cover
Contact Name
Helendra
Contact Email
jrfes@upgrisba.ac.id
Phone
+6285365652881
Journal Mail Official
jrfes@upgrisba.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Fisika Universitas PGRI Sumatera Barat. Gedung D Lantai 3. Jl Gunung Pangilun. Padang. Sumatera Barat
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
JRFES
ISSN : 24073563     EISSN : 25033425     DOI : https://doi.org/10.22202/jrfes.2022.v9i2
Core Subject : Science, Education,
JRFES scopes are the result of research on physics research and physics education. JRFES is focused on publishing original research results that have not been published anywhere. Issues published by JRFES cover the areas of education namely planning, implementation, and evaluation of Education and the field of physics. This journal publishes original articles on the latest issues and trends occurring internationally in science curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of science teachers with the aim to advance our knowledge of science education theory and practice. Moreover, this journal also covers the issues concerned with environmental education & environmental science. JRFES is dedicated to all physics education practitioners. The coverage of JRFES includes: experimental research, action research, qualitative research, quantitative research, and development research (model, media, and learning evaluation) aimed to improving the quality and building innovation in Physics Education, includes: Experimental Research Class Action Research Qualitative Research Quantitative Research Model Learning Development Media Learning Development Additional Learning Materials Development Learning Evaluation Literature Study    The articles in JRFES also include developments and researches in Classical Physics, and Modern Physics (theoretical studies, experiments, and its applications). Subject areas suitable for publication include, but are not limited tothe following fields: Nuclear and Radiation Physics Electronics and Instrumentation Physics Materials Physics Theoretical and Computational Physics
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2024): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains" : 6 Documents clear
ANALYSIS OF POTENTIAL FOR PHOTOVOLTAIC ROOFTOP USING HELIOSCOPE SOFTWARE (CASE STUDY: UNIVERSITAS KRISTEN IMMANUEL) Yuan, Anita; Setyowati, Emerita
JRFES (Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains) Vol 11, No 1 (2024): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22202/jrfes.2024.v11i1.8167

Abstract

Telah disimulasikan potensi PLTS Atap di Gedung Immanuel Music Center (IMC) menggunakan software Helioskop. Dipilih tiga lokasi atap yaitu Gedung IMC, Gedung Auditorium Musik Gereja (AMG) selatan, dan AMG utara. Selanjutnya parameter produksi energi listrik, performance ratio, shading, dan kWh/kWp dianalisis. Hasil simulasi menunjukkan bahwa nilai produksi energi listrik satu tahun mulai yang paling tinggi adalah di atap AMG Utara (31.560 MWh), atap AMG Selatan (29.290 MWh), dan atap IMC (20,400 MWh). Nilai performance ratio berturut-turut adalah 81.30 % (atap AMG utara ), 81.80 % (atap AMG selatan), dan 52.6 % (atap IMC). Gedung IMC berpotensi terkena bayangan sedangkan pada gedung AMG Utara dan Selatan bebas dari bayangan. Potensi nilai kWh/kWp secara berurutan dari yang paling tinggi adalah atap AMG utara (1.434,6) kemudian atap AMG selatan (1331,3) dan terakhir atap IMC (927,3). Dari hasil simulasi maka lokasi yang paling potensial untuk dipasang PLTS adalah atap Gedung AMG bagian utara.
MANUFACTURING COCONUT SHELL CHARCOAL BRICKETS AND SUGAR CANE AS ALTERNATIVE FUEL mulyani, sartika; hayati, wilda; silvia, mega; sumayasa, karel; ranjani, irfan; trisna, silvi
JRFES (Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains) Vol 11, No 1 (2024): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22202/jrfes.2024.v11i1.8350

Abstract

Pemanfaatan tempurung kelapa dan ampas tebu sebagai bahan baku utama pembuatan briket memiliki potensi besar sebagai bahan bakar alternatif. Briket merupakan arang dengan bentuk tertentu yang dihasilkan melalui proses pemampatan dengan penambahan sejumlah perekat tertentu. Pemanfaatan briket sebagai bahan bakar  mampu menghasilkan kalor dengan sedikit asap yang ramah lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komposisi arang ampas tebu dan arang tempurung kelapa serta jenis perekat terhadap karakteristik briket. Variabel yang digunakan pada penelitian ini yaitu rasio massa arang tempurung kelapa terhadap arang ampas tebu (90:10, 80:20, 70:30, 60:40 dan 50: 50) dengan jenis perekat briket berupa tepung tapioka. Tahapan penelitian pembuatan briket ini meliputi persiapan bahan baku, karbonisasi, pembriketan dan analisa produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik briket terbaik terdapat pada briket dengan perekat tepung tapioka dan komposisi arang ampas tebu terhadap arang tempurung kelapa. Karakteristik briket yang terbaik yaitu untuk nilai kalor terbesar terdapat pada perbandingan 60:40 yaitu sebesar 5.663 kal/gr sedangkan untuk ketahanan pada saat pembakaran terdapat pada perbandingan 90:10 yaitu 2 jam 15 menit.Kata kunci : Tempurung kelapa, ampas tebu, briket, karbonisasi
THE VARIATIONS OF CLINKER SUPERPARAMAGNETIC VALUE FROM PT. SEMEN PADANG BY USING A BARTINGTON MAGNETIC SUSCEPTIBILITY METER SENSOR TYPE B rina, rina novita; Rifai, Hamdi; Dwiridal, Letmi; Mufit, Fatni
JRFES (Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains) Vol 11, No 1 (2024): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22202/jrfes.2024.v11i1.7986

Abstract

Clinker is a significant material in the cement manufacturing process. Before clinker formation, the raw material is burned in a Rotary Kiln with a temperature of up to 1450℃. After that, it is cooled in a Greet Cooler to a temperature of 100℃ and produces clinker. During the clinker manufacturing process, always being test on samples, but there has been no test based on magnetic susceptibility. The purpose of this research is to know the variation of the superparamagnetic clinker value based on the magnetic susceptibility value. The method used is the rock magnetism method using a Bartington Magnetic Susceptibility Meter MS2B Type. A sampling of clinker is taken hourly every day from PT. Padang Cement. From the value of magnetic susceptibility based on low-field magnetic susceptibility , it was obtained that the values varied from 3.2 × 10-8m3/kg to 22.6 ×10-8m3/kg. The frequency of dependents is also diverse, ranging from 0.0% to 7.4%. Based on the  obtained, the type of grain produced also varies. 136 samples of clinker containing less than 10% superparamagnetic grains, and 32 samples belonging to Medium  have a percentage of 2%-10% where the sample comprises superparamagnetic grains. Between 10% and 75% is a mixture of fine and coarse superparamagnetic grains.
META ANALYSIS: APPLICATION OF PROBLEM BASSED LEARNING MODEL ASSISTED BY PHYSICS LEARNING MEDIA Agustina, Jumirta; Yuliani, Hadma; Nastiti, Luvia Ranggi
JRFES (Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains) Vol 11, No 1 (2024): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22202/jrfes.2024.v11i1.8245

Abstract

Tujuan meta analisis ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Problem Bassed Learning (PBL) berbantuan media pembelajaran terhadap hasil belajar fisika siswa di Indonesia. Metode penelitian menggunakan meta-analisis yang terdiri dari merumuskan masalah, mengunpulkan, mengkode, menganalisis, dan menafsirkan data. Data dikumpulkan dari berbagai penelitian terdahulu untuk menentukan efektivitas model PBL dengan media pembelajaran seperti animasi, modul interaktif, dan alat peraga membantu siswa belajar lebih baik. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan PBL berbantuan media pembelajaran Fisika memiliki efek positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai rata-rata effect size 1,2 dan termaasuk dalam kategori tinggi dengan interpretasi sebesar 88%. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai rekomendasi guru fisika untuk menerapkan model PBL dengan media pembelajaran secara efektif guna meningkatkan hasil belajar fisika siswa.
DEVELOPMENT OF STUDENT WORKSHEETS BASED ON THINK PAIR SHARE TO IMPROVE STUDENT SCIENCE COMMUNICATION IN JUNIOR HIGH SCHOOL SAINS LEARNING Susanti, Maya; Rusdianto, Rusdianto; Nuha, Ulin
JRFES (Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains) Vol 11, No 1 (2024): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22202/jrfes.2024.v11i1.8076

Abstract

Tingkat ketrampilan komunikasi sains saat ini masih rendah sehingga dibutuhkan solusi, salah satunya yakni dengan mengembangkan LKPD berbasis Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektivan LKPD berbasis Think Pair Share untuk meningkatkan keterampilan komunikasi sains siswa . Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan proses wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu: lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan, tes, serta angket respon siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu LKPD berbasis Think Pair Share valid berdasarkan rata-rata persentase validasi yaitu 92,33. Praktis digunakan berdasarkan hasil rata-rata keterlaksanaan yaitu 90,56%. Efektif berdasarkan analisis hasil N-gain yaitu 0,74 dan berdasarkan rata-rata hasil respon siswa sebesar 86,27. Disimpulkan bahwa LKPD berbasis Think Pair Share valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi sains.
DEVELOPMENT OF INTERACTIVE E-MODULES BASED BY CANVA AND HEYZENE FLIPBOOK IN HIGH SCHOOL PHYSICS MATERIAL Siboro, Asiroha; Sinon, Iriwi L.S.; Allo, Alberto Tangke; Mujasam, Mujasam
JRFES (Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains) Vol 11, No 1 (2024): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22202/jrfes.2024.v11i1.8132

Abstract

The 21st century learning system is a digital era system where learning is no longer limited by space and time, and the media used must be more engaging and interactive. The purpose of this research is to develop an interactive e-modules based by canva and heyzen flipbook that are valid, practical, and effective in learning. The research method use is Research and Development (R&D) with as ADDIE model. This research uses observation, interviews, and questionnaires as data collection instruments. Based on the results results, the material validity test score was 92 %, the media validity test score was 88 %, the teacher feasibility test score was 91 %, and the student test score was 96,87 %, received  a positif response from the students. From the results of these scores can be concluded that the e-module for the topic of Work and Energi is highly valid, practical, and suitable for use.Keywords: Development of interactive e-module, Canva, Heyzine FlipbookAbstrakSistem pembelajaran abad 21 adalah sistem era digital dimana pembelajarannya tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu serta media yang digunakan harus lebih menarik dan interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan e-modul interaktif berbantuan Canva dan Heyzen Flipbook yang valid, praktis dan efektif dalam pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development (R &D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan angket sebagai instrumen pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor uji validitas materi sebesar 92 %, skor uji validitas media sebesar 88 %, skor uji kelayakan guru sebesar 91 %, dan skor uji coba peserta didik sebesar 96,87 % serta mendapat respon positif dari peserta didik. Dari hasil skor tersebut disimpulkan bahwa e-modul untuk materi Usaha dan Energi tergolong sangat valid, praktis, dan layak digunakan.Kata Kunci: Pengembangan e-modul Interaktif, Canva, Heyzine Flipbook

Page 1 of 1 | Total Record : 6