cover
Contact Name
Mulyono
Contact Email
jurnaljebmak@gmail.com
Phone
+6283193714008
Journal Mail Official
jebmak@lapad.id
Editorial Address
Jl. Jenderal Sudirman No. 629 KM. 04 , Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, 30129
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMAK)
Published by CV. Picmotiv
ISSN : 29648858     EISSN : 29633087     DOI : https://doi.org/10.36908/jebmak
Journal Research of Economiy, Business, Management and Accounting Science published by CV. Picmotiv jointly with Pusat Riset dan Publikasi Ilmiah Nasional Bagian Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat & Kerjasama STEBIS IGM. This journal is also dedicated to provide an intellectual space of scholarly discussion how journal of Economiy Business, Management and Accounting Science, able to create the new global formation of Economiy, Business, Management and Accounting Science and similar issues. This journal has been distributed by CV. Picmotiv jointly with Pusat Riset dan Publikasi Ilmiah Nasional Bagian Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat & Kerjasama STEBIS IGM started Online from Volume 1 Number 1 Year 2022 to present. This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: Economics, Business Science, Management Science, Accounting Sciences
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 3 (2024): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi" : 20 Documents clear
Pengaruh Endorsment dan Influencer Instagram terhadap Minat Beli pada Lodse Caffe. Intan Monika Saputri; Evi Meidasari M; Hairudin
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 3 No. 3 (2024): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/jebmak.v3i3.737

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Endorsment dan Influencer Instagram Terhadap Minat Beli Pada Lodse Caffe. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari jawaban responden yang mengisi kuesioner kepada followers Instagram akun @lodseofficial sebanyak 2.214 followers dengan menggunakan rumus slovin dalam perhitungan sampel dengan batas toleransi kesalahan sebesar 10%, dimana didapatkan 95 responden, maka peneliti membulatkan sampel penelitian ini adalah 100 responden dan data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung atau didapatkan dari sumber lainnya oleh peneliti yang berupa jurnal mengenai new media pengaruh celebrity endorsement, influencer Instagram, dan minat beli. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik Analisis yang digunakan pada penelitian ini melalui uji validitas, uji reabilitas, asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi ( ), dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa Endorsment  berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli (Y). Hal ini dapat ditunjukkan dari Uji Parsial (Uji-T) diketahui nilai sign. untuk pengaruh  terhadap (Y) adalah sebesar 0,104 < 0,05 dan nilai  sebesar 1,639 >  2.000, sedangkan Influencer Instagram  berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli (Y). Hal ini dapat ditunjukkan dari Uji Simultan (Uji F) yang diketahui nilai sign. untuk pengaruh  terhadap (Y) adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan  42,118 >   3,09.
Pengaruh Digital Banking Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia KM 12 Wiyaldo; Havis Aravik; Fadilla
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 3 No. 3 (2024): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/jebmak.v3i3.764

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis Pengaruh Digital Banking dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia(BSI). Jenis penelitian ini kuantitatif dengan menggunakan teknik simple random sampling,dari hasil perhitungan rumus slovin dengan tingkat batas kesalahan 10% jumlah sampel 95 orang responden yang merupakan nasabah Bank BSI KM 12. Penelitian telah dilaksanakan mulai tanggal 09 januari 2024 – 03 maret 2024, data dikumpulkan melalui kuisioner secara online menggunakan google form. Data dianalisa menggunakan uji hipotesis yang di bantu program komputer SPSS (Statistical Package For Social Science) versi 26. Pengujian yang telah dilakukan menghasilkan uji t adanya pengaruh dan signifikan sedangkan hasil uji F adanya pengaruh digital banking dan kualitas pelayanan secara bersama-sama terhadap kepuasan nasabah secara statistik menghasilkan nilai positif dan juga signifikan diperoleh nilai F hitung 68,559>F tabel 3,08. Nilai signifikan 0.000 < 0.05, hal tersebut membuktikan bahwa pengaruh tersebut positif dan signifikan. Oleh karena itu dapat disimpulkan variabel digital banking dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank BSI KM 12.
Pengaruh Mutu Pelayanan, Reputasi Koperasi, Dan Keunggulan Produk Simpanan Terhadap Kepuasan Anggota Pada Kopsyah (Koperasi Syariah) Mui (Mitra Usaha Ideal) Cabang Sekapuk Yunia Aulia Rohma; Syamsir Alamsysah Harahap; Fatihatus Sahliyah
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 3 No. 3 (2024): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/jebmak.v3i3.767

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Mutu Pelayanan terhadap Kepuasan Anggota pada KOPSYAH MUI Cabang Sekapuk, (2) Pengaruh Reputasi Koperasi terhadap Kepuasan Anggota pada KOPSYAH MUI Cabang Sekapuk, (3) Pengaruh Keunggulan Produk Simpanan terhadap Kepuasan Anggota pada KOPSYAH MUI Cabang Sekapuk, (4) Pengaruh Mutu Pelayanan, Reputasi Koperasi, dan Keunggulan Produk Simpanan terhadap Kepuasan Anggota pada KOPSYAH MUI Cabang Sekapuk. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Anggota KOPSYAH MUI Cabang Sekapuk di Desa Cangaan Ujungpangkah Gresik. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data melalui angket (kuesioner) dan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda serta pengolahan data menggunakan software SPSS versi 29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan siginifikan Mutu Pelayanan terhadap Kepuasan Anggota pada KOPSYAH MUI Cabang Sekapuk, (2) terdapat pengaruh positif dan siginifikan Reputasi Koperasi terhadap Kepuasan Anggota pada KOPSYAH MUI Cabang Sekapuk, (3) terdapat pengaruh positif dan siginifikan Keunggulan Produk Simpanan terhadap Kepuasan Anggota pada KOPSYAH MUI Cabang Sekapuk. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh Pengaruh Mutu Pelayanan, Reputasi Koperasi, dan Keunggulan Produk Simpanan secara bersama - sama terhadap Kepuasan Anggota pada KOPSYAH MUI Cabang Sekapuk.
Pengaruh Faktor Ekonomi Terhadap Minat Masyarakat Untuk Menjadi Calon Nasabah Pegadaian CP Muara Enim (Studi Kasus Desa Karang Agung Kabupaten Pali) Sindi Dwi Kartika; Aravik, Havis; Fadilla
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 3 No. 3 (2024): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/jebmak.v3i3.777

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh faktor ekonomi terhadap minat masyarakat untuk menjadi calon nasabah pegadaian Cp Muara Enim (studi kasus masyarakat desa karang agung kabupaten pali). Dengan tujuan untuk mencari adakah pengaruh ekonomi terhadap minat masyarakat untuk menjadi calon nasabah pegadaian. Responden yang dituju penulis adalah masyarakat Desa Karang Agung Kab Pali pada tanggal 5 April – 30 April. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif yang diperoleh langsung oleh responden masyarakat Desa Karang Agung Kabupaten Pali dengan menggunakan teknik observasi dan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai t hitung variabel faktor ekonomi sebesar 3,703 > 2,011 t tabel, dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Lalu besaran nilai kolerasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,842. Dari analisis koefisiensi determinasi diperoleh koefisiensi determinasi (R Square) sebesar 0,708 yang mana hal ini berarti bahwa pengaruh faktor ekonomi terhadap minat masyarakat menjadi calon nasabah adalah sebesar 70,8% sedangkan sisanya sebesar 29,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk kedalam penelitian ini.
Analisis Maslahah Mursalah Terhadap Zakat Profesi Dari Penghasilan Konten Kreator Nurus Sa'adah, Novita; Aryu Inayati, Anindya; Lestari, Dian; Qiptiyah, Mariatul
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 3 No. 3 (2024): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/jebmak.v3i3.782

Abstract

Salah satu profesi yang diminati oleh generasi milenial adalah pembuatan konten. Gaji seorang pembuat konten cukup tinggi dan menjanjikan, meskipun pendapatannya tidak konsisten. Sebenarnya, tidak semua pembuat konten mengunggah video yang mematuhi hukum syariah dan dibayar untuk mempromosikan produk yang juga demikian. Sebagai hasilnya, uang yang diperoleh berasal dari berbagai sumber. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan perspektif maslahah murlah dalam analisis zakat profesi yang dihasilkan dari pendapatan para pembuat konten. Penelitian ini adalah jenis penelitian hukum empiris yang menggunakan pendekatan konseptual dengan metode pengumpulan data dari wawancara dengan pembuat konten dan tinjauan pustaka. Kemudian data dianalisis dan disajikan secara deskriptif. Temuan studi menunjukkan bahwa uang yang diterima oleh pembuat konten Muslim untuk mempromosikan produk halal, sementara konten yang tidak syar'i tidak berubah menjadi haram. Meskipun analisis peneliti mengungkapkan bahwa pelaksanaannya tidak tepat, para pembuat konten yang menjadi informan dalam penelitian tersebut mengklaim telah melaksanakan zakat profesi setiap bulan. Menurut analisis Maslahah Mursalah, penerapan zakat profesi bagi para pembuat konten konsisten dengan prinsip maslahah, yaitu distribusi kekayaan yang adil yang berdampak pada masyarakat secara keseluruhan.
Analisis Perilaku Pedagang Kerupuk Ikan Gabus Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pada Pedagang Kerupuk Ikan Gabus Di Pasar Senin Negara) Abdillah; Akhmad Hulaify; Abdul Wahab
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 3 No. 3 (2024): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/jebmak.v3i3.786

Abstract

Berdasarkan teori etika bisnis Islam, pedagang diwajibkan untuk menerapkan prinsip etika bisnis Islam yang indikatornya adalah tauhid, keseimbangan, tanggung jawab, kehendak bebas, dan kebenaran. Adapun subjek dari penelitian ini ialah para pedagang penjual kerupuk ikan gabus di Pasar Senin Negara yang merupakan dagangan paling banyak dijual di kota atau pasar tersebut, sehingga penulis ingin mengetahui bagaimana perilaku para pedagang kerupuk ikan gabus di sana dalam menjual dagangannya dan bagaimana perspektif etika bisnis Islam dalam transaksi mereka. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif deskriptif yaitu metode menganalisis data berdasarkan kebenaran dan fakta-fakta yang diperoleh dari lapangan. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 9 orang pedagang dan 4 pembeli, yang pengumpulan datanya dilakukan melalui tahap wawancara, observasi, dan dokumentasi berkaitan dengan objek penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perilaku pedagang kerupuk ikan gabus belum sepenuhnya menerapkan prinsip etika bisnis Islam, dilihat dari masih adanya tindakan kecurangan seperti mengurangi takaran dan timbangan, pencampuran kualitas produk, melakukan rekayasa harga, serta tidak memenuhinya prinsip tauhid atau hak Allah seperti melalaikan sholat, dan tidak membayar zakat. Namun meskipun demikian, masih terdapat banyak pedagang yang sadar akan pentingnya menerapkan etika bisnis Islam dengan mengutamakan prinsip tauhid yaitu menjaga hak Allah (sholat), membayar zakat, dan tetap mengerjakan puasa wajib maupun sunnah, serta selalu jujur, bertanggungjawab, dan amanah dalam melakukan setiap transaksi.
Manajemen Sumber Daya Manusia Sebagai Penunjang Komunikasi pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang Dian Caesaria Magdalena; Ronal Aprianto
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 3 No. 3 (2024): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/jebmak.v3i3.798

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran manajemen sumber daya manusia (SDM) dalam mendukung komunikasi di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang. Komunikasi yang efektif dalam organisasi pemerintah, khususnya pada sektor pariwisata dan kebudayaan, sangat penting untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Manajemen SDM yang baik dapat meningkatkan kompetensi dan motivasi pegawai, yang pada gilirannya memperlancar aliran informasi dan koordinasi antar bagian/bidang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melibatkan wawancara mendalam dengan 5 (lima) orang pegawai Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang dan 2 (dua) orang dari UPT Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang Taman Wisata Air Wendit serta analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan dan pengembangan, evaluasi kinerja, serta manajemen komunikasi internal yang efektif merupakan faktor kunci dalam menunjang komunikasi yang baik. Dengan demikian, optimalisasi manajemen SDM diharapkan dapat meningkatkan kinerja organisasi dan pelayanan kepada masyarakat.
Analisis Pengaruh Jumlah Pekerja Migran, Populasi Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Dalam Perspektif Ekonomi Islam Di 6 Negara Kawasan Asean (Analisa Data Panel 2018-2022) Rifa Khairunnisa; Madnasir; Nurhayati
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 3 No. 3 (2024): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/jebmak.v3i3.799

Abstract

Pertumbuhan ekonomi adalah proses transformasi negara dalam kondisi yang lebih baik, diukur melalui Produk Domestik Bruto (PDB). PDB adalah indikator penting yang menggambarkan kemampuan negara dalam mengelola sumber daya dan mencerminkan keadaan perekonomian dalam jangka waktu tertentu. Pada 6 Negara ASEAN, pertumbuhan ekonomi cenderung fluktuatif, menunjukkan ketidakstabilan dan perubahan signifikan dari waktu ke waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh jumlah pekerja migran, populasi dan tingkat pendidikan terhadap pertumbuhan ekonomi di 6 Negara kawasan ASEAN secara parsial dan simultan dalam perspektif ekonomi Islam. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder yang diperoleh dari Bank Dunia dan Organisasi Buruh Internasional dengan cross section 6 Negara kawasan ASEAN dan time series selama 5 tahun. Analisis data yang digunakan yaitu data panel dengan model random effect dan alat yang digunakan untuk mengolah data yaitu Eviews 10. Hasil dari penelitian ini secara parsial variabel jumlah pekerja migran, populasi dan tingkat pendidikan berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di 6 Negara kawasan ASEAN. Secara simultan variabel jumlah pekerja migran, populasi dan tingkat pendidikan berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di 6 Negara kawasan ASEAN. Ekonomi Islam menekankan pengelolaan sumber daya yang bijaksana, meningkatkan keterampilan melalui pendidikan, dan pemanfaatan potensi populasi serta tenaga kerja untuk kesejahteraan ekonomi. Prinsip keadilan dan kesetaraan merupakan inti ajaran Islam, yang tidak hanya bertujuan mencapai kesejahteraan materi di dunia tetapi juga kesejahteraan di akhirat.
Analisis Segmentasi Targeting Positioning Terhadap Peningkatan Konsumen Pada Pabrik Roti P.D. Lembur Jaya Natar Desmita Ramadhani; Desi Derina Yusda; M. Renandi Ekatama Surya; Prima Rini MO
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 3 No. 3 (2024): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/jebmak.v3i3.802

Abstract

Analisis Segmentasi Targeting Positioning Terhadap Peningkatan Konsumen di P.D. Lembur Jaya Natar. Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui segmentasi, Targeting dan Positioning dalam penjualan roti di P.D. Lembur Jaya Natar. (2) Untuk mengetahui apasaja kendala dan solusi pada segmentasi, Targeting dan Positioning dalam meningkatkan penjualan di Pabrik Roti P.D. Lembur Jaya. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan penelitian lapangan. Hasil penelitian ini adalah (1) segmentasi pada Pabrik Roti P.D. Lembur Jaya bervariasi. Ada segmentasi Geografis dimana pasar sasarannya adalah masyarakat menengah ke bawah. Ada segmentasi Demografis yang mana cakupannya meliputi anak anak hingga orang dewasa. Ada segmentasi Psikografis gaya hidup masyarakat menengah kebawah tidak menganggap roti sebagai makan utama. (2) Targeting pada P.D. Lembur Jaya dilihat dari harganya untuk menengah kebawah. Roti P.D. Lembur Jaya bekerja sama dengan beberapa mini market untuk menawarkan menu dan juga pemesanan. (3) Positioning dalam hal ini merupakan roti yang paling banyak diminati oleh kalangan masyarakat dengan jenis roti dan harga yang bervariasi.
Pengaruh Lingkungan Kerja, Beban Kerja, Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Camat Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang Deri Saputra; Marko Ilpiyanto; Nisma Aprini
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 3 No. 3 (2024): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/jebmak.v3i3.812

Abstract

This study aims to determine and analyze the influence of the work environment, workload, work discipline and work motivation on employee performance at the Tebing Tinggi District Office, Empat Lawang Regency. The method used in this study is a quantitative method with several tests, namely validity and reliability tests, classical assumption tests and hypothesis tests (t-test, f-test, coefficient of determination). Based on the results of primary data regression processed using SPSS 24, the following multiple linear regression equations are obtained: Y = 7.411 + 0.239 X1+ 0.201 X2+ 0.266 X3+0.743 X4 + e. Partially, the Work Environment Variable ( X 1 ) has a positive and significant effect on Employee Performance due to the significance value of the variable X 1 0.009 which is less than 0.05 then H0 is rejected and H1 is accepted, The Workload variable ( X2 ) shows a positive and significant influence on Employee Performance. Because the significance value of the variable X2 is 0.016 which is smaller than 0.05, then H0 is rejected and H1 is accepted. The Work Discipline variable ( X3 ) has a positive and significant influence on Employee Performance, because the significance value of the variable X3 is 0.004 which is smaller than 0.05 , then H0 is rejected and H1 is accepted. The Work Motivation variable ( X4 ) has a positive and significant influence on Employee Performance, because the significance value of the variable X4 is 0.000 which is smaller than 0.05, then H0 is rejected and H1 is accepted. Simultaneously, the four Independent variables ( Work Environment, Workload, Work Discipline and Work Motivation ) together have a significant influence on Employee Performance with an F value of 22.632 and a significance of .000. The determination coefficient R2 of 0.673 or 67.3% states that the influence of the work environment (X1 ) , workload (X2) , work discipline (X3 ) and work motivation (X4 ) together on the employee performance variable (Y) is 67.3% while the remaining 32.7% is influenced by other variables not included in this study.

Page 1 of 2 | Total Record : 20