cover
Contact Name
Muhammad Shaleh Assingkily
Contact Email
assingkily27@gmail.com
Phone
+6282363776686
Journal Mail Official
assingkily27@gmail.com
Editorial Address
Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate 20371
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 27770052     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and observers in the field of Education and Social Sciences to publish their research results in our journals, articles of which are focused on, among others: 1. Development and Design of Learning in the Field of Education 2. Learning Strategies in the Field of Education 3. Evaluation of Learning in the Field of Education 4. Educational Management 5. Inclusive Education 6. Social-Based Research on Education 7. Teacher Professionalism in Education 8. Utilization of Information and Digital Technology in Education 9. Community Service in the Field of Education and Social Sciences
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2021): Juni-September" : 15 Documents clear
Nilai-nilai Pendidikan dan Sosial Bagi Anak dalam QS. Luqman: 12-19 Hardiansyah Hardiansyah; Sriyanti Sriyanti; Masganti Sit; Rahmaini Rahmaini
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 2 (2021): Juni-September
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (642.52 KB) | DOI: 10.56832/edu.v1i2.34

Abstract

Luqman merupakan salah satu nama yang diabadikan dalam Qur’an sebagai nama surah. Keistimewaan Luqman dicerminkan sebagai sosok yang arif dalam mendidik anak. Tulisan ini menganalisa nilai-nilai pendidikan dan sosial yang terdapat dalam QS. Luqman: 12-19. Fokus pembahasan penelitian ini yaitu apa saja nilai (pendidikan dan sosial) yang dapat diteladani dari sosok Luqman, bagaimana implementasi nilai tersebut, serta bagaimana implikasinya bagi dunia pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research). Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) nilai pendidikan dan sosial yang terkandung dalam QS. Luqman: 12-19 meliputi sikap bersyukur (pandai berterima kasih), pendidikan tauhid, berbakti pada orangtua, beramal shalih, beribadah dan amar ma’ruf nahi munkar, serta rendah hati dan bersikap sederhana; (2) implementasi nilai tersebut dilakukan dengan cara ceramah, nasihat dan memberi tamsilan (perumpamaan); (3) implikasi dari pendidikan yang diberikan sesuai QS. Luqman ialah menjadikan peserta didik mengenali jati diri, memahami ukhuwah (persaudaraan) dan meningkatkan kualitas akhlak.
Problematika Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19 Ridho Ramadhon; Imam Khoiriyadi
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 2 (2021): Juni-September
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.761 KB) | DOI: 10.56832/edu.v1i2.39

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisa problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di masa pandemi Covid-19. Fokus pembahasan yaitu tentang apa saja problematika pembelajaran PAI di masa pandemi Covid-19, dan bagaimana solusi dari problematika tersebut, ditinjau dari tripusat pendidikan, yaitu aspek lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, berdasarkan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring masih menyisakan sejumlah permasalahan, baik aspek kendala jaringan internet, standar pakaian saat pembelajaran, bahkan tidak efektifnya mematrikan nilai-nilai pada anak. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa memberikan solusi bagi permasalahan-permasalahan yang menjadi tantangan-tantangan dalam Pendidikan Agama Islam baik sebagai sebuah disiplin ilmu, institusi ataupun jalan hidup dalam kehidupan setiap manusia, terutama di era pandemi covid-19.
Munasabah Al-Qur'an dan Relevansinya dengan Pendidikan Dasar Islam di Indonesia M. Rofi Fauzi
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 2 (2021): Juni-September
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (880.637 KB) | DOI: 10.56832/edu.v1i2.40

Abstract

Berawal dari keterkaitan seorang muslim dengan Al-Qur’an, mulai dari membaca sampai mengkajinya, maka muncullah berbagai ilmu yang berkaitan dengan Al-Qur’an, atau juga bisa disebut ‘ulumul Qur’an. ‘Ulumul Qur’an adalah ilmu yang membahas tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan Al-Qur’an. Ada banyak sekali cabang dalam ‘Ulumul Qur’an dan akan terus bertambah selama kajian terhadap Al-Qur’an tetap dilakukan. Salah satu cabang dalam ‘ulumul Qur’an adalah munasabah Al-Qur’an. Penulisan karya ini menggunakan metode studi literatur, dengan tujuan untuk mengungkapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan munasabah Al-Qur’an serta relevansinya dengan pendidikan dasar Islam di Indonesia. Munasabah yaitu salah satu jenis ‘ulumul Qur’an yang didalamnya membahas tentang keterkaitan kandungan yang ada dalam Al-Qur’an, atau terintegrasi antara kandungan yang satu dengan yang lain sehingga Al-Qur’an dapat dipahami sebagai sesuatu yang utuh dan menyeluruh (holistik). Relevansi munasabah Al-Qur’an dengan pendidikan dasar Islam di Indonesia dapat diketahui dari tujuan dan kurikulum pendidikan dasar Islam di Indonesia.
Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran di SLB Kasih Ibu Dolok Masihul Aulia Rika Harahap; Andi Prastowo
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 2 (2021): Juni-September
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (511.6 KB) | DOI: 10.56832/edu.v1i2.41

Abstract

Proses menyusun rencana pembelajaran adalah tugas wajib guru agar pembelajaran yang diharapkan sesuai dengan pembelajaran yang akan terjadi. Penelitian ini berupaya menggambarkan kemampuan guru dalam menyusun dan perencanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru dalam perencanaan pembelajaran di SLB Kasih Ibu Dolok Masihul. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam metode penelitian deskriptif. Data penelitian ini bersumber dari narasumber yang telah di wawancara, sedangkan sumber data adalah guru-guru kelas yang berada di SLB Kasih Ibu Dolok Masihul. Proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik daftar cek (Check List), wawancara dan dokumentasi. Teknik wawancara yang dilakukan adalah wawancara semi  terstruktur. Berdasarkan analisis data, temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut: ketika akan menyusun perencanaan pembelajaran guru akan: (1) menjadikan silabus sebagai pedoman dalam merancang RPP, (2) guru harus memiliki 4 kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogik yaitu kemampuan dalam mengembangkan dan menyusun perencanaan pembelajaran, dan (3) menyusun RPP sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Simpulan penelitian ini adalah kompetensi guru di SLB Kasih Ibu Dolok Masihul dalam perencanaan pembelajaran, sudah terlihat dari cara guru merencanakan RPP yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan dengan memperlihatkan kompetensi sebagai seorang guru yang khususnya memiliki kompetensi pedagogik dalam merencanakan pembelajaran di sekolah.
Hubungan Kompetensi Guru dan Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa di SD IT Miftahul Jannah Septi Lastri Siregar
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 2 (2021): Juni-September
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.218 KB) | DOI: 10.56832/edu.v1i2.55

Abstract

Kompetensi guru memiliki pengaruh penting dalam proses dan hasil pembelajaran. Berkaitan dengan ini, orangtua juga berperan utama dalam aspek motivasi dan pemberian dukungan belajar pada siswa. Tulisan ini bertujuan untuk mencari signifikansi hubungan antara kompetensi guru dan peran orangtua terhadap hasi belajar siswa di SD IT Miftahul Jannah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, adapun metode dalam penelitian ini menggunakan metode survey. Variabel dalam penelitian ini adalah: Kompetensi Guru (X1), Peran Orang Tua (X2), Hasil Belajar (Y). Teknik pengumpulan data akan dilakukan dengan wawancara, angket, observasi dan gabungan dari ketiganya. Selanjutnya untuk analisis data peneliti menggunakan uji korelasi ganda (multiple Correlate). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian terlihat bahwa rata-rata kompetensi guru di SD IT Miftahul Jannah adalah 169,7 yang tergolong dalam kategori sangat baik. Selanjutnya berdasarkan data yang didapatkan dari hasil penelitian terlihat bahwa rata-rata peran orang tua di SD IT Miftahul Jannah adalah 81,9 yang tergolong kategori baik. Kemudian hasil perhitung didapat Fhitung = 3,933039 dan Ftabel = 3,443357, maka yaitu dengan demikian maka, kesimpulannya yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi guru dan peran orang tua terhadap hasil belajar siswa di SD IT Miftahul Jannah.
Urgensitas Pendidikan Islam Bagi Anak Usia Dasar Perspektif Al-Qur’an (Studi Deskriptif di Era Covid-19) Abu Bakar Adenan Siregar; Sahlan Sahlan
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 2 (2021): Juni-September
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (697.263 KB) | DOI: 10.56832/edu.v1i2.56

Abstract

Pendidikan Islam merupakan kebutuhan utama bagi setiap individu sejak kanak-kanak. Hal ini didasarkan pada tujuan dari pendidikan itu sendiri dalam membentuk kepribadian atau karakter peserta didik, dengan durasi sepanjang hayat, termasuk di era covid-19 saat ini. Kepribadian yang dimaksud tentu mengacu pada al-Qur’an sebagai sumber hujjah Islam. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisa urgensitas pendidikan Islam bagi anak usia dasar perspektif al-Qur’an, khususnya dideskripsikan semasa era covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Pemerolehan data dilakukan melalui kajian literatur yang relevan dengan topik penelitian. Selanjutnya, data dianalisa menggunakan bahan referensi, bersumber dari al-Qur’an, buku, tugas akhir (skripsi, tesis atau disertasi) dan artikel ilmiah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan Islam sangat urgen bagi anak usia dasar, hal ini didasari oleh 3 (tiga) aspek, yaitu (1) penguatan karakter Qur’ani bagi setiap anak sejak usia dasar, (2) membantu perkembangan moral dan agama anak, dan (3) sesuai dengan tujuan pendidikan Islam dalam membentuk Insan Kamil.
Implementasi Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Sikap Kepedulian Sosial Siswa di SMP KHZ Musthafa Intan Siti Rahmah
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 2 (2021): Juni-September
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.772 KB) | DOI: 10.56832/edu.v1i2.59

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran PAI dalam meningkatkan sikap kepedulian sosial siswa di SMP KHZ Musthafa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survey lapangan, wawancara, studi literatur dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa implementasi pembelajaran PAI yang dilaksanakan di sekolah SMP KHZ Musthafa dalam peningkatan sikap kepedulian sosial siswa di antaranya adalah dengan menggunakan metode pendekatan agama, sebab seperti yang diketahui bahwa siswa di SMP KHZ Musthafa tersebut 90% tinggal di pondok pesantren. Sehingga dalam implementasi pembelajarannya di sekolah tersebut menggunakan pendekatan agama, dengan berdasarkan pada dua metode. Pertama, metode keteladanan artinya mencontohkan sikap atau perbuatan yang seharusnya dilakukan, jadi tidak hanya sebatas ceramah namun lebih pada memberikan contoh atau teladan kepada siswa. Kedua, metode targhib atau motivasi untuk senantiasa melakukan kebaikan. Kedua metode tersebut sudah terbiasa dilakukan denga dasar pijakan Al-Qur’an, As-Sunnah ataupun perkataan para ulama.
Strategi Pembelajaran Al-Hadis dan Media Pembelajaran Yumita Anisa Putri; Muhammad Alfaridzi; Mardianto Mardianto; Nirwana Anas
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 2 (2021): Juni-September
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.86 KB) | DOI: 10.56832/edu.v1i2.62

Abstract

Tulisan ini bertujuan mengkaji secara konseptual (teoretik) bentuk strategi pembelajaran hadis dan penerapan media pembelajaran hadis. Metode yang digunakan yaitu studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Pemerolehan data dan analisanya dilakukan menggunakan bahan referensi. Hasilnya, pembelajaran hadis dapat diterapkan sesuai dengan perkembangan zaman melalui bantuan media dan pendekatan teknologi, sehingga dapat dirasakan dengan munculnya aplikasi pendukung pembelajaran, seperti (1) Ensiklopedia Hadis Kitab 9; (2) hadis dalam buku digital; (3) Jawami’ al-Kalim; (4) Aplikasi One Day One Hadis; (5) WhatsApp Group; (6) Powerpoint; (7) Fast Stone Capture; (8) Youtube. Selanjutnya, penerapan strategi al-hadis dapat diklasifikasikan; (1) Strategi Pembelajaran Ekspositori, meliputi metode diskusi, metode ceramah, metode resitasi, metode tanya jawab. (2) Strategi Pembelajaran Aktif, meliputi card sort, jigsaw learning, foster comment, concept mapping, reading aloud, teks acak, practice rehearsal pairs, true or false, active knowledge sharing, dan index card match.
Peradaban dan Pemikiran Islam pada Masa Bani Abbasiyah Haidar Putra Daulay; Zaini Dahlan; Yumita Anisa Putri
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 2 (2021): Juni-September
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (804.653 KB) | DOI: 10.56832/edu.v1i2.63

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk membahas sejarah peradaban yang berkembang pada masa Dinasti Abbasiyah. Kerajaan Islam Abbasiyah, memiliki kontribusi besar dalam perkembangan Islam, hingga dikatakan sebagai zaman keemasan, kejayaan, kemakmuran, dan kesejahteraan. Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Berbagai literatur mengungkapkan secara konkrit zaman keemasan ini dibangun oleh pemimpin-pemimpin yang kuat, berkompeten dan siap menghadapi berbagai tantangan zaman, sebagai hasil kerja keras para khalifah Abbasiyah menjadikannya sebagai kerajaan terbaik dalam mengukir prestasi. Abbasiyah bagian periodesasi Islam ketiga setelah masa Dinasti Umayyah. Kekuasaan kekhalifahan bertahan sekitar lima abad dengan jumlah 37 khalifah. Terdapat lima khalifah yang memiliki jiwa patriotisme seperti Abu Al-Abbas al-Saffah, Abu Ja’far al-Mansur, al-Mahdi, Harun al-Rasyid dan al-Ma’mun. Tulisan ini mengulas beberapa upaya dalam perkembangan Ilmu pengetahuan, bidang pendidikan, bidang militer, bidang ekonomi, bidang politik, bidang seni, bidang arsitektur, bidang administrasi dan lain sebagainya.
Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Materi Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan pada Masa Bani Umayyah dengan Metode Role playing pada Siswa Kelas VII di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan Mahisarani Mahisarani; Haidar Putra Daulay; Zaini Dahlan
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 2 (2021): Juni-September
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.837 KB) | DOI: 10.56832/edu.v1i2.66

Abstract

Penelitian sederhana ini penulis lakukan dengan satu tujuan yakni ingin menganalisa cara meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan sebuah metode yang populer diberi nama role playing yang ditargetkan untuk siswa kelas VII SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan pada semester genap T.P. 2020/2021 dilakukan dengan beberapa tahapan. Metode role playing ini setidaknya menggunakan 2 (dua) siklus kepada 29 anak. Pemerolehan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode role playing pada mata pelajaran PAI materi pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa dinasti Umayyah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan tahun ajaran 2020/2021. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil presentasi setiap siklusnya. Pada kegiatan pra-siklus, hasil persentase ketuntasannya yaitu 20,68. Hasil persentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus I, yaitu 75,86%. Kemudian pada siklus II, mencapai hasil persentase 93,13%. Pada siklus II ini dihentikan karena 100% siswa telah mengalami ketuntasan. Dengan demikian, penerapan metode tersebut dikategorikan berhasil dalam membantu peningkatan hasil belajar siswa.

Page 1 of 2 | Total Record : 15