cover
Contact Name
Nurliana
Contact Email
nurliana@diniyah.ac.id
Phone
+6285271315660
Journal Mail Official
kreatifitas@diniyah.ac.id
Editorial Address
Jl. Kuau No.001/ Jl. KH. Ahmad Dahlan No.100, Pekanbaru, Riau, Indonesia, 28121
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
ISSN : 24609870     EISSN : 28071883     DOI : 10.46781
Core Subject : Religion, Education,
Kreatifitas jurnal ilmiah Pendidikan Islam diterbitkan dua kali dalam setiap tahun. Kajian dalam jurnal ini ialah kajian ilmiah hal-hal yang berkaitan tentang pendidikan islam, hasil penelitian seputar pendidikan islam, pengabdian pendidikan islam; seperti pengetahuan ilmiah seputar keislaman, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, manajemen kelas, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan pendidikan islam baik ilmiah maupun hasil penelitian ataupun pengabdian. Tulisan dalam jurnal ini terbuka untuk akademisi, peneliti, dan praktisi yang berkaitan tentang pendidikan Islam.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 14 No 1 (2025): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam" : 7 Documents clear
EVALUASI MEDIA QUIZZIZ DENGAN TEMA JINAYAH DAN HIKMAHNYA DI MAN 1 PLUS KETERAMPILAN BENGKALIS Fariati, Betti; Vebriyanto, Rian
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 14 No 1 (2025): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/kreatifitas.v14i1.1549

Abstract

Bagian penting dari proses belajar mengajar adalah media pendidikan. Untuk itu peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran berupa Quizizz dengan tema Jinayah dan Hikmahnya untuk tingkat madrasah Aliyah di MAN 1 Plus Keterampilan Bengkalis. Penelitian ini menerapkan pendekatan Research and Development (R&D) dengan melibatkan partisipasi sebanyak 42 guru dan siswa kelas XI dengan jumlah 72 orang dimana peneliti menggunakan alat berupa angket media penilaian untuk melakukan prosedur pengumpulan data secara langsung yang menjelaskan media Quizizz dan Selanjutnya, responden diminta untuk memberikan jawaban serta melakukan penilaian terhadap kualitas media yang disajikan. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis melalui metode deskriptif. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa nilai komponen media pembelajaran yang dinilai oleh guru sebanyak 42 orang didapatkan rata-rata 4,43 dengan standar deviasi 0,08 dengan katagori sangat setuju dan siswa sebanyak 72 orang didapatkan rata-rata 4,16 dan standar deviasi 0,06 dengan kategori sangat setuju. Berdasarkan hasil penilaian angket yang dilakukan oleh guru, media Quizizz mendapat kategori “sangat setuju,” sementara skor yang diberikan oleh siswa adalah 4,16 dengan kategori yang sama. Berdasarkan data yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Quizizz mendapat respons positif dan dianggap sangat sesuai oleh baik guru maupun siswa. Dengan demikian, Quizizz dapat menjadi salah satu pilihan yang efektif dalam mendukung pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
PENGHAYATAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM MERDEKA Rosi, Fahrur
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 14 No 1 (2025): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/kreatifitas.v14i1.1537

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menelaah secara komprehensif proses penghayatan atau penerapan nilai-nilai multikulturalisme yang diimplementasikan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Fathul Ilmi, Pamekasan. Pendekatan yang digunakan dalam studi ini ialah pendekatan kualitatif (studi kasus), di mana teknik pengumpulan data mencakup wawancara, pengamatan partisipatif, serta analisis dokumen yang relevan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sekolah tersebut telah mengimplementasikan berbagai strategi dalam rangka menginternalisasikan nilai-nilai multikulturalisme ke dalam proses pembelajaran. Strategi-strategi tersebut mencakup pemberian ruang bagi siswa untuk terlibat dalam proses pengambilan keputusan, penyelenggaraan kegiatan yang berorientasi pada penguatan kepedulian sosial, serta pembentukan lingkungan pembelajaran yang inklusif guna mendukung keberagaman dan toleransi dalam interaksi akademik maupun sosial.
KONSEP MANAJEMEN WAKTU DALAM TAFSIR MAUDHU’I: RELEVANSI TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM Muhammad Hizba Aulia; Cucu Surahman
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 14 No 1 (2025): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/kreatifitas.v14i1.1552

Abstract

Abstract This study aims to describe the concept of time and time management according to the views of scholars, focusing on the maudhu’i exegesis approach. A qualitative approach is used, with the library research method as the primary data collection technique. The main source of data is the book Qimatuz Zaman 'Indal 'Ulama by Abdul Fattah, while secondary sources are drawn from tafsir books, journal articles, and other relevant literature on the concept of time in Islamic teachings. The collected data is then analyzed in depth to draw comprehensive conclusions regarding the meaning and importance of time in Islam. The findings reveal that Islam views time as a precious gift from Allah, which must be used as optimally as possible. This view is emphasized in several verses of the Qur'an that highlight the importance of being mindful of time. According to scholars, the optimal management of time is not only a duty but also an act of worship, an individual responsibility, and a means to achieve a productive life. This study offers a new perspective on time management, which is relevant to Islamic education, particularly in character building and time management in daily life. Keywords: Islamic Education, Maudhui Exegesis, Scholars Perspectives, Time Management. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep waktu dan manajemen waktu menurut pandangan ulama, dengan fokus pada kajian tafsir maudhu’i. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, dengan metode studi kepustakaan sebagai teknik utama dalam pengumpulan data. Sumber data utama adalah buku Qimatuz Zaman 'Indal 'Ulama karya Abdul Fattah, sementara sumber sekunder diperoleh dari kitab tafsir, artikel jurnal, dan literatur lain yang relevan mengenai konsep waktu dalam ajaran Islam. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara mendalam untuk menghasilkan kesimpulan yang komprehensif tentang makna dan pentingnya waktu dalam Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Islam memandang waktu sebagai anugerah Allah yang sangat berharga, yang wajib dimanfaatkan sebaik-baiknya. Pandangan ini ditegaskan dalam berbagai ayat Al-Qur'an yang menggarisbawahi pentingnya perhatian terhadap waktu. Dalam pandangan ulama, pengelolaan waktu yang optimal bukan hanya sebagai kewajiban, tetapi juga sebagai bentuk ibadah, tanggung jawab individu, dan cara untuk mencapai kehidupan yang produktif. Penelitian ini memberikan perspektif baru mengenai manajemen waktu yang relevan untuk pendidikan Islam, khususnya dalam pembentukan karakter dan pengelolaan waktu dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: Pendidikan Islam, Tafsir Maudhu’i, Pandangan Ulama, Manajemen Waktu
MEMBANGUN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KURIKULUM MERDEKA PAI: Sufia, Neng; Harahap, Nasrun
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 14 No 1 (2025): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/kreatifitas.v14i1.1569

Abstract

The Merdeka Curriculum for Islamic Religious Education (PAI) is an innovation within the Indonesian education system aimed at shaping students to be religious, virtuous, and have strong character in accordance with the Pancasila Student Profile. This curriculum is designed to be flexible, student-oriented, and to promote active, contextual, and meaningful learning. This study aims to describe the design of the Merdeka Curriculum based on educational levels, from primary to upper secondary education, by taking into account the developmental characteristics of students at each stage. The research employs a qualitative approach using the literature review method. The results show that the Merdeka Curriculum for PAI is structured to develop students who are religious, of good character, and prepared to face contemporary challenges, grounded in Islamic values and the Pancasila Student Profile. With its student-centered, flexible, and integrative learning principles, this curriculum allows for innovative approaches such as project-based learning, collaborative learning, and the use of technology. The curriculum structure is adjusted according to the educational level, from basic introduction at the SD/MI level to theological studies and contemporary issues at the SMA/MA level.
BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING : SEBUAH KAJIAN KONSEPTUAL TERHADAP STRATEGI INTERAKTIF DAN EFEKTIF DI ERA DIGITAL Luthfiyah Anjani; Rafif Danu Pramatya; Anis Sukmawati
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 14 No 1 (2025): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/kreatifitas.v14i1.1611

Abstract

Di era digital saat ini, integrasi teknologi dalam sektor Pendidikan belum sepenuhnya diterapkan, terutama dalam beberapa materi yang berkaitan dengan pembeljaran kitab kuning. Hadirnya blended learning menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Sehingga, diperlukan penelitian lebih lanjut ini untuk menganalisis konsep blended learning sebagai strategi efektif dan interaktif dalam pembelajaran kitab kuning di Lembaga Pendidikan Islam, seperti pesantren dan madrasah. Kajian ini juga mengeksplorasi implementasi blended learning, mengidentifikasi tantangan, serta merumuskan strategi adaptasi teknologi dalam menjaga eksistensi tradisi keilmuan Islam. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif, mengkaji berbagai sumber akademik serta implementasi nyata blended learning di beberapa lembaga pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa blended learning mampu meningkatkan aksesibilitas, fleksibilitas, dan keterlibatan peserta didik dalam memahami kitab kuning melalui penggabungan pembelajaran tatap muka dan daring. Namun, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, rendahnya literasi digital, serta kesenjangan antara metode tradisional dan modern perlu diatasi dengan pelatihan teknologi, penyediaan sarana prasarana, dan kolaborasi antar pihak terkait. Blended learning, bila diterapkan dengan mempertimbangkan nilai-nilai tradisional, dapat menjadi solusi yang interaktif dan efektif dalam mempertahankan dan mengembangkan kajian kitab kuning di era digital. Dengan demikian, pendekatan ini tidak hanya menjawab kebutuhan zaman, tetapi juga menjaga kelestarian warisan keilmuan Islam.
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 007 SIMPANG BERINGIN syukri, syukri; Aisyah, Azni; Harbes, Beni; Salsabila, Sarah; Armedo, Muhammad
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 14 No 1 (2025): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/kreatifitas.v14i1.1613

Abstract

Media audio visual memegang pengaruh penting dalam meningkatkan keaktifan siswa. Penelitian yang dilakukan dalam proposal PTK ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Pembelajaran PAI dengan menggunakan metode audio visual di SDN 007 Simpang Beringin dapat meningkatkan keaktifan siswa. Hal ini dapat dilihat setelah dilaksanakannya pembelajaran selama 3 siklus dengan 3 kali pertemuan. Implikasi dari penggunaan media audio visual memungkinkan siswa untuk memahami konsep-konsep PAI, termasuk materi yang abstrak, dengan lebih baik. Visualisasi konsep yang disertai dengan audio menjadikan materi lebih konkret, sehingga siswa lebih mudah mengingat dan memahaminya. Hal ini terutama membantu pada materi-materi yang memerlukan imajinasi atau pemahaman simbolik, seperti kisah-kisah Nabi, Asmaul Husna, dan konsep ketuhanan.
IMPLEMENTASI MADRASATUL ULA DALAM KELUARGA ISLAM DI ERA DIGITALISASI Nurliana, Nurliana
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 14 No 1 (2025): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/kreatifitas.v14i1.1633

Abstract

Madrasatul ula is the first education a child gets, Mistakes in the use of technology can have fatal consequences for a child's growth. Many children are difficult to control in using gadgets due to parents' negligence in guidance and uncontrolled control. The research method uses triangulation through data presentation, data selection and drawing conclusions and analyzed through content analysis. The research findings obtained are that families need to understand their duties as primary educators who are collaborative between fathers and mothers in caring for and guiding children so that children grow in a balanced manner between physical and mental health. The era of digitalization of the role of the family is expected for the development and growth of their children, guiding in all matters that are educational and intelligent children through guided and directed motor and psychomotor sharpening. So that digital media is a positive medium for their child's growth. The need for parental awareness to control the use of technology by children, teach children about the correct use of technology, provide examples of good behavior, with proper implementation, technology can be an effective tool in supporting children's growth and development.

Page 1 of 1 | Total Record : 7