cover
Contact Name
Lalu Masyhudi
Contact Email
laloemipa@gmail.com
Phone
+6287864008292
Journal Mail Official
laloemipa@gmail.com
Editorial Address
Jl. Panji Tilar Negara No.99X Kekalek Jaya Mataram-NTB
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Journal Of Responsible Tourism
ISSN : 2809736X     EISSN : 28097394     DOI : 10.47492
Core Subject : Social,
JRT for Journal Of Responsible Tourism, published by Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram. Published in two formats, print and online, print version and the online version. Both of which are published in March, July, and November . The scope of the journal studies broadly includes: Hospitality | Any research focus on the hospitality industry, includes marketing management in the hotel industry, culinary sector, quality assurance, and related topics in the hospitality industry. Tourism Business | Any research focuses on E-business in tourism, innovation in the tourism business, tour and travel business, halal tourism practice on tourism business and any related topic on tourism business. Destination Development | Any research focus on destination development, includes destination marketing, tourist behavior, travel pattern and any related topic on destination development The emphasis of JRT is manifold, includes the case study of the tourism industry, analysis and dissemination information of tourism practice in Indonesia tourism industry, accurate and thick observation of tourism practice dan tourism development in Indonesia, critical thinking of Indonesia tourism practices, the forging of interdisciplinary work, and current issues in Tourism in Indonesia. JRT encourage innovative methodologies and different perspectives on tourism science application to broader views in the field of tourism and contribute to tourism science development in Indonesia.
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 3: Maret 2022" : 17 Documents clear
Gaya Kepemimpinan Situasional Di Lombok Vaganza Hotel & Convention Yoseph Yoseph; Syech Idrus; Lia Rosida
Journal Of Responsible Tourism Vol 1 No 3: Maret 2022
Publisher : Program Studi S1 Pariwisata, Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.543 KB) | DOI: 10.47492/jrt.v1i3.1362

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai identifikasi gaya kepemimpinan di Lombok Vaganza Hotel & Convention. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gaya kepemimpinan yang digunakan di Lombok Vaganza Hotel & Convention. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan observasi. Data yang didapatkan disajikan secara kualitatif dimana hasil yang didapat diuraikan berbentuk kata. Hasil penelitian ini yaitu bahwa gaya kepemimpinan yang digunakan di Lombok Vaganza Hotel & Convention yaitu gaya kepemimpinan situasional. Hal ini berdasarkan hasil wawancara yang didapat semua narasumber menjawab gaya kepemimpinan situasional yang digunakan di Lombok Vaganza Hotel & Convention. Disamping itu hal ini terlihat dari observasi yang dilakukan dimana pemimpin hanya sesekali berada di tempat dan hanya ada ketika dibutuhkan dalam pengambilan suatu keputusan. Pemimpin juga jarang sekali memberikan apresiasi berupa bonus uang. Cuti tambahan atau hal yang dapat membuat bawahannya senang.
Hubungan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Dan Produktivitas Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Molah Mudi di Wisata Adat Desa Gumantar Hulfina Utami Nursyifa; Syech Idrus; Lia Rosida
Journal Of Responsible Tourism Vol 1 No 3: Maret 2022
Publisher : Program Studi S1 Pariwisata, Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.095 KB) | DOI: 10.47492/jrt.v1i3.1363

Abstract

Pariwisata mempengaruhi munculnya pengusaha-pengusaha diberbagai sektor pendukung kegiatan wisata, seperti UMKM guna untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.Salah satu UMKM yang ada di Desa Gumantar adalah UMKM Molah Mudi dengan jenis produk berupa kopi khas Gumantar, kripik pisang, kripik nangka, kripik apel, kripik bongol pisang dan krupuk jambu mete, namun mengalami penurunan jumlah produksi, pada tahun 2018 rutin memproduksi produk setiap bulannya dengan jumlah yang stabil, kemudian pada tahun 2019 hanya memproduksi sebanyak 60 bungkus kopi dan tahun 2020 hanya memproduksi produk sesuai dengan perintaan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi SDM terhadap produktivitas UMKM Molah Mudi di wisata Adat Desa Gumantar.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian observasional. Populasi sebanyak 21 orang. Hasil penelitian ditemukan bahwa42.8% SDM tidak tahu tentang produksi produk, 47.6% SDM tidak terampil dan 38.2% mampu dalam memperoduksi produk 42.9% SDM tidak kompeten dan 61.9% SDM tidak produktiv. Ada hubungan pengetahuan (knowledge) SDM, keterampilan (skill) SDM dan kemampuan (ability) SDM dengan produktivitas UMKM Molah Mudi di wisata Adat Desa Gumantar dengan nilai P value lebih kecil dari nilai sig 0.05. sehingga dapat disimpulkan bahwa Ada hubungan kompetensi SDM dan produktivitas UMKM Molah Mudi di wisata Adat Desa Gumantar dengan nilai P value 0.025 lebih kecil dari nilai sig 0.05
PREFERENSI WISATAWAN TERHADAP TREATMENT MASSAGE DI SPA OBEROI LOMBOK Ni Made Dwi Suadmi; Siluh Putu Damayanti; Sri Wahyuningsih
Journal Of Responsible Tourism Vol 1 No 3: Maret 2022
Publisher : Program Studi S1 Pariwisata, Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.84 KB) | DOI: 10.47492/jrt.v1i3.1364

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Oberoi Resort Lombok, merupakan salah satu Resort berbintang 5 di Lombok. Resort ini terletak di salah satu tempat yang strategis, suasana alam yang indah, nyaman dan juga sangat bersih dengan fasilitas-fasilitas yang lengkap termasuk Spa. Melihat bervariasinya minat dan ketertarikan wisatawan terhadap treatment massage di Spa, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang “Preferensi Wisatawan Terhadap Treatmen Massage di Spa Oberoi Lombok”. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan study kasus. Penentuan subyek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposiv sampling. Purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pertimbangan tertentu maksudnya karena dianggap memiliki kriteria yang dituntut dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini sampel subyek penelitian yang dianggap sesuai dengan tujuan penelitian yaitu Spa Department dimana pada Spa Department peneliti mendapatkan data tentang penjualan treatment setiap bulan dan guest comment dari wisatawan yang telah melakukan treatment. Jenis treatment spa yang menjadi unggulan di Oberoi Resort Lombok adalah Oberoi Massage dan Balinesse Massage karena merupakan best seller pada Spa Oberoi Resot Lombok. Ketertarikan dan kepuasan wisatawan terhadap treatment yang sama juga disebabkan oleh kriteria atau ketertarikan yang berbeda, yaitu wisatawan menikmati treatment musik yang disajikan, karena aroma dari oil massage yang dgunakan, serta berdasarkan keprofesionalan teraphist dalam menangani dan melayani wisatawan dan tempat treatment yang nyaman.
PERSEPSI WISATAWAN DAN MASYARAKAT TERHADAP PANTAI TOROK AIK BELEK SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH Isnaini Handayani; Fathurrahim Fathurrahim; Ida Nyoman Tri Darma Putra
Journal Of Responsible Tourism Vol 1 No 3: Maret 2022
Publisher : Program Studi S1 Pariwisata, Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.527 KB) | DOI: 10.47492/jrt.v1i3.1365

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi wisatawan dan masyarakat terhadap pantai Torok Aik Belek sebagai daya Tarik wisata di kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, kuisioner studi dokumentasi dan pendekatan menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan Persepsi wisatawan terhadap pantai Torok Aik Belek sebagai daya tarik wisata di kabupaten Lombok Tengah, wisatawan dan masyarakat sangat setuju dengan adanya perubahan di pantai Torok Aik Belek dengan dikembangkan menjadi daya Tarik wisata dan dikelola oleh pemerintah dan masyarakat, dengan hasil kuisioner setelah dipersentase yang menunjukkan diatas 75% wisatawan yang sangat setuju dan diatas 65% masyarakat yang sangat setuju dengan persepsi wisatawan dan masyarakat dalam katagori baik. Harapan masyarakat agar meningkatkan sumber daya lokal dan ekonomi masyarakat, agar masyarakat lebih sejahtera dan terciptanya lowongan pekerjaan.
STRATEGI KOLABORASI PRAMUWISATA PEREMPUAN DI DESA SENARU KABUPATEN LOMBOK UTARA Andi Suprianto; Moh Jumail; Murianto Murianto
Journal Of Responsible Tourism Vol 1 No 3: Maret 2022
Publisher : Program Studi S1 Pariwisata, Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.594 KB) | DOI: 10.47492/jrt.v1i3.1366

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan partisipasi pendamping wanita dan kerjasama pendamping wanita di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Metode penulisan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggabungkan hasil temuan lapangan dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dokumentasi, dengan temuan dalam studi literatur seperti jurnal, skripsi, dan website resmi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan analisis Strengths Weakness Opportunities Threats (SWOT). Hasil penelitian ini dijabarkan dalam beberapa jawaban atas rumusan masalah yaitu partisipasi pemandu wanita dan kerjasama pemandu wanita. Tempat wisata di Desa Senaru yang dapat diunggulkan adalah Air Terjun Sendang Gila, Air Terjun Tiu Kelep dan Rumah Adat yang merupakan pintu masuk Taman Nasional Gunung Rinjani di Desa Senaru. Namun, kegiatan pariwisata perlu melibatkan banyak pihak dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan wanita anggota pemandu wisata. Studi menyimpulkan bahwa 4 jenis perempuan membimbing partisipasi dalam pengambilan keputusan, partisipasi dalam keputusan, partisipasi dalam menerima manfaat dan partisipasi dalam evaluasi. Kolaborasi pemandu wanita memperhatikan faktor internal yaitu karakteristik anggota pemandu wanita dan faktor eksternal dengan memperhatikan kondisi lingkungan masyarakat. Saran yang diberikan adalah membuat keputusan tertulis, melakukan evaluasi secara berkala dan membuat kelompok pemantauan
Strategi Pengembangan Agrowisata Desa Setiling untuk Menunjang Pariwisata Berkelanjutan di Kabupaten Lombok Tengah Juna Harwadi; Murianto Murianto; I Wayan Suteja; Lalu Masyhudi
Journal Of Responsible Tourism Vol 1 No 3: Maret 2022
Publisher : Program Studi S1 Pariwisata, Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.63 KB) | DOI: 10.47492/jrt.v1i3.1367

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan, potensi agrowisata dan, alternatif strategi pengembangan agrowisata di Desa Setiling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang berlokasi di Desa Setiling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumen, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah, analisis deskriptif kualitatif, melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dokumen pribadi, dan dokumen dinas dan, analisis SWOT dengan membandingkan faktor eksternal yaitu peluang dan ancaman dengan faktor lain. faktor internal yaitu kekuatan dan kelemahan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, Desa Setiling memiliki potensi pengembangan agrowisata seperti kopi, durian, jeruk, dan jambu kristal dan strategi pengembangan Agrowisata Desa Setiling ke depan meliputi; a) memanfaatkan peluang dari pemerintah untuk mengelola sumber daya yang ada, b) meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang tinggi untuk daya saing dalam mengembangkan agrowisata di Desa Setiling, c) mengintensifkan promosi untuk menarik wisatawan, d) menggarap potensi agrowisata sesuai dengan permintaan (tren) pariwisata saat ini, e) membangun sarana dan prasarana yang memadai, f) memberikan edukasi pariwisata bagi masyarakat sekitar objek agrowisata, dan g) membangun hubungan kerjasama dengan pihak pemerintah dan swasta
PENGEMBANGAN BUKIT TAMAN LANGIT SEBAGAI DAYA TARIK WISATA ALTERNATIF DI DESA BENGKAUNG KECAMATAN BATU LAYAR LEMBAH SARI KABUPATEN LOMBOK BARAT Septian Angga; I Made Murdana; I Wayan Suteja
Journal Of Responsible Tourism Vol 1 No 3: Maret 2022
Publisher : Program Studi S1 Pariwisata, Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.11 KB) | DOI: 10.47492/jrt.v1i3.1368

Abstract

Abstrak-Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi alternatif pengembangan Bukit Taman Langit sebagai daya tarik wisata alternatif. Karena merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki banyak potensi untuk dikembangkan. Metode analisis data yang digunakan deskritif kualitatif dipakai untuk mengidentifikasi ketersedian sarana prasaran dan potensi serta daya tarik wisata.. Sedangkan dalam merancang strategi dan program pengembangan pariwisata menggunakan bantuan analisis SWOT dengan menggunakan Matrik EFAS dan Matrik IFAS untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang ada. Adapun informan yang dipilih berdasarkan purposive sampling untuk melakukan wawancara adalah pengelola dan pengunjung Bukit Taman Langit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pada matrik SWOT strategi alternatif yang harus dilakukan untuk mengembangkan Bukit Taman Langit adalah strategi pengembangan spot foto, pengembangan menu-menu makanan dan minuman sesuai dengan trend, program penyuluhan masyarakat,program perbaikan akses menuju Bukit Taman Langit, penyediaan tong sampah di sekitar Bukit Taman Langit, menjaga kelestarian lingkungan, aktif dalam promosi dunia maya dan Kerjasama dengan biro perjalanan.
STRATEGI KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) DALAM MEMASARKAN DAYA TARIK WISATA DESA ADAT BAYAN KECAMATAN BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA Ni Nyoman Devi Widyastuti; Fathurrahim Fathurrahim; Ihyana Hulfa
Journal Of Responsible Tourism Vol 1 No 3: Maret 2022
Publisher : Program Studi S1 Pariwisata, Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.38 KB) | DOI: 10.47492/jrt.v1i3.1369

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Strategi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam Memasarkan Daya Tarik Wisata Desa Adat Bayan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan yang digandrungi yaitu apa saja potensi tempat wisata yang ada di Desa Adat Bayan dan apa saja strategi yang dilakukan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwi) dalam memasarkan daya tarik wisata Desa Adat Bayan sehingga sehingga wisatawan dapat menjelajahinya. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis swot. Potensi daya tarik wisata Desa Adat Bayan sangat beragam, mulai dari sejarah, kearifan lokal, hingga keindahan alam Desa Adat Bayan. Dengan beragamnya potensi tempat wisata, Desa Adat Bayan memiliki daya tarik tersendiri di mata wisatawan. Kelompok Sadar Ekowisata (Pokdarwis) Bayan menggunakan bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi yaitu iklan dalam bentuk media cetak yaitu brosur paket wisata dan promosi menggunakan media sosial yaitu Instagram dan Facebook. Promosi dari mulut ke mulut oleh wisatawan kepada perorangan maupun kelompok tentang pengalaman berkunjung ke Desa Adat Bayan.
ANALISIS PENGELOLAAN KAMPUNG SASAK ENDE SEBAGAI DAYA TARIK WISATA BUDAYA BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA SENGKOL Lalu Gde Gilang Hidayat; I Made Suyasa; Ida Nyoman Tri Darma Putra
Journal Of Responsible Tourism Vol 1 No 3: Maret 2022
Publisher : Program Studi S1 Pariwisata, Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.969 KB) | DOI: 10.47492/jrt.v1i3.1370

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Analisis Pengelolaan Kampung Sasak Ende Sebagai Daya Tarik Wisata Budaya Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Sengkol. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan yang menjadi fokus penelitian yaitu model pengelolaan dan bentuk partisipasi masyarakat dalam pengelolaan Kampung Sasak Ende sebagai objek wisata budaya berbasis pemberdayaan masyarakat di desa sengkol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pengelolaan Kampung Sasak Ende adalah pengelolaan yang sepenuhnya berbasis pada pemberdayaan masyarakat atau community based tourism (CBT) dan diterapkan dalam bentuk partisipasi secara langsung atau masyarakat yang telah menjalankan secara langsung. Kegiatan pariwisata di Kampung Sasak Ende untuk mengambil peran sebagai subjek dan objek adalah sama.
STRATEGI PENGEMBANGAN PANTAI PINK SEBAGAI ATRAKSI PARIWISATA DI LABUAN BAJO KABUPATEN MANGGARAI BARAT Maria Bian; I Made Murdana; Rizal Kurniansah
Journal Of Responsible Tourism Vol 1 No 3: Maret 2022
Publisher : Program Studi S1 Pariwisata, Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.333 KB) | DOI: 10.47492/jrt.v1i3.1371

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Strategi Pengembangan Pantai Pink Sebagai Daya Tarik Wisata di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat. Penelitian ini dilakukan dalam rangka menjawab rumusan masalah yaitu mengidentifikasi faktor-faktor pengembangan wisata Pink Beach baik secara internal maupun eksternal dan menetapkan strategi pengembangan Pink Beach sebagai daya tarik wisata di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat. Penulisan penelitian ini disajikan secara deskriptif untuk memperoleh gambaran tentang daya tarik Strategi Pengembangan Pantai Pink sebagai Daya Tarik Wisata di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis SWOT, EFAS IFAS.

Page 1 of 2 | Total Record : 17