cover
Contact Name
Yusep Supriadi
Contact Email
supriadi@iaipibandung.ac.id
Phone
+6281221770776
Journal Mail Official
islamicedujournal@iaipibandung.ac.id
Editorial Address
Jl. Ciganitri No.2, Cipagalo, Kec. Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40287
Location
Kab. bandung,
Jawa barat
INDONESIA
IJED
ISSN : 28287908     EISSN : 28287894     DOI : https://doi.org/10.54801/ijed
IJED: Islamic Journal of Education is the leading journal in Islamic educational institutions concerning Islamic education. Islamic Journal of Education promotes research and scholarly discussion concerning the education practices in Islamic educational institutions internationally, both formal and non-formal education. Topics might be about Islamic educational studies in a madrasa, pesantren, Islamic higher education, and the worldviews upon the practices in those settings. 1. Leasson Plan 2. educational Psycology
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2024): IJED: Islamic Journal Of Education" : 6 Documents clear
Implementasi Program Pembinaan Keagamaan Dalam Meningkatkan Sikap Religius Siswa : (Studi di SMPN 27 Bandung) Thena, Thena Sutinah; Huda, Miftahul; Ibrohim, Iim; Mukhlishah; Supala
Islamic Journal of Education Vol. 3 No. 1 (2024): IJED: Islamic Journal Of Education
Publisher : Institut Agama Islam Persis Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54801/r2zy6p64

Abstract

Sekolah merupakan tempat siswa menuntuk ilmu. Setiap sekolah tentu mempunyai visi dan misi yang berkaitan dengan keagamaan. Karena sekolah ingin mencetak generasi yang mempunyai sikap religius. Menurut informasi yang di dapat fenomena yang terjadi saat ini terdapat siswa yang kurang memiliki sikap religius diantaranya masih terdapat siswa yang suka berkata kasar, kurang disiplin, kurang sopan santun. maka hal inilah yang melatarbelakangi penelitian dalam implementasi program pembinaan keagamaan di SMPN 27 Bandung agar siswa sebagai generasi Islam memiliki sikap religius.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program pembinaan keagamaan, implementasi dalam program keagamaan, faktor pendukung (internal dan eksternal) dan faktor penghambat (internal dan eksternal), serta dampak yang terjadi dalam implementasi program pembinaan keagamaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif terkait metode. Adapun metode pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan kajian dokumentasi, dengan teknik analisis triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi memiliki dampak yang cukup baik dalam meningkatkan sikap religius, hal ini ditunjukan dengan meningkatnya : 1). Sikap rendah hati, 2). Menghargai peredaan agama/toleransi, 3). Bekerjasama menyiapkan tempat ibadah
Implementasi Pencapaian Visi Misi dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Berdasarkan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) Tahun 2020 di MIN Bandung Mulyawan Safwandy Nugraha; Dantika, Fina Azizah
Islamic Journal of Education Vol. 3 No. 1 (2024): IJED: Islamic Journal Of Education
Publisher : Institut Agama Islam Persis Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54801/834evt26

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui implementasi visi misi dalam peningkatan kualitas berdasarkan IASP 2020 di MIN Bandung. Penelitian dilakukan secara kualitatis dengan menggunakan pendekatan studi kasus yang merujuk pada IASP 2020. Pengumpulan data menggunakan Teknik : wawancara, dokumentasi serta observasi. Pengolahan data menggunakan Teknik : reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validitas data Teknik yang kridibel dan daoat dikonfirmasi. Hasil penelitian menunjukkan : Madrasah menciptakan, mensosialisasikan, melaksanakan dan mengevaluasi visi, misi dan tujuan termasuk mitra sekolah dan hasil penilaian tersebut digunakan untuk mencapai kemajuan dan peningkatan madrasah secara continue. Kesimpulan bahwa visi dan misi telah dilaksanakan dengan sangat baik dibuktikan dengan adanya program kerja yang relevan.
Implementasi Pengelolaan Kurikulum Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Berdasarkan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) Tahun 2020 di MIN 1 Bandung Barat: Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan Ropik, Ikbal
Islamic Journal of Education Vol. 3 No. 1 (2024): IJED: Islamic Journal Of Education
Publisher : Institut Agama Islam Persis Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54801/1yz40e63

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pengelolaan kurikulum dalam peningkatan kualitas pendidikan berdasarkan IASP 2020 di Madrasah Ibtidaiyyah Negri (MIN) 1 Bandung Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dengan teknik Pengumpulan data: Observasi kemudian wawancara, dan dokumentasi. Ditinjau dari IASP untuk mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi dan dampak pengelolaan kurikulum. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan kurikulum MAN 1 Bandung Barat telah diterapkan secara menyeluruh dalam sekolah menimbang tujuan, metode, penilaian serta peningkatan. Peningkatan kualitas pendidikan terlihat dari semakin meningkatnya hasil akademis yang didapatkan siswa dan budaya sekolah yang semakin tertata dengan baik. Kata Kunci: Kurikulum, Peningkatan Kualitas, Pendidikan
Konsep Pendidikan Islam Dalam Keluarga Yuningsih, Heni
Islamic Journal of Education Vol. 3 No. 1 (2024): IJED: Islamic Journal Of Education
Publisher : Institut Agama Islam Persis Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54801/23h7n055

Abstract

Keluarga merupakan satuan terkecil masyarakat yang akan membentuk karakter anak. Karakter anak dipengaruhi oleh karakter keluarganya sendiri. Dengan demikian kalau kita menginginkan anak yang berkarakter baik atau berakhlak karimah maka keluarga kita harus menanamkan akhlakul karimah. Keluarga merupakan lembaga pertama dan utama dalam proses pendidikan. Anak pertama kali menerima ajaran dari keluarganya terlebih dahulu. Guru pertama dan utama bagi anak adalah orangtuanya. Hendaknya orangtua menjadi guru teladan bagi anaknya dan menyiapkan bekal terbaiknya untuk masa depan anaknya. Penelitian ini menggunakan metode analitis dengan kajian pustaka. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keluarga adalah tempat pertama dan utama untuk belajar. Hendaknya keluarga memiliki tujuan yang jelas dan menggunakan kurikulum Islami yang berdasarkan pada sunnah Rasulullah. Membangun keluarga yang bervisi pendidikan di antaranya dengan cara mendidik dengan teladan, mendidik dengan pembiasaan, mendidik dengan nasihat, mendidik dengan pengawasan, dan mendidik dengan hukuman.
Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI Materi Fiqih di SMP Unggulan Nasywa Bandung Ginanjar, Taufiq Fauzan; Mulyadin, Agung
Islamic Journal of Education Vol. 3 No. 1 (2024): IJED: Islamic Journal Of Education
Publisher : Institut Agama Islam Persis Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54801/21hm1q30

Abstract

Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kemampuan belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi Fiqih tentang shalat jamak dan qasar sebelum menggunakan metode demonstrasi. Mengungkap penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi Fiqih tentang shalat jamak dan qasar yang digunakan dalam penelitian. Mengungkap hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi Fiqih tentang shalat jamak dan qasar setelah menggunakan metode demonstrasi. Mengungkap seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi Fiqih tentang shalat jamak dan qasar sebelum dan setelah penggunaan metode demonstrasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas adapun teknik analisis data yang akan digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitaif, sumber data peneliti menggunakan data sekunder dengan hadir langsung ke lokasi penelitian dan data sekunder dengan observasi melalui buku-buku siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, test pemahaman dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitaif dengan menghitung rata-rata kelas, pengolahan data ketuntasan belajar siswa dan menghitung peningkatan kemampuan siswa setiap siklus. Hasil temuan yang diperoleh peneliti dari penelitian sebelum penggunaan metode demonstrasi pada test pemahaman prasiklus dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 3 siswa (21,42%) yang nilainya melampaui KKM. Pada siklus I didapatkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 11 (78,58%) dan pada siklus II didapatkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 13 orang siswa (92,85%). Berdasarkan data tersebut, rekapitulasi nilai keseluruhan mulai dari tahapan prasiklus, siklus I hingga siklus II, hasil belajar siswa dalam mencapai target ketuntasan, mengalami penaikan yang signifikan.
Nilai Pendidikan dalam Hadith: (Kajian Hadith Malaikat Jibril tentang Iman, Islam dan Ihsan) Fathurahman, Muhammad Iqbal
Islamic Journal of Education Vol. 3 No. 1 (2024): IJED: Islamic Journal Of Education
Publisher : Institut Agama Islam Persis Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54801/37873649

Abstract

Menjadikan Hadith Rasulullah Saw. sebagai pedoman hidup dan kurikulum dalam setiap gerak seorang Muslim adalah sebuah keharusan. Hadith dapat diimplementasikan dalam berbagai macam aspek kehidupan, termasuk didalamnya pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan salah satu Hadith Nabi dalam pendidikan agar kemudian menjadi sebuah pola yang dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan model analisis isi. Dari hasil penelitian Hadith tersebut ditemukan setidaknya 4 nilai pendidikan yakni; 1) Pentingnya kebersihan dan kerapihan saat proses pembelajaran, 2) program Guest Lecturer dalam proses pembelajaran, 3) proses pembelajaran dengan metode halaqoh, 4) Proses pembelajaran dengan metode tanya-jawab.

Page 1 of 1 | Total Record : 6