Journal of Sharia Accounting and Tax (JSAT
Journal of Sharia Accounting and Tax (JSAT), with registered number ISSN 3031-3228 (Online), is an open access and peer-reviewed journal published by IAIN Syekh Nurjati Cirebon, which is published 2 (two) times a year (May and November). JSAT focuses on the field of Accounting, namely Sharia Accounting, Financial Accounting, Management Accounting, Public Sector Accounting, Accounting Information Systems, Governance, Auditing and Taxation. JSAT invites academics and practitioners to analyze and study research results on various problems in the field of accounting and taxation, as well as convey thoughts and ideas for developing accounting and taxation concepts through scientific writing. Submitted manuscripts are the result of an evaluation and editing process for systematic uniformity in writing the use of terms and other procedures.
Articles
37 Documents
Faktor Determinan Kualitas Audit pada Auditor Inspektorat Daerah Kota dan Kabupaten Cirebon
Priyanti, Diana Nurramadhani;
Djuwita, Diana;
Yusuf, Ayus Ahmad
Journal of Sharia Accounting and Tax Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Sharia Accounting and Tax
Publisher : UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.70095/jsat.v1i1.1
Audit yang berkualitas sangat diperlukan untuk menjaga kepercayaan publik dan sangat penting bagi para pengguna informasi karena dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan. Kualitas audit yang dilakukan oleh aparat Inspektorat Kabupaten/Kota Cirebon masih menjadi sorotan karena masih banyak temuan audit yang tidak terdeteksi oleh aparat Inspektorat sebagai auditor internal, namun ditemukan oleh auditor eksternal, yaitu Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) pengaruh kompetensi auditor terhadap kualitas audit, (2) pengalaman auditor terhadap kualitas audit, (3) etika auditor terhadap kualitas audit, (4) pendidikan auditor terhadap kualitas audit. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja di Inspektorat Daerah Kota Cirebon dan Inspektorat Daerah Kabupaten Cirebon. Metode analisis yang digunakan adalah korelasi rank spearman dan uji signifikansi korelasi rank. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat tingkat hubungan yang rendah, pengaruh positif dan signifikan kompetensi auditor terhadap kualias audit. Terdapat tingkat hubungan yang kuat, pengaruh positif dan signifikan pengalaman auditor terhadap kualias audit. Terdapat tingkat hubungan yang cukup, pengaruh positif dan signifikan etika auditor terhadap kualitas audit. Terdapat tingkat hubungan yang cukup, pengaruh positif dan signifikan pendidikan auditor terhadap kualitas audit.
Pengendalian Intern, Pencegahan Fraud, dan Kinerja Perangkat Daerah
Lin, Lintang;
Layaman, Layaman
Journal of Sharia Accounting and Tax Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Sharia Accounting and Tax
Publisher : UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.70095/jsat.v1i1.3
Fraud (penyimpangan terhadap asas kepatuhan) dapat menyebabkan penggelapan dana, kelebihan pembayaran, dan kasus suap jual beli jabatan. Penerapan pengendalian intern diharapkan menjadi alternatif dalam mencegah fraud dan memperbaiki kinerja perangkat daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pengendalian intern terhadap kinerja perangkat daerah pada SKPD Kabupaten Cirebon melalui pencegahan fraud. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 12.192 orang dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Sumber data berasal dari data primer melalui penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji analisis jalur. Peneliti menemukan bahwa pengendalian intern berpengaruh terhadap kinerja perangkat daerah, pengendalian intern berpengaruh terhadap pencegahan fraud, dan pencegahan fraud berpengaruh terhadap kinerja perangkat daerah pada SKPD Kabupaten Cirebon. Dengan demikian, terdapat pengaruh tidak langsung pengendalian Intern melalui pencegahan fraud terhadap kinerja perangkat daerah. Pencegahan fraud memediasi hubungan pengendalian intern dan kinerja perangkat daerah pada SKPD Kabupaten Cirebon. Penelitian ini membuktikan bahwa semakin baik tingkat pengendalian intern semakin baik kinerja perangkat daerah melalui pencegahan fraud yang dilakukan oleh instansi sektor publik.
Kualitas Sistem Informasi Akuntansi, Keamanan Sistem Informasi Akuntansi, dan Pengendalian Internal Perusahaan pada Bank BJB Syariah Cabang Cirebon
Rahayu, Ninda Sri;
DZ, Abdus Salam;
Rakim, Aditya Achmad
Journal of Sharia Accounting and Tax Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Sharia Accounting and Tax
Publisher : UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.70095/jsat.v1i1.4
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pegawai yang merangkap jabatan di Bank BJB Syariah Cabang Cirebon. Dalam pengendalian intern untuk mencegah kemungkinan inefisiensi, kesalahan dan penggelapan aset, diperlukan pemisahan tugas. Pemisahan tugas sangat penting untuk pengendalian internal yang efektif untuk mengatasi kemungkinan kesalahan. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Bank BJB Syariah Cabang Cirebon dengan jumlah populasi sebanyak 30 pegawai. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan kualitas sistem informasi akuntansi dan keamanan sistem informasi akuntansi terhadap pengendalian intern perusahaan. Sedangkan kualitas sistem informasi akuntansi secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengendalian intern perusahaan dan keamanan sistem informasi akuntansi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengendalian intern perusahaan pada Bank BJB Syariah Cabang Cirebon.
Transparansi dan Akuntabilitas Pelaporan Keuangan BAZNAS Kota Cirebon berdasarkan PSAK 109
Setiayani, Iis;
Setyowati, Nur Eka;
Kusumadewi, Rita
Journal of Sharia Accounting and Tax Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Sharia Accounting and Tax
Publisher : UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.70095/jsat.v1i1.6
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan prinsip transparansi, akuntabilitas serta PSAK 109 pada pelaporan keuangannya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskrptif kualitatif, melakukan wawancara kepada dua narasumber yaitu dengan wakil ketua dan sekretaris, mengumpukan dokumen penting terkait dengan penelitian ini, mengobservasi lalu menganalisis untuk mengetahui pengimplementasian prinsip transparansi, akuntabilitas serta PSAK 109 pada BAZNAS Kota Cirebon. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa prinsip transparansi seperti pertanggungjawaban terbuka, adanya aksesibilitas, dan publikasi laporan keuangan sudah diterapkan. Kemudian sudah diterapkan prinsip akuntabilitas bahwa BAZNAS Kota Cirebon telah sesuai antara pelaksanaan dengan standar prosedur pelaksanaan, Adanya sanksi yang ditetapkan atas kesalahan atau kelalaian dalam pelaksanaan kegiatan dan Adanya output dan outcome yang terukur. BAZNAS Kota Cirebon juga sudah mengimplementasikan PSAK 109 sejak tahun 2017, namun belum tersajinya mengenai laporan aset kelolaan.
Analisis Penerapan Akuntansi Ijarah berdasarkan PSAK 107 pada PT Pegadaian Syariah UPS Perjuangan Cirebon
Dewi, Komala;
Widagdo, Ridwan
Journal of Sharia Accounting and Tax Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Sharia Accounting and Tax
Publisher : UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.70095/jsat.v1i1.7
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan akuntansi ijarah dan kesesuaian penerapan akuntansi ijarah dalam pembiayaan gadai emas (rahn) pada PT Pegadaian Syariah UPS Perjuangan Kota Cirebon berdasarkan PSAK 107. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, data yang dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi, dan kepustakaan, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan akuntansi ijarah dalam pembiayaan gadai emas (rahn) pada PT Pegadaian Syariah UPS Perjuangan Kota Cirebon meliputi persyaratan pembiayaan rahn, mekanisme pengajuan dan pelunasan pembiayaan rahn, akad dan biaya-biaya yang terkait dengan pembiayaan rahn, serta perhitungan biaya ijarah. Perhitungan ijarah di PT Pegadaian Syariah UPS Perjuangan Kota Cirebon di hitung per 10 hari dalam batas waktu 120 hari atau 4 bulan. Penerapan akuntansi ijarah dalam pembiayaan gadai emas (rahn) berdasarkan PSAK 107 pada PT Pegadaian Syariah UPS Perjuangan Kota Cirebon mengenai pengakuan dan pengukuran telah sesuai dengan PSAK 107, namun dalam penyajian belum sepenuhnya sesuai dengan PSAK 107 karena tidak ada biaya perbaikan terhadap objek ijarah yang dilaporkan kepada rahin. Hanya saja ada biaya ijarah yang dibebankan kepada rahin dan PT Pegadaian Syariah UPS Perjuangan Kota Cirebon laporan keuangannya dilakukan secara terpusat dan online sehingga tidak terdapat laporan khusus.
Pembiayaan Murabahah Bil-Wakalah dan Implementasi PSAK 102 (KSPPS Al Ishlah Mitra Sejahtera Plumbon)
Apriyana, Apriyana;
Ulfah, Mariyah
Journal of Sharia Accounting and Tax Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Sharia Accounting and Tax
Publisher : UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.70095/jsat.v1i1.9
Salah satu masalah yang dihadapi oleh Lembaga Keuangan Syariah adalah persoalan tentang penerapan PSAK 102 yang tidak diaplikasikan secara penuh. Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur penerapan PSAK 102 di Lembaga Keuangan Syariah.. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dengan informan manajer operasional, staff internal akuntansi dan manajer pembiayaan. Hasil penelitian ini adalah semua proses mekanisme pembiayaan murabahah yang ada di KSPPS Al-Ishlah Mitra Sejahtera Plumbon telah sesuai dengan prinsipnya yang ada di Fatwa DSN MUI Nomor 04/DSNMUI/IV/2000 tentang pembiayaan murabahah. Dalam Praktiknya, implementasi telah sesuai dengan Fatwa DSN No. 04/DSN-MUI/VI/2000 tentang murabahah pada point 9. Secara garis besar perlakuan akuntansi murabahah yang diterapkan di KSPPS Al Ishlah Mitra Sejahtera Plumbon telah sesuai dengan PSAK 102. Namun, ada beberapa implementasi yang belum sesuai, yakni pengakuan denda dan uang muka, dimana dari pihak KSPPS Al-Ishlah Mitra Sejahtera Plumbon tidak mencatat jurnal terkait denda dan uang muka dan belum menerapkanya.
Pengaruh Kualitas Aparatur Pemerintah Desa dan Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) terhadap Kualitas Laporan Keuangan Desa di Kecamatan Losari Kabupaten Brebes
Futihah, Futihah;
Nakhwatunnisa, Haulah;
Fatmasari, Dewi
Journal of Sharia Accounting and Tax Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Sharia Accounting and Tax
Publisher : UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.70095/jsat.v1i1.10
Kualitas laporan keuangan pemerintah desa menjadi indikator tata kelola pemerintahan yang baik. Dalam mengelola keuangan desa, dibutuhkan aparatur pemerintah yang berkualitas dan standar akuntansi pemerintahan (SAP) diterapkan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kualitas aparatur pemerintah desa dan penerapan SAP terhadap kualitas laporan keuangan desa di kecamatan Losari. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada 56 aparatur desa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial (1) kualitas aparatur pemerintah desa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan desa, (2) penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan desa, (3) secara simultan, kualitas aparatur pemerintah desa dan penerapan SAP berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan desa di kecamatan Losari kabupaten Brebes.
Faktor-faktor yang memengaruhi Kinerja Manajerial pada Badan Keuangan Daerah Kabupaten Indramayu
Desyafitri, Amkhana;
Wahyuningsih, Nining
Journal of Sharia Accounting and Tax Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Sharia Accounting and Tax
Publisher : UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.70095/jsat.v1i1.11
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh partisipasi anggaran, akuntansi pertanggungjawaban, dan job relevant information terhadap kinerja manajerial pada lembaga keuangan daerah Indramayu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial partisipasi penyusunan anggaran tidak berpengaruh terhadap kinerja manajerial, sedangkan akuntansi pertanggungjawaban dan informasi terkait pekerjaan berpengaruh terhadap kinerja manajerial. Secara simultan, partisipasi anggaran, akuntansi pertanggungjawaban dan job relevant information berpengaruh terhadap kinerja manajerial pada Badan Keuangan Daerah Kabupaten Indramayu.
Tinjauan Nisbah Bagi Hasil Deposito IB Maslahah dengan Akad Mudharabah di Bank BJB Syariah KCP Indramayu
Meilanda, Dwike;
Ahdi, Makmuri
Journal of Sharia Accounting and Tax Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Sharia Accounting and Tax
Publisher : UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.70095/jsat.v1i1.12
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) produk Deposito IB Maslahah, (2) penetapan nisbah Bagi Hasil Deposito IB Maslahah, dan (3) kendala serta solusi aktivitas pembiayaan dan penghimpunan dana deposito IB Maslahah di Bank BJB Syariah KCP Indramayu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu informasi diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara dengan informan di Bank BJB Syariah KCP Indramayu. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa produk penghimpunan dana di Bank BJB Syariah KCP Indramayu adalah Deposito IB Maslahah yaitu investasi dengan prinsip mudharabah mutlaqah (bagi hasil) dalam mata uang rupiah, yang penarikannya dilakukan sesuai dengan jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan kedua pihak. Keuntungan nasabah deposito mudharabah diperoleh dari bagi hasil antara shahibul maal dan mudharib. Nisbah bagi hasil ditentukan oleh bank BJB Syariah. Pembagian keutungan di bank syariah berupa nisbah bagi hasil dan Equivalent Rate yang ditentukan oleh besar kecilnnya hasil usaha. Kendala yang dihadapi BJB Syariah KCP Indramayu dalam menghimpun dana menggunakan produk deposito IB Maslahah yaitu penarikan dana deposito sebelum jatuh tempo akan dikenai sanksi finalty, bagi hasil disesuaikan dengan pendapatan perusahaan, bilyet deposito IB Maslahah hilang, dan nasabah memaksa mendapatkan nisbah spesial padahal tidak memenuhi persyaratan.
Sistem Akuntansi Instansi dalam Pengelolaan Aset Negara dan Penyajian Laporan Keuangan Berbasis Akrual di Kantor Imigrasi Kelas I Cirebon
Fitriani, Hilda;
Rokhlinasari, Sri;
Iqbal, Mohammad
Journal of Sharia Accounting and Tax Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Sharia Accounting and Tax
Publisher : UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.70095/jsat.v1i1.13
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem akuntansi instansi dalam pengelolaan aset negara dan penyajian laporan keuangan berbasis akrual di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SIMAK-BMN dalam pengelolaan aset negara kurang sesuai dengan PSAP No. 07 karena terdapat aset tetap ekstrakomptabel yang tidak dimasukkan ke SIMAK-BMN. Dari segi kualitas sistem, SIMAK-BMN dapat menunjang pengelolaan aset negara. Dari segi SDM, masih terdapat kesalahan pemilihan kode barang. Dari segi kualitas laporan yang dihasilkan, terdapat pengakuan aset tetap yang tidak sesuai. Penerapan SAIBA dalam penyajian laporan keuangan berdasarkan PSAP No. 01 sudah sesuai. Dari segi kualitas sistem, SAIBA dapat membantu penyajian laporan keuangan. Dari segi SDM, operator SAIBA dapat menjalankan SAIBA dengan baik. Dari segi kualitas laporan yang dihasilkan, sesuai dengan PP No. 71 Tahun 2010.