cover
Contact Name
Andri Putra Kesmawan
Contact Email
andriputrakesmawan@gmail.com
Phone
+6281990251989
Journal Mail Official
journal@idpublishing.org
Editorial Address
Perumahan Sidorejo, Jl. Sidorejo Gg. Sadewa No.D3, Sonopakis Kidul, Ngestiharjo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Bahasa Daerah Indonesia
ISSN : -     EISSN : 30473128     DOI : https://doi.org/10.47134/jbdi
Jurnal Bahasa Daerah Indonesia ISSN 3047-3128 is a peer-reviewed scientific publication dedicated to advancing research and knowledge in the field of regional language development science and regional language education. This journal aims to provide a platform for academics, researchers, practitioners, and professionals to contribute to the development and dissemination of innovative ideas, theories, and practices in these disciplines. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia, original research articles, review papers, case studies, and theoretical perspectives that address a wide range of topics in the science of regional language development and regional language education. The scope of the journal includes but is not limited to, the following areas: regional language development, cultural and language preservation, regional language education, and regional language technology.
Articles 46 Documents
Analisis Penggunaan Bahasa Daerah dalam Berkomunikasi Pada Masyarakat Desa Gumai Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim Saputra, Rizky Indra; Suryati, Suryati; Muzaiyanah, Muzaiyanah
Jurnal Bahasa Daerah Indonesia Vol. 1 No. 1 (2024): February
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jbdi.v1i2.2279

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Penggunaan Bahasa Daerah Dalam Berkomunikasi Pada Masyakat Desa Gumai Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim”. Penelitan ini dilaksanakan di Desa Gumai Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim. Adapun permasalahan yang diangkat adalah (1) Bagaimana penggunaan Bahasa Daerah dalam komunikasi pada masyarakat Desa Gumai Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim (2) Apa kegunaan Bahasa Daerah dikalangan masyarakat Desa Gumai (3) Apa dampak positif dan negatif dalam penggunaan Bahasa Daerah Desa Gumai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Bahasa Daerah dalam komunikasi pada masyarakat Desa Gumai Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim, kemudian mengetahui kegunaan Bahasa Daerah dikalangan masyarakat Desa Gumai, dan mengetahui dampak positif dan negatif dalam penggunaan Bahasa Daerah Desa Gumai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, adapun teknik pengumpulan datanya selama melakukan proses penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam penelitian ini ada beberapa data yaitu penggunaan Bahasa Daerah dalam komunikasi yang dimana masyarakat Desa Gumai Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim menggunakan Bahasa Daerah Belida dapat mencerminkan identitas budaya, tradisi, dan keberagaman linguistik, memperkuat hubungan sosial dalam komunitas, kegunaan Bahasa Daerah di kalangan masyarakat Desa Gumai memiliki peran penting dalam mempertahankan budaya, identitas lokal, memperkaya kehidupan budaya, menjaga tradisi, serta memperkuat ikatan sosial di antara penduduk Desa Gumai, dan memiliki dampak positif dan negatif dalam Bahasa Daerah Desa Gumai Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim.
Pelestarian Bahasa Daerah Dalam Berkomunikasi di Radio 90.4 FM Kayuagung Sari, Selvi Permata; Murdiati, Eni; Muzaiyanah, Muzaiyanah
Jurnal Bahasa Daerah Indonesia Vol. 1 No. 1 (2024): February
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jbdi.v1i2.2311

Abstract

Kayuagung radio menggunakan bahasa daerah sebagai alat komunikasi yang bertujuan agar program-program yang disajikan bisa mudah dimengerti dan dapat dinikmati oleh pendengar karena bahasa Kayuagung sendiri merupakan bahasa yang digunakan oleh masyarakat sehari-hari. Radio 90,4 FM Kayuagung tidak hanya berperan untuk kebutuhan informasi, pendidikan atau hiburan saja, tetapi radio juga berperan penting dalam menjaga dan melestarikan bahasa daerah agar tidak punah. Masyarakat harus menyadari bahwa bahasa daerah itu wujud bentuk identitas diri dan merupakan warisan kebudayaan para leluhur yang mesti dilestarikan. Dari uraian tersebut peneliti tertarik ingin mengetahui bagaimana pelestarian bahasa daerah yang digunakan dalam berkomunikasi di radio Kayuagung. Komunikasi massa yang melibatkan khalayak umum. Dengan Penelitian yang berjudul “Pelestarian Bahasa dalam Berkomunikasi Di Radio 90,4 FM Kayuagung”. Adapun Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan melestarikan serta mengetahui penggunaan bahasa daerah dalam berkomunikasi di radio 90,4 FM Kayuagung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. subyek penelitian ini adalah pimpinan, penyair, dan jajaran Radio 90,4 FM Kayuagung, serta para pendengar setia Radio 90,4 FM Kayuagung. Data yang dikumpulkan melalui tiga cara yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field reseach). Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah analisis kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah peranan radio 90,4 FM Kayuagung cukup terasa, karena tidak hanya berperan untuk kebutuhan informasi, pendidikan atau hiburan saja, tetapi radio juga berperan penting dalam menjaga dan melestarikan bahasa daerah agar tidak punah. Adapun Kayuagung radio menggunakan bahasa daerah sebagai alat komunikasi agar program-program yang disajikan bisa mudah dimengerti dan dapat dinikmati oleh pendengar karena bahasa Kayuagung sendiri merupakan bahasa yang digunakan oleh masyarakat sehari-hari.
Kajian Ekologi Sastra Lisan Dalam Cerita Rakyat Aek Sipanggolu di Kabupaten Humbang Hasundutan Sihombing, Lamtorang
Jurnal Bahasa Daerah Indonesia Vol. 1 No. 1 (2024): February
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jbdi.v1i2.2315

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kajian ekologi alam di dalam cerita rakyat Aek Sipangolu di Kabupaten Humbang Hasundutan, dan Untuk mengetahui kajian ekologi budaya dalam cerita rakyat Aek Sipangolu di Kabupaten Humbang Hasundutan. Ekologi sastra lisan dalam karya sastra adalah subjek penelitian ini. Ekologi alam meliputi hubungan sastra dengan upaya pelestarian alam, hubungan sastra dengan alam sebagai sumber kehidupan manusia, dan ekologi budaya meliputi hubungan sastra dengan adat istiadat dan kepercayaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa bentuk ekologi sastra dimana yang terdapat yakni ekologi alam dan ekologi budaya. Sumber data dari penelitian ini terdapat di dalam cerita rakyat Aek Sipangolu. Waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah selama (dua bulan), yaitu dimulai pada bulan November sampai dengan bulan Januari Tahun 2024. Lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Simangulampe. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan kajian ekologi sastra. Objek penelitian berupa data dan sumber data dari cerita rakyat Aek Sipangolu. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi dan mendeskripikan data berupa wujud ekologi alam dan budaya di dalam cerita rakyat Aek Sipangolu lalu membuat kesimpulannya. Berdasarkan data yang dikumpulkan dapat diketahui bahwa di dalam cerita rakyat Aek Sipangolu di desa Simangulampe, terdapat bentuk dari ekologi alam dan budaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga jenis ekologi. Yang pertama adalah ekologi alam, yang mencakup hubungan sastra dengan pelestarian alam, hubungan sastra dengan alam sebagai sumber kehidupan, dan hubungan sastra dengan adat istiadat dan kepercayaan atau mitos budaya. Yang kedua adalah ekologi budaya.
Komunikasi Lintas Budaya : Strategi Pemanfaatan Bahasa Indonesia dalam Pertemuan Bisnis Pradani, Siska Putri Nur; Wardani, Putri Ayuning; Afifah, Naura Nurhaliza; Sahesti, Indira; Tivan, Kenny; Arum, Dewi Puspa
Jurnal Bahasa Daerah Indonesia Vol. 1 No. 1 (2024): February
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jbdi.v1i2.2337

Abstract

Dalam setiap pertemuan bisnis, terjadi komunikasi dua arah yang sangat membutuhkan keterampilan berbahasa yang baik dan lancar. Keberhasilan komunikasi dalam konteks ini sangat bergantung pada strategi pemanfaatan Bahasa Indonesia yang efektif dan tepat. Melalui analisis mendalam terhadap interaksi bahasa, penelitian ini mengidentifikasi berbagai strategi komunikasi bisnis yang tidak hanya memfasilitasi pemahaman yang lebih baik, tetapi juga menciptakan atmosfer kolaboratif yang mendukung kesuksesan pertemuan bisnis. Faktor budaya dan nuansa linguistik turut dipertimbangkan untuk memahami konteks yang lebih luas. Hasil penelitian ini, dengan demikian, memberikan panduan praktis bagi para profesional bisnis dan komunikator untuk memanfaatkan Bahasa Indonesia secara optimal dalam pertemuan bisnis, meningkatkan efisiensi dan efektivitas komunikasi di dalam dunia bisnis Indonesia yang dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam dan mengeksplorasi strategi yang digunakan dalam pemanfaatan Bahasa Indonesia pada pertemuan bisnis, serta dampaknya terhadap efektivitas komunikasi.
Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Debat Pemilu Cawapres Kedua Tahun 2024 Dwi, Shinta; Puteri, Josi; Nur, Nabila; Syahrani, Belgis; Ma’rifah, Firdausul; Arum, Dewi Puspa
Jurnal Bahasa Daerah Indonesia Vol. 1 No. 1 (2024): February
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jbdi.v1i2.2342

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan bahasa kesatuan di Indonesia yang digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam berkomunikasi dan berinteraksi. Bahasa Indonesia juga menjadi bahasa resmi dalam bidang pemerintahan dan digunakan dalam proses legislatif. Bahasa Indonesia memainkan peran penting dalam menyatukan bangsa Indonesia yang memiliki beragam suku, budaya, dan bahasa. Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar penting dalam debat cawapres karena dapat menyampaikan gagasan, visi, dan rencana kerja dengan jelas kepada pemilih. Dalam debat, Bahasa Indonesia yang digunakan dengan baik dapat menciptakan kesan positif, memperjelas pandangan terhadap isu-isu relevan, serta mempengaruhi pemilih. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh penggunaan Bahasa Indonesia yang benar dan baik terhadap citra calon wakil presiden di mata publik, serta memahami dampak penggunaan Bahasa Indonesia dalam debat cawapres terhadap pemahaman politik dan pengambilan keputusan pemilih. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah semiotika dan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data Miles dan Huberman, serta uji validitas data menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber.
Strategi Toko Online Pada Platform Shopee Dalam Menarik Minat Konsumen Melalui Penggunaan Kalimat Persuasif Lupitasari, Eva; Budiarto, Chris Louis; Ramadhani, Novem Puri; Sari, Desy Nirmala; Arum, Dewi Puspa
Jurnal Bahasa Daerah Indonesia Vol. 1 No. 2 (2024): Mei
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jbdi.v1i2.2343

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk ; 1) Mengetahui strategi toko online shopee untuk menarik minat konsumen melalui penggunaan kalimat persuasive; 2) Mengetahui pengaruh penggunaan kalimat persuasif pada iklan toko online shopee dalam menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan; 3) Mengetahui pentingnya penggunaan kalimat persuasif dalam iklan toko online shopee; Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian yang berbasis literatur tentang strategi penggunaan kalimat persuasif oleh beberapa toko online shopee untuk menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan. Hasil observasi tersebut akan ditemukan perbedaan bahasa iklan yang digunakan dalam toko online tersebut yaitu penggunaan kalimat persuasif. Kalimat persuasif yaitu kalimat ajakan (mengajak konsumen untuk membeli produk/jasa yang ditawarkan). Penggunaan kalimat persuasif dalam iklan toko online penting karena dapat dapaat mempengaruhi tindakan konsumen. Selain itu karena banyaknya toko online yang terdapat dalam shopee membuat persaingan semakin ketat untuk itu beberapa toko online shopee harus menerapkan strategi penggunaan kalimat persuasif.
Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia Terhadap Merek Indomie Ekspor Pada Industri Pangan Risma P, Karina; Kusumamurti, Dea; Mutiara S, Idea; Nazwa W, Kharina; Mahesa P., M. Rama; Puspa A., Dewi
Jurnal Bahasa Daerah Indonesia Vol. 1 No. 2 (2024): Mei
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jbdi.v1i2.2344

Abstract

Penggunaan bahasa dalam branding produk menjadi semakin penting untuk memperkuat identitas merek dan mempengaruhi persepsi konsumen. Dalam dunia bisnis khususnya industri makanan pengemasan merupakan salah satu aspek yang tidak bisa diabaikan. Merek Indomie, salah satu merek makanan terkemuka di Indonesia, menjadi topik penelitian yang menarik dari sudut pandang penggunaan bahasa dalam ekspor. Penggunaan bahasa Indonesia pada merek Indomie berdampak pada ekspor produk dan meningkatkan kepercayaan serta kepuasan konsumen luar negeri terhadap produk tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan analisis mendalam mengenai penggunaan bahasa Indonesia pada merek Indomie dan dampaknya terhadap ekspor industri makanan ke pasar internasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif berdasarkan pengumpulan sumber data dari internet. Pengumpulan sumber data yang dilakukan penulis adalah tinjauan pustaka. Kemasan visual mie Indomie Goreng yang dijual di berbagai negara. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran dengan menggunakan bahasa Indonesia dapat meningkatkan daya tarik produk di pasar internasional dan menimbulkan kesan yang jelas bahwa produk mie goreng Indomie adalah buatan Indonesia. Oleh karena itu, penggunaan bahasa Indonesia pada kemasan produk Mie Goreng Indomie terbukti menjadi strategi efektif untuk menarik perhatian konsumen global dan memperkuat identitas produk buatan Indonesia. Hal ini juga akan mendorong industri pangan Indonesia untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk agar memenuhi standar global.
Penggunaan Bahasa Indonesia yang Efektif Pada Label Kemasan Makanan Beku Sukmana, Carisa Amalia; Putri, Nadia Hariadi; Sanjaya, Cicilia Niluh Deabona; Cahyani, Belva Arina; Ramadhani, Deva Putri; Arum, Dewi Puspa
Jurnal Bahasa Daerah Indonesia Vol. 1 No. 2 (2024): Mei
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jbdi.v1i2.2346

Abstract

Artikel ini membahas pentingnya penggunaan bahasa Indonesia yang efektif pada label kemasan makanan beku untuk meningkatkan pemahaman konsumen tentang informasi produk. Dalam konteks ini, aspek-aspek seperti kejelasan, keakuratan, dan keterbacaan bahasa yang digunakan dalam label kemasan menjadi fokus utama. Metode yang kami gunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif yang digunakan meneliti objek yang memiliki sifat alamiah atau eksperimen. Penelitian ini juga menyoroti peran Bahasa Indonesia dalam mencapai tujuan komunikasi yang optimal antara produsen dan konsumen. Analisis dilakukan melalui pendekatan linguistik dan psikologis untuk mengidentifikasi strategi yang dapat meningkatkan efektivitas komunikasi melalui label kemasan. Hasil penelitian ini memberikan wawasan yang bernilai bagi produsen untuk tetap mengedepankan kaidah penulisan yang tepat dan mengetahui batasan-batasan yang tepat untuk menjaga pesan tetap jelas agar tidak kehilangan makna atau pesan yang disampaikan, mudah memahami dan sesuai tujuan komunikasi dan tidak melanggar kaidah bahasa. Bahasa yang digunakan untuk merangcang label pada makanan beku dapat mempengaruhi persepsi dan perilaku konsumen. Hal tersebut, sesuai dengan teori dikarenakan membaca informasi pada label makanan memiliki pengaruh yang besar terhadap keputusan masyarakat sebelum membeli atau mengonsumsi makanan olahan. Selain itu, label juga merupakan sarana periklanan yang digunakan oleh pelaku ekonomi untuk menarik minat konsumen dalam membeli produk tersebut.
Penggunaan Gaya Bahasa Indonesia Dalam Pemasaran Produk Wafer Tango Hudiyah, Intan Fairuz; Amadearaya, Maria Clarissa; Lestari, Eka Margi; Syafa, Mutiara Putri; Putri, Endira Meiliana Radianto; Arum, Dewi Puspa
Jurnal Bahasa Daerah Indonesia Vol. 1 No. 2 (2024): Mei
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jbdi.v1i2.2347

Abstract

Iklan adalah jenis informasi yang dibuat oleh seseorang, lembaga, atau perusahaan, dan ditujukan kepada khalayak dengan pesan menarik tentang barang atau jasa. Iklan dibuat dengan tujuan membujuk atau mendorong orang untuk menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Sakaria (2016). Penelitian ini akan menyelidiki pengaruh gaya bahasa pada iklan Wafer Tango. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana gaya bahasa berdampak pada iklan tersebut dan juga untuk memberikan contoh penggunaan gaya bahasa dalam iklan Wafer Tango. Metode simak dan catat digunakan. Iklan di akun wafer tango di YouTube dan media sosial diperoleh dari tahun 2014 hingga 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya bahasa repetisi, hiperbola, retoris, dan persuasif digunakan dalam iklan Wafer Tango.
Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Pemasaran Digital E-Commerce : Studi Kasus Iklan Shopee Fadhilah, Annisa Nur; Nikmah, Nur Fajriyah Alfinatun; Hermanto, Arista Salsabila; Balqis, Amalia; Re Falda, Tsamarah Adilah; Arum, Dewi Puspa
Jurnal Bahasa Daerah Indonesia Vol. 1 No. 2 (2024): Mei
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jbdi.v1i2.2355

Abstract

Artikel ini membahas pentingnya penggunaan Bahasa Indonesia dalam pemasaran e-commerce digital, khususnya dalam studi kasus iklan Shopee. Bahasa Indonesia digunakan untuk memfasilitasi komunikasi antara bisnis dan pelanggan, serta untuk memperkuat identitas merek sebagai perusahaan lokal yang peduli terhadap kebutuhan konsumen Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menganalisis penggunaan Bahasa Indonesia dalam iklan Shopee, melalui observasi dan kuesioner. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Bahasa Indonesia yang tepat dan benar dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, membangun kesadaran merek yang positif, dan menarik minat pelanggan. Responden dalam kuesioner mengharapkan perusahaan besar seperti Shopee untuk memberi contoh dengan menggunakan Bahasa Indonesia sesuai dengan aturan tata bahasa dan ejaan, yang mencerminkan profesionalisme dan kredibilitas perusahaan. Hal ini menekankan pentingnya bagi bisnis online untuk memperhatikan penggunaan Bahasa Indonesia dalam konten dan komunikasi mereka untuk berhasil di pasar regional dan meningkatkan interaksi positif dengan konsumen.