cover
Contact Name
Erwin Daniel Sitanggang
Contact Email
ulina@umbp.ac.id
Phone
+6281370849125
Journal Mail Official
ulina@umbp.ac.id
Editorial Address
Jl. Letjend. Djamin Ginting No. 285-287, Padang Bulan, Medan Baru, Medan, Sumatera Utara, Indonesia - 20155
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
ULINA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
ISSN : 29855896     EISSN : 29855977     DOI : https://doi.org/10.58918/ulina.v1i1
ULINA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, merupakan jurnal multidisiplin ilmiah bertaraf nasional yang diterbitkan oleh Universitas Mandiri Bina Prestasi (UMBP) dengan e-ISSN: 2985-5977 dan p-ISSN: 2985-5896. Diterbitkan secara berkala enam bulan sekali yaitu Januari dan Juli dengan tujuan untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide-ide berupa temuan, inovasi dan penerapan teknologi ilmiah yang telah dicapai di bidang pengabdian kepada masyarakat. Artikel yang dimuat memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu-ilmu di ranah pengabdian kepada masyarakat dengan ruang lingkup dari seluruh bidang ilmu.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 27 Documents
Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif TK Kana Nasional dengan Pemanfaatan Multimedia Simbolon, Marice Hotnauli; Lismardiana; Dumariani Silalahi, Dumariani; Banjarnahor, Saut Maruli Tua
ULINA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1 No 1 (2023): Januari
Publisher : Universitas Mandiri Bina Prestasi (UMBP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58918/ulina.v1i1.181

Abstract

Proses pembelajaran di taman kanak-kanak didaerah-daerah saat ini lebih menekankan pada aspek membaca, menulis dan berhitung (calistung). Dalam mengembangkan aspek kognitif anak, perlu adanya stimulasi kepada anak agar anak dapat mengembangkan pengetahuannya sendiri sehingga anak memperoleh pengetahuan sesuai kebutuhannya. Salah satu stimulasi yang diyakini efektif adalah merangsang anak agar memiliki ketertarikan, memiliki rasa ingin tahu yang besar perlu adanya media bergambar animasi dan berwarna, karena dunia anak adalah dunia imajinasi. Dengan bantuan multimedia yang memadukan teks, gambar, audio dan video serta animasi yang menarik, pendengaran anak akan merespon dan mengalihkan perhatian atau fokus anak menonton dan lebih antusias untuk menjawab ketika ditanya guru, meskipun posisi anak sedang bermain. Agar video pembelajaran dapat diserap dengan baik dan tersimpan dalam penyimpanan jangka panjang, maka materi pembelajaran dikemas dengan menarik sehingga akan meninggalkan kesan dalam otak.
Sosialisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Intraktif Berbasis Mobile Learning Pada Guru Taman Kanak-Kanak Sartana; Maradu Sihombing; Fauzi Haris Simbolon; Jaidup Banjarnahor
ULINA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1 No 1 (2023): Januari
Publisher : Universitas Mandiri Bina Prestasi (UMBP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58918/ulina.v1i1.182

Abstract

Media pembelajaran yang berkualitas akan menghasilkan minat belajar yang tinggi dan daya fikir yang kreatif, terutama pada anak usia dini. Pada dasarnya usia anak prasekolah atau yang disebut “golden age”, sangat peka dan sensitif terhadap terhadap keinginan mengenal benda dan objek-objek baru yang ada disekitarnya baik melalui penglihatan maupun pendengaran. Pada usia ini anak sangat membutuhkan pendidikan dan pembelajaran yang mudah, menarik dan mengandung unsure game (permainan) sehingga akan menumbuhkan minat belajar bagi anak usia pra sekolah terutama dalam pengenalan huruf dan angka. Selama ini sistem pembelajaran di taman kanak-kanak secara umum masih menggunakan sistem konvensional yang masih menggunakan media peraga kertas gambar dan papan tulis yang mengakibatkan siswa sering merasa bosan dan motivasi belajarnya berkurang. Untuk mengatasi hal ini maka perlu dilakukan sosialisasi pemanfaatan media pembelajaran berbasis mobile learning kepada guru-guru yang mengajar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) maupun Taman Kanak-kanak (TK). Sehinga metode belajar yang diterapkan untuk murid lebih kreatif, inovatif dan inteaktif. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan minat belajar siswa PAUD dan TK akan semakin meningkat dan mutu pembelajaran akan semakin tinggi.
Pelatihan Microsoft Word di PKBM-Emphaty Medan Diana Afriani; Javerson Simamora; Gloria Cahaya Julida Hutabarat; Linda Rotua Hutabarat; Lenny Gurning
ULINA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1 No 1 (2023): Januari
Publisher : Universitas Mandiri Bina Prestasi (UMBP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58918/ulina.v1i1.189

Abstract

Mengelola data dan menyimpan informasi (data storage) dengan praktis dan efisien. Pada era serba digital saat ini, teknologi informasi dan komunikasi berbasis komputer telah mempengauhi berbagai aspek kehidupan termasuk pendidikan tidak dapat disangkal lagi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberi pendampingan kepada peserta didik di PKBM Emphaty Medan dalam mengaplikasikan Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mempermudah peserta didik dalam melakukan pengolahan kata dan pembuatan media presentasi yang berguna untuk mempermudah proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam upaya mencapai target atau tujuan yang telah direncanakan adalah ceramah, praktek (unjuk kerja) dan tanya jawab. Peserta pelatihan dibagi dalam kelompok. Setiap kelompok didampingi oleh seorang mentor. Untuk mengetahui keberhasilan program kegiatan yang telah dilaksanakan dilakukan evaluasi. Evaluasi dilakukan dengan cara memberikan ujian praktek untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik terkait materi dan pelatihan yang telah diberikan. Kesimpulan dari kegiatan ini bahwa pengabdian telah berhasil meningkatkan pengetahuan peserta didik dalam pengaplikasian Microsoft Word dan PowerPoint. Peserta didik di PKBM Emphaty Medan merasa terbantu dengan adanya pelatihan yang dilakukan sehingga mereka dapat menggunakan komputer atau laptop dalam mengerjakan tugas sekolah dengan baik, seperti membuat makalah dan power point untuk memudahkan dalam kegiatan presentasi. Peserta didik memberikan respon yang sangat positif terhadap kegiatan yang dilakukan dan menilai kegiatan ini sangat bermanfaat.
Pemberian Bantuan Fasilitas Perpustakaan dan Pelatihan Administrasi Perpustakaan di PKBM-Emphaty Medan Jung; Sen, Jung; Rafika Sari Br Sembiring; Viktor Saputra Ginting; Adi Harianto; Devia Febrina
ULINA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1 No 1 (2023): Januari
Publisher : Universitas Mandiri Bina Prestasi (UMBP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58918/ulina.v1i1.190

Abstract

Layanan Perpustakaan adalah pemberian bantuan, fasilitas dan penunjukan untuk mempermudah pengguna dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan secara cepat dan mudah. Layanan perpustakaan berarti untuk memenuhi kebutuhan informasi penggunanya, perpustakaan harus menyediakan bahan pustaka sesuai dengan yang diperlukan secara tepat dan akurat, sesuai dengan kebutuhan pemustaka. Layanan perpustakaan merupakan citra dari suatu perpustakaan.Tidak ada perpustakaan jika tidak ada layanan. Tujuan perpustakaan memberikan layanan bahan pustaka kepada pengguna adalah agar bahan pustaka yang telah dimiliki perpustakaan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh pengguna. Oleh karena itu harus diusahakan agar pengguna memanfaatkan bahan pustaka di perpustakaan. Usaha itu dilakukan melalui promosi jasa perpustakaan agar pembaca tahu bahan pustaka apa saja yang dimiliki. Fungsi Layanan menyajikan informasi guna kepentingan pengguna mempertemukan dengan bahan pustaka yang diminati. Harus diusahakan agar perpustakaan menyelenggarakan kegiatan yang mebuat senang datang ke perpustakaan serta bimbingan dan peningkatan minat baca. Perpustakaan harus berusaha semaksimal mungkin untuk mencarikan bahan pustaka yang dikehendaki pengguna walaupun harus meminjam ke perpustakaan lain atau menunjukkan dan menyediakan sumber informasi lainnya yang bersifat rekreasi.
Pembangunan dan Pelatihan Penggunaan Website SMK Swasta Teknik Dairi Sitanggang, Erwin Daniel; Pinem, Anjar; Perangin-angin, Jimmy; Sembiring, Misdem; Saroha Simanjuntak
ULINA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1 No 1 (2023): Januari
Publisher : Universitas Mandiri Bina Prestasi (UMBP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58918/ulina.v1i1.191

Abstract

Teknologi informasi telah berkembang dengan sangat cepat. Dalam bidang pendidikan, manfaat perkembangan ini dapat dilihat dari semakin banyaknya sekolah-sekolah yang telah memiliki jaringan internet agar dapat menikmati kemudahan dalam mendapatkan informasi. Pembuatan website sekolah menjadi salah satu pilihan ketika masyarakat juga mulai terbiasa dengan memanfaatkan teknologi berbasis internet. Untuk mempermudah pembangunan website sekolah, digunakan perangkat lunak yang memiliki tujuan khusus pengelolaan konten (Content Management System, CMS). Diharapkan dari website yang telah dijalankan akan menampilkan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh murid, guru maupun masyarakat dengan lebih cepat. Keseluruhan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan dalam kurun waktu bulan April sampai dengan Juni 2022. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dilaksanakan di dua tempat, yaitu di Universitas Mandiri Bina Prestasi untuk kegiatan pengembangan rangka dasar dan infrastruktur, dan secara daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Diharapkan sekolah pemilik website menyediakan sumber daya manusia khusus untuk mengelola website sekolahnya, agar informasi yang ada di website dapat selalu diperbaharui. Perlunya dilakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat pada sekolah yang lain dengan materi yang sama. Perlunya sosialisasi website sekolah di lingkungan sekolah masing-masing. Komitmen dari kepala sekolah agar website sekolah digunakan untuk jangka panjang.
Pelatihan Pengolahan Plastik Limbah Rumah Tangga Menjadi Energi Alternatif Nugroho, Arif Setyo
ULINA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1 No 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Mandiri Bina Prestasi (UMBP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58918/ulina.v1i2.210

Abstract

Plastic waste creates problems in the environment. Plastic waste with its properties is difficult to decompose in nature and takes a very long time. This plastic waste ultimately becomes a big problem faced in urban areas and there has been no significant solution to this problem. Some areas flourish with waste banks whose goal is to reduce household waste. The waste bank business group is engaged in managing organic waste and inorganic waste, and inorganic waste is only limited to being sold to collectors. Handling plastic waste in a way that has been developed so far is the 3R principle, namely the principle of reduce, the principle of reuse, and the principle of recycle. But plastic that cannot be processed again with the 3R principle is a problem. The solution is that the plastic waste is processed again using pyrolysis to produce oil that can burn. The results of plastic pyrolysis are oil, and solids in the form of charcoal and gas. Reactor temperature greatly affects the yield, both solids, liquids, and gases. The resulting oil produced from plastic pyrolysis has different characteristics, the higher the pyrolysis temperature the more oil produced but the less solids produced. The color of the oil is also affected by the pyrolysis temperature, the higher the oil temperature the more turbid and becomes wax or wax.
Pelatihan Digital Marketing Hotel Mengunakan Teknologi RedDoorz Sebagai Potensi Bisnis Jimmy Nganta Ginting; Pretty Naomi Sitompul; Mei Veronika Sri Endang Siagian; Sastra Wandi Nduru; Febrina Soraya Tanjung
ULINA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1 No 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Mandiri Bina Prestasi (UMBP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58918/ulina.v1i2.213

Abstract

The application of the RedDoorz application technology is one of the sustainable hospitality tourism digital marketing innovations and is naturally carried out in North Sumatra Province. This digital marketing training needs to be carried out to make it easier for tourists who want to visit and stay at the Tuk-tuk Siadong hotel. This activity is carried out on Lake Toba which is located in the village of Tuk-tuk Siadong Regency. samosir and attended by employees and hotel management. In this activity an introduction was made to the RedDoorz application which emphasizes the what, why, and how if their hotel marketing is implemented digitally, as well as being a tourist attraction. So that tourists can easily find a place where they will stay. The stages of the method used in carrying out this activity are preparation, planning and implementation which are assisted by simpler methods, namely delivery of material, practice and discussion. The results obtained from this activity were around 90% of participants understood how using the RedDoorz application could improve their hotel marketing. The conclusion obtained from the socialization activity is that digital marketing training by utilizing the RedDoorz application can improve the economy of hotel and guest house owners, as well as increase visitors who can easily book the hotel..
Implementasi Komputer Multimedia Sebagai Media Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Deli Murni Wasit Ginting2; Damanik, Romanus; Wasit Ginting
ULINA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1 No 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Mandiri Bina Prestasi (UMBP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58918/ulina.v1i2.214

Abstract

Era internet memunculkan digitalisasi di segala bidang kehidupan. Transportasi online, toko online, dan media online, perpustakaan online adalah contoh "produk" yang muncul dan berkembang di era disrupsi ini. Di era disrupsi ini, masyarakat menggeser aktivitas-aktivitas yang awalnya dilakukan di dunia nyata, beralih ke dunia maya, terutama media sosial. Secara bahasa, disrupsi artinya hal tercabut dari akarnya (KBBI). Banyak pihak yang menjadi korban era disrupsi, di antaranya adalah transportasi konvensional, mall, dan media cetak. Disrupsi menginisiasi lahirnya model bisnis baru dengan strategi lebih inovatif kreatif. Cakupan perubahannya luas mulai dari dunia bisnis, perbankan, transoprtasi, sosial masyarakat, hingga pendidikan. Era Disrupsi akan menuntut kita untuk berubah atau punah. Berinovasi atau tertinggal. Teknologi saat ini tidak lagi dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, namun harus dilihat sebagai media untuk memperbaiki kualitas hidup manusia, oleh karena itu dibutuhkan inovasi terhadap banyak hal bidang kehidupan manusia.
Usaha Meningkatkan Pendapatan Mitra Melalui Rekayasa Mesin Pencacah Makanan Ternak di Karanganyar Y Yulianto Kristiawan; Suhartoyo
ULINA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1 No 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Mandiri Bina Prestasi (UMBP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58918/ulina.v1i2.218

Abstract

The problem faced by breeders is regarding feed that comes from green leaves. Green leaf feed is a feed that is very popular with cows because it has a high nutritional content and helps significant growth when compared to cows that are only fed products other than leaf greens. The problem faced is green leaf feed if it is not cut into small pieces and not uniform, sometimes cows are lazy to eat and eventually produce waste, if leftovers are left it will produce disease and on the other hand, wasteful feed. The results of discussions with SMEs of cattle breeders require a chopping machine that is easy to operate, the results can be good, safe for humans and low operating costs. The machine can chop to a uniform size and doesn't smell like a machine, so the cows want to eat it with gusto. The specifications of the machine handed over to the cattle breeder UKM are as follows. The machine handed over is a cruiser machine using 4 blades with a blade length of 25 cm, a width of 4 cm and a thickness of 3 mm of hardened steel. Construction height 1400 mm, width 800 mm and 600 mm, blade diameter 500 mm, Single phase 350 Watt electric motor, motor speed: 1450 rpm, engine speed 750 rpm.
Pelatihan Manajemen Keuangan Bagi Bendahara SD di Kecamatan Pahae Julu Sitompul, Ganda Tua
ULINA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1 No 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Mandiri Bina Prestasi (UMBP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58918/ulina.v1i2.221

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman manajemen keuangan bagi bendahara SD di Kecamatan Pahae Julu. Kegiatan  pengabdian ini dilakukan dengan memberikan pelatihan menejemen keuangan dengan menggunakan microsoft power point dalam pemaparan materi dan microsoft excel untuk membuat perancanaan keuangan. Kemudian pelatihan ini di ikuti dengan penyampain pemaparan materi mengenai alur akuntansi seperti manajemen keuangan dan akuntansi menejemen dengan menggunakan microsoft excel sebagai media pencatatan dan pelaporan keuangan. Pelatihan ini di ikuti oleh 20 orang peserta yang terdiri dari bendahara, pengurus atau pengelola sekolah. Pelatihan ini merupakan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan dengan kerjasama antara Universitas Mandiri Bina Prestasi dengan dan lembaga pendidikan Sekolah SD di Pahae Julu. Pelatihan dilakukan dengan metode pemaparan, kemudian sesi tanya jawab dan praktek pelaksanaan administrasi manejemen keuangan di sekolah. Melalui pelatihan ini peserta berhasil memahami bagaimana pentingnya pegelolaan dan administrasi manajemen keuangan yang lebih baik, efisien dan ekfektif sehingga dapat berguna di kemudian hari.

Page 1 of 3 | Total Record : 27