cover
Contact Name
Amir Hamzah
Contact Email
limas.pgmi@gmail.com
Phone
+6282377854150
Journal Mail Official
limaspgmi_uin@radenfatah.ac.id
Editorial Address
Gedung K Lantai 1 Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembag. Jalan KH.Zaenal Abidin Fikri, Palembang Sumatera Selatan, Indonesia
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : -     EISSN : 28071824     DOI : https://doi.org/10.19109/limaspgmi.v2i2
Core Subject : Education,
Jurnal ini menerbitkan artikel penelitian dan studi kasus yang berfokus pada pendidikan dasar. Ruang lingkup Limas PGMI adalah: 1. Pengembangan Kurikulum di Pendidikan Dasar (MI/SD) 2. Pembelajaran Matematika, IPA, IPS, PKn, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama Islam, Seni dan Muatan Lokal di Pendidikan Dasar (MI/SD) 3. Media dan Teknologi Pembelajaran pada Pendidikan Dasar (MI/SD) 4. Kompetensi Calon Guru, Guru dan Dosen di Pendidikan Dasar (MI/SD) 5. Penilaian di Pendidikan Dasar (MI/SD) 6. Pengembangan Pendidikan Dasar (MI/SD) 7. TIK Untuk Pendidikan Dasar
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2022): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah" : 6 Documents clear
Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Kelas 5 Pada Tema 5 Subtema 1 di SD Fersha Maydilla; Nurlaeli Nurlaeli; Siti Fatimah
Limas PGMI Vol 3 No 1 (2022): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/limas_pgmi.v3i1.12886

Abstract

Penelitian ini didasarkan oleh kemajuan teknologi yang semakin modern dalam dunia pendidikan, namun dibeberapa sekolah pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan belum digunakan secara maksimal. Masih ada beberapa sekolah yang menggunakan pola pembelajaran yang konvensional, sehingga proses pembelajaran masih menggunakan media pembelajaran yang bukan berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran videoscribe kelas 5 pada tema 5 subtema 1, (2) mengetahui perencanaan desain pengembanagn media pembelajaran videoscribe, (3) mengetahui kevalidan dan kepraktisan dari media pembelajaran videoscribe kelas 5 tema 5 subtema 1. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE, langkah yang digunakan yaitu: (1) analisis (analysis), (2) design (desain), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan lembar validasi yang menggunakan skala likert untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan dari produk yang dikembangkan.Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas 5 di SD Negeri 2 Rambang dengan jumlah siswa 22 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kevalidan dari media pembelajaran adalah sebesar 94,3 dengan kategori sangat valid. Untuk tingkat kepraktisan dari media pembelajaran ini dilihat dari angket respon siswa, yang memperoleh hasil sebesar 90 dengan kategori sangat praktis.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MACTH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 01 CAMPANG TIGA ILIR KEC. CEMPAKA KAB. OKU TIMUR Novi Fitrianita; Mardiah Astuti; Ahmad Syarifuddin; Ines Tasya Jadidah
Limas PGMI Vol 3 No 1 (2022): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/limas_pgmi.v3i1.12887

Abstract

Permasalahan yang ada di SD Negeri 01 Campang Tiga Ilir yaitu siswa banyak yang belum mencapai KKM Pada pembelajaran tematik, guru masih kurang kreatif dalam memberikan model pembelajaran. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku di SD Negeri 01 Campang Tiga Ilir. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen, Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental Design dalam bentuk One-Grup Pretest-posttest design, desain dapat membandingkan dua data sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan uji t, uji normalitas dan uji hipotesis. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV yang terdiri dari 17 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penlitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Dilihat hasil dari tes terhadap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yaitu df sebesar 16 dan besarnya “t” yang tercantum pada tabel nilai t (ttabel 5% = 2,120 )dan ttabel 1% = 2,921 ) maka dapat diketahui bahwa t0 adalah lebih besar yaitu: t0 Pretest 2,12 < 27,833 > 2,92, dan t0 Posttest 2,12 < 45,364 > 2,92. Yang berarti adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar siswa
STRATEGI KELUARGA DI LINGKUNGAN SD NEGERI 04 PEMULUTAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PADA ANAK Siska Siska; Amir Rusdi; Miftahul Husni; Al Ihwanah
Limas PGMI Vol 3 No 1 (2022): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/limas_pgmi.v3i1.12888

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian mengenai : (1)strategi keluarga di lingkungan sekolah untuk membentuk karakter disiplin dantanggung jawab pada anak; (2) Dampak dari Strategi Keluarga Dalam MembentukKarakter Disiplin dan Tanggung Jawab Pada Anak. Penelitian ini menggunakan jenispenelitian kualitatif deskriptif dengan meneliti langsung kelapangan. Subyek daripenelitian ini Keluarga (orang tua), guru/Wali kelas, dan Anak kelas IV. Teknikpengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datamenggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkananalisis data yang sudah dilakukan, diperoleh hasil penelitian yang menunjukkansebagai berikut: Pertama, Strategi Keluarga Di lingkungan Sekolah Dasar dalammembentuk Karakter disiplin dan tanggung jawab pada anak ialah dengan strategiPembiasaan dan keteladanan, dengan cara keluarga (orang tua) bekerja sama denganguru (wali kelas) dalam memberikan atau mencontohkan kebiasaan dan teladan yangbaik. Kedua, Dampak Strategi keluarga dalam membentuk karakter disiplin danTanggung jawab pada anak, berdampak baik pada anak dan untuk kehidupan seharihari maupun masa depan anak.
Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Drumband Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Gumawang Meila Puspitasari; Elhefni Elhefni; Djoko Rohadi Wibowo; Dian Andesta Bujuri; Ayu Nur Shawmi
Limas PGMI Vol 3 No 1 (2022): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/limas_pgmi.v3i1.12971

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan terkait Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Drumband Siswa di Sekolah Dasar Negeri 2 Gumawang. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui nilai karakter yang terkandung dalam ekstrakulikuler Drumband siswa. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler Drumband siswa. (3) Untuk mengetahui kendala dalam pelaksanaan kegiatan esktrakulikuler Drumband siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu, pendidikan yang dapat membuat seseorang memiliki kepribadian yang lebih baik agar dapat membuat seseorang memiliki kepribadian yang lebih baik melalui penanaman nilai pembentuk karakter bangsa dalam kegiatan ekstrakulikuler. Ekstrakulikuler drumband merupakan sekelompok barisan orang yang memainkan lagu dengan beberapa macam alat music secara bersama-sama yang dimainkan dilapangan terbuka. Nilai karakter yang diutamakan yaitu nilai kedisiplinan, bertanggung jawab, bersahabat dan integritas. Dalam pelaksanaan kegiatan ini adanya partisipasi dari guru pembina dan siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakulikuler ini dengan melakukkan pembiasaan, nasihat, serta disisipkan dalam rangkaian kegiatan latihan ekstrakulikuler. Sedangkan kendala dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler ini pada kelengkapan sarana dan prasarana alat drumband maupun pada siswa anggota drumband itu sendiri selama kegiatan ekstrakulikuler.
ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS V DI SD NEGERI 2 BERKAT KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR Emilia Fitri; Cici Megareta; Tutut Handayani; Tastin Tastin; Agra Dwi Saputra
Limas PGMI Vol 3 No 1 (2022): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/limas_pgmi.v3i1.12986

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kompetensi pedagogik guru dalam kegiatan pembelajaran yang mendidik pada pelaksanaan pembelajaran PAI kelas V di SDN 2 Berkat, (2) kompetensi pedagogik guru dalam menguasai karakteristik gaya belajar peserta didik pada pelaksanaan pembelajaran PAI kelas V di SDN 2 Berkat, (3) kompetensi pedagogik guru dalam menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik pada penerapan metode dalam pelaksanaan pembelajaran PAI siswa kelas V di SDN 2 Berkat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif, alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan Miles & Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi pedagogik guru dalam kegiatan pembelajaran yang mendidik sudah cukup baik, mulai dari perencanaan pembelajaran yang sudah sesuai dengan kurikulum 2013 serta implementasi pelaksanaan pembelajaraan yang berurutan sesuai dengan RPP (2) kompetensi pedagogik guru dalam menguasai karakteristik gaya belajar siswa sudah memiliki kemampuan yang amat baik dalam memahami karakteristik gaya belajar siswa mulai dari gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. (3) kompetensi pedadgogik guru dalam penerapan metode terbukti bahwa guru mampu dan sudah sangat baik menerapkan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan pada pembelajaran PAI mulai dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Guru dapat melakukannya sesuai dengan langkah- langkah penerapan metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode penugasan.
ANALISIS KESULITAN PENDIDIK DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 DI KELAS RENDAH SDN 239 PALEMBANG Leni Yuliani; Amir Hamzah; Faisal Faisal
Limas PGMI Vol 3 No 1 (2022): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/limas_pgmi.v3i1.13005

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui kesulitan guru dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran tematik dengan Kurikulum 2013. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. informan penelitian ini adalah Guru kelas I dan II SDN 239 Palembang. Teknik pengumpulan data menggnakan wawancara, observasi, dan okumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adapun faktor-faktor kesulitan yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu (1) Guru kesulitan dalam melakukan perencanaan pembelajaran tematik; guru merasa kesulitan ketika memadukan materi pelajaran dalam langkah- langkah pembelajaran pada saat penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan kesulitan dalam mengkonversi mata pelajaran. (2) Guru kesulitan dalam melakukan proses pelaksanaan pembelajaran tematik; guru merasa kesulitan dalam mengatur alokasi waktu pembelajaran, mengembangkan materi dan belum mampu meningkatkan antusiasme peserta didik terhadap pembelajaran tematik. (3) Guru kesulitan dalam melakukan evaluasi atau penilaian pada pembelajaran tematik; Adapun masalah yang dirasakan oleh guru terkait pada proses penilaian yaitu yang pertama adalah keterbatasan waktu yang dimiliki oleh guru di mana guru harus membagi waktu antara penyampaian materi, pemberian tugas, dan proses evaluasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 6