cover
Contact Name
Nurul Zahriani Jf
Contact Email
abdicendekiazia@gmail.com
Phone
+6282363776686
Journal Mail Official
abdicendekiazia@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pendidikan Pasar XII Gang Sayang, Dusun II, Desa Bandar Setia, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara 20371
Location
Kab. deli serdang,
Sumatera utara
INDONESIA
Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Published by Yayasan Zia Salsabila
ISSN : 29638968     EISSN : 29627923     DOI : -
Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat is a regular scientific journal published by by the Zia Salsabila Foundation, Education and Research Sector since 2022. Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, published four times a year in March, July, and November. Use Mendeley as a citation manager and use Plagiarism Checker & Turnitin as a filter for plagiarism. The focus and scope of Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat are on various problems in the field of education and Islamic studies, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners, and observers in various scientific fields (multidisciplinary) to publish the results of their service written in the format of their research (according to the template) in our journal, which focuses on articles including: 1. Real Job Lecture 2. Community Service 3. Practice Field Experience
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2023): Juli" : 5 Documents clear
The Influence of Lesson Plan to the Learning Process at MTs Al-Washliyah Tebing Tinggi Balqis Fadiah; Lainatusshifa; Putri Maulida; Rifky Amardiaz; Rizki Adha; Siti Ismahani
Abdi Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 2 No 2 (2023): Juli
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61253/abdicendekia.v2i2.167

Abstract

This research the aim was to find out how to collect data from several teachers at the MTs Al-Washliyah Tebing Tinggi. Data collection was carried out by giving teachers a questionnaire in the form of questions related to the problem to be studied using quantitative and qualitative methods. From the research results it can be seen that most teachers strongly agree that lesson plans have an important role to support the success of the learning process. Among them there were 4 teachers who strongly agreed and 1 teacher who agreed. There were no teachers who disagreed with the questions we asked. This means that almost 80% of teachers in schools strongly agree and 20% of teachers only agree with this question.
Hubungan Pola Makan dengan Kejadian Gastritis pada Remaja di Desa Lubuk Cemara, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai Nofi Susanti; Kayla Devina; Putri Safira; Salsabilla; Saumy Ramadini; Talitha Zulaikha
Abdi Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 2 No 2 (2023): Juli
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61253/abdicendekia.v2i2.168

Abstract

Gastritis ialah peradangan pada mukosa lambung yang dapat bersifat akut, kronis, meluas, atau terlokalisir. Ia memiliki gejala anoreksia, antara lain mual, muntah, rasa penuh di bagian tengah perut, nyeri di epigastrium, dan mual. Dalam penelitian ini, bertujuan mengidentifikasi kebiasaan makan dan prevalensi gastritis pada remaja berusia 17 hingga 25 tahun, serta hubungan antara kebiasaan makan dan prevalensi gastritis pada remaja berusia 17 hingga 25 tahun. Desain penelitian ini makai metode kuantitatif melalui pengisian kuesioner. Seluruh remaja yang berkunjung ke fasilitas kesehatan menjadi populasi penelitian ini. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa pola makan remaja di Desa Lubuk Cemara Kecamatan Perbaungan bahwa hampir semua remaja menjalankan pola makan tidak sehat. Hampir semua remaja di Desa Lubuk Cemara mengalami maag. Berdasarkan data kondisi tersebut, pada remaja berusia antara 17 dan 25 tahun terdapat hubungan antara gastritis dan pola makan.
Sosialisasi Pengembangan Modul Ajar Matematika pada Materi Trigonometri di SMK Parulian 1 Medan Panjaitan, Hendrikson R; Sihaloho, Binner; Simamora, Lusiana
Abdi Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 2 No 2 (2023): Juli
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61253/abdicendekia.v2i2.173

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk: (1) Memberikan pendidikan dan pelatihan tentang pengembangan modul ajar kepada peserta pelatihan (bapak/ibu guru), (2) Meningkatkan motivasi dan sikap mental yang baik, untuk menyusun sendiri modul ajar. Pengabdian masyarakat ini dilakukan di SMK 1 Parulian Medan Kediri, mitra pada kegiatan ini, yaitu SMK Parulian 1 Medan. Metode dalam pengabdian masyarakat ini, yaitu: pertama, menganalisis situasi dan kebutuhan; kedua, setelah menganalisis siatusi dan kebutuhan maka selanjutnya adalah menetapkan tujuan PKM; ketiga, mendesain model pelatihan, pendampingan dan workshop; keempat, validasi ahli; kelima, implementasi; dan keenam evaluasi. Hasil pada kegiatan ini, meliputi: (1) para peserta memahami dan bisa membuat bahan ajar berupa modul dan lembar kerja siswa; serta (2) motivasi para peserta untuk membuat modul ajar sendiri meningkat.
Implementasi Literasi Media yang Diberikan Orangtua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Hardiansyah; Sriyanti
Abdi Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 2 No 2 (2023): Juli
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61253/abdicendekia.v2i2.183

Abstract

Literasi media adalah salah satu bentuk upaya masyarakat dalam menjaga nilai positif sebagai pengguna media yang bijak. Dengan adanya perkembangan serta kemajuan zaman yang menimbulkan teknologi kini memberi perubahan yang sangat besar dan mampu memimpin semua divisi di kehidupan masyarakat Indonesia. Terbilang pada anak-anak maupun remaja yang menjadi elemen bagi masyarakat Indonesia. Salah satu aset negara yang meyakinkan kelangsungan kepemimpinan adalah remaja, maka yang dijadikan agen perubahan adalah kajian literasi media yang bertahap, dan diharapkan untuk memastikan remaja kritis dalam menjadi pengguna media. Dalam melawan terpaan media massa, kegiatan literasi media yang dilakukan masyarakat menjadikan perlindungan bagi khalayak dari serangan yang ditayangkan media massa. Aktivitas literasi media di Indonesia lebih dikhawatirkan karena takut menimbulkan dampak negatif bagi sekelompok masyarakat yang gampang terpengaruh oleh konten yang negatif.orang tua yang peduli kepada anaknya tidak akan memberikan kesehatan fisik saja, melainkan menjaga kesehatan mental juga. Dan karena kesadarannya terhadap pendidikan anaknya sangat besar, orang tua di sana sadar atas perannya sebagai penanggung jawab untuk implementasi literasi media adalah dirinya karena sepenuhnya karakter anak dibentuk sejak dini dari apa yang ia dengar dan apa yang ia lihat. Apabila baik yang dilihat dan didengar, maka baik pula karakter yang terbentuk.
Peningkatan Kompetensi Menulis Karangan Narasi Untuk Penciptaan Suasana Relaksasi Berbantu Musik Instrumental Kelas IV SDN Sampangan 02 Semarang Ardhia, Winda Putri; Wuryandini, Endang; Sukamto; Sulistyowati, Puput
Abdi Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 2 No 2 (2023): Juli
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61253/abdicendekia.v2i2.184

Abstract

Keterampilan menulis merupakan keterampilan untuk mengungkapkan ide, gagasan dan pikiran siswa dalam bentuk tulisan. Minat dan motivasi siswa dalam menulis di SD masih rendah. Dalam kegiatan menulis membutuhkan suasana yang nyaman untuk menemukan imajinasi dan dapat menuliskan sesuatu sesuai imajinasinya. Untuk mengoptimalkan daya kreativitas dan suasananya yang nyaman perlu adanya audio berupa musik instrumental. Musik instrumental dapat membantu memunculkan perasaan gembira. Saat otak menghasilkan serotonim, ketegangan pun menurun. Serotonim dilepaskan saat otak mengalami kejutan positif. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis karangan narasi berbantu musik instrumental untuk menciptakan suasana relaksasi pada siswa kelas IV di SDN Sampangan 02. Penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dua siklus, data dikumpulkan melalui tes tertulis siswa kemudian dianalisis dengan menggunakan Teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh tes pada siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar yaitu 46% yang telah mencapai KKM, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang telah mencapai KKM yaitu 80%. Artinya mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan menggunakan musik instrumental dapat membantu meningkatkan kompetensi menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SD Negeri Sampangan 02.

Page 1 of 1 | Total Record : 5