cover
Contact Name
Muhammad Ridha Kasim
Contact Email
ridha.kasim@umi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.flyover@umi.ac.id
Editorial Address
Lantai 4 Gedung Pascasarjana UMI, Jalan Urip Sumoharjo Km 4, Kota Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Flyover
ISSN : -     EISSN : 28295684     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Journal Flyover (JFO) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Magister Teknik Sipil Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia, yang diterbitkan 2 (Dua) kali setahun pada bulan Juni & Desember. Diterbitkan dalam Bahasa Indonesia Jurnal Flyover mencakup kelimuan teknik sipil, yaitu: 1. Struktur 2. Mekanika Tanah 3. Geoteknik 4. Keairan 5. Jalan dan Transportasi 6. Manajemen Proyek dan K3
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2023): Februari - Juli" : 7 Documents clear
Analisis Metode Least Cost Analysis dan Metode Fast Tracking pada Pembangunan Kantor Kejaksaan Negeri Makassar Syara, Elfiyusriningsi; Ashad, Hanafi; Bachmid, Sofyan
Jurnal Flyover Vol. 3 No. 1 (2023): Februari - Juli
Publisher : Magister Teknik Sipil PPs UMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52103/jfo.v3i1.1468

Abstract

Risiko waktu pada proyek konstruksi adalah keterlambatan jadwal proyek dari waktu yang telah ditentukan. Keterlambatan tersebut dapat menyebabkan fluktuasi anggaran yang akhirnya terjadi pemborosan anggaran (over budget). Seperti yang terjadi pada pembangunan Kantor Kejaksaan Negeri Makassar mengalami keterlambatan pekerjaan dari kontrak yang telah ada sebelumnya yaitu -25 %, sehingga dapat mengakibatkan kerugian pada kontraktor. Kerugian itu dapat berupa kerugian biaya maupun kerugian waktu karena perlu diadakan penambahan waktu kerja yaitu lima puluh hari. Dalam mengatasi hal tersebut diperlukan analisis terkait waktu dan biaya dengan membandingkan metode yang telah ada Metode yang digunakan adalah membandingkan anatar metode least cost analysis (LCA) dengan metode fast tracking untuk menghasilkan biaya yang rendah dan durasi waktu yang pendek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang menghasilkan biaya dan waktu yang lebih hemat biaya dengan durasi terkecil adalah Fast Tracking karena dapat memperkecil waktu selama 4 (empat) minggu tanpa penambahan biaya.
Kajian Kinerja dan Solusi Manajemen Penanggulangan Simpang Tak Bersinyal: Studi Kasus Jl. Yos Sudarso - Jl. P. Diponegoro - Jl. R.A. Kartini Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Umar, Musvira Febriana; Said, Lambang Basri; Syafei, Ilham
Jurnal Flyover Vol. 3 No. 1 (2023): Februari - Juli
Publisher : Magister Teknik Sipil PPs UMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52103/jfo.v3i1.1469

Abstract

Salah satu titik konflik yang berada di Kota Sorong berada pada simpang tak bersinyal di Jalan Yos Sudarso – Jalan R.A. Kartini – Jalan P. Diponegoro. Daerah persimpangan ini termasuk kawasan padat penduduk dan memiliki lalu lintas yang komplek serta pertumbuhan lalu lintas yang cepat. Simpang ini dijadikan lokasi studi karena simpang ini berada pada kawasan komersial di semua pendekat simpang. Tingginya volume lalu lintas dikarenakan adanya aktivitas jual beli, berangkat kerja , dan berbagai aktivitas lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja dari simpang 3 tak bersinyal Jalan Yos Sudarso – R.A Kartini dan Diponegoro. Analisis yang digunakan adalah perhitungan tundaan berdasarkan perbandingan antara volume dan kapasitas dengan panduan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) Tahun 1997. Hasil analisis yang didapatkan adalah tingkat pelayanan pada simpang tersebut berada pada kategori C atau dengan nilai tundaan antara 11-20 detik
Analisis Ketersediaan Fasilitas Umum terhadap Kepuasan Penghuni Komplek Perumahan Antara Residence Kota Makassar Basiri, Syamsu; Ashad, Hanafi; Hadi, Abd Karim
Jurnal Flyover Vol. 3 No. 1 (2023): Februari - Juli
Publisher : Magister Teknik Sipil PPs UMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52103/jfo.v3i1.1498

Abstract

Perumahan Antara Residence dibangun oleh PT. Haji Satir, sejak tahun 2010 hinga saat ini. Fasilitas Umum Perumahan merupakan syarat yang harus terpenuhi guna memberikan kepuasan bagi penghuninya. Ketersediaan fasilitas umum Perumahan Antara Residence fasilitas umum jalan, sanitasi, drainase, air bersih dan pembuangan sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fasilitas umum yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan penghuni perumahan antara residence, mengetahui kesesuaian ketersediaan fasilitas umum yang disediakan pengembang perumahan antara residence, mengetahui pengaruh ketersediaan fasilitas umum terhadap kepuasan penghuni perumahan antara residence. Dalam penelitian ini mendapatkan dua data yang bersifat berbeda, yaitu data kuantitatif (jawaban dari kuesioner) dan data kualitatif (jawaban dari wawancara). Dan diolah data dengan menggunakan uji statistik, dengan 5 klasifikasi skort, kemudain data disajikan dengan distribusi frekuensi relatif dan analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda yang dilakukan menunjukkan bahwa fasilitas umum yang memberikan oleh pihak pengembang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penghuni di Perumahan Antara Residence. Faktor yng paling dominan mempengearuhi kepuasan penghuni adalah faktor fasilitas umum jaringan listrik dengan nilai rata-rata tingkat nilai 4,518. Masing-masing faktor dengan tingkat kesesuaian ketersediaa fasilitas umum berpengaruh positif, kecuali pada fasilitas umum sanitasi (-0,085), drainase (-0,245), dan pembuangan sampah (-0,085). Sedangkan pengaruh ketersediaan secara simultan telah memberikan pengaruh 63,5% terhadap kepuasan penghuni kepuasan konsumen Perumahan Antara Residence.
Analisis Kinerja Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) Samarinda-Balikpapan pada Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Persepsi Penumpang Sutanto, Eko; H, St Maryam; Massara, Asma
Jurnal Flyover Vol. 3 No. 1 (2023): Februari - Juli
Publisher : Magister Teknik Sipil PPs UMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52103/jfo.v3i1.1505

Abstract

Mulai meningkatnya taraf ekonomi di Kota Balikpapan dan Kota Samarinda berakibat pada tingginya daya beli masyarakat sehingga dalam upaya memenuhi kebutuhan transportasi, masyarakat cenderung memilih untuk membeli kendaraan pribadi daripada menggunakan angkutan umumSalah satu komponen utama biaya pengguna jalan adalah Biaya Operasi Kendaraan (Vehicle Operating Cost). Biaya Operasi Kendaraan merupakan biaya yang dibutuhkan untuk engoperasikan kendaraan pada suatu kondisi lalu lintas dan jalan untuk suatu jenis kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk [1] menganalisis biaya operasional kendaraan bus jurusan Samarinda – Balikpapan, [2] Menganalisis kinerja tingkat pelayanan Angkutan Umum Bus AKDP Rute Balikpapan – Samarinda pandemic COVID-19 berdasarkan persepsi penumpang. Dan [3] Menganalisis kinerja bus berdasarkan Departemen Perhubungan Darat (1996) yang melayani rute dari Terminal Sungai Kunjang Kota Samarinda ke Terminal Batu Ampar Kota Balikpapan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pendapatan terkecil berada di per 3 bulan sekali karena adanya biaya pergantian ban, namun jika dilihat dari hasil pendapatan tiap bulan dengan jumlah penumpang 20-30 per sekali berangkat dengan harga tiket Rp35.000 maka perusahaan bus tersebut masih dapat meraup keuntungan walau di masa pandemic dan jumlah penumpang terisi belum 100% yakni sesuai kapasitas angkutnya mencapai 56 penumpang dengan konfigurasi tempak duduk 2-2 seat.
Analisis Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan dan Kepuasan Pengguna Transportasi Berbasis Daring Kota Makassar Hariono, Iwan; H, St Maryam; Syarkawi, Mukhtar Thahir
Jurnal Flyover Vol. 3 No. 1 (2023): Februari - Juli
Publisher : Magister Teknik Sipil PPs UMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52103/jfo.v3i1.1506

Abstract

Untuk perkembangan Grab di Kota Makassar sangatlah berkembang pesat. Manajemen PT Grab Holding perusahaan berbasis layanan aplikasi hadir pertama kali di Kota Makassar. Pihaknya secara resmi memperkenalkan layanan Grab secara seremoni di pelataran Monumen Mandala, jalan Jenderal Sudirman pada 23 Juli 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh parsial Switching cost terhadap Loyalitas pelanggan, (2) pengaruh parsial Kepercayaan pelanggan terhadap Loyalitas pelanggan, (3) pengaruh parsial Kepuasan pelanggan terhadap Loyalitas pelanggan, (4) pengaruh Kepuasan pelanggan, Kepercayaan pelanggan dan biaya paralihan (Switching cost) secara bersama-sama terhadap Loyalitas pelanggan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode analisis data untuk pengujian hipotesis adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kepuasan pelanggan, Kepercayaan pelanggan dan biaya paralihan (Switching cost) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas pelanggan [p(0,000)<0,05]. Koefisien determinasi sebesar 0,782 atau 78,2%; hal ini menunjukkan bahwa 78,2% perubahan yang terjadi pada Loyalitas pelanggan disebabkan oleh perubahan yang terjadi pada Kepuasan pelanggan, Kepercayaan pelanggan dan Switching cost; sedangkan 21,8% lainnya disebabkan oleh variabel- variabel lain yang tidak tercakup dalam penelitian ini; (2) Kepuasan pelanggan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas pelanggan (p=0,018<0,05). Dengan demikian, semakin tinggi kepuasan pelanggan maka loyalitasnya juga akan semakin tinggi; (3) Kepercayaan pelanggan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas pelanggan (p=0,030<0,05). Dengan demikian, semakin tinggi kepercayaan pelanggan maka loyalitasnya juga akan semakin tinggi; (4) biaya paralihan (Switching cost) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas pelanggan (p=0,008<0,05). Dengan demikian, semakin tinggi switching cost maka loyalitasnya juga akan semakin tinggi.
Analisis Tingkat Pelayanan Ruas Jalan Lempake – Sambera Akibat Dampak Pembangunan Bandara Sei Siring Kota Samarinda Said, Lambang Basri; Syarkawi, Mukhtar Thahir; Satriawan, Kuntiadi
Jurnal Flyover Vol. 3 No. 1 (2023): Februari - Juli
Publisher : Magister Teknik Sipil PPs UMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52103/jfo.v3i1.1507

Abstract

Masalah lalu lintas di jalan Lempake - Sambera Kota Samarinda menjadi gejala yang perlu diperhatikan dan ditangani secara bijak dan tepat melalui berbagai penanganan terutama penanganan jangka pendek pada lokasi - lokasi permasalahan lalu lintas melalui metode manajemen lalu lintas. Ruas jalan tersebut merupakan akses jalan menuju bandara baru Sei Siring Kota Samarinda dan memiliki pusat-pusat kegiatan yang sibuk dan terus berkembang pada ruas jalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk [1] menganalisis kinerja lalu lintas pada ruas Jalan Lempake - Sambera Kota Samarinda setelah dibangunnya Bandara AP.Pranoto serta [2] Untuk memformulasikan penanganan dalam bentuk program kegiatan (action plan) jangka pendek pada ruas Jalan Lempake - Sambera Kota Samarinda setelah dibangunnya Bandara AP.Pranoto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian noneksperimental, bersifat deskriptif eksploratif, jenis studi kasus dengan metode survei dan pengamatan langsung di lapangan untuk mengetahui Kinerja jaringan jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja lalu lintas pada ruas jalan Lempake - Sambera arah barat dan timur Sesuai dengan prosedur perhitungan dan mengikuti langkah. Langkah perhitungan menggunakan formulir UR-1, UR-2 dan UR-3 pada ruas jalan, maka diperoleh hasil perhitungan kinerja operasional ruas jalan didapatkan nilai kerapatan sebesar 2426 smp/Km pada segmen 1 sedangkan pada segmen 2 sebesar 2807 smp/Km. Nilai Kapasitas jalan untuk kedua segmen yaitu sebesar 2157 smp/jam dan Tingkat Pelayanan Ruas Jalan didapatkan dari membagi antara volume lalulintas puncak pada segmen 1 sebesar 450,6 smp/jam dengan nilai kapasitas jalan didapatkan tingkat pelayanan sebesar 0,21 masuk ke kategori B dengan range antara 0,21 hingga 0,44. Sama halnya dengan segmen 2 didapatkan nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,25 sehingga masuk ke kategori B dengan range antara 0,21 hingga 0,44 Berarti Kecepatan dan kemampuan bergerak semakin terbatas.
Analisis Pemeliharaan Jalan Nasional dengan Metode Bina Marga dan PCI Pada Ruas Jalan Slamet Riyadi Kota Samarinda Mulyo, Soni Ari; Said, Lambang Basri; H, St Maryam
Jurnal Flyover Vol. 3 No. 1 (2023): Februari - Juli
Publisher : Magister Teknik Sipil PPs UMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52103/jfo.v3i1.1508

Abstract

Ruas Jalan Slamet Riyadi Kota Samarinda termasuk dalam jalan Nasional di Provinsi Kalimantan Timur. Perkerasan di lokasi ini secara visual sudah banyak yang mengalami kerusakan seperti cracking, patching/potholes dan pelepasan berbutir. Seiring dengan berjalannya waktu, jalan raya yang terdiri dari lapisan perkerasan akan mengalami penurunan tingkat pelayanan terutama jalan Slamet Riyadi merupakan daerah tengah kota yang perlu perhatian karena akses penghubung antar kota. Menurunnya tingkat pelayanan jalan ditandai dengan adanya kerusakan pada lapisan perkerasan jalan, kerusakan yang terjadi juga banyak berbagai tipe kerusakan pada setiap segmen di sepanjang ruas jalan Slamet Riyadi Kota Samarinda dan apabila dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka akan dapat memperburuk kondisi lapisan perkerasan sehingga dapat mempengaruhi keamanan, kenyamanan dan kelancaran lalu lintas yang ada di ruas jalan Slamet Riyadi Kota Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kerusakan jalan dan tingkat kerusakan jalan yang ada di ruas Slamet Riyadi Kota Samarinda dengan menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI), Metode Direktorat Jenderal Bina Marga dan Manual Pemeliharaan Rutin Untuk Jalan Nasional dan Jalan Provinsi sebagai data dukung untuk metode tersebut. Penelitian dilakukan dengan mencari data primer dengan mengukur luasan masing-masing kerusakan dengan menggunakan alat ukur. Data sekunder didapat dari Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional Provinsi Kalimantan Timur. Berdasarkan hasil survey dan evaluasi kondisi perkerasan jalan Slamet Riyadi Kota Samarinda (STA 0+000 sampai dengan STA 01+000), Pavement Condition Index (PCI) sebesar 42.35 untuk rata-rata secara keseluruhan berdasarkan rating nilai PCI antara 41 s/d 55 dalam kondisi (buruk) dan nilai yang diberikan oleh Bina Marga sebesar 6.50 berdasarkan nilai prioritas bina marga antara 4 s/d 6 maka dilakukan Rehabilitasi Jalan pada ruas jalan Slamet Riyadi Kota Samarinda.

Page 1 of 1 | Total Record : 7