINJAUAN DAYA DUKUNG PELAT BETON BERSIRIP DI ATAS TANAH LEMPUNG DENGAN VARIASI KEMIRINGAN SIRIP BERDASARKAN UJI PEMBEBANAN Samuel Maruli Sirait; Vivi Bachtiar; M Yusuf
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 2 (2022): JeLAST EDISI JUNI 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i2.55267

Abstract

Pembangunan jalan di kota Pontianak sendiri pada akhir-akhir ini banyak menggunakan jalan beton karena jalan beton dapat digunakan pada struktur tanah yang memiliki daya dukung rendah. Diketahui bahwa di Pontianak didominasi oleh tanah lunak yang mempunyai daya dukung yang rendah. Kondisi tanah yang memiliki daya dukung yang kecil berpotensi untuk terjadinya penurunan pada jalan yang dapat mengakibatkan kerusakan pada jalan tersebut. Dengan kondisi tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bentuk pelat yang memiliki nilai penurunan terkecil terhadap beban pada pelat beton di atas tanah lempung dengan variasi kemiringan sirip. Penelitian ini dilakukan dengan pengujian secara eksperimental melalui metode uji pembebanan langsung (loading test). Dalam penelitian ini diteliti daya dukung pelat beton bersirip di atas tanah lempung yang memiliki kemiringan yang berbeda, yakni 0°, 10°, 20°, 30° dan 40°. Selanjutnya dihubungkan ke dalam grafik untuk melihat grafik dari kelima sampel tersebut mana yang memiliki trend kurva penurunan terhadap pembebanan yang terkecil. Dari hasil pengujian beban dan pengamatan grafik didapat sampel yang memiliki penurunan paling kecil dengan beban yang relatif sama terdapat pada sampel dengan kemiringan sirip 30.
ANALISIS PERMASALAHAN DAN PENGEMBANGAN TRANSPORTASI UMUM DI KETAPANG Aditya Renaldi; Sumiyattinah Sumiyattinah; Elsa Tri Mukti
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 2 (2022): JeLAST EDISI JUNI 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i2.55228

Abstract

Transportasi umum adalah pelayanan angkutan penumpang oleh sistem perjalanan kelompok yang tersedia dan digunakan oleh masyarakat.Transportasi umum merupakan hal penting bagi suatu daerah. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi masalah yang menjadi penyebab utama tidak adanya transportasi umum yang beroperasi di Ketapang, mengetahui pendapat masyarakat terkait angkutan umum yang mereka harapkan di masa mendatang dan diharapkan penelitian ini menjadi saran untuk pemerintah dalam pengembangan transportasi umum di Ketapang. Metode yang digunakan adalah analisis Fishbone dan analisis Skala Likert Berdasarkan hasil analisis, didapat 5 (lima) permasalahan utama yang menjadi penyebab matinya atau hilangnya layanan angkutan umum di Ketapang, yaitu : 1. Masalah Sarana dan Prasarana, 2. Masalah Sistem Pelayanan, 3. Masalah Kebijakan, 4. Masalah Kemauan atau Minat Masyarakat, dan 5. Masalah Inovasi. Untuk pengembangan transportasi diharapkan masyarakat, hasil dari kuesioner yang telah disebarkan kepada 400 responden, kemudian dikelompokkan dan ditentukan nilai pengaruh menjadi: Pengaktifan Kembali Angkutan Umum (66,75%), Peningkatan Kualitas Dari Moda Angkutan (39,25%), Penambahan Jumlah Trayek (70,75%), Peningkatan Pelayanan Angkutan Umum (71,75%), dan Peningkatan Fasilitas Tambahan Angkutan Umum (73%). Pengembangan yang bisa dilakukan berdasrakan tanggapan masyarakat adalah penerapan system trasnportasi yang berbasis teknologi informasil ataui intelligent transport system dan harus juga didukung perbaikan di bidang sarana dan prasarana transportasinya.
KAJIAN PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO K3 PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT KECAMATAN PONTIANAK UTARA Cindy Andara Yosefine; Safaruddin M Nuh; Riyanny Pratiwi
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 2 (2022): JeLAST EDISI JUNI 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i2.55279

Abstract

Occupational safety and health is the goal of every construction activity to improve the welfare of the workers in a construction project in order to create good construction results. Currently, work accidents have become a concern in every service industry, especially the construction industry, so accidents are said to have causes and solutions to prevent them. During the pandemic, construction implementation decreased greatly, so during the recovery period, construction implementation increased. Attention to Occupational Safety and Health or K3 has become a serious matter because it has an influence on several aspects. K3 risk management is a mandatory thing to be applied in the implementation of construction work. Completeness of K3 documents is also a requirement for the implementation of construction projects. Assessment of high-risk levels will be followed up by the analysis using the JSA (Job Safety Analysis) method. Prevention of risk from hazard identification can be minimized by planning controls that are adjusted to the SOP for K3 construction. The successful implementation of a construction project is to be able to produce zero accidents in the construction project. The construction project of the North Pontianak District Hospital became the object of research in this study of the K3 risk management system in accordance with existing regulations.
SIMULASI JARINGAN DISTRIBUSI AIR BERSIH DI KECAMATAN SALATIGA KABUPATEN SAMBAS - Hidayat; Danang Gunarto; Moch Meddy Danial
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 2 (2022): JeLAST EDISI JUNI 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i2.54204

Abstract

Kecamatan Salatiga jauh dari jangkauan jaringan perpipaan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sehingga untuk pengembangan sistem jaringan distribusi baru ke wilayah Kecamatan Salatiga sangat sulit di lakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui potensi air baku bukit selindung apakah layak untuk dijadikan sumber air bersih bagi penduduk di Kecamatan Salatiga dari segi kualitas kuantitas dan kontinuitas air, mengetahui kebutuhan air bersih penduduk di Kecamatan Salatiga, dan membuat jaringan distribusi air bersih dalam kurun waktu 20 tahun yang akan datang (2041) dengan menggunakan 3 alternatif yang berbeda. Tahapan analisa dalam penulisan penelitian ini adalah dengan melakukan survei topografi, analisa kuantitas air dengan memprediksikan laju kebutuhan air domestik dan non domestik penduduk di Kecamatan Salatiga, pengujian sampel air, analisa kontinuitas sumber air baku bukit selindung dengan cara menganalisis curah hujan dengan metode Mock, selanjutnya dilakukan perhitungan debit andalan 99% dengan metode weibull dan perhitungan debit lapangan, serta menganalisa simulasi jaringan distribusi dengan menggunakan program EPANET versi 2.2. Berdasarkan hasil perhitungan debit andalan 99% diketahui bahwa debit terendah pada bulan Maret sebesar 0,050 m3 /detik, debit tertinggi pada bulan Desember sebesar 0,426 m3 /detik, sedangkan debit lapangan sebesar 0,148 m3 /detik. Digunakan pipa HDPE dengan diameter 63 – 250 mm.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 3 (2025): JeLAST Edisi Agustus 2025 Vol 12, No 2 (2025): JeLAST Edisi Juni 2025 Vol 12, No 1 (2025): JeLAST Edisi Februari 2025 Vol 11, No 4 (2024): JeLAST Edisi Desember 2024 Vol 11, No 3 (2024): JeLAST Edisi Agustus 2024 Vol 11, No 2 (2024): JeLAST Edisi Juni 2024 Vol 11, No 1 (2024): JeLAST Edisi Februari 2024 Vol 10, No 4 (2023): JeLAST Edisi Desember 2023 Vol 10, No 3 (2023): JeLAST Edisi Agustus 2023 Vol 10, No 2 (2023): JeLAST Edisi Juni 2023 Vol 10, No 1 (2023): JeLAST Edisi Februari 2023 Vol 9, No 4 (2022): JeLAST Desember 2022 Vol 9, No 3 (2022): JELAST EDISI AGUSTUS 2022 Vol 9, No 2 (2022): JeLAST EDISI JUNI 2022 Vol 9, No 1 (2022): JeLAST EDIS FEBRUARI 2022 Vol 8, No 3 (2021): JeLAST EDISI DESEMBER 2021 Vol 8, No 2 (2021): JeLAST Juni 2021 Vol 8, No 1 (2021): JeLast Edisi Februari 2021 Vol 7, No 3 (2020): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2020 Vol 7, No 2 (2020): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2020 Vol 7, No 1 (2020): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2020 Vol 6, No 3 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2019 Vol 6, No 2 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2019 Vol 6, No 1 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2019 Vol 5, No 3 (2018): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2018 Vol 5, No 2 (2018): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2018 Vol 5, No 1 (2018): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2018 Vol 4, No 4 (2017): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2017 Vol 4, No 4 (2017): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2017 Vol 4, No 4 (2017): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2017 Vol 3, No 3 (2016): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2016 Vol 2, No 2 (2016): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2016 Vol 1, No 1 (2016): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN EDISI FEBRUARI 2016 Vol 2, No 2 (2015): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN EDISI JUNI 2015 Vol 3 (2015): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN EDISI DESEMBER 2015 Vol 1, No 1 (2015): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN Vol 3, No 2 (2014): VOL 3 NO 2 DESEMBER 2014 Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Edisi Februari 2014 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil UNTAN Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Untan Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Untan More Issue