cover
Contact Name
Nana Sukarni
Contact Email
jurnalmufakat@gmail.com
Phone
+6285859888365
Journal Mail Official
jurnalmufakat@gmail.com
Editorial Address
https://ejournal.warunayama.org/index.php/musytarineraca/about/editorialTeam
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Published by CV SWA Anugrah
ISSN : -     EISSN : 30259495     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial menyambut baik seluruh masyarakat, terutama akademisi dan peneliti, untuk menyumbangkan dedikasi intelektualnya dalam bentuk artikel asli yang diterbitkan dalam jurnal ini yang belum pernah dipublikasikan di media manapun. Artikel dapat berupa hasil penelitian maupun kajian ilmiah lainnya.
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi" : 16 Documents clear
PENGARUH MODAL USAHA, PENGGUNAAN E-COMMERCE, DAN SELF-EFFICACY TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA (Studi Kasus pada Mahasiswa Politeknik Negeri Lampung) Selvia; Nurmala; Umarudin Kurniawan
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.8734/musytari.v7i3.4894

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal usaha, penggunaan e-commerce, dan self-efficacy terhadap pengambilan keputusan berwirausaha pada mahasiswa Politeknik Negeri Lampung. Variabel independen dalam penelitian ini adalah modal usaha, penggunaan e-commerce, dan self-efficacy. Sedangkan, variabel dependen dalam penelitian ini adalah pengambilan keputusan berwirausaha. Penelitian ini diuji dengan menggunakan alat uji SPSS versi 26 dengan alat analisis regresi linier berganda. Metode pengambilan sample menggunakan metode porposive sampling dan didapat jumlah sampel sebanyak 120 responden. Metode pengumpulan data menggunakan google form yang dibagikan melalui media sosial seperti whatsapp dan instagram. Adapun hasil dari penelitian ini secara simultan modal usaha, penggunaan e-commerce, dan self-efficacy berpengaruh terhadap pengambilan keputusan berwirausaha. Akan tetapi, secara parsial modal usaha dan penggunaan e-commerce tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan berwirausaha sedangkan self-efficacy berpengaruh terhadap pengambilan keputusan berwirausaha.Kata Kunci: Modal usaha, pengguna e-commerce, self-efficacy, wirausaha.
ANALISIS SWOT SEBAGAI EVALUASI STRATEGI BISNIS PADA INDUSTRI MEBEL UD KARYA SEJATI DESA BALONGPANGGANG KABUPATEN GRESIK Maharani, Naura Puspa; Iswati, Iswati
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.8734/musytari.v7i2.4895

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan bisnis UD Karya Sejati, sebuah perusahaan produsen mebel, melalui pendekatan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Dalam industri mebel yang kompetitif, penting bagi perusahaan untuk memahami posisi strategisnya dan mengembangkan strategi yang efektif untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan kerangka SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh UD Karya Sejati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan utama UD Karya Sejati terletak pada kualitas produk yang tinggi dan inovasi desain yang menarik. Namun, perusahaan juga menghadapi kelemahan seperti keterbatasan dalam hal pemasaran dan distribusi. Peluang yang dapat dimanfaatkan meliputi meningkatnya permintaan mebel berkualitas di pasar internasional dan perkembangan teknologi yang mendukung efisiensi produksi. Di sisi lain, ancaman yang harus diantisipasi adalah persaingan yang semakin ketat, fluktuasi harga bahan baku. Berdasarkan analisis SWOT, disusun beberapa strategi pengembangan bisnis yang meliputi peningkatan kapabilitas pemasaran, diversifikasi produk, optimalisasi rantai pasok, dan ekspansi pasar ke luar negeri. Strategi-strategi ini diharapkan dapat membantu UD Karya Sejati untuk memperkuat posisinya di pasar, memanfaatkan peluang yang ada, serta mengatasi tantangan yang dihadapi. Kata Kunci: Analisis SWOT, Strategi Pengembangan Bisnis, Industri Mebel, UD Karya Sejati, Kekuatan, Kelemahan, Peluang, Ancaman. Abstract This study aims to analyze the business development strategy of UD Karya Sejati, a furniture manufacturing company, using the SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) analysis approach. In the competitive furniture industry, it is crucial for companies to understand their strategic position and develop effective strategies to achieve sustainable growth. The research method used is descriptive qualitative analysis, collecting data through in-depth interviews, observations, and document studies. The collected data were then analyzed using the SWOT framework to identify the strengths, weaknesses, opportunities, and threats faced by UD Karya Sejati. The results of the study indicate that the main strengths of UD Karya Sejati lie in the high quality of its products and attractive design innovations. However, the company also faces weaknesses such as limitations in marketing and distribution. Opportunities that can be leveraged include the increasing demand for high-quality furniture in international markets and technological advancements supporting production efficiency. On the other hand, threats that need to be anticipated include intensifying competition, fluctuating raw material prices. Based on the SWOT analysis, several business development strategies are proposed, including enhancing marketing capabilities, product diversification, supply chain optimization, and expanding into foreign markets. These strategies are expected to help UD Karya Sejati strengthen its market position, capitalize on existing opportunities, and address the challenges it faces. Keywords: SWOT Analysis, Business Development Strategy, Furniture Industry, UD Karya Sejati, Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats
PENGARUH KOMPETENSI, DISIPLIN KERJA DAN KOMPENSASI KARYAWAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI NON PNS DI KECAMATAN PANGGUNGREJO Zahwa, Reny Umatul; Nurul Akramiah
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.8734/musytari.v7i3.4905

Abstract

Abstrak Peran pentingnya manajemen sumber daya manusia dalam sebuah instansi adalah bahwa segala potensi sumber daya yang dimiliki manusia yang dapat digunakan sebagai manfaat untuk meraih keberhasilan dalam sebuah instansi. Penelitian ini tujuannya menguji dan menganalisis Pengaruh Komptensi, Disiplin Kerja dan Kompensasi Karyawan Terhadap Kinerja Pegawai Non PNS di Kantor Kecamatan Panggungrejo. Populasi penelitian ini ialah pegawai non PNS Kantor Kecamatan Panggungrejo. Teknik penentuan sampel memakai teknik purposive sampling, Berdasar atas kriteria yang telah peneliti tetapkan. Terdapat 40 pegawai yang di jadikan sampel, alhasil observasi penelitian ini berjumlah 40 sampel. Analisis yang digunakan ialah Uji Instrumen, Analisis Deskripsi, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda, Analisis Koefisien Determinasi, Uji Autokolerasi, Uji Hipotesis dan Uji Pengaruh Dominan. Hasil penelitian mencerminkan bahwasanya 1) Kompetensi, Disiplin Kerja dan Kompensasi Karyawan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai non PNS di Kantor Kecamatan Panggungrejo dengan nilai 0,000. 2) Kompetensi secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai non PNS di Kantor Kecamatan Panggungrejo dengan nilai sig 0,002. 3) Disiplin Kerja secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai non PNS di Kantor Kecamatan Panggungrejo dengan nilai sig 0,049.4) Kompensasi Karyawan secara parsial tidak berpengaruh secara positif dan tidak signifikan terhadap kinerja pegawai non PNS di Kantor Kecamatan Panggungrejo dengan nilai sig 0,669. Kata Kunci : Kompetensi, Disiplin Kerja, Kompensasi Karyawan, Kinerja Pegawai Abstract The important role of human resource management in an agency is that all potential resources possessed by humans can be used as benefits to achieve success in an agency. This research aims to test and analyze the influence of competency, work discipline and employee compensation on the performance of non-civil servant employees at the Panggungrejo District Office. The population of this research is non-PNS employees of the Panggungrejo District Office. The sampling technique uses purposive sampling technique, based on the criteria that the researcher has set. There were 40 employees who were used as samples, as a result of this research observations totaled 40 samples. The analysis used is Instrument Test, Description Analysis, Classical Assumption Test, Multiple Linear Regression Analysis, Coefficient of Determination Analysis, Autocorrelation Test, Hypothesis Test and Dominant Influence Test. The research results reflect that 1) Competence, Work Discipline and Employee Compensation simultaneously have a positive and significant effect on the performance of non-PNS employees at the Panggungrejo District Office with a value of 0.000. 2) Partial competency has a positive and significant effect on the performance of non-PNS employees at the Panggungrejo District Office with a sig value of 0.002. 3) Work Discipline partially has a positive and significant effect on the performance of non-PNS employees at the Panggungrejo District Office with a sig value of 0.049. 4) Partial Employee Compensation does not have a positive and significant effect on the performance of non-PNS employees at the Panggungrejo District Office with a sig value of 0.669. Keywords: Competence, Work Discipline, Employee Compensation, Employee Performance
PENGARUH STRUKTUR MODAL, MANAJEMEN PAJAK DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Chahyani, Zahra Fauziah; Mulyadi, Mulyadi; Panata Bangar Hasioan Sianipar
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.8734/musytari.v7i3.4908

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Struktur Modal, Manajemen Pajak dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh emiten sub sektor makanan dan minuman pada Bursa Efek Indonesia periode 2019-2022. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif, regresi linear berganda, teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling, diperoleh 120 sampel pada awal penelitian, kemudian ditemukan data outlier sebanyak 12 data, maka sampel data observasi menjadi sebanyak 108 sampel. Pengujian hipotesis menggunakan SPSS versi 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Struktur Modal berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan, (2) Manajemen Pajak berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan, (3) Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan, (4) Struktur Modal, Manajemen Pajak dan Profitabilitas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Kata Kunci: Struktur Modal, Manajemen Pajak, Profitabilitas, Nilai Perusahaan ABSTRACT This research aims to examine the effect of Capital Structure, Tax Management and Profitability on Firm Value. The population in this research is all food and beverage sub-sector issuers on the Indonesia Stock Exchange for the 2019-2022 period. This research uses quantitative data, multiple linear regression, a sampling technique using a purposive sampling method, 120 samples were obtained at the beginning of the research, then 12 outlier data were found, so the observation data sample became 108 samples. Hypothesis testing using SPSS version 27. The results of this research show that (1) Capital Structure has a negative but insignificant effect on Firm Value, (2) Tax Management has a negative but insignificant effect on Firm Value, (3) Profitability has a positive and significant effect on Firm Value, (4) Capital Structure, Tax Management and Profitability simultaneously have a positive and significant effect on Firm Value. Keywords: Capital Structure, Tax Management, Profitability, Firm Value
PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO ASSETS RATIO, DAN NET PROFIT MARGIN TERHADAP RETURN ON ASSETS PADA PT. UNITED TRACTORS TBK YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2014-2022 Widyaningsih, Selviya; Eko Widodo; Trisnia Widuri
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.8734/musytari.v7i3.4914

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Current Ratio, Debt to Assets Ratio, dan Net Profit Margin terhadap Return On Assets pada PT. United Tractors Tbk yang terdaftar di BEI periode 2014-2022. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 36 sampel yang diambil dari laporan keuangan triwulan PT. United Tactors Tbk periode 2014-2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni teknik Purposive Sampling. Data tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan program SPSS 25. Berdasarkan hasil Uji Asumsi Klasik memperlihatkan bahwa memenuhi syarat dan tidak terjadi masalah baik dari Uji Normalitas, Uji Multikolinieritas, dan Uji Autokorelasi. Berdasarkan hasil Uji Parsial memperlihatkan Current Ratio mempunyai pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Return On Assets, Debt to Assets Ratio mempunyai pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Return On Assets, dan Net Profit Margin mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Assets. Berdasarkan hasil Uji Simultan memperlihatkan Current Ratio, Debt to Assets Ratio, dan Net Profit Margin mempunyai pengaruh signifikan terhadap Return On Assets. Kata kunci: Current Ratio (CR), Debt to Assets Ratio (DAR), Net Profit Margin (NPM) dan Return On Assets (ROA). Abstract The aim of this research is to determine the influence of the Current Ratio, Debt to Assets Ratio, and Net Profit Margin on Return on Assets at PT. United Tractors Tbk which is listed on the IDX for the 2014-2022 period. The type of research used is quantitative research. The samples used were 36 samples taken from PT's quarterly financial reports. United Tactors Tbk for the 2014-2022 period. The sampling technique used was the Purposive Sampling technique. The data was then analyzed using multiple linear regression with the SPSS 25 program. Based on the results of the Classic Assumption Test, it showed that it met the requirements and there were no problems in the Normality Test, Multicollinearity Test and Autocorrelation Test. Based on the results of the Partial Test, it shows that the Current Ratio has a negative and insignificant influence on Return On Assets, the Debt to Assets Ratio has a negative and insignificant influence on Return On Assets, and Net Profit Margin has a positive and significant influence on Return On Assets. Based on the results of the Simultaneous Test, it shows that the Current Ratio, Debt to Assets Ratio, and Net Profit Margin have a significant influence on Return On Assets. Keywords: Current Ratio (CR), Debt to Assets Ratio (DAR), Net Profit Margin (NPM) dan Return On Assets (ROA).
PENGEMBANGAN PEMASARAN ES TEH D’MIRA DI KOTA BLORA DALAM ANALISIS SWOT Andika Dimas Pramuditya; Yulyar Kartika Wijayanti; Nekky Rahmiyati
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.8734/musytari.v7i3.4916

Abstract

D’Mira developed an ice tea business strategy using SWOT and BMC analysis as a reference to identify strengths, weaknesses, opportunities and threats. Also learn in detail about strategic management tools to define and communicate business ideas or concepts quickly and easily. The aim of this final task is to identify the factors that affect thecompetitiveness of D'Mira ice cream and to find out business development strategies that canbe applied in expanding market share as well as selling competitive products.The internal factor that D’Mira’s ice tea has is that this ice is the raw material of a quality product, refreshing and suitable for drinking in a variety of weather with a distinctiveflavor, served with a wide variety of flavors, and the cost of producing ice tea is relatively low.D’mira’s development strategy is to promote products that have to be done frequently to reacha wider market share, as well as record significant financials to identify relevant losses or gains.The results in the table above indicate that the primary strategy generated is the SO strategy with the highest rating of 4.26 in position 1, i.e. using power to harness and harnessthe greatest opportunity. Based on the results and discussions that have been conducted, it canbe concluded that the development of D’Mira’s ice tea strategy carries out the development strategy by paying attention to strengths and opportunities so that it is sufficiently responsiveor responsive to the existence of opportunities and threats that occur. Keywords : Business Development, Business Strategy, SWOT
PENGARUH PROMOSI DAN PERSEPSI NILAI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK CICIL EMAS DI BSI KCP PASURUAN SUDIRMAN 1 (STUDI KASUS PADA PROGRAM GREBEG PASAR) Ismi Fauziah; Ratna Pudyaningsih; Eni Erwantingingsih
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.8734/musytari.v7i3.4917

Abstract

BSI KCP Pasuruan Sudirman 1 salah satu industri perbankan syariah yang bergelut di sektor pembiayaan investasi emas atau cicil emas. Dalam menjaring pembiayaan cicil emas menggunakan bentuk promosi berupa grebek pasar. Pandangan terhadap suatu produk yg ditawarkan di pasar akan mempengaruhi perilaku pembelian konsumen, maka dari itu promosi dan persepsi nilai terhadap citra perusahaan menjadi kunci utama untuk mengendalikan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan persepsi nilai terhadap keputusan pembelian produk cicil emas di BSI KCP Pasuruan Sudirman 1. Teknik sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah 65 responden. Analisis yang digunakan Analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) promosi dan persepsi nilai secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 dan memiliki koefisien determinasi (R²) sebesar 66,3% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian ini. 2) promosi secara parsial berpengaruh positif dan memiliki nilai sig. 0,000<0,05. 3) persepsi nilai secara parsial berpengaruh positif dan memiliki nilai sig 0,015<0,05..
PENGARUH WORD OF MOUTH, PERSEPSI HARGA, LOKASI DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO BU KETUT Putu Pande Edy Swardinata; Estik Hari Prastiwi
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.8734/musytari.v7i3.4919

Abstract

The aim of this research is to determine and analyze the influence of word of mouth, price perceptions, location and product diversity on purchasing decisions at the Bu Ketut store. The method for this research itself uses a quantitative method using multiple linear regression with the help of SPSS version 25 software as a tool for testing and analyzing data. The population taken in this research itself was buyers at the Bu Ketut Grocery Shop, totaling 96 people, then for the Accidental Sampling technique, and for the measurement scale using the Likert scale as the measurement scale. The results of the research itself show that based on the simultaneous test (f test) it proves that all independent variables, namely the variables Word of Mouth (X1), Price Perception (X2), Location (X3), Product Diversity (X4) together have a significant influence on the dependent variable is the purchasing decision (Y). The research results are based on partial analysis (t test) that all independent variables, namely the Word of Mouth variable (X1), Price Perception (X2), Location (X3), Product Diversity (X4) have a significant influence on the dependent variable, namely Purchase Decision (Y).
PENGARUH KEMASAN PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ELZATTA HIJAB DI ROYAL PLAZA SURABAYA Nira Evika Febryana; Handy Aribowo
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.8734/musytari.v7i3.4923

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh kemasan produk, harga, dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan Elzatta hijab di Royal Plaza Surabaya. Dengan menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini menganalisis data dari berbagai sumber dan menguji hipotesis. Penelitian ini menggunakan (Statistical Package for the Social Science) SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemasan Produk (X1) 0,000 < 0,05 serta nilait hitung sebesar 3,632 > 1,986, Harga (X2) 0,000 < 0,05 serta nilai t hitung sebesar 4,313 > 1,986, dan Kualitas Produk (X3) SIG 0,031 < 0,05 serta nilai t hitung sebesar 2,187 > 1,986 secara signifikan mempengaruhi Kepuasan Pelanggan (Y) 0,000 < 0,05. Selain itu nilai F hitung diperoleh 91,371 > 2,47. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemasan produk (X1), harga (X2), dan Kualitas produk (X3) memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Harga yang kompetitif, kemasan yang menarik, serta kualitas produk yang tinggi terbukti menjadi faktor kunci yang mempengaruhi kepuasan dan keputusan pembelian konsumen.
PENGARUH INTANGIBLE ASSETS, SALES GROWTH DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP FINANCIAL DISTRESS Laura Yolanda Sihotang; Muliyani
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.8734/musytari.v7i3.4924

Abstract

Kesulitan finansial sebelum mengalami kebangkrutan ataupun likuidasi. Dimana hal tersebut sangat berpengaruh terhahadap perkembangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh intangible assets, sales growth, arus kas operasi terhadap financial distress. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis laporan keuangan perusahaan-perusahaan pada sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode tahun 2020 hingga tahun 2022. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 17 perusahaan sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode tahun 2020 hingga tahun 2022 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan dari setiap perusahaan yang telah dijadikan sampel penelitian. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Intangible Assets (X1) sebagai variabel bebas pertama, Sales Growth (X2) sebagai variabel bebas kedua, dan Arus Kas Operasi (X3) sebagai variabel bebas ketiga serta Financial Distess (Y) sebagai variabel terikat. Metode regresi data panel digunakan sebagai metodologi penelitian pada penelitian ini. Analisa hasil penelitian menggunakan bantuan perangkat lunak EViews 12 Student Version Lite. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan intangible assets, sales growth dan arus kas operasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap financial distress. Namun secara parsial variabel intangible assets tidak berpengaruh terhadap financial distress. Sedangkan sales growth dan arus kas operasi berpengaruh terhadap financial distress. Kata Kunci: Intangible Assets; Sales Growth; Arus Kas Operasi; Financial Distress

Page 1 of 2 | Total Record : 16


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 16 No. 11 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 16 No. 10 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 15 No. 12 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 15 No. 11 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 15 No. 10 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 14 No. 13 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 14 No. 12 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 14 No. 11 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 14 No. 10 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 13 No. 13 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 13 No. 12 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 13 No. 11 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 13 No. 10 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 16 No. 9 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 16 No. 8 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 16 No. 7 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 16 No. 6 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 16 No. 5 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 16 No. 4 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 16 No. 3 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 16 No. 2 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 16 No. 1 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 15 No. 9 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 15 No. 8 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 15 No. 7 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 15 No. 6 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 15 No. 5 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 15 No. 4 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 15 No. 3 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 15 No. 2 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 15 No. 1 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 14 No. 9 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 14 No. 8 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 14 No. 7 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 14 No. 6 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 14 No. 5 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 14 No. 4 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 14 No. 3 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 14 No. 2 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 14 No. 1 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 13 No. 9 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 13 No. 8 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 13 No. 7 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 13 No. 5 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 13 No. 4 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 13 No. 3 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 12 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 11 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 10 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 11 No. 12 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 11 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 11 No. 10 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 10 No. 12 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 10 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 10 No. 10 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 12 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 10 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 8 No. 12 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 8 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 8 No. 10 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 12 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 10 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 6 No. 12 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 6 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 6 No. 10 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 5 No. 12 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 5 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 5 No. 10 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 4 No. 12 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 4 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 4 No. 10 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 3 No. 12 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 3 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 3 No. 10 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 13 No. 6 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 13 No. 2 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 13 No. 1 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 9 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 8 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 7 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 6 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 5 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 4 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 2 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 11 No. 9 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 11 No. 8 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 11 No. 7 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 11 No. 6 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 11 No. 5 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 11 No. 4 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 11 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 11 No. 2 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 11 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 10 No. 9 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 10 No. 8 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 10 No. 7 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 10 No. 6 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 10 No. 5 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 10 No. 4 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 10 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 10 No. 2 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 10 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 9 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 8 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 7 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonom Vol. 9 No. 6 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 5 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 4 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 2 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 8 No. 9 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 8 No. 8 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 8 No. 7 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 8 No. 6 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 8 No. 5 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 8 No. 4 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 8 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 8 No. 2 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 8 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 9 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 8 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 7 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 6 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 5 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 4 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 2 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 6 No. 9 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 6 No. 8 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 6 No. 7 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 6 No. 6 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 6 No. 5 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 6 No. 4 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 6 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 6 No. 2 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Bisnis, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 6 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 5 No. 9 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 5 No. 8 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 5 No. 7 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 5 No. 6 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 5 No. 5 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 5 No. 4 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 5 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 5 No. 2 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 5 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 4 No. 9 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 4 No. 8 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 4 No. 7 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 4 No. 6 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 4 No. 5 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 4 No. 4 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 4 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 4 No. 2 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 4 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 3 No. 9 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 3 No. 8 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 3 No. 7 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 3 No. 6 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 3 No. 5 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 3 No. 4 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 3 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 3 No. 2 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 3 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 12 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 11 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 10 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 1 No. 12 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 1 No. 11 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 1 No. 10 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 9 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 8 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 7 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 6 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 5 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 4 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 3 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 2 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 1 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 1 No. 9 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 1 No. 8 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 1 No. 7 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 1 No. 6 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 1 No. 5 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 1 No. 4 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 1 No. 3 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 1 No. 1 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi More Issue