cover
Contact Name
Muhammad Arief budiman
Contact Email
ariefbudiman@upgris.ac.id
Phone
+628157648763
Journal Mail Official
absolutegreen@gmail.com
Editorial Address
Jl Sidodadi Timur no 24 , Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Indonesian Journal of Elementary School
ISSN : 30308437     EISSN : 30257646     DOI : https://doi.org/10.26877/ijes.v3i2.12540
Core Subject : Education,
Fokus IJES pada bidang ilmu pendidikan secara umum, yang meliputi: Inovasi Pembelajaran di Pendidikan Dasar, Media pembelajaran di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan olahraga di sekolah dasar, pendidikan bahasa di sekolah dasar, pendidikan bahasa indonesia di sekolah dasar, pendidikan bahasa inggris di sekolah dasar, pendidikan inklusi di sekolah dasar, pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar, Inovasi Pembelajaran, Pengembangan Media Pembelajaran, Model Pembelajaran, Instrumen Penilaian, dan kajian Kurikulum.
Articles 26 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2023): Mei 2023" : 26 Documents clear
FAKTOR PENYEBAB KESULITAN MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN IV SEKOLAH DASAR Wonadesma Dwi Khotimah; Aries Tika Damayani; Ryky Mandar Sary
Indonesian Journal of Elementary School Vol 3, No 1 (2023): Mei 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/ijes.v3i1.17144

Abstract

Matematika adalah mata pelajaran yang ditakuti oleh siswa dan dianggap sulit oleh siswa. Salah satu kesulitan yang dialami yaitu kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita materi operasi hitung campuran. Fokus penelitian ini adalah kemampuan menyelesaikan soal cerita materi operasi hitung campuran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan faktor penyebab kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita pada materi operasi hitung campuran. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data yaitu siswa kelas IV sebanyak 10 orang dan guru kelas IV SD Negeri 1 Sulursari. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan faktor penyebab kesulitan matematika dalam menyelesaikan soal cerita materi operasi hitung campuran kelas IV SD Negeri 1 Sulursari diperoleh kesimpulan sebagai berikut: faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika berasal dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang berasal dari dalam diri siswa yaitu (1)sikap belajar siswa dalam belajar matematika, (2)motivasi belajar siswa dan (3)kesehatan tubuh siswa. Sedangkan faktor eksternal yang berasal dari luar siswa yaitu kurangnya (1)variasi guru dalam mengajar, (2)penggunaan media pembelajaran, (3)sarana prasarana di sekolah dan (4) lingkungan keluarga siswa.
PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA TEMA 2 SUBTEMA 2 UNTUK PESERTA DIDIK KELAS III SDIT YAMMBA Muhammad Alfan Habibi; Asep Ardiyanto; Eka Sari Setyaningsih
Indonesian Journal of Elementary School Vol 3, No 1 (2023): Mei 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/ijes.v3i1.17134

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing terhadap keterampilan berbicara pada tema 2 subtema 2 untuk peserta didik kelas III SDIT Yammba. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design.Teknik pengumpulan  data pada penelitian  ini  melalui instrumen tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi. Teknik  analisis  data  menggunakan paired sampel t test dengan dengan taraf siginifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji paired sampel T-test diperoleh  nilai sig sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran role playing terhadap keterampilan berbicara pada tema 2 subtema 2 untuk peserta didik kelas III SDIT Yammba. Berdasarkan   hasil penelitian yang  diperoleh peneliti menyampaikan  saran  bahwa  model pembelajaran role playing dapat dijadikan alternatif disekolah untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik
ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER ANAK JALANAN USIA SEKOLAH DASAR DAMPINGAN RUMAH PINTAR BANGJO SEMARANG Alfirda Nur Hanifa; Eka Sari Setianingsih; Ervina Eka Subekti
Indonesian Journal of Elementary School Vol 3, No 1 (2023): Mei 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/ijes.v3i1.17124

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perspektif anak jalanan secara umum yang berkembang di masyarakat bahwa anak-anak yang berada di jalanan biasanya mencari nafkah dan menghabiskan waktu untuk bermain, tidak bersekolah, dan ada pula yang menambahkan anak-anak jalanan mengganggu ketertiban umum dan melakukan tindak kriminal. Hidup dan berada di jalanan bukanlah tempat yang layak untuk membantu tumbuh dan berkembang anak, karena resiko eksploitasi dan ancaman kekerasan yang terkadang dialami dan terpaksa dirasakan. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana implementasi dan mengetahui faktor penghambat serta pendukung penanaman pendidikan karakter anak jalanan usia Sekolah Dasar dampingan Rumah Pintar BangJo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah anak dan orang tua dampingan, serta relawan Rumah Pintar BangJo. Hasil penelitian diperoleh bahwa proses penanaman pendidikan karakter yang diajarkan melalui contoh dan penerapan 18 nilai-nilai karakter pada saat Kelompok Belajar. Dengan harapan agar anak dapat mencontoh dan mengimplementasikan dalam kehidupannya. Perubahan nilai-nilai karakter yang dimiliki anak, diharapkan sikap dan perilaku anak yang awalnya kurang baik secara perlahan mereka memahami dan menerapkan. Faktor penghambat dan pendukung justru membuat anak, orang tua, dan relawan saling melengkapi dan mendukung.
ANALISIS REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP PERILAKU DISIPLIN SISWA KELAS IV SDN BINTORO 2 DEMAK Happy Oktaviani; Eka Sari Setianingsih; Asep Ardiyanto
Indonesian Journal of Elementary School Vol 3, No 1 (2023): Mei 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/ijes.v3i1.17139

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah karena adanya sikap siswa yang kurang disiplin maka diterapkan pemberian reward dan punishment untuk mengatasi siswa kelas IV yang kurang disiplin. Permasalahan dalam masalah ini adalah “Bagaimana pelaksanaan pemberian reward dan punishment terhadap perilaku disiplin siswa kelas IV SDN Bintoro 2 Demak?” tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pemberian reward dan punishment terhadap perilaku disiplin siswa kelas IV SDN Bintoro 2 Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, menggunakan metode deskriptif. Subyek pada penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN Bintoro 2 Demak. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis angket disiplin sebanyak 67% siswa menjawab selalu, 21% siswa menjawab sering, 9% siswa menjawab kadang kadang, dan 2% siswa menjawab tidak pernah. Dan pada hasil angket reward dan punishment sebanyak 53% siswa menjawab selalu, 20% siswa menjawab sering, 15% siswa menjawab kadang-kadang dan 13% siswa menjawab tidak pernah. Disimpulkan bahwa adanya pemberian reward dan punishment mampu memberikan penguatan perilaku disiplin siswa kelas IV SDN Bintoro 2 Demak. Saran yang dapat disampaikan adalah dengan memberikan reward dan punishment sesuai kebutuhan siswa.
PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN STANDAR PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KOLEGIAL TEKNIK KUNJUNGAN ANTAR KELAS DI SD NEGERI 2 KEDUNGLENGKONG BOYOLALI Listyaningrum Andayani; Ikha Listyarini; Syahriar Ardanto
Indonesian Journal of Elementary School Vol 3, No 1 (2023): Mei 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/ijes.v3i1.17130

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam mengimplementasikan standar proses pembelajaran melalui supervisi kolegial teknik kunjungan antar kelas di SD Negeri 2 Kedunglengkong Simo Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri 1 kali pertemuan, meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 8 guru SD Negeri 2 Kedunglengkong Simo Boyolali. Simpulan penelitian ini adalah supervisi kolegial teknik kunjungan antarkelas memiliki empat dampak positif. (1) meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan standar proses pembelajaran dan pembelajaran kooperatif kolaboratif, (2) meningkatkan kompetensi Guru dalam melaksanakan standar proses pembelajaran dan pembelajaran kooperatif kolaboratif, (3) meningkatkan kompetensi Guru dalam melaksanakan  pengerjaan admnistrasi guru, (4) meningkatkan kinerja  dan kualitas guru  yang ditandai dengan pernyataan termotivasi untuk menguasai pembelajaran kooperatif, mendorong dan membantu sesama anggota kelompok, mengerjakan RPP dan admnistrasi sekolah dengan lebih baik, peningkatkan rasa percaya diri, rasa tanggung jawab, lebih kreatif dalam proses pembelajaran, serta dapat memecahkan masalah dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat terlihat pada skor penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran meningkat 27.9% dari siklus I dengan rata-rata 3.4 menjadi 4.4 pada siklus II, adapun skor hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran meningkat 16.8% dari siklus I dengan rata-rata 3.7 menjadi 4.3 pada siklus II.
PERAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS IV SDN TLOGOSARI WETAN SEMARANG Anisa Nursafitri
Indonesian Journal of Elementary School Vol 3, No 1 (2023): Mei 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/ijes.v3i1.17145

Abstract

Mengingat pentingnya peranan dari orang tua dalam mendidik anak serta beberapa penelitian telah membuktikan bahwa orang tua memiliki andil yang sangat besar dalam kemampuan anak dalam lingkup pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam mendampingi siswa belajar di rumah semasa pandemic covid-19 pada siswa SDN Telogosari Wetan 01 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengambil data sesuai fakta dilapangan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu melalui empat tahap, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan peran orang tua dalam pembelajaran daring di SDN Telogosari Wetan 01 Semarang berbeda jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Orang tua melaksanakan dua peran sekaligus pertama menjadi orang tua dan kedua menjadi guru di rumah, menyediakan sarana dan prasarana kepada anak, memberikan semangat, motivasi, mengarahkan anak sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh masing-masing anak. Hambatan yang dihadapi orang tua dalam pembelajaran daring di SDN Telogosari Wetan 01 Semarang yaitu latar belakang pendidikan orang tua dalam mendidik anak, tingkat ekonomi orang tua mempengaruhi proses pembelajaran secara daring terutama dalam hal memfasilitasi pembelajaran daring anak, kesulitan membagi waktu antara anak dan pekerjaan, jumlah anggota keluarga juga mempengaruhi orang tua dalam memberikan bimbingan kepada anak dalam belajar di rumah.
PENGEMBANGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR BAGI TEMA 1 SUBTEMA 3 SISWA KELAS III SDN CANDIGARON 01 KABUPATEN SEMARANG Fika Ayuni Sabila; Suyitno Suyitno; Singgih Adhi Prasetyo
Indonesian Journal of Elementary School Vol 3, No 1 (2023): Mei 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/ijes.v3i1.17135

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui proses penggunaan media cerita bergambar dan kelayakan media cerita bergambar dalam pembelajaran pada tema 1 subtema 3 kelas III SDN Candigaron 01 Kabupaten Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development). Populasi yang menjadi sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas III di SD Negeri Candigaron 01 yang berjumlah 30 siswa. Sampling yang digunakan adalah non probability dengan jenis teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode (1) kuesioner, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Pengembangan Media Cerita Bergambar pada tema 1 subtema 3 tentang pertumbuhan hewan kelas III sekolah dasar berdasarkan langkah-langkah dari ADDIE. Rata-rata validasi media diperoleh kevalidan sebesar 98,33% dan rata-rata validasi ahli materi sebesar 96,66% yang termasuk dalam kategori “Sangat Valid”. Dalam penelitian ini dilakukan uji coba lapangan yang dilakukan di SDN Candigaron 01 dengan menyebar angket tanggapan guru kelas III. Didapatkan hasil presentase tanggapan dari guru sebesar 90% dan presentase tanggapan siswa sebesar 90,66% dapat dinyatakan bahwa media dinyatakan diterima dan dapat dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran.
ANALISIS KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA LOOSE PARTS DI TK PELANGI KECAMATAN PEDURUNGAN SEMARANG Sela Mardhiya Nida; Ismatul Khasanah; Mila Karmila
Indonesian Journal of Elementary School Vol 3, No 1 (2023): Mei 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/ijes.v3i1.17125

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini berasal dari permasalahan yaitu kuragnya ide-ide atau pengetahuan anak saat bermain, anak lebih banyak meniru saat membuat hasil karya, komponen media loose parts yang kurang lengkap, dan kurangnya rasa percaya diri anak pada usia 5-6 tahun di TK Pelangi Kecamatan Pedurungan Semarang. Penelitian ini terfokus pada analisis kreativitas anak usia 5-6 tahun melalu media loose parts, sehingga tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan dan menjelaskan sejauh mana kreativitas pada anak melalui media loose parts pada anak usia 5-6 tahun di TK Pelangi Kecamatan Pedurungan Semarang. Penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian di TK Pelangi Kecamatan Pedurungan Semarang menunjukan bahwa kreativitas dapat ditemukan pada anak usia 5-6 tahun melalui media loose parts saat anak melakukan kegiatan bermain. Kreativitas anak dapat dilihat melalui ciri aptitude dan ciri non aptitude. Ciri-ciri kreativitas berkesinambungan dengan faktor pendukung dan faktor penghambat kreativitas. Media loose parts membantu guru dalam pembelajaran yang dapat menjadikan rasa ingin tahu anak muncul, kemudian anak tertarik untuk membuat hasil karya sehingga kreativitas yang dimiliki anak dapat berkembang secara optimal. Saran penelitian bagi guru dan orang tua diharapkan memberikan stimulus pendukung kreativitas  pada anak usia dini, mengingat pentingnya kreativitas dalam perkembangan berpikir pada anak.
KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILL SISWA KELAS IV SD NEGERI REJOSARI 1 Erica Nurhidayah Astriani; Eka Sari Setianingsih; Veryliana Purnamasari
Indonesian Journal of Elementary School Vol 3, No 1 (2023): Mei 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/ijes.v3i1.17141

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya inovasi guru dalam menggunakan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga membuat pembelajaran terkesan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan bahan ajar berbasis STEAM untuk meningkatkan life skill siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam bentuk pre eksperimental design dengan jenis nonequivalent pretest and posttest control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV A-D SD Negeri Rejosari 1. Sampel yang diambil adalah 51 siswa yaitu kelas eksperimen (IV B) 26 siswa dan kelas kontrol (IV C) 25 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan : a) karakteristik bahan ajar berbasis STEAM berbeda dengan bahan ajar pada umumnya, b) adanya perbedaan yang signifikan maka dapat dikatakan bahwa ada keefektifan penggunaan bahan ajar berbasis STEAM terhadap life skill siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis STEAM layak digunakan sebagai alternatif sumber belajar yang efektif untuk meningkatkan life skill siswa kelas IV SD Negeri Rejosari 1. 
ANALISIS KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA KELAS V TEMA EKOSISTEM DI SDN SUMBERAGUNG 02 PATI Jaenal Arifin; Endah Rita Sulistya Dewi; Ferina Agustini
Indonesian Journal of Elementary School Vol 3, No 1 (2023): Mei 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/ijes.v3i1.17131

Abstract

SD Negeri Sumberagung 02 Pati telah menggunakan K13 namun belum mengarah pada pembelajaran dan evaluasi pembelajaran berbasis HOTS dan metode pembelajaran belum mengarah pada HOTS. Penelitian ini bertujuann mendeskripsikan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa kelas V tema ekosistem di SD Negeri Sumberagung 02 Pati. Kemampuan berpikir tingkat tinggi didefinisikan sebagai penggunaan pikiran secara lebih luas untuk menemukan tantangan baru melalui beberapa indikator, misalnya mampu mengusulkan ide baru, mengajukan pertanyaan, berani bereksperimen dan merencanakan strategi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan instrumen pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan aspek komunikasi dan berprikir kristis serta pemecahan masalah sudah dilaksanakan. Namun, untuk aspek kolaborasi belum dijalankan mengingat adanya pandemi covid-19. Secara keseluruhan tingkat soal yaitu pada kategori soal C4 (menganalisis) berada dalam kategori sedang dengan persentase 66,00%, kategori soal C5 (mengevaluasi) berada dalam kategori sedang dengan persentase 73,69% dan kategori soal C6 (mencipta) berada dalam kategori sedang dengan persentase 67,11%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V SDN Sumberagung 02 Jaken Pati berkategori sedang dengan persentase 68,93%. Diharapkan guru memberikan model pembelajaran bagi siswa kelas V agar mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi agar mencapai hasil belajar maksimal.

Page 1 of 3 | Total Record : 26