Manajemen dan Bisnis
JMB (Jurnal Manajemen dan Bisnis) adalah forum diseminasi ilmu bisnis multi-disiplin yang bertujuan untuk menjembatani ilmu dan praktik manajemen dan kewirausahaan di Indonesia. JMB (Jurnal Manajemen dan Bisnis) menerbitkan hasil-hasil penelitian yang berdampak tinggi terhadap teori dan praktik manajemen dan kewirausahaan, baik yang berbentuk makalah konseptual, studi kasus, maupun laporan penelitian empiris. Topik yang dikembangkan dalam publikasi JMB (Jurnal Manajemen dan Bisnis) adalah sebagai berikut: 1. Manajemen Stratejik 2. Keuangan 3. Pemasaran 4. Operasi 5. Sumber daya manusia 6. Kewirausahaan 7. Usaha mikro kecil dan menengah Selain itu, JMB (Jurnal Manajemen dan Bisnis) mengutamakan artikel ilmiah yang mengangkat dan mengaplikasikan konsep-konsep manajemen untuk memecahkan permasalahan dan isu yang dihadapi praktisi usaha di Indonesia. JMB merupakan open access journal yang diterbitkan dua kali setahun setiap bulan Februari dan Agustus
Articles
11 Documents
Search results for
, issue
"Vol 6, No 1 (2024): FEBRUARI"
:
11 Documents
clear
Pengaruh Viral Marketing Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Pada E-Commerce Di Universitas Muhammadiyah Surakarta
Apristiani, Afita;
Rosyadi, Imron
Manajemen dan Bisnis Vol 6, No 1 (2024): FEBRUARI
Publisher : Jurnal Prodi Fakultas Ekonomi-UISU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30743/jmb.v6i1.8906
Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Pengaruh viral marketing, online customer review terhadap keputusan pembelian di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Teknik pengambilan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-probability Sampling. Dengan jumlah 150 Responden yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini ialah Viral Marketing dan Online Customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Skintific pada E-Commerce
Pengaruh Loyalitas Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Perumda Air Minum Tirta Randik Musi Banyuasin
Piura, Meila Puspa;
Purnamasari, Endah Dewi;
Yeni, Yeni
Manajemen dan Bisnis Vol 6, No 1 (2024): FEBRUARI
Publisher : Jurnal Prodi Fakultas Ekonomi-UISU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30743/jmb.v6i1.8860
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh loyalitas dan disiplin kerja secara parsial dan simultan terhadap produktivitas kerja karyawan pada PERUMDA Air Minum Tirta Randik Musi banyuasin. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian adalah sebanyak 188 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis linear berganda, dengan uji t dan uji F. Sedangkan untuk melihat sejauh mana keakurasian dan kelayakan alat intrumen variabel penelitian digunakan uji validitas dan reabilitas pada SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun secara simultan Loyalitas dan Disiplin Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PERUMDA Air Minum Tirta Randik Musi Banyuasin.
Pengaruh Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ms. Glow Di Kota Medan
Harahap, Julienda br;
Tahir, M;
Sumanti, Sumanti
Manajemen dan Bisnis Vol 6, No 1 (2024): FEBRUARI
Publisher : Jurnal Prodi Fakultas Ekonomi-UISU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30743/jmb.v6i1.8945
Keputusan pembelian merupakan pemilihan suatu tindakan dari dua atau lebih pilihan alternatif yang membentuk preferensi atas merek-merek. Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kegiatan promosi yang diberikan oleh produsen yang menjadi dasar keputusan pembelian oleh konsumen, persaingan produk kecantikan semakin gencar karena banyaknya merek yang beredar. Penelitian ini dibatasi pada ruang lingkup promosi dan citra merek serta keputusan pembelian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian produk MS. Glow di Kota Medan, bagaimana pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian ma produk MS. Glow di Kota Medan, bagaimana pengaruh promosi dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk MS. Glow di Kota Medan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian produk MS. Glow di Kota Medan, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian produk MS. Glow di Kota Medan, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk MS. Glow di Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang menggunakan skincare merek Ms. Glow. Sampel sebanyak 40 responden karena selama penelitian hanya mendapatkan 40 responden selama 10 hari dengan memberikan kuesioner sebanyak 4 orang per hari selama 10 hari. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan asosiatif dengan jenis data kuantitatif. Metode pengujian menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian dan analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara promosi terhadap keputusan pembelian sehingga dengan demikian secara parsial ada pengaruh yang signifikan antara promosi terhadap keputusan pembelian. Ada pengaruh yang signifikan antara citra merek terhadap keputusan pembelian, karena menurut hasil uji statistik terdapat pengaruh positif variabel citra merek terhadap variabel keputusan pembelian. Dengan demikian secara parsial ada pengaruh yang signifikan antara citra merek terhadap keputusan pembelian. Promosi dan citra merek secara simultan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Brand Trust Terhadap Minat Beli Ulang Skincare Pada Generasi Muda Yang Dimediasi Oleh Brand Image
Syahla, Alviana Maulidya;
Irmawati, Irmawati
Manajemen dan Bisnis Vol 6, No 1 (2024): FEBRUARI
Publisher : Jurnal Prodi Fakultas Ekonomi-UISU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30743/jmb.v6i1.8876
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel Electronic Word of Mouth dan Brand Trust terhadap minat beli ulang skincare pada generasi muda dengan Brand Image sebagai variabel mediasi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang. Penelitian ini dilakukan pada seluruh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta yang pernah ataupun berminat untuk menggunakan dan membeli kembali produk skincare Somethinc. Data primer diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner secara online yang kemudian dianalisis dengan menggunakan bantuan software Smart PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli ulang. Brand Trust berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang. Electronic Word of Mouth dan Brand Trust berpengaruh signifikan terhadap Brand Image. Brand Image berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang. Electronic Word of Mouth berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang yang dimediasi oleh Brand Image. Brand Trust berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang yang dimediasi oleh Brand Image.
Pengaruh Sikap Kerja Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Bea Dan Cukai Belawan
Syafitri, Desy;
Supriadi, Supriadi;
Julkarnain, Julkarnain;
Elny, Hj. Sri;
Nasti, Nilawati
Manajemen dan Bisnis Vol 6, No 1 (2024): FEBRUARI
Publisher : Jurnal Prodi Fakultas Ekonomi-UISU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30743/jmb.v6i1.8967
This research aims to analyze the influence of work attitudes and leadership styles on employee performance at the Belawan Customs and Excise Office. A positive work attitude and effective leadership style are considered key factors in improving employee performance in an office environment. The research method uses a quantitative approach by distributing questionnaires to employees at the Belawan Customs and Excise Office. Data analysis was carried out using descriptive statistical techniques and regression to measure the relationship between work attitude variables, leadership style and employee performance. The research results show that a positive work attitude has a significant influence on employee performance. Apart from that, an effective leadership style also has a positive contribution to employee performance at the Belawan Customs and Excise Office. These findings provide further understanding about the importance of creating a Leadership Style that supports positive work attitudes and implementing an effective leadership style to increase employee productivity and quality of performance. The recommendations of this research include the need to develop training programs to increase positive work attitudes and promote supportive leadership styles in the Belawan Customs and Excise Office Leadership Style. In addition, further research can be conducted to explore additional factors that may influence employee performance
Analisis Kinerja Bank Syariah Menggunakan Islamicity Performance Index: Studi Empirik Pada Bank BCA Syariah
Azizah, Siti;
Irawati, Dwi;
Utomo, Agus Saur
Manajemen dan Bisnis Vol 6, No 1 (2024): FEBRUARI
Publisher : Jurnal Prodi Fakultas Ekonomi-UISU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30743/jmb.v6i1.8769
Pertumbuhan perbankan syariah yang cukup pesat maka perlu dilakukan pengukuran kinerja bank syariah menggunakan nilai-niai Islam sebagai dasarnya. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja bank syariah adalah metode Islamicity Performance Index (IPI). Tujuan dari penelitian untuk menganalisis kinerja Bank BCA Syariah apakah sudah memenuhi standar kinerja menurut standar syariah IPI. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif komparatif dengan menganalisis kinerja keuangan Bank BCA Syariah. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah rasio dari profit sharing ratio, zakat performance ratio, equitable distribution ratio, directors employees welfare ratio dan Islamic income vs non Islamic income ratio dari Bank BCA Syariah tahun 2018-2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Bank BCA Syariah belum memenuhi semua standar syariah. Dari delapan rasio IPI yang digunakan, hanya tiga rasio yang konsisten memenuhi kriteria syariah selama lima tahun berturut-turut yaitu Profit Sharing Ratio, Islamic Income vs Non Islamic Income ratio dan Equitable Distribution Rasio pada komponen Employees Expense. Sedangkan empat rasio yang lain tidak memenuhi kriteria syariah dari IPI dan satu rasio tidak konsisten memenuhi kriteria IPI.
Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Di Shopee Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan
Listyowati, Khansa Rofifah;
Irmawati, Irmawati
Manajemen dan Bisnis Vol 6, No 1 (2024): FEBRUARI
Publisher : Jurnal Prodi Fakultas Ekonomi-UISU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30743/jmb.v6i1.8875
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh harga dan promosi terhadap minat beli ulang di Shopee yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan. Metode penelitian ini ialah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dalam penyusunannya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan penyebaran kuesioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel penelitian ini ialah 104 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan bantuan Software SMARTPLS. Hasil penelitian ini ialah bahwa Harga berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli ulang. Promosi berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli ulang. Harga berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Promosi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli ulang. Harga berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli ulang dimediasi oleh kepuasan pelanggan. Promosi berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli ulang dimediasi oleh kepuasan pelanggan.
Peningkatan Kualitas Produk UMKM Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Aceh Barat
Putra, Risma
Manajemen dan Bisnis Vol 6, No 1 (2024): FEBRUARI
Publisher : Jurnal Prodi Fakultas Ekonomi-UISU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30743/jmb.v6i1.8943
Covid -19 telah membawa dampak resesi perekonomian Indonesia secara kesuluruhan termasuk kabupaten Aceh Barat. Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dalam hal pemulihan ekonomi mengambil kebijakan untuk menbangkitkan kembali para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) para pelaku Usaha Mikro, tujuannya untuk peningkatan kualitas produksi, manajerial, dan akses pemasaran demi kesejahteraan masyarakat. pada penelitian ini, menggunakan metode penelitian campuran kuantitatif dan kualitatif, dimana analisis terhadap daya beli masyarakat terhadap produk Usaha mikro makanan kue di kota meulaboh.Pelatihan ini ditujukan kepada para pelaku Usaha Mikro.Dan dari hasil pelatihan, peserta dapat membuat produk makanan kue yang berkualitas dan bernilai jual tinggi sebagai snack dan oleh-oleh produksi chiri kas daerah kabupaten Aceh Barat. Dengan pengetahuan, skill dan pengalaman yang di dapat dari pelatihan, peserta pelatihan mampu bersaing dengan UMKM dari daerah lain serta dapat meningkatkan kesejehteraan para peserta pelatihan dan perekonomian daerah di kabupaten Aceh Barat.
Eksplorasi Kepuasan Pasien: Analisis Dampaknya Terhadap Niat Kunjungan Ulang Dan Word Of Mouth Pada Rumah Sakit Graha Husada Jepara
Cahyani, Desi Ayu Nur;
Roosdhani, Mohamad Rifqy
Manajemen dan Bisnis Vol 6, No 1 (2024): FEBRUARI
Publisher : Jurnal Prodi Fakultas Ekonomi-UISU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30743/jmb.v6i1.8797
Pengalaman pasien setelah menerima pelayanan memiliki pengaruh terhadap keinginan pasien untuk berkunjung kembali. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan paien terhadap niat kunjungan ulang melalui word of mouth di Rumah Sakit Graha Husada Jepara. Dengan pendekatan kuantitatif, 100 sampel pasien dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) melalui Smart-PLS versi 4.0. Dari uji mediasi, ditemukan bahwa kepuasan pasien memengaruhi niat kunjungan ulang melalui mediasi word of mouth, bersifat Partial Mediation. Kesimpulannya, kepuasan pasien berpengaruh positif signifikan terhadap niat kunjungan ulang, demikian pula word of mouth terhadap niat kunjungan ulang. Implikasinya, peningkatan kualitas layanan dan kepuasan pasien pada Rumah Sakit Graha Husada Jepara dapat memperkuat niat pasien untuk kembali. Temuan ini memberikan kontribusi pada pemahaman faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pasien dalam konteks rumah sakit.
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN
Wibowo, Muhammad Prasetyo;
Tarigan, Nur M Ridho;
Wahyuni, Neni Sri;
Kurniawan, Reza
Manajemen dan Bisnis Vol 6, No 1 (2024): FEBRUARI
Publisher : Jurnal Prodi Fakultas Ekonomi-UISU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30743/jmb.v6i1.8904
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Kinerja Karyawan di Kantor Pusat PDAM Tirtanadi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai yang berjumlah 432 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 81 pegawai di Kantor Pusat PDAM Tirtanadi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kecerdasan Emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Kantor Pusat PDAM Tirtanadi. Kecerdasan Emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Kantor Pusat PDAM Tirtanadi. Bedasarkan hasil uji signifikasi secara simultan atas Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Intelektual secara Bersama-sama atau simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada kantor pusat PDAM Tirtanadi