cover
Contact Name
Wulandari
Contact Email
wulandari@unimal.ac.id
Phone
+6285207897162
Journal Mail Official
jurnaljpmm@unimal.ac.id
Editorial Address
Komplek Kampus Universitas Malikussaleh Jalan Cot Tgk Nie, Releut Kecamatan Muara Batu Aceh Utara
Location
Kota lhokseumawe,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
ISSN : -     EISSN : 27988791     DOI : https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i1.7291
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh focuses on the publication of the result of scientific research to the field of mathematics education. The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational development, from many kinds of research such as survey, research and development, experimental research, classroom action, research, etc.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh" : 11 Documents clear
Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika Wahyuni, Indah; Himmah, Aini Faiqotul
Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh Vol. 4 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Publisher : LPPM UNIMAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/jpmm.v4i1.14476

Abstract

Salah satu literasi yang erat kaitannya menggunakan kepandaian serta bernalar siswa yaitu literasi numerasi. Literasi secara awam berkaitan dengan kemampuan bahasa, sementara numerasi lebih fokus pada keterampilan matematika. Oleh sebab itu, literasi numerasi dapat diartikan menjadi kemampuan bernalar yang menggabungkan penguasaan bahasa dan konsep matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan literasi numerasi siswa SMA dalam menyelesaikan soal Statistika.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif,  dengan subyek penelitian adalah peserta didik SMA yang berada di lingkungan peneliti. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan peserta didik dengan memberikan soal statistika berbentuk soal cerita. Hasil penelitian memberikan 63% siswa berada pada kategori Kurang, 22% siswa berada di kategori relatif, serta 15% siswa berada di kategori Baik. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa tingkat kemampuan siswa dalam menangani soal literasi numerasi masih berada pada tingkat yang rendah.
PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERUPA TES ONLINE BERBASIS ISPRING SUITE 9 PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MAN 3 ACEH UTARA Mutia, Cut Winni; Nuraina, Nuraina; Hidayatsyah, Hidayatsyah; Saputra, Eri; Sinaga, Nurul Afni
Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh Vol. 4 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Publisher : LPPM UNIMAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/jpmm.v4i1.13790

Abstract

Alat evaluasi yang digunakan di MAN 3 Aceh Utara masih menggunakan alat evaluasi secara konvensional yaitu menggunakan media kertas sehingga kegiatan evaluasi menjadi kurang praktis dan peserta didik merasa bosan karena alat evaluasi kurang menarik. Sekolah tersebut juga belum menerapkan aplikasi ispring suite 9 untuk pembuatan soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan alat evaluasi berbasis ispring suite 9 yang dikembangkan berdasarkan penilaian dari 2 ahli media, 2 ahli materi serta dari 6 peserta didik dan 27 peserta didik. Penelitian ini menggunakan pengembangan (R&D) dengan model Borg and Gall 7 tahapan. Hasil rata-rata persentase penilaian yang diperoleh: (1) ahli media sebesar 82%, (2) ahli materi sebesar 92,5%, (3) 6 peserta didik sebesar 92,25%, dan (4) respon 27 peserta didik sebesar 84%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan alat evaluasi berupa tes online berbasis ispring suite 9 sangat layak dan sangat praktis digunakan sebagai alat evaluasi pada pembelajaran matematika. Kata Kunci: Alat Evaluasi, Ispring Suite 9, Tes Online
ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMPN 3 LUNANG BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Putri, Mia Yolanda Utami; Bustami, Bustami; Rusdi, Rusdi
Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh Vol. 4 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Publisher : LPPM UNIMAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/jpmm.v4i1.14547

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil PISA dan TIMSS siswa Indonesia yang bertolak belakang dengan motivasi belajarnya. Untuk itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa SMP dengan tingkat motivasi belajar rendah dan tinggi. Identifikasi kemampuan literasi matematika didasarkan pada indikator literasi matematika yang meliputi kemampuan: komunikasi, matematis, representasi, penalaran dan argumentasi, merancang strategi penyelesaian masalah, menggunakan bahasa dan operasi simbolik, formal dan teknis serta menggunakan alat bantu matematika. Dengan demikian dalam meningkatkan literasi matematika siswa, peran motivasi belajar sangat diperlukan. 
Pengaruh Model Pembelajaran Superitem Berbasis Higher Order Thinking Skill Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sma Negeri 1 Peusangan Misrina, Misrina; Fonna, Mutia; Wulandari, Wulandari
Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh Vol. 4 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Publisher : LPPM UNIMAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/jpmm.v4i1.13794

Abstract

AbstrakPenelitian ini akan mengeksplorasi permasalahan terkait rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai dampak penggunaan model pembelajaran Superitem yang berfokus pada Higher Order Thinking Skill (HOTS) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMA Negeri 1 Peusangan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, di mana data yang dikumpulkan berupa angka. Desain penelitian yang diterapkan adalah posttest only group design. Populasi penelitian melibatkan seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Peusangan, dengan sampel yang terdiri dari 2 kelas yang dipilih dari total 4 kelas yang tersedia. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Kelas X4 dijadikan kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran menggunakan model Superitem berbasis HOTS, sedangkan kelas X2 dijadikan kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Sebanyak 3 butir soal uraian posttest diberikan kepada 21 siswa di kelas eksperimen dan 21 siswa di kelas kontrol di SMA Negeri 1 Peusangan. Data hasil posttest dianalisis menggunakan uji normalitas, kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan uji homogenitas karena data terdistribusi normal. Uji ini bertujuan untuk menilai pengaruh signifikan dari penggunaan model pembelajaran Superitem berbasis Higher Order Thinking Skill terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA Negeri 1 Peusangan. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, menandakan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model pembelajaran Superitem berbasis Higher Order Thinking Skill terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA Negeri 1 Peusangan.Kata kunci: Superitem, HOTS, dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Abstract This research will explore problems related to students' low ability to understand concepts. The aim of this research is to assess the impact of using the Superitem learning model which focuses on Higher Order Thinking Skill (HOTS) on students' ability to understand mathematical concepts at SMA Negeri 1 Peusangan. The research method used is quasi-experimental with a quantitative approach, where the data collected is in the form of numbers. The research design applied was a posttest only group design. The research population involved all class X students of SMA Negeri 1 Peusangan, with a sample consisting of 2 classes selected from a total of 4 available classes. Sampling was carried out using purposive sampling technique. Class X4 is used as an experimental class that applies learning using the HOTS-based Superitem model, while class X2 is used as a control class using conventional learning methods. A total of 3 posttest description questions were given to 21 students in the experimental class and 21 students in the control class at SMA Negeri 1 Peusangan. The posttest data were analyzed using a normality test, then a hypothesis test was carried out using a homogeneity test because the data was normally distributed. This test aims to assess the significant influence of using the Superitem learning model based on Higher Order Thinking Skill on the ability to understand mathematical concepts of Peusangan 1 Public High School students. The results of the analysis show a significance value (2-tailed) of 0.000 < 0.05, indicating that there is a significant influence from the use of the Superitem learning model based on Higher Order Thinking Skill on the ability to understand mathematical concepts of Peusangan 1 Public High School students.Keywords: Superitems, HOTS, and Students' Mathematical Concept Understanding Ability.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY MATEMATIS SISWA Jannah S, Rauzatul; Fajriana, Fajriana; Mursalin, Mursalin; Ningtiyas, Fitri Ayu
Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh Vol. 4 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Publisher : LPPM UNIMAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/jpmm.v4i1.15646

Abstract

This research is motivated by a problem, namely the low ability to solve mathematical and self-efficacy mathematical problems where the learning process is still centered on the teacher. Thus given a solution using the Creative Problem Solving (CPS) learning model aims to determine the improvement of mathematical problem solving capabilities and mathematical self-efficacy students using the Creative Problem Solving (CPS) learning model is better than students taught with conventional learning models. The research approach is in the form of quantitative. The type of research used is Quasi experiment with non-equivalent Control Group Design research design. The population in the study was all students of class VII MTsS Jabal Nur, while the sample was class VII-1 as the experimental class and class VII-2 as the control class chosen with purposive sampling technique. The data collection techniques used are instruments for the ability to solve mathematical problems and non self-efficacy mathematical questionnaire tests are divided into pretest and post-test. Data is processed using SPSS software version 18. Analysis of data conducted for the mathematical problem solving capability test using non-parametric tests (Mann Whitney U) because there is data that is not normally distributed. Asymp sig value, (2-tailed) is 0,000 <0.05, then  is rejected and  is accepted. Then for the analysis of students' mathematical self-efficacy questionnaires using the normality test, homogeneity. After the data is declared normal and homogeneous Furthermore, a hypothesis test with a significant value Ë‚ 0.05 is 0,000, then  is rejected and  is accepted. It can be concluded that the increase in mathematical problem solving capabilities and mathematical self-efficacy uses the Creative Problem Solving (CPS) learning model is better than students taught with conventional learning models in class VII MTsS Jabal Nur.
MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG Rahyuni, Rahyuni; Muliana, Muliana; Hidayat, Amam Taufiq
Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh Vol. 4 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Publisher : LPPM UNIMAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/jpmm.v4i1.12459

Abstract

Kemandirian belajar matematika siswa tergolong belum maksimal digali oleh siswa dalam pembelajaran dengan fokus utama pada guru. Maka diperlukan suatu model pembelajaran yang melibatkan kegiatan yang berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemandirian belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan posttest only group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nisam. Dengan teknik purposive sampling diperoleh siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian angket kemandirian belajar matematika. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menganalisis hasil angket kemandirian belajar matematika menggunakan uji-t dengan SPSS 25 dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh sig. hasil pengujian data kemandirian belajar adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PjBL terhadap kemandirian belajar matematika siswa pada materi geometri di SMP Negeri 1 Nisam.
TRANSFORMASI PENDIDIKAN MENUJU LITERASI DALAM ERA GLOBALISASI: TANTANGAN DAN PELUANG Frisnoiry, Suci
Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh Vol. 4 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Publisher : LPPM UNIMAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/jpmm.v4i1.13860

Abstract

Tujuan dalam penelitian yang dituangkan dalam artikel ini ialah mendalami transformasi pendidikan melaui hasil analisis tantangan dan peluang dalam era globalisasi yang berlitaerasi. Metode yang digunakan dalam menyelesaikan penelitian ini ialah studi kepustakaan dengan memanfaatkan buku-buku dan jurnal-jurnal terkini yang relevan. Berdasarkan hasil kesimpulan diperoleh beberapa tantangan dan peluang, diantaranya ialah sebagai tantangan terdapat peran teknologi yang terus berkembang serta dampak-dampak yang ikut membersamainya, perubahan kurikulum yang haru menyesuaikan dengan perubahan era dan adanya multikulturalisme yang harus dapat diterima siswa secara cepat dalam lingkungan pedidikan. Selain itu, terdapat pula peluang yang dapat dimanfaatkan sebagai penyokong berkembangnya siswa yaitu adanya teknologi sebagai jembatan kemana saja bagi siswa, selanjutnya terdapat berbagai inovasi yang memungkinkan siswa lebih dapat berkembang dan berkreasi sesuai tuntutan era dan terakhir adanya pembelajaran kolaboratif yang memungkinkan siswa dapat lebih kaya ilmu
Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam implementasi model discovery learning pada SMAN 1 Peusangan M.nasir, Safinatun Najar; Nufus, Hayatun; Hidayatsyah, Hidayatsyah; Fajriana, Fajriana; Mursalin, Mursalin
Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh Vol. 4 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Publisher : LPPM UNIMAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/jpmm.v4i1.13534

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model discovery learning pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Jenis penelitian yang digunakan adalah siswa SMAN 1 Peusangan kelas X3 yng berjumlah 6 orang siswa. Instument pada penelitian ini berupa observasi, tes tertulis, dan wawancara. Teknik pengumpulan data yaitu tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. data penelitian diambil dari hasil keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua diperoleh persentase antara 25%-100% sesuai dengan persentase kemampuan komunikasi matematis siswa. Dari hasil analisis kemampuan komunikasi matematis terdapat peningkatan berdasarkan hasil jawaban siswa  yaitu siswa inisial KH mendapatkan nilai 190%, RR mendapatkan 91,6%,serta RA dan MP mendapatkan 50% dan MS dan IN mendapatkan 75%.
PENGARUH PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA Annisa, Asyifa; Muliana, Muliana; Aklimawati, Aklimawati
Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh Vol. 4 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Publisher : LPPM UNIMAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/jpmm.v4i1.13492

Abstract

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Salah satu alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep adalah pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) selama penerapan Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan quasi eksperimental design dengan menggunakan Post-test Only, Non-Equivalent Control Group Design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Takengon yang terdiri dari 13 rombongan belajar, sedangkan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah kelas X-DPB 1 (Desain dan Produksi Busana) sebagai kelas eksperimen dan kelas X-TKKR 1 (Tata Kecantikan Kulit dan Rambut) sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan cara pertimbangan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis Mann-Whitney diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,032 atau 0,032 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik selama penerapan kurikulum merdeka di SMK Negeri 1 Takengon.
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI VEKTOR DI MAN 3 ACEH UTARA Rahayu, Zahara; Nuraina, Nuraina; Listiana, Yeni
Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh Vol. 4 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Publisher : LPPM UNIMAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/jpmm.v4i1.13792

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran berupa modul berbasis problem solving di MAN 3 Aceh Utara khususnya materi vektor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan problem solving yang dikembangkan berdasarkan penilaian dari 2 ahli media dan 2 ahli materi, serta 6 siswa kelompok kecil dan 25 siswa kelompok besar. Penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik analisis data dalam penelitian ini: (1) analisis kelayakan modul, (2) analisis kepraktisan modul, dan (3) analisis keefektifan modul. Hasil penilaian yang diperoleh: (1) ahli media memperoleh 86%, (2) ahli materi memperoleh 93,2%, (3) hasil dari 6 siswa sebesar 96,5%, (4) hasil respon 25 siswa sebesar 92,1%, dan (5) ketuntasan klasikal mendapatkan 84% siswa yang tuntas belajar. Dengan demikian, modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan problem solving khususnya materi vektor sangat layak, sangat praktis dan sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran.Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Problem Solving, Vektor  

Page 1 of 2 | Total Record : 11