cover
Contact Name
Ebit Bimas Saputra
Contact Email
ebitbimas99@gmail.com
Phone
+6281365118590
Journal Mail Official
greenation.info@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kapt. A. Hasan, Telanaipura Jambi
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Ilmu Multidisplin
Published by Greenation Publisher
ISSN : 28294599     EISSN : 28294580     DOI : https://doi.org/10.38035/jim.v1i1
Jurnal Ilmu Multidisplin (JIM) adalah jurnal nasional, peer review, akses terbuka dan ilmiah yang menerbitkan makalah penelitian, makalah review, review mini, laporan kasus, studi kasus, komunikasi singkat, surat, editorial, buku, tesis, karya disertasi, dll, dari semua Aspek Ilmu Pertanian, Ilmu Biologi, Bisnis, Ilmu Kimia, Ilmu Pendidikan, Teknik dan Teknologi, Humaniora, Ilmu Hayati, Ilmu Fisika, Ilmu Kelautan, Ilmu Sosial. Setelah diterbitkan, artikel tersedia secara gratis melalui online tanpa batasan apa pun atau langganan lain untuk peneliti dan pembaca di seluruh dunia.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 44 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 4 (2023): Jurnal Ilmu Multidisplin (Januari-Maret 2023)" : 44 Documents clear
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Tingkat Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah PT X Fahmi Fahrezy, Ahmad; Kirana Jaeby Early, Galuh Candra; Musa’ad, Miskia; Risqiyah, Ziyadatur
Jurnal Ilmu Multidisiplin Vol. 1 No. 4 (2023): Jurnal Ilmu Multidisplin (Januari-Maret 2023)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jim.v1i4.115

Abstract

Review jurnal penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah pada PT X dari beberapa jurnal terkait. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi berganda. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer, sumber data diperoleh dari kuesioner, dan pengumpulan data dari penelitian ini adalah penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F dengan tingkat kepercayaan 5%. Hasil penelitian inI menunjukkan bahwa semua variabel berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap kepuasan pelanggan.
Pengaruh Brand Image, Viral Marketing dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Konsumen Prayogo, Adi; Fauzi, Achmad; Sapto Bagaskoro, Dwi; Aditya Alamsyah, Fiqih; Tonda, Firmansyah; Kamil Hafidzi, Muhammad; Hanif Fatturrohman, Muh Radittya; Wijaya, Sendy
Jurnal Ilmu Multidisiplin Vol. 1 No. 4 (2023): Jurnal Ilmu Multidisplin (Januari-Maret 2023)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jim.v1i4.116

Abstract

Minat beli termasuk dari sebagian sikap konsumen dalam perilaku komsumsi di waktu yang hendak tiba yang bertujuan guna mengoptimalkan ramalan terhadap keputusan pembelian yang terbukti dicoba oleh konsumen. Minat beli produk pula di tetapkan oleh gambar yang memukau, sehingga konsumen berkeinginan untuk membeli salah satu dari produk yang telah ditawarkan tersebut. Minat beli timbul kala seorang sudah memperoleh data yang lumayan menimpa produk yang di idamkan. Oleh sebab itu konsumen kerapkali mencari rujukan lewat opini- opini dalam komunitas tentang sesuatu produk. Studi terdahulu ataupun studi yang relevan sangat berarti dalam sesuatu studi ataupun postingan ilmiah. Studi terdahulu ataupun studi yang relevan berperan buat menguatkan teori serta penomena ikatan ataupun dampak terhadap variable. Postingan ini meengkaji Faktor- faktor yang pengaruhi Purchases intentions atau biasa dikenal dengan Minat Beli Konsumen, ialah: Brand Image, Viral Marketing serta Brand Awareness, sesuatu riset literatur Pemasaran. Tujuan penyusunan jurnal ini guna membentuk hipotesis dari hasil antar variabel yang akan digunakan di studi berikutnya. Hasil artikel penelitian ini merupakan: 1) Brand Image mempengaruhi kepada Minat Beli Konsumen; 2) Viral Marketing mempengaruhi kepada Minat Beli Konsumen; serta 3) Brand Awareness mempengaruhi kepada Minat Beli Konsumen.
Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, dan Pengembangan SDM dalam Usaha Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Fauzi, Achmad; Rizki Utami, Aprilia; Rahmaviani, Lattifah; Nurfitri, Nia; Bonita, Ricka; Robbiatul Adawiah, Sarifah
Jurnal Ilmu Multidisiplin Vol. 1 No. 4 (2023): Jurnal Ilmu Multidisplin (Januari-Maret 2023)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jim.v1i4.117

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai peranan tindakan pendidikan, pelatihan dan pengembangan terhadap kinerja dari setiap karyawan. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh yang ditimbulkan dari ketiga tindakan tersebut terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini masuk studi literatur dan menggunakan berbagai sumber sekunder untuk mengkaji dan memperdalam pemikiran serta hasil penelitiannya. Hasilnya secara analisis pendidikan, pelatihan maupun pengambangan sama-sama memiliki pengaruh yang positif dalam meningkatkan kinerja dari setiap karyawan perusahaan.
Strategi Pemulihan 2 Sektor Pariwisata Dan UMKM Kuliner di Pasca Pandemi Covid 19 Ryan Triwahono, Dimas; Fauzi, Achmad; Nur Hanifa, Al firatunnisa; Dwi Anjani, Nawang; Cahyaningrum Tarmono Putri, Septiana; Alodia, Nabila; Rachmawati, Karina; Azahra Aulia, Annisa
Jurnal Ilmu Multidisiplin Vol. 1 No. 4 (2023): Jurnal Ilmu Multidisplin (Januari-Maret 2023)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jim.v1i4.118

Abstract

Virus corona (Covid-19) menyebar di mana-mana. Tingkat kematian yang tinggi mempengaruhi semua standar hidup di seluruh dunia. Situasi ini telah memaksa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menggambarkannya sebagai USPPI pada tanggal 30 Januari 2020 berdasarkan International Health Regulations (IHR) 2005 (Armstrong, n.d.). Pandemic Covid-19 Adalah Wabah Penyakit Global Yang Dialami Oleh Seluruh Dunia Dan Banyakannya Korban Yang Meninggal Dan Usaha Usaha Vailed Dari Berbagai Sektor usaha, industri, termasuk Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Sektor pariwisata memiliki efek yang sangat penting. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif melalui studi kasus (Literature Riview Journal), ditemukan bahwa strategi pemulihan 2 sektor pariwisata pada masa pandemi. Sektor pariwisata mencatat pertumbuhan 67% dari 2015 hingga 2018. Hal ini ditandai dengan peningkatan kunjungan wisman dari 9,7 juta sejak 2014 menjadi 16,5 juta pada 2018 (IAEI, 2020). Pariwisata menyumbang antara 10% dan 17% dari total ekspor barang dan jasa dan menduduki peringkat sebagai penghasil devisa $10 miliar. Sedangkan kontribusi langsung sektor pariwisata terhadap PDB dan penyerapan tenaga kerja mencapai 10,18 juta (Suherlan, 2019).
Kompetensi Guru Mata Pelajaran Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Peserta Didik di Mtsn 1 Kota Kediri Gunawan, Ari; Ali Riyadi, Ahmad; Halim Musthofa, Abdul
Jurnal Ilmu Multidisiplin Vol. 1 No. 4 (2023): Jurnal Ilmu Multidisplin (Januari-Maret 2023)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jim.v1i4.120

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Kompetensi Guru PAI Dalam Meningkatkan mutu lulusan Peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Kediri. Indikator dari lulusan yang bermutu diantaranya terlampauinya standar kelulusan, dan dapat melanjutkan studi ke sekolah favorit yang terakreditasi unggul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan penelitian lapangan. Hasil penelitian ini adalah (1) Kompetensi Guru Mengacu pada undang-undang tentang kompetensi guru yaitu (a) kompetensi pedagogik (b) kompetensi kepribadian (c) kompetensi profesional (d) kompetensi sosial. (2) Upaya peningkatan mutu lulusan peserta didik melalui kompetensi guru yaitu (a) profesinal guru PAI (b) integritas (c) tanggung jawab (d) inovasi (e) keteladanan. (3) Kompetensi guru PAI dapat meningkatkan mutu lulusan karena guru berperan sebagai (a) guru sebagai informator (b) guru sebagai organisator (c) guru sebagai motivator (d) guru sebagai inisiator (e) guru sebagai fasilitator (f) guru sebagai mediator (g) guru sebagai transmiter.
Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, dan Pengembangan SDM dalam Usaha Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Rizki Utami, Aprilia; Fauzi, Achmad; Lattifah Rahmaviani; Nurfitri, Nia; Ricka Bonita; Sarifah Robbiatul Adawiah
Jurnal Ilmu Multidisiplin Vol. 1 No. 4 (2023): Jurnal Ilmu Multidisplin (Januari-Maret 2023)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jim.v1i4.123

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai peranan tindakan pendidikan, pelatihan dan pengembangan terhadap kinerja dari setiap karyawan. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh yang ditimbulkan dari ketiga tindakan tersebutterhadap kinerja karyawan. Penelitian ini masuk studi literatur dan menggunakan berbagai sumber sekunder untukmengkaji dan memperdalam pemikiran serta hasil penelitiannya. Hasilnya secara analisis pendidikan, pelatihan maupun pengambangan sama-sama memiliki pengaruh yang positif dalam meningkatkan kinerja dari setiap karyawan perusahaan.
Optimalisasi Manajemen Strategis Prasarana Pendidikan Intan Sari, Arrum; Muhammad Syaifuddin; Andriani, Tuti
Jurnal Ilmu Multidisiplin Vol. 1 No. 4 (2023): Jurnal Ilmu Multidisplin (Januari-Maret 2023)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jim.v1i4.126

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana optimalisasi manajemen strategis prasarana pendidikan. metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan atau Library Research dengan bahan penelitian yang bersumber dari sumber-sumber pustaka seperti buku, Artikel, prosiding dan bahan penelitian lainnya. Teknik analisis yang digunakan adalah Content Analysis dilakukan secara detail dan mendalam yang digunakan untuk mengambil kesimpulan dengan mengidentifikasi berbagai kriteria khusus secara sistematis, general dan objektif dari buku, artikel dan prosiding.
Literature Review Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Produk dan Kinerja Karyawan (Studi Kasus Erigo Store) Rustanti, Dini; Dita Purbowati; Amalia Haris, Putri; Gracela, Yolanda; Ariska Lubis, Yuni
Jurnal Ilmu Multidisiplin Vol. 1 No. 4 (2023): Jurnal Ilmu Multidisplin (Januari-Maret 2023)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jim.v1i4.127

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepuasan pelanggan terhadap merek Erigo dipengaruhi oleh kinerja karyawan serta kualitas produk. Sampel untuk survei ini terdiri dari 38 responden yang dipilih melalui penyebaran kuesioner kepada pelanggan Erigo. Metode Accidental Sampling adalah metode analisis yang digunakan yaitu teknik non-probability sampling. Berdasarkan hasil uji parsial, kualitas produk adalah 0,007 0,05. Akibatnya, kepuasan pelanggan Erigo dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh kualitas produk. Nilai Kinerja Karyawan kemudian 0,002 0,05. Dengan demikian, kepuasan pelanggan di Erigo didorong oleh kinerja karyawan. Kinerja karyawan dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Manajemen Tenaga Pendidik di Madrasah Tsanawiyah Syamsuddin Buluh Rampai Indragiri Hulu Cahyono, Imam; Afriza Afriza; Andriani, Tuti
Jurnal Ilmu Multidisiplin Vol. 1 No. 4 (2023): Jurnal Ilmu Multidisplin (Januari-Maret 2023)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jim.v1i4.128

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar alamiah, rekrutmen dan seleksi, orientasi dan penempatan, pelatihan dan pengembangan, serta penilaian kinerja pendidik di MTs Syamsuddin, buluh rampai Indragiri Hulu. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa jika pengelolaan tenaga pendidik di madrasah tersebut baik akan menjamin suatu kegiatan pendidikan yang efektif dan efisien. Dilihat dari latar alamiah kondisi objektif madrasah, bagaimana proses manajemen tenaga pendidik dan hasil yang di capai. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi/pengamatan, dan studi dokumen atau menyalin. Jenis yang digunakan adalah data kualitatif, bersumber dari kepala sekolah, staf sekolah, dan tenaga pendidik. Metode penelitian yaitu analisis deskriptif berupa kata-kata dan perilaku yang dapat diamati. Untuk mencapai derajat keabsahan data penulis mengadakan perpanjangan ikut serta, ketekunan pengamatan, tringulasi, pengecekan sejawat, kecukupan referensi, kajian atau analisis kasus negatif, pengecekan anggota, uraian rinci, audit kebergantungan dan audit kepastian. Hasil penelitian ini diperoleh dan ditemukan data-data bahwa pelaksanaan manajemen tenaga pendidik di MTs Syamsuddin mengacu kepada kebijakan pemerintah tentang standar pendidik dan tenaga kependidikan baik secara kualifikasi mapun kompetensi yang harus dimiliki oleh pendidik. Perekrutan, kepala sekolah telah manarik para pelamar untuk dipekerjakan di sekolah tersebut, dan memposisikan guru-guru sesuai kualifikasi dan kemampuan guru masing- masing. Seleksi, proses memilih calon tenaga pendidik yang memenuhi syarat. Orientasi, proses perkenalan guru baru dengan guru-guru yang sudah lama mengajar di sekolah tersebut, dengan tokoh masyarakat, peserta didik, serta fasilitas pembelajaran yang ada di sekolah tersebut. Penempatan, kepala sekolah memberikan tugas/penempatan terhadap guru baru melalui surat keputusan. Selanjutnya para guru diikutsertakan untuk mengikuti pelatihan dan pengembangan guna meningkatkan potensi pendidik. Penilaian, dilakukan oleh kepala sekolah dan pemerintah mengacu pada delapan standar yang sudah ditentukan oleh pemerintah.
Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja, Beban Kerja, Serta Lingkungan Kerja Pada Performa Pegawai (Literature Review Metodologi Riset Bisnis) Achmad Fauzi; Hutajulu, Leonaldi; M. Rijal; Hendrik Moses; Indra Samuel; Muhammad Sidik
Jurnal Ilmu Multidisiplin Vol. 1 No. 4 (2023): Jurnal Ilmu Multidisplin (Januari-Maret 2023)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jim.v1i4.130

Abstract

Hasil dari penelitian terdahulu yang relevan termasuk jenis riset yang penting untuk sebuah penelitian dan terhadap artikel ilmiah. Penelitian yang terdahulu tersebut sangat relevan dan berfungsi dalam pelengkap teori serta fenomena pada hubungan maupun pengaruh antar variabel. Artikel ini memuat sebuah review yang berhubungan dengan pengaruh pada performa pegawai yakni: kepuasan kerja, beban kerja, serta lingkungan kerja dengan studi literature review metodologi riset bisnis. Dilakukannya penulisan pada artikel didasari dengan tujuan untuk membangun sebuah hipotesis pengaruh antara variabel sehingga dapat digunakan sebagai pedoman dalam penelitian yang akan dilakukan selanjutnya. Dari library research ini didapatkan hasil maka: 1) Kepuasan kerja berpengaruh pada performa pegawai, 2) Beban kerja berpengaruh pada performa pegawai, 3) Lingkungan kerja berpengaruh pada peforma pegawai.